Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

Praktik Instagram for Bisnis, Ideal dan Efektif

Siapa sih yang tidak memiliki akun bisnis instagram? Hampir semua orang dan perusahaan raksasa memilikinya. Fitur akun bisnis ini sengaja dirilis dengan tujuan agar pengguna memperoleh lebih banyak pengikut. Alhasil, pengguna dapat melakukan promosi, penjualan, pemasaran secara optimal.

Instagram berbeda dengan ilmu terapan disekolah. Jadi, secara teori akan berbeda dengan praktiknya. Dalam pembahasan kali ini menjelaskan praktik mengoptimalkan penggunaan akun bisnis instagram. Check this out!

6 Praktik Optimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

Cara Buat Akun Bisnis Instagram untuk Usaha, Gratis dan Menguntungkan -  Tekno Liputan6.com

Akun bisnis instagram akan mendatangkan lebih banyak pengikut dan penjualan apabila dipraktikan secara optimal. Berikut ini 6 praktik cerdas membantu mengoptimalkan akun bisnis instagram.

1. Memanfaatkan Hashtag

Hashtag merupakan cara yang terbaik agar lebih banyak orang menemukan akun instagram dengan mudah. Asalkan penggunaan hashtag tepat sasaran. Artinya memilih tagar relevan dengan bisnis, tujuan audiens, dan penyelenggaraan acara tertentu.

Apabila hashtag yang ditentukan relevan dapat membantu mengkategorikan kiriman. Sehingga kiriman atau postingan Anda sampai pada target audiens. Masih banyak pemilih akun instagram ragu memulai dan menentukan hashtag. Solusi terbaiknya menentukan hashtag menggunakan generator hashtag untuk memperoleh daftar tag potensial.

Anda dapat menemukan list hashtag paling relevan. Sebaiknya memilih angka yang lebih kecil dan tagar yang tepat untuk postingan feed. Jangan ragu melakukan pengujian hashtag untuk memperoleh tagar mana yang kinerjanya paling baik.

Caranya dengan melihat “wawasan” pada posting tertentu. Dari sini Anda dapat menemukan berapa banyak orang yang melihat postingan melalui hashtag. Umumnya tagar digunakan pada salinan postingan, komentar, cerita, dan feed.

Kini banyak banyaknya perusahaan menggunakan instagram untuk bisnis. Dimana melalui sistem kategorisasi hashtag membantu pemasaran lebih efektif. Pembuatan akun instagram bisnis disinyalir mutakhir untuk memperoleh perhatian dan keterlibatan pengunjung.

2. Pilih Tema Instagram

Setiap bisnis membutuhkan tema Instagram on-brand. Adapun cakupannya seperti suara merek, skema warna, jenis konten, dan jargon. Dalam hal pengelolaan akun instagram, penting untuk menggunakan tema secara konsisten. Hal ini bertujuan agar brand dikenali oleh masyarakat dengan mudah.

Selain itu menjadi umpan agar tampilan akun kohesif dan mengundang audiens untuk mengikuti. Intinya agar mendapatkan lebih banyak pengikut di instagram. Alhasil promosi merek lebih lancar karena tema yang dipilih relevan dan digunakan secara konsisten.

Umumnya perusahaan raksasa juga memilih nada suara tertentu yang digunakan dalam video feed dan story. Nada suara inilah yang disesuaikan dengan tampilan merek. Misalnya bernada lembut, santai, ceria, lantang, dan berbisik-bisik.

Tema instagram akan mendukung jenis konten yang hendak diposting. Apabila akun akan memposting grafik, maka pemilihan warna dan font harus sesuai tema. Sama halnya ketika mengedit foto dengan menggunakan fitur VSCO atau Lightroom.

Fitur ini tidak hanya digunakan untuk satu atau dua foto postingan instagram. Melainkan setiap foto yang hendak diposting dengan editing yang sama.

3. Optimalkan Akun Bisnis Instagram Dengan Label Produk

Siapa sih yang tidak ingin audiensnya mudah membeli dan melihat harga produk. Kini hadir fitur tag produk instagram yang menawarkan cara bagus menampilkan produk. Memungkinkan bisnis menandai produk dengan harga sesuai dengan mata uang yang digunakan.

Setelah menggunakan label produk pada postingan, audiens dapat melihat harganya dengan mengetuk foto tersebut. Label produk juga menampilkan nama dari produk. Disamping itu tag produk juga dapat menjelaskan deskripsi lengkap produk.

4. Iklan Instagram

Kini akun bisnis instagram dapat disesuaikan dengan penyesuaian kampanye Facebook. Misalnya dapat membuat iklan instagram dari Pengelola Iklan Facebook dan langsung di aplikasi instagram.

Iklan instagram dikatakan menarik apabila dibuat sesuai dengan tema postingan. Tujuannya agar audiens berhenti sejenak untuk menyimak iklan. Selain itu, menyertakan fitur ajakan bertindak. Contohnya fitur “Belanja Sekarang” agar audiens memiliki kesempatan baik bebelanja produk.

Pada dasarnya pengguna Instagram tidak hanya ingin terlibat. Cenderung melihat iklan menarik, mengingat produk, menyimpannya, dan berharap membelinya.

Iklan instagram menjadi solusi ideal untuk mengekspos merek. Namun, hanya akun bisnis Instagram yang dapat menjalankan iklan produk. Berbeda dari akun pribadi instagram belum mampu menjalankan iklan produk.

5. Bermitra Dengan Influencer

Profesi influencer saat ini sangat berkembang dan diprediksikan tidak akan hilang dalam waktu dekat. Ada banyak influencer yang mempromosikan brand-brand melalui instagram. Apabila Anda ingin memilih influencer sebaiknya pilihlah dengan bijak. Sebab, influencer secara tidak langsung menjadi laba dan investasi bisnis.

Anda dapat mengidentifikasi beberapa influencer atau mikro influencer yang sesuai dengan niche. Untuk akun instagram mikro, Anda dapat menghubungi mereka dan menawarkan produk gratis. Namun, imbalannya harus mempostingan produk Anda di story dan feed instagram mikro dari influencer.

Perhatikan juga jika memilih influencer sukses dengan jumlah pengikut besar. Influencer ini cenderung meminta uang kompensasi agar produk dan brand Anda tampil di halaman mereka.

Pastikan influencer yang bermitra dengan Anda dapat diandalkan dan memiliki pengikut aktif. Sehingga saat influencer mempromosikan merek Anda akan sampai pada target audiens yang tepat. Dalam hal ini influencer sebagai perpanjangan tangan dari tim pemasaran.

Influencer yang profesional akan mempromosikan merek tidak seperti seorang penjual. Melainkan mengarahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka sukai. Terkadang influencer juga membuat permainan tebak-tebakan produk.

Cara ini digunakan untuk menimbulkan rasa penasaran bagi pengikutnya. Influencer berguna untuk membuat konten baru, meningkatkan lalu lintas organik dan keterlibatan. Lebih pentingnya menjalin mitra dengan influencer untuk meningkatkan penjualan produk.

6. Optimalkan Konten Stories Instagram

Stories instagram merupakan fitur postinga yang dapat digunakan sehari-hari. Setelah memposting konten stories, Anda dapat melibatkan audiens. Caranya dengan memanfaatkan fitur polling, kuis, dan pertanyaan.

Sehingga merek dapat berinteraksi dan lebih dekat dengan pengikut. Selain itu, cara ini dianggap efektif untuk optimalisasi brand awareness dari balik layar. Jangan ragu memposting konten yang memperlihatkan video karyawan perusahaan. Misalnya, video karyawan sedang bercanda di kantor ataupun foto perjalanan perusahaan berkembang.

Cara seperti ini membantu Anda terhubung dengan pengikut lebih mudah. Anda dapat mengukur keefektifannya dengan meninjau jumlah pengikut yang melihat instagram stories.

Baca juga : Apa Itu Backlink? Faktor Penting Menuju Top 1 Google

Cara Akun Bisnis Instagram Mendapatkan Banyak Pengikut

Anda dapat mendatangkan pengikut Instagram organik dengan menggunakan tagar, membangun brand awareness, bermitra dengan influencer, dan mengoptimalkan konten. Anda juga dapat memperoleh banyak pengikut organik dengan menggunakan Jasa Followers Instagram.

Tribble Agency adalah layanan khusus digunakan untuk menarik audiens target mengikuti akun instagram. Layanan satu ini disinyalir efektif meningkatkan pertumbuhan akun tanpa memakan banyak waktu. Jangan sia-siakan peluang emas agar akun bisnis instagram semakin dikenal.

Terlebih lagi membuat citra merek menjadi baik dimata masyarakat. Banyak layanan penambahan pengikut instagram tetapi setelah diperiksa satu per satu adalah akun fiktif. Berbeda dari layanan tersebut yang menyajikan semua pengikut aktif dan bukan akun palsu.

Scroll to Top