8 Alasan Wajib Beralih ke Akun Bisnis Instagram Lebih Profesional

8 Alasan Wajib Beralih ke Akun Bisnis Instagram

Biasanya saat pertama kali membuat akun instagram, beberapa orang memilih pengaturan akun pribadi. Ada berbagai alasan seperti tidak ingin dipublikasikan atau hanya orang-orang tertentu dapat berteman. Berbeda ketika Anda menjual atau memasarkan produk, sebaiknya beralih ke akun bisnis instagram lebih profesional.

Tentunya harus memiliki banyak follower sampai akun verified alias centang biru. Berikut ini 8 alasan kenapa wajib beralih ke akun bisnis instagram. Yuk simak!

Pengalihan ke Akun Bisnis Instagram Lebih Profesional

Akun bisnis menjadi alternatif terbaik apabila Anda menginginkan akun instagram terpublikasi secara luas. Akun bisnis mudah dipindahkan menjadi pengaturan akun privat dan digunakan secara gratis.

Mengubah menjadi akun bisnis membuat Anda memperoleh beragam keuntungan. Terutama membuat akses bebas ke berbagai fitur menarik dan bermanfaat. Anda juga terbantu untuk membuat pengalaman baru dengan pengguna instagram lainnya.

Baca juga : 6 Taktik Pemasaran E-commerce Instagram Terbaik Wajib Digunakan

Alasan Harus Beralih ke Akun Bisnis Instagram Lebih Profesional

Akun Bisnis di Instagram
(foto: medcom.id)

Berikut ini 8 alasan kenapa beralih dari akun privat menjadi akun bisnis instagram lebih profesional.

1. Akses ke Instagram Insights

Akun bisnis mempermudah Anda mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pemirsa. Selain itu, mencari tahu apa yang ingin dilihat dan mengukur pencapaian engagement dari pemirsa.

Intinya memiliki akun bisnis Instagram membuat akses data tentang pengikut lebih mendetail. Anda juga dapat melihat interaksi pengunjung dari konten feed dan story instagram.

Hal inilah yang mempermudah Anda untuk merencanakan konten berikutnya. Ingat tingkat engagement instagram sangat penting sebagai bukti kredibilitas sosial saat mengajukan kolaborasi.

Melalui analisa informasi ini akan membantu akun berkembang lebih cepat. Alhasil Anda dapat melihat insight secara jelas, bahkan dengan jangkauan lebih luas dibandingkan hashtag tertentu.

Insight instagram juga mempermudah untuk mempelajari audiens. Termasuk engagement audiens dalam setiap postingan populer. Walaupun avatar pengikut Anda terpampang foto dengan jelas, tetapi akan mempermudah mengetahui siapa mereka.

2. Menambahkan Informasi Tentang Bisnis

Tahukah Anda Instagram juga mengaplikasikan SEO seperti situs web lainnya. Oleh karena itu, sangat penting mengoptimalkan informasi pada profil instagram. Sehingga dapat menjangkau orang-orang yang mencari kata kunci serupa.

Seperti melakukan pengoptimalan melalui nama pengguna, bio, foto, lokasi, dan hashtag profil. Pada instagram untuk bisnis akan membuka akses lebih luas ke berbagai bidang yang sesuai dengan minat pengikut dan calon pelanggan.

Akun bisnis Instagram juga memungkinkan Anda memasukkan nomor telepon dan jam kerja operasional. Misalnya Anda bergerak dalam bisnis restoran, maka dapat menambahkan tombol reservasi yang terhubung dengan kontak.

Informasi terkait bisnis akan membantu pengunjung profil lebih mudah menjangkau Anda. Sekaligus mengurangi hambatan mereka untuk menjadi pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan kategori keahlian Anda. Contohnya chef, SEO, copywriter, dan desain grafis.

3. Memilih Kemitraan Berbayar dengan Mudah

Akun bisnis mempermudah Anda menjalin kemitraan berbayar dengan berbagai merek. Ketika ada sesuatu dalam sebuah posting yang disponsori, Anda akan menunjukkan bahwa posting tersebut adalah iklan bersponsor.

Bahkan, pemilik akun bisnis Instagram sangat mudah menambahkan “Kemitraan berbayar dengan merek terkenal” pada bagian atas feed dan instagram story biasa. Dari sinilah para influencer tidak bersusah payah membuat teks atau menggunakan #ad, #sponsor, #partner, atau hashtag lainnya.

Pasalnya, label kemitraan berbayar sudah pasti influencer tersebut menerima fee dalam setiap postingan. Selain itu, kemitraan berbaya juga memperluas jangkauan dan engagement audiens dalam setiap postingan.

Sementara, kemitraan atau brand tertentu dapat mengevaluasi influencer dan pekerjaan yang dia lakukan.

4. Menggunakan Fitur Swipe-Up

Akun  bisnis juga memungkinkan penyematan link pada postingan konten instagram story dengan fitur swipe-up. Supaya dapat menggunakan fitur tersebut wajib memiliki 10.000 pengikut.

Fitur swipe-up atau geser keatas yang diluncurkan oleh instagram mampu meningkatkan lalu lintas pengunjung. Khususnya membantu pengunjung memperdalam pengetahuan tentang merek yang dipromosikan.

Sebelum fitur swipe-up viral, Instagram membuat penggunanya tetap bermain dengan cara menyematkan link bio. Sayangnya link bio tersebut terbatas karena setiap akun hanya dapat mempublikasikan satu link.

Kini, eksistensi fitur swipe-up dinilai lebih praktis dan menjadi ajakan agar pengikut mengambil tindakan langsung. Anda juga dapat menambahkan sticker supaya menarik penonton untuk menggeser keatas instagram story yang diposting. Fitur satu ini disinyalir paling efektif untuk meningkatkan lalu lintas web dan penjualan produk.

5. Posting Konten Melalui Desktop

Instagram untuk bisnis juga dapat dikelola atau menjadi alat pemasaran terbaik bagi pihak ketiga. Misalnya digunakan untuk mendaftar dan menggunakan fitur tertentu. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu posting konten melalui desktop adalah Sprout Social.

Sangat pas dipasangkan apabila instagram bisnis Anda dijalankan dengan profesional. Pasalnya, pengeditan foto atau video eksklusif biasa dilakukan melalui perangkat desktop. Mengingat hasil yang profesional akan memakan waktu lama dan tidak mungkin Anda menjinjing laptop ke mana saja.

Dari sinilah instagram bisnis bekerja optimal karena dapat dibuka oleh pihak ketiga lain secara bersamaan walaupun berbeda server. Jadi, Anda juga akan terbantu melihat penjadwalan konten yang dilakukan pihak ketiga dan berbagai pemberitahuan yang diperoleh.

Biasanya para influencer menggunakan bantuan pihak lain atau pihak ketiga untuk mengedit dan mempublikasikan gambar. Sekaligus membuat caption sesuai dengan penjadwalan yang direncanakan. Anda juga dapat berkomentar atas respon dari audiense meskipun instagram bisnis dibuka melalui desktop juga.

6. Mengakses Instagram Creator Studio

Hubungkan akun instagram bisnis ke halaman Facebook agar dapat mengakses Creator Studio. Melalui Creator Studio menampilkan perkembangan akun atau insight lebih mendalam. Contohnya, melihat berapa banyak pemirsa yang kembali ketika Anda memposting konten.

Selanjutnya melihat tindakan yang dilakukan oleh pengunjung dan membantu mengevaluasi pertumbuhan instagram anda. Semua data yang dirilis Creator Studio hanya dapat tersimpan dalam waktu satu minggu. Banyak para influencer menggunakan Creator Studio karna dinilai efektif membuat konten yang disukai dan berkualitas.

Creator Studio juga membantu monetisasi kreasi konten melalui kerjasama dengan sponsor, kemitraan, pendapatan iklan, dan dukungan penggemar. Kini aplikasi satu ini tidak hanya viral dikalangan influencer, blogger, YouTuber, dan pembuat konten. Ada banyak merek terkenal yang menggunakan Creator Studio.

7. Membuat Posting yang Dapat Dibeli

Apabila Anda menjalankan bisnis berbasis produk pastinya ingin memanfaatkan opsi postingan yang dapat dibeli langsung pada feed instagram. Penggunaan opsi belanja ini mempermudah pengunjung untuk menandai produk di timeline dan story instagram.

Selain itu, pengunjung akan tahu berapa harga produk dan langsung terhubung ke akun Shopify untuk melakukan pembelian. Banyak orang menyukai pengalaman berbelanja seperti ini karena dianggap ringkas dan cepat.

Rata-rata pengguna Instagram mengandalkan platform tersebut sebagai sarana menemukan produk baru. Terutama merek terkenal yang memiliki toko online di instagram biasanya menyertakan tag belanja. Cara yang efektif memperkenalkan produka kepada pengikut dan audiens untuk jangka waktu panjang.

8. Menjalankan Iklan Instagram

Pengalihan akun bisnis biasanya bertujuan untuk menjalankan iklan instagram. Ingat iklan adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan instagram. Disinyalir pula akun instagram bisnis Anda dapat memperoleh banyak pengikut.

Iklan instagram benar-benar membantu meningkatkan jangkauan dengan menampilkan postingan ke lebih banyak audiens target. Ada berbagai jenis iklan, seperti iklan carousel, iklan cerita, hingga iklan foto tradisional.

Memperjuangkan akun bisnis agar memiliki banyak pengikut terasa sulit. Terutama pada bisnis yang baru dijalani. Kini tidak perlu bingung lagi karena ada Jasa Followers Instagram yang dapat menaikkan pengikut akun Anda.

Sumber: Wow Japan – How to Purchase Instagram Followers

Scroll to Top