5 Alasan Memilih Les Privat, Salah Satunya Hemat Biaya

5 Alasan Memilih Les Privat, Salah Satunya Hemat Biaya

Mengikuti program les privat sepertinya menjadi salah satu opsi terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Selain mendapatkan pendidikan akademik di sekolah, akan jauh lebih baik lagi apabila seorang siswa lebih bisa mendalami materi pelajaran via program les privat.

Mengapa opsi ini kerap dipilih? Alasannya sederhan, yaitu karena ada pengaruh dari beberapa faktor, termasuk faktor ekstern (dari lingkungan sekolah itu sendiri) dan faktor intern (dari dalam diri siswa). Terlepas dari itu semua, ada juga beberapa alasan memilih les privat, dan berikut kami infokan alasan-alasannya. 

5 Alasan Memilih Les Privat

5 Alasan Memilih Les Privat

Waktu Belajar yang Fleksibel

Salah satu alasan mengapa les privat sangat recommended untuk siswa adalah karena program belajar secara privat ini memungkinkan siswa untuk belajar di saat yang tepat. Artinya, jadwal les privat nantinya akan disesuaikan dengan waktu luang siswa. Dengan alokasi waktu yang tepat, kapan harus sekolah, kapan harus bermain, kapan harus bersantai, dan kapan harus mulai mengikuti les privat, siswa akan jauh lebih nyaman. 

Semua aktivitas yang dilakukan oleh siswa dapat berjalan dengan baik. Porsi belajar dan porsi luar jam belajar tentunya akan seimbang. Dampak baiknya, pikiran siswa akan selalu fresh dan kondisi ini tentu sangat baik untuk optimalisasi daya konsentrasi siswa. Dampak baiknya, siswa pun akan lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh tutor ataupun guru di sekolah. Pastikan memilih waktu les privat yang tepat dan durrasi les yang tepat juga. Alasannya tentu agar siswa tidak merasa jenuh. 

Lebih Mudah Berkonsentrasi

Sekedar info bahwa tiap siswa memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Sebagian ada yang bisa belajar di lingkungan kelas yang ramai, ada juga yang sulit berkonsentrasi di lingkungan kelas yang ramai. Nah, program les privat setidaknya memberi kesempatan bagi siswa untuk dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan meningkatkan konsentrasi belajar di luar kegiatan belajar di sekolah. Dengan kata lain, program les privat menjadi opsi terbaik untuk siswa yang sulit berkonsentrasi di kelas yang ramai. 

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar Tanpa Modal

Tutor bisa lebih Personal dan Intensif

Tutor pada program les privat juga dapat lebih mudah untuk mengobservasi perkembangan akademik siswanya. Tak hanya itu, tutor di sini juga dapat mengetahui kemampuan belajar anak didiknya serta karakter dasar dari anak didiknya. Dengan dua modal ini, setidaknya tutor dapat memilih dan mengaplikasikan metode belajar yang paling tepat untuk anak didiknya tersebut. Dengan pertimbangan ini pula, kemungkinan besar siswa dapat memahami matei-materi yang diajarkan oleh tutor. 

Siswa lebih Mudah Dipantau

Alasan memilih les privat lainnya adalah agar siswa dapat lebih mudah untuk dipantau terkait dengan aktivitas belajar dan perkembangannya. Biasanya tugas pemantauan ini dilakukan oleh orang tua siswa dan tutor. Dari pemantauan semacam ini, setidaknya baik orang tua maupun tutor dapat mengetahui pendidikan siswa di sekolah, bagaimana siswa belajar dengan guru sekolah, dan lain sebagainya. 

Beda halnya jika di sekolah. Orang tua cenderung sulit untuk memantau putera-puterinya secara langsung di sekolah. Selain tidak bisa hadir terus-menerus di kelas, orang tua juga pastinya memiliki kesibukan lain. Plus, ada guru di sekolah yang siap membantu siswa dalam belajar. 

Hemat Biaya, Hemat Waktu

Alasan lainnya untuk mengikuti program les privat adalah hemat biaya dan hemat waktu. Sudah menjadi rahasia umum bahwa program les privat, jika dilihat dari segi biaya, jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan mengikuti program bimbingan belajar. Soal biaya les, tentu dapat dinegosiasikan antara pihak orang tua dan tutor. Biaya bervariasi. Bisa dihitung per pertemuan, mingguan, atau bahkan bulanan seperti di les private Jakarta tentunya. 

Kemudian keuntungan lainnya dari mengikuti program les privat adalah hemat biaya transport karena siswa tidak perlu mobile ke lokasi les. Tutor nantinya akan mendatangi rumah siswa karena kegiatan belajar dengan tutor biasanya dilakukan di rumah siswa. Orang tua pun bisa lebih tenang karena putera-putera aman dan terpantau dengan baik, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Demikian info menarik seputar sejumlah alasan memilih les privat. Temukan artikel-artikel sejenis lainnya hanya di academia.co.id. Selamat membaca. 

Scroll to Top