Apa Itu Backlink? Faktor Penting Menuju Top 1 Google

apa itu backlink
apa itu backlink
apa itu backlink

Backlink adalah istilah untuk sebuah “link” dari situs luar yang mengarah pada situs Anda. Bentuknya seperti tautan biasa. Tidak ada yang istimewa! Kecuali, saat kita berbicara tentang SEO. Maka backlink menjadi salah satu faktor peringkat yang sangat penting.

Jadi backlink sangat erat kaitannya dengan strategi SEO. Dan akan banyak disebut pada tutorial SEO tingkat lanjut.

Faktanya, Google sendiri pada 2016 telah mengkonfirmasi bahwa, di samping kondisi struktur situs dan konten, backlink merupakan salah satu sinyal terpenting dari banyak faktor yang digunakan untuk menentukan peringkat website. 

Jika Anda baru mengenal strategi digital marketing, khususnya SEO atau tengah dalam upaya meningkatkan lalu lintas situs secara mandiri, saya menyarankan untuk membaca panduan dasar SEO kami. 90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

Selanjutnya, kita akan membahas apa itu backlinks dan mengapa menjadi penting dalam strategi SEO Anda. Artikel ini juga mencakup; bagaimana membuat backlink (backlink building), dan jenis backlink apa yang berkualitas baik dan memberi dampak pada peringkat.

Mari kita langsung saja!

Daftar Isi
  1. Memahami Apa Itu Backlink dan Perannya dalam Strategi SEO
  2. Semua link adalah backlink!
  3. Jenis Backlinks
  4. Mengapa backlink penting?
  5. Cara Memeriksa Backlink Pada Website Anda
  6. Cara Mendapatkan Backlink Untuk SEO Situs Anda
  7. Membongkar Mitos-Mitos Backlink Yang Masih Sering Digunakan Umum
  8. Penutup

Memahami Apa Itu Backlink dan Perannya dalam Strategi SEO

Dalam SEO, backlink juga dikenal dengan istilah ‘external links’ atau ‘inbound links,’. Sebuah tautan dari halaman situs lain yang mengarah pada situs milik Anda. Atau bisa juga disebut sebagai tautan dari sumber pihak ketiga yang masuk ke situs web Anda.

Sementara, jika ada tautan/link dari satu halaman ke halaman lain dalam sebuah situs, itu biasa disebut dengan istilah ‘internal link’

Internal link juga berpengaruh pada SEO. Tapi yang ini akan kita bicarakan secara mendalam pada artikel lain. Jadi tunggu saja, beib!

Secara garis besar, backlink memiliki fungsi penting. Diantaranya adalah;

Trust!

Untuk mendapat peringkat terbaik dalam upaya SEO, backlink adalah penting. Ini adalah cara Google dan mesin telusur lainnya, mengukur sejauh mana situs Anda layak dipercaya. Tautan adalah sinyal otoritas laman/situs. 

Ide logikanya, situs yang memiliki jumlah backlink yang lebih banyak dari sumber-sumber situs kredibel, dianggap memiliki reputasi online yang baik. Maka, itu artinya layak dipercaya.

Sebagai gambaran, situs dengan tautan dari website A ke Situs B, dianggap sebagai satu suara. Semakin banyak suara, itu artinya semakin dapat dipercaya. 

Jika sepuluh orang yang tidak saling mengenal, semuanya berbicara dan merekomendasikan “toko sepatu online” tertentu, sebagai yang terbaik di Jakarta, Anda secara otomatis percaya bahwa, situs terkait adalah tempat yang paling tepat, ketika Anda berpikir untuk membeli sepatu secara daring. Karena, banyak orang menjaminnya.

Popularitas

Website berkualitas tinggi jelas memiliki popularitas yang bagus. Ini merupakan cara Google dan mesin pencari lain, memandang backlink! Sebagai barometer popularitas sebuah situs atau halaman web, berdasarkan suara dalam bentuk tautan.

Ada korelasi yang kuat, antara situs yang memiliki jumlah tautan lebih tinggi dengan peringkat yang lebih baik juga. 

Baiklah, mari kita lihat bagaimana SEO berdasarkan angka backlink berikut ini;

SEO dalam angka

Studi kasus ini, dilakukan pada kata kunci yang cukup kompetitif. Yakni, “Jasa SEO;”

Saat Anda mengetik keyword Jasa SEO, maka ada 3 situs teratas muncul di halaman hasil pencarian (SERP). Itu adalah situs;

  1. fastwork.id
  2. garuda.website
  3. mastahseo.com.

Saya menggunakan 2 alat untuk mengukur tingkat popularitas situs dengan alat gratis. Backlink Checker Versi Ahref dan DA PA Checker versi MOZ dari Website SEO Checker

Hasil analisa DA/PA versi MOZ menunjukkan;

Angka-SEO - Apa itu backlink
MOZ punya perhitungan sendiri dalam matrik yang menentukan otoritas situs dan halaman.

Hasil analisa kuantitas backlink versi Ahref;

Backlink building angka dalam SEO

Lalu, sekarang lihat posisi peringkat situs di mesin pencari Google;

Hasil pencarian untuk Jasa SEO terbaik di Google

Note: Baiklah, angka berbicara dengan hasil sedikit berbeda. Dimana seharusnya, fastwork.id seharusnya berada di posisi pertama. Namun, pada hari artikel ini dibuat, garuda.website berada di posisi pertama, disusul oleh fastwork.id dan selanjut adalah mastahseo.com.

Sehari sebelumnya, fastwork.id berada di posisi pertama. Bagaimana saya bisa tahu? Jawabannya sederhana, saya adalah tim SEO Expert yang bekerja di Garuda Website. Dimana salah satu tugas utama adalah memantau progress SEO. Termasuk memastikan situs yang di optimasi untuk mendapat peringkat lebih baik.

Pertanyaannya, kenapa angka tersebut sedikit ‘meleset’ dalam menentukan peringkat? Jawabnya, angka tersebut berdasarkan asumsi yang dibuat oleh pihak ketiga. Bukan resmi dari Google. Dan itu berdasarkan perhitungan algoritma mereka masing-masing.

Namun, sudah lebih dari cukup untuk sekedar alat bantu guna memantau tingkat otoritas situs.

Garuda website dalam kasus ini, memainkan taktik SEO on page yang lebih baik. Dan di sana ada beberapa angka sebagai pembeda. Melalui strategi internal link building yang kuat. Saya akan berbagi rahasianya, pada artikel mendatang. Jadi tunggu saja.

Semua link adalah backlink!

Tautan apa pun dari web orang lain ke situs Anda (atau situs lain) bisa disebut sebagai backlink, tetapi sebentar lagi, Anda akan segera mengetahui bahwa, tidak semua tautan yang dibuat, nilainya sama di mata algoritma mesin pencari.

Ini sangat tergantung dari sumber situs backlink dan dimana tautan terkait, ditempatkan.  

Sama halnya seperti, Anda akan mempercayai rekomendasi dari tokoh yang dihormati di banding dari seseorang yang tidak Anda kenal sama sekali. Google dan mesin pencari lain, cenderung mempercayai backlink dari website terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Dibanding, situs kemarin sore yang tidak terkenal dan berisi konten dangkal.

Barometer kepercayaan diukur berdasarkan PageRank, salah satu algoritma Google yang mengevaluasi kualitas dan kuantitas backlink. Sayangnya, Google telah menutup informasi PageRank. Sehingga, itu hanya menjadi rahasia mereka.

Anda harus cukup puas dengan informasi secara resmi dari Google, ini; Cara kerja algoritma Penelusuran

Sebelumnya, sekilas kita telah menyinggung bahwa; backlink tidak semuanya sama. Atau antara satu backlink dengan yang lain, nilainya berbeda. Beberapa jenis backlink berikut ini, sedikit memberi gambaran tentang ketidak samaannya.

Link Nofollow

Pada titik ini, Anda sudah cukup tahu bahwa satu backlink merupakan satu suara. Untuk sumber terkait yang dapat dipercaya. Tapi bagaimana jika sebuah situs ingin membuat tautan, untuk sesuatu yang diragukan kepercayaannya dan atau ke situs yang Anda tidak ingin bertanggungjawab terhadap isinya?

Saatnya, Anda menggunakan fungsi tautan nofollow.

Tautan nofollow menggunakan atribut rel = “nofollow”. Ini semacam perintah atau informasi untuk memberi tahu Google dan mesin pencari lain, bahwa pemberi tautan tidak bertanggung jawab atas sumber yang dituju.

Jika Anda melakukannya, itu artinya Anda ingin mengatakan bahwa, tidak memberi nilai pada situs yang mendapat tautan dari Anda.

Backlink nofollow, dalam bahasa code akan terlihat seperti ini:

<a href="https://www.domain.com/" rel=”nofollow”> ini adalah link yang tidak diikuti </a>

Dan secara visual, akan terlihat oleh pengguna seperti ini;

ini adalah link yang tidak diikuti

Secara logika, tautan nofollow tidak memberi nilai pada SEO. Jadi tidak akan membantu untuk upaya menaikkan peringkat lebih tinggi di SERP. 

Namun, Google mengumumkan bahwa, sekarang telah berubah. Semua atribut tautan diperlakukan sebagai petunjuk tentang tautan mana yang perlu dipertimbangkan atau dikecualikan dalam Penelusuran.

Ini artinya, backlink dengan atribut no follow akan mendapat nilai SEO dalam beberapa kasus. Seperti, ketika platform berita otoritas yang mengatur atribut no follow secara otomatis pada seluruh situs.

Situs otoritas tinggi seperti Wikipedia, mengatur seluruh tautan keluar bersifat No Follow. Jadi, jika situs Anda mendapat tautan dari situs ini, itu artinya boleh berharap memberi dampak pada SEO Anda.

Link DoFollow

Link DoFollow adalah jenis tautan standart. Jadi, saat Anda membuat sebuah tautan tanpa ada perintah lain, maka secara otomatis tautan tersebut bersifat do follow.

Sederhananya, link dofollow adalah tautan yang lolos kepercayaan (PageRank), dan, oleh karena itu, tidak ada atribut nofollow yang perlu ditambahkan. 

Jadi, Anda tidak perlu mengatur rel do follow untuk tautan yang bersifat do follow.

Backlink do follow dalam bentuk coder akan terlihat seperti ini:

<a href="https://www.domain.com/"> ini adalah tautan yang diikuti </a>

Tautan Sponsor atau Berbayar

Terkadang, Anda mungkin membayar blogger atau influencer untuk mempromosikan sebagian konten Anda. Atau memposting ulasan tentang salah satu produk Anda. Jika uang, atau produk atau layanan, sebagai alat tukar atas imbalan tautan, atribut rel = ”Sponsored” harus ditambahkan untuk memberi tahu Google. 

Berdasarkan aturan web master Google, membayar uang atau hadiah untuk mendapatkan backlink do follow adalah bentuk pelanggaran. Baca; Pedoman Webmaster Google. Itu artinya, dapat berdampak negatif pada peringkat situs dalam hasil penelusuran. “Jika ketahuan” 

Atribut rel = ”Sponsored” mencegah situs Anda terkena dampak negatif dari backlink jenis ini. 

Backlink bersponsor terlihat seperti ini:

<a href=" https://www.domain.com/ "rel=”sp””> ini adalah tautan bersponsor </a>

Tautan UGC

Yang satu ini, termasuk atribut baru lainnya yang diluncurkan pada tahun 2019. Tautan UGC (User Generated Content) adalah yang berasal dari orang-orang seperti forum dan komentar blog. Atribut ini berfungsi memberi tahu Google bahwa, tautan tersebut ditempatkan oleh pengguna dan bukan webmaster (bukan pemilik situs).

Backlink UGC dalam code terlihat seperti ini:

<a href=" https://www.domain.com/ "rel=”ugc”> ini adalah link UGC </a>

Link Otoritas Tinggi

Klasifikasi backlink otoritas tinggi sebenarnya, tidak ada standart pasti. Karena kita tidak benar-benar tahu bagaimana Google dan mesin pencari menilai sebuah website. Apalagi, informasi PageRank sebagai gambaran resmi dari Google telah ditiadakan.

Jadi tidak ada metrik yang dapat diketahui publik. Karena mereka berhenti memperbarui, dan kemudian menghentikan, Toolbar PageRank sejak tahun 2016 .

Sebagian besar pakar SEO, berpegang pada matrik versi MOZ. Berupa Domain Authority dan Page Authority (DA – PA). Lihat gambar studi kasus SEO dalam angka diatas.

Jadi backlink otoritas tinggi bertujuan untuk menggambarkan tentang; tautan dari situs yang dipercaya memiliki popularitas tinggi.

Untuk standart global, ini bisa seperti; Wikipedia, HuffingtonPost, NYtimes, CNN, BBC, dll.

Saya pribadi berpendapat, situs yang memiliki score DA – PA 40+ versi MOZ, adalah situs otoritas tinggi. Dengan catatan, skor tersebut terjadi secara natural. Bukan buatan dari taktik “blackhat SEO”

otorias situs
Berikut adalah contoh gambar DA – PA buatan yang dapat saya buat dalam waktu tidak lebih satu bulan. Menggunakan strategi backlink building untuk memanipulasi algoritma MOZ. Tapi, Google tahu, sehingga kendati DA – PA tinggi, situs ini tidak siap untuk bersaing pada kata kunci kompetitif.

Kembali ke topik! Backlink dari situs otoritas tinggi bisa dikatakan memberi dampak besar terhadap peringkat. Kita tadi sudah membahas bahwa, tidak semua tautan sama. Algoritma Google akan memberi bobot lebih besar pada situs yang lebih dipercaya daripada yang lain?

Sedikit membingungkan untuk pemula. Sementara, otoritas situs itu dinilai dari kualitas dan kuantitas backlink.

Namun, dengan Anda memahami apa itu backlink. Baik dari jenis dan faktor nilainya, Anda mungkin akan mendapat gambaran lebih jelas. Tentang bagaimana memprediksi situs yang dianggap memiliki otoritas tinggi. Sehingga layak dipercaya sebagai sumber backlink otoritas tinggi pula.

Sebagai contoh, situs portal berita (masuk akal jika Google mempercayai tautan dari New York Times, bukan?) atau dari website mapan yang terkenal luas secara online. 

Namun, mari kita sederhanakan cara berlogikanya. Sebagai ukuran otoritas yang sederhana, tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda akan mempercayai dukungan dari website terkait? Itu dapat dilihat dari konten, desain, dan faktor ukuran secara manusiawi.

Atau, Anda dapat menggunakan alat untuk memantau kinerja situs dari traffic organik. Situs yang memiliki kunjungan harian yang tinggi dari berbagai kata kunci, jelas berkualitas. Jika tidak, mana mungkin Google memberi peringkat padanya.

Link Beracun (Tautan Tidak Wajar)

Tidak semua tautan akan berkontribusi pada peringkat situs. Untuk beberapa jenis tautan bisa mengandung racun. Alih-alih mendapat peringkat, situs Anda bisa saja kena penalty Google.

Backlink yang ‘buruk’ biasanya disebut tautan beracun atau tidak wajar .

Backlink beracun biasanya berasal dari situs berkualitas rendah. Dan atau situs yang mencurigakan secara langsung melanggar Pedoman Webmaster Google. Dimana tujuannya, semata-mata untuk memanipulasi peringkat mesin telusur. 

Ini bisa berarti tautan berbayar yang tidak ditandai dengan atribut nofollow atau bersponsor.

Kita tidak bisa memukul rata tautan dari direktori atau situs bookmark. Namun, beberapa berkualitas rendah. Selain itu, tautan di footer yang banyak digunakan, atau sejumlah tautan ‘tidak wajar’ yang menggunakan anchor teks dengan frasa pencocokan tepat.

Ada cukup banyak alat untuk melakukan audit backlink buruk tersebut. Namun, dengan mengetahui jenis backlink beracun, itu bisa dijadikan langkah awal untuk mencegah. Memastikan bahwa Anda tidak melakukannya.

Intinya adalah; segala jenis backlink yang dibuat hanya untuk peringkat, berpotensi sebagai tautan beracun. Anda perlu belajar banyak untuk menghindari kasus-kasus yang membahayakan peringkat situs. Sebelum memulai rencana backlink building.

Link Editorial Placement

Google menghargai dan memberikan otoritas terbesar pada situs yang mendapat backlink jenis editorial. Menarik? Pertanyaannya, bagaimana bentuk backlink editorial dimaksud?

Sederhananya, ini adalah jenis backlink yang terjadi secara alami. Dimana tautan ditempatkan atau diperoleh secara editorial, atas dasar keputusan jurnalis atau web master atau pemilik situs karena itu memang layak dan penting dilakukan.

Ini artinya, pemberi tautan secara sadar untuk mengarahkan pengunjung untuk mendapat informasi lebih pada situs yang di tuju. Sifatnya, meningkatkan pengaman online pada pembaca mereka. Bukan untuk memanipulasi algoritma mesin pencari untuk SEO.

Ini bisa berbentuk referensi, sumber, atau keterangan lebih lanjut.

Mengapa backlink penting?

Sampai dititik ini, Anda mulai dapat melihat kenapa backlink penting dan bahkan akan terus dibicarakan pada strategi SEO tingkat lanjut. Para pakar SEO sendiri, fokus pada strategi backlink building.

Tidak dapat disangkal bahwa backlink building adalah area penting untuk masa depan SEO Anda. Tapi kenapa?

Sebelum kita menggali lebih dalam, izinkan gambar ini berbicara tentang nilai sebuah backlink di pasaran global luar sana. Ini adalah sekilas, dan harga akan berkali lipat untuk kebutuhan SEO dengan kata kunci tertentu.

Fakta Backlink

Baiklah, mari kita mulai membahas kenapa backlink menjadi sangat penting untuk SEO. Sehingga membuat satu backlink bisa bernilai ribuan dollar.

Backlink Membantu Anda Meningkat Lebih Tinggi

Mesin pencari adalah sumber traffic yang sangat tinggi. Ini adalah pintu gerbang jutaan hingga milyaran calon pelanggan di dunia menemukan bisnis Anda. Berada di posisi terbaik mesin pencari, memungkinkan untuk membuat Anda kaya. Jika Anda menjual sesuatu secara online.

Pasar online bahkan lebih hebat dan lebih besar dari yang Anda pikirkan. Transaksi bahkan terjadi setiap detik. Dengan perputaran bisnis yang semakin naik tinggi, akhir-akhir ini. WOW, bukan?

Anda mungkin sudah mengetahui hal ini sekarang. Tetapi bagaimana backlink membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google dan mesin pencari lainnya? 

Tanpa backlink bagus yang mengarah ke situs Anda, itu artinya dapat dikatakan bahwa; Anda kehilangan salah satu faktor peringkat paling penting saat ini. Situs Anda dianggap tidak populer dan jauh dari otoritas. sehingga akan sulit untuk mendapat peringkat.

Semakin menjadi jelas bukan?

Peringkat terbaik di Google dan mesin pencari lain, hanya ditempati oleh situs otoritas terpercaya di industri Anda.

Semakin tinggi potensi bisnis, maka semakin banyak yang berupaya untuk meraihnya. Dan, oleh karena itu, hanya situs terpercaya yang berhak mendapatkan peringkat teratas untuk istilah pencarian utama.

Pada awal tulisan, kita sudah melihat tentang korelasi peringkat dengan jumlah backlink untuk kata kunci yang kompetitif. Ini juga diperkuat dari studi kasus yang dilakukan Backlinko. Dibawah ini menunjukkan fakta bahwa bahwa jumlah backlink yang lebih banyak berpontensi mendapat peringkat lebih tinggi di Google.

Grafik pengaruh Backlink terhadap peringkat situs

Saat ini Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memperoleh tautan berkualitas. Strategi backlink building sangat dekat dengan pelanggar ketentuan Google. Anda harus benar-benar memahami dan menghindari tindakan yang melanggar Pedoman Webmaster Google.

Sederhananya, Anda harus membuat backlink yang tidak terlihat bermaksud untuk memanipulasi hasil pencarian.

Teruslah membaca, kita akan terus menggali lebih dalam!

Backlink Adalah Salah Satu Cara Google Menemukan Halaman Baru 

Anda benar-benar tidak bisa mengabaikan fungsi tautan. Baik dari sisi internal maupun eksternal (backlink).

Laba-laba Google (Googlebot) menggunakan tautan untuk menemukan halaman baru di web ― backlink merupakan salah satu cara utama, tentang bagaimana konten ditemukan, dirayapi, dan diindeks.

Tautan memang sejatinya berfungsi sebagai jalur navigasi yang digunakan manusia untuk menelusuri halaman demi halaman pada sebuah situs. Dan juga sebagai cara bagi robot crawler untuk menelusuri milyaran situs di internet. Dimana hasilnya akan di indeks pada halaman hasil pencarian.

Tautan dari sumber terpercaya sekaligus memiliki traffic tinggi akan membantu konten Anda lebih cepat ditemukan dan diindeks oleh Google. Yang berarti lebih cepat berpotensi mendapat peringkat.  

Backlink Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Anda

Tautan hebat dari sumber yang otoritatif dan terpercaya, membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dari perspektif SEO, tetapi mereka juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas Anda sebagai bisnis. 

Pikirkan seperti ini… Katakanlah Anda adalah seorang importir dan menjual peralatan kapal. Ada kemungkinan besar, tidak banyak yang tahu tentang eksistensi bisnis Anda.

Sekarang, mari kita abaikan sejenak tentang SEO!

Jadi, jika Anda berhasil mendapatkan liputan pers dan tautan dari wartaekonomi.co.id, Anda akan mendapatkan peningkatan kredibilitas yang serius darinya. Jika kemudian mendapatkan tautan dari BBC, Tribun, Kompas, JPNN Group, dan lainnya, maka ada otoritas industri yang serius membicarakan Anda dan mengirimkan lalu lintas ke situs bisnis Anda.

Bahkan, jika SEO itu tidak ada, tautan jenis seperti ini, sangat membantu untuk menunjukkan pada orang-orang tentang otoritas Anda di industri terkait. Itu sangat berharga dan tak ternilai harganya.

Hebat bukan? Mari kita kita lihat semakin jauh..

Backlink Mengirim Lalu Lintas Referensi ke Halaman Anda

Saat situs pertama kali online, tautan berfungsi sebagai alat navigasi. Tujuan tautan bersifat, dalam bentuk yang paling sederhana, adalah membawa pengguna melalui browser web; dari satu halaman, ke halaman lain. Tidak hanya itu, juga dari satu situs ke situs lainnya. Konsep utamanya, begitu! 

Google kemudian mempelopori tentang menggunakan tautan sebagai salah satu faktor peringkat situs. Itu berdasarkan asumsi, bahwa, situs yang mendapat tautan backlink dianggap paling penting dan populer.

Fakta selanjut, Google bertumbuh menjadi raksasa mesin pencari. Salah satu terbesar di dunia. Melebihi mesin pencari lain.

Namun, prinsipnya tidak mengubah tentang fungsi tautan itu sendiri. Yakni, tautan yang bagus mengirimkan lalu lintas yang sangat berharga ke laman sebuah situs.

Dan jika kita mundur ke beberapa contoh diatas, sebuah tautan yang dibuat dengan benar dan relevan, memberi dampak signifikan. Tidak hanya SEO, lebih dari itu, bisa dikatakan sebagai strategi marketing paling berpengaruh.

Merek bisnis Anda, bisa berada dimuka pengguna yang tengah menikmati konten yang paling mereka cari. Dan tautan jenis ini, pada akhirnya akan mengirim traffic menuju laman situs Anda.

Itu artinya, selangkah lebih maju untuk memperkenalkan merek Anda kepada audiens baru yang dapat berubah menjadi pelanggan. 

Anda juga kemudian mendapatkan kemampuan untuk menambahkan lalu lintas ini ke daftar pemasaran ulang untuk menargetkan di seluruh saluran media berbayar untuk membuat lalu lintas rujukan Anda bekerja sedikit lebih keras. 

Jangan mengabaikan potensi lalu lintas dari tautan. Dan cara terbaik untuk menentukan, apakah sebuah tautan berharga atau tidak, adalah dengan memikirkan apakah tautan itu dapat mengarahkan lalu lintas dari audiens target utama Anda.

Ingat kembali konsep backlink editorial placement!

Cara Memeriksa Backlink Pada Website Anda

Kami sepanjang tahun, telah mengerjakan cukup banyak project backlink building. Dan banyak belajar dari fakta di lapangan. Jadi bisa dikatakan cukup kompeten untuk berbagi pengalaman. Hohoho…

Jika Anda berpikir untuk membuat rencana membangun tautan dan melihat taktik yang dapat digunakan untuk mendapatkan lebih banyak tautan hebat, ingin melihat bagaimana kinerja kompetitor dari perspektif tautan, atau hanya ingin membandingkan bagaimana orang lain perang SEO untuk peringkat pada kata kunci kompetitif yang sama; maka, Anda perlu tahu cara memeriksa backlink dan mendapatkan wawasan tentang profil tautan tersebut. 

Ada sejumlah alat berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang profil tautan pada sebuah situs. Diantaranya adalah; Ahref, MOZ, Google Search Console, SEMrush, dan lainnnya.

Menggunakan Google Search Console untuk Memahami Profil Tautan Anda

Ini adalah cara gratis yang paling hebat dan penting. Basis data resmi dari Google.

Google Search Console akan memberi wawasan tentang seperti apa profil tautan Anda sendiri. Namun sayangnya, alat ini tidak akan memberikan informasi situs yang diluar kendali Anda.

Karena, situs yang dapat dipantau harus terverifikasi. Jadi, Anda tidak dapat melihat profil backlink pesaing atau orang lain.

Google Search Console akan memberi wawasan tentang:

  • Tautan eksternal – Berapa banyak tautan eksternal yang mengarah ke situs Anda.
  • Halaman tertaut teratas – Halaman di situs Anda yang memiliki paling banyak backlink.
  • Situs dengan tautan teratas – Website yang paling sering menautkan ke situs Anda.
  • Teks tautan teratas – Teks tautan yang paling umum digunakan dari tautan eksternal.

Sebenarnya ada banyak hal yang didapat dari Google Search Console. Saya merekomendasikan Anda membaca ini: Cara memverifikasi kepemilikan situs Anda

Alat ini salah satu hal wajib untuk praktisi SEO.

Cara melihat jumlah backlink melalui Ahref

Ahref merupakan salah satu layanan populer dan banyak digunakan oleh pakar SEO. Selain menyediakan tools backlink checker, mereka juga menyediakan alat untuk memantau broken link, jumlah traffic, Keywords Explorer, Site Audit, Keyword Rank Checker, Keyword Difficulty Checker dan masih banyak lagi.

Untuk perang SEO, ahref bisa dikatakan cukup lengkap. Untuk versi gratis sangat terbatas. Jadi jika ingin mendapat wawasan lebih mendalam Anda dapat menggunakan versi premium.

Untuk versi free, anda cukup ikuti tautan ini;

  • Ahref Backlink Checker
  • Tinggal masukkan URL situs atau halaman yang ingin Anda pantau jumlah backlinknya. Maka secara otomatis Anda akan melihat data sekitar 100 backlink teratas.
Ahref backlink checker

Check bakclink menggunakan SEMrush

Meskipun Google Search Console adalah cara terbaik untuk memahami elemen tertentu dari profil tautan Anda sendiri; jika Anda ingin menggunakan wawasan tautan untuk membantu Anda membangun tautan yang bagus dan mengidentifikasi taktik yang digunakan pesaing, Anda perlu menggunakan alat khusus yang akan membantu Anda melakukan hal ini. 

Selain Ahref dan MOZ, SEMrush juga bisa dijadikan alternatif yang bagus. Semuanya dapat menawarkan wawasan berharga untuk digunakan dalam strategi SEO Anda.

Apa yang akan Anda dapatkan?

Analisis Backlink secara mendalam

Alat SEO yang disebutkan tadi, akan memberikan data profil backlink. Tidak hanya di domain Anda sendiri, tetapi juga milik pesaing. Wawasan ini berisi tentang berbagai metrik dan point data untuk membantu mengembangkan strategi SEO lebih lanjut. 

Berikut sedikit gambaran metrik backlink versi Semrush;

Gambar matrik backlink versi Semrush
Apa gunanya semua ini untuk strategi SEO Anda?

Jawabannya, sangat berguna. Karena backlink sebagai pemain kunci dari SEO, maka kualitas dan kuantitas backlink adalah penting. Semakin dalam wawasan Anda tentang ini, maka semakin baik Anda dapat menentukan langkah dan strategi backlink building di masa selanjutnya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda pantau terkait backlink;

  • Kategori domain pengarah – Di sini, Anda dapat melihat bagaimana domain yang ditautkan ke situs, diklasifikasikan secara topik, membantu Anda memahami bagaimana relevansi topik dari profil tautan domain yang terlihat. Ini berguna untuk mengidentifikasi sektor dan peluang dalam menargetkan strategi SEO Anda.
  • Anchor teks teratas – Memahami anchor teks pada tautan yang paling sering digunakan pada seluruh profil backlink domain adalah cara yang bagus untuk meminimalkan risiko buruk. Termasuk meminimalisir tindakan negatif terkait dengan taktik membangun tautan beracun, serta untuk memastikan strategi Anda sendiri menargetkan teks tautan yang terkesan alami.
  • Merujuk domain dari Skor Otoritas – Memahami kualitas profil tautan dengan melihat rincian menggunakan Skor Otoritas, membantu Anda untuk melihat tidak hanya kinerja situs, tetapi juga bagaimana Anda selangkah lebih maju dari pesaing.
  • Domain perujuk – Jumlah domain unik sebagai perujuk, memiliki korelasi yang kuat dengan peringkat yang lebih tinggi, dan menggunakannya sebagai tolok ukur kompetitif membantu Anda mengidentifikasi celah tautan secara efektif.
  • Atribut tautan – Kita sudah membahas cukup banyak tentang bagaimana mengklasifikasi jenis tautan. Termasuk pemisahan antara tautan follow, nofollow, disponsori, dan UGC. Wawasan ini berguna untuk merencanakan strategi yang mereplikasi jenis profil tautan terbaik dari pesaing yang mengungguli Anda. Sehingga, Anda tahu harus melakukan apa.
  • Backlinks – Menganalisis backlink pesaing dapat membantu Anda menemukan peluang untuk mencoba dan mendapatkan tautan dengan cara meniru sumber backlink kompetitor. Sambil Anda berupaya mencari celah untuk membangun tautan yang sulit dilakukan oleh kompetitor.
  • Distribusi TLD – Apakah tautan Anda berasal dari negara operasi utama Anda? Apakah ada peluang global untuk membangun tautan yang bermanfaat bagi pesaing Anda? Memahami distribusi TLD dari profil tautan sangat bagus untuk mendapatkan wawasan tentang strategi bisnis yang lebih luas.
  • Profil serupa – Ingin mempelajari lebih dalam tentang profil tautan pesaing? Anda dapat menggunakan wawasan ‘profil serupa’ untuk melihat contoh domain lain dengan profil tautan serupa ke situs berkinerja terbaik. Ini memberi Anda kesempatan untuk menemukan peluang baru.
  • Halaman teratas – Di sini, Anda dapat melihat halaman mana yang memiliki jumlah link tertinggi yang mengarah ke halaman terkait dan merencanakan cara memanfaatkan ekuitas link ini sebagai bagian dari strategi internal link building.

Tidak hanya itu, alat SEO juga memiliki fungsi untuk memantau jenis tautan beracun. Ini berguna agar Anda dapat mengambil langkah cepat, sebelum situs Anda terkena hukuman penalty dari Google.

Cara Mendapatkan Backlink Untuk SEO Situs Anda

Jika Anda pemula dan belum memiliki cukup uang untuk berinvestasi pada backlink, Anda sebaiknya memilih kata kunci target dengan tingkat persaingan yang rendah. Itu bisa melalui strategi SEO lokal atau longtail keyword.

Semakin spesifik kata kunci yang Anda targetkan, maka semakin rendah tingkat persaingan.

Sebagai contoh, kata kunci; “Toko Alat Safety” jelas lebih umum dan memiliki tingkat persaingan tinggi, jika target kata kunci bisnis Anda; “Toko Alat Safety di Jakarta”. Dan akan semakin ringan jika target Anda menjadi; “Toko Alat Safety Perkapalan di Jakarta”

Untuk bagaimana cara menentukan kata kunci, Anda bisa membaca tulisan ini: 10 Cara Riset Keyword dengan Tools Gratis

Jadi melebar ini, hohohoo… Mari kita kembali ke topik!

Bagaimana membangun backlink itu?

Memang, ada banyak taktik dan cara berbeda untuk membangun strategi backlink. Tetapi, beberapa memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi dan membantu Anda meningkatkan peringkat secara dramatis. 

Ada juga kesalahpahaman umum bahwa, Anda harus selalu membayar biro jasa backlink untuk membantu Anda membangun tautan, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. 

Ada banyak cara agar Anda dapat dengan mudah mulai mendapatkan tautan hebat sendiri hari ini. Ingat, Anda tidak boleh membeli tautan secara ‘serampangan’, tetapi mendapatkannya. Berikut ini beberapa cara populer (tetapi relatif sederhana) untuk mendapatkan tautan ke website Anda:

Untuk tingkat persaingan ringan ― bisa diukur melalui backlinks checker diatas, maka Anda tidak memerlukan jumlah backlink yang besar. Bahkan, Anda dapat memulai dari cara gratis! Saya merekomendasi Anda melihat sumber daya backlink gratis disini; 44 Backlink Gratis Dari Situs Otoritas Tinggi

1. Minta distributor Anda untuk memberi Anda tautan di situs mereka

Jika Anda menjual produk orang lain, Anda akan menemukan bahwa banyak situs distributor yang menyertakan halaman ‘tempat untuk membeli’ atau ‘stokis’ dengan detail (dan tautan). Ini adalah emas!

Seringkali, situs Anda tidak termasuk dalam daftar ini. Karena mereka biasanya tidak diperbaharui sesering yang seharusnya. Temukan halaman stokis di situs pemasok Anda dan, jika Anda tidak termasuk, hubungi mereka dan minta Anda untuk ditambahkan.

Jika Anda salah satu penjual terbaik dan bersemangat, mereka akan dengan senang hati melakukan. Mereka tidak akan mau kehilangan Anda.  

2. Menulis Posting Tamu

Meskipun Matt Cutts dari Google, menyatakan bahwa blog tamu sudah mati pada tahun 2014, ini bukan tentang kematian dari strategi ini. Dia hanya merujuk pada tindakan yang semata untuk memanipulasi mesin pencari. Dimana membuat posting tamu berkualitas rendah. Semata-mata mengejar peringkat!

Jadi, Anda masih dapat melakukannya sepanjang itu dilakukan dengan benar. Anda harus membuat tulisan yang benar-benar memberi pengaruh dan nilai pada pengguna.

Algoritma Google itu sederhana, adalah tentang menjawab pertanyaan pengguna dengan memberikan tautan relevan dan berkualitas. Jadi Anda tahu harus bagaimana.

Cara mencari tempat posting tamu juga cukup mudah. Cukup searching di Google menggunakan kata kunci; (bidang bisnis): “directory”

write for us

3. Gunakan Situs Direktori khusus Niche

Sebagian besar industri dan bidang bisnis, memiliki situs direktori aktif. Dimana berisi rekomendasi dan menampilkan informasi perusahaan yang beroperasi di sektor terkait. 

Anda juga akan menemukan situs direktori lokal untuk banyak wilayah. Seperti halnya strategi posting tamu, Anda dapat menggunakan Google untuk searching dan mencari peluang ini.

Jalankan pencarian Google untuk: (bidang bisnis): “directory”

Maka Google akan menjawab dengan memberikan sejumlah opsi direktori khusus untuk industri Anda yang dapat jadikan tempat membangun tautan;

Digital Marketing Directory

5. Ubah Sebutan ‘Merek’ Menjadi Tautan

Sebagian besar bisnis mendapati diri mereka diliput oleh pers, baik secara regional, nasional, atau internasional dari waktu ke waktu – baik itu karena produk atau layanan baru yang di luncurkan, karyawan baru, atau bahkan gerakan amal. 

Apa pun alasannya, tidak jarang disebut-sebut di pers namun tidak dibuatkan tautan. Ini adalah emas, jika itu terjadi pada merek bisnis Anda.

Tindaklanjuti, jika jurnalis atau editor menyebutkan merek atau nama Anda di pers tanpa tautan. Meminta mereka untuk menambahkannya.

Meskipun beberapa tidak, yang lain akan, dan ini adalah cara yang sangat mudah untuk mendapatkan backlink hebat.

Anda dapat memantau penyebutan merek Anda dengan Alat seperti layanan Semrush, yang semudah membuat kampanye di sekitar domain, istilah merek, dan negara target Anda.

Secara sederhana, Anda dapat mengetik kata kunci merek bisnis Anda, atau nama Anda di mesin pencari, jika muncul Anda dapat memeriksanya lebih lanjut.

5. Menjadi Narasumber

Jika Anda telah menghabiskan waktu untuk melakukan riset dan membuat konten hebat di situs Anda, itu artinya ada potensi untuk mendapat tautan sebagai sumber referensi.

Jika bisnis Anda dalam upaya merekrut lulusan untuk spesifikasi tertentu, temukan platform terkait, ini ide besar dan dapat dengan mudah Anda jangkau. Hubungi mereka dan tunjukkan mengapa bisnis Anda layak ditambahkan; sebagai sumber untuk membantu siswa menemukan potensi lapangan pekerjaan mereka.

Peluang seperti ini ada di semua sektor. Anda dapat mengambil pendekatan yang sama menggunakan konten yang bagus, serta produk atau layanan utama Anda. 

6. Publikasikan Riset dan Promosikan ke Pers

Riset unik adalah cara jitu untuk mendapatkan liputan pers untuk bisnis Anda, tetapi jangan tertipu, ini bukan pekerjaan mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

Meluncurkan kampanye ‘Pers Release’ berbasis data, baik milik Anda sendiri atau pihak ketiga, membutuhkan proses panjang. Tetapi hasilnya akan sepadan.

Jurnalis dan penerbit, sangat suka berbagi hasil studi penelitian dan survei. Dan ini adalah emas. Bisa menjadi cara bagus untuk mendapatkan tautan yang fantastis, jika Anda siap meluangkan waktu dan tenaga. 

Anda dapat membaca strategi ini di searchenginejournal.com; Building Links with Data-Driven Content (Even When You Don’t Have Any Data)

7. Analisis Profil Backlink Pesaing Anda Untuk Mengidentifikasi Peluang

Anda pendatang baru? Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah memantau kompetitor Anda. Mereka telah berjuang siang dan malam mencari sumber daya backlink berkualitas. Tugas Anda sederhana, mengikuti jejak mereka yang sukses.

Ini membuat Anda hemat waktu dan energi!

Analisis secara mendalam profil backlink mereka. Kumpulkan data dan klasifikasikan dalam kategori; yang mana dapat Anda lakukan, sekarang juga.

Beberapa alat SEO yang sudah kita ulas diatas, dapat membantu Anda melakukannya dengan baik.

Membongkar Mitos-Mitos Backlink Yang Masih Sering Digunakan Umum

Strategi backlink building memang mengalami perubahan secara signifikan. Dari waktu kewaktu pasti ada perubahan. Itu untuk mengikuti pola main algoritma mesin pencari. Ini baik dan harus!

Namun, ada banyak mitos yang terus dipercaya dan dipegang sebagai standar SEO oleh kebanyakan orang. Khususnya, bagi mereka yang ‘malas’ membaca atau belajar dari sumber kredibel.

Tapi, biarlah! Itu Agama dalam SEO mereka. Anda yang sudah berada dititik ini, adalah pejuang SEO yang serius. Sudah ribuan kata yang Anda baca, hanya dari satu artikel ini saja. Jadi, Anda layak untuk mendapat pencerahan! Secerah-cerahnya.

Biarlah, orang-orang yang bergulung dengan mitos menjalani proses SEO dengan cara mereka. Mari kita langsung saja;

1. Semakin Banyak Link, Semakin Tinggi Peringkat

Kita bisa mengerti dari mana asalnya, tapi belum tentu benar. Seperti yang telah dibaca diawal, tidak semua tautan adalah sama. Satu tautan bagus dari surat kabar atau publikasi industri besar, bisa bernilai ratusan bahkan ribuan tautan berkualitas rendah dari komentar blog yang juga kurang berkualitas.

Proses backlink building bukan hanya tentang permainan angka ― kualitas dan kuntitas harus terjadi secara bersamaan. Itu artinya, Anda perlu mendapatkan tautan berkualitas dalam skala besar. 

Memang, ada korelasi kuat antara jumlah dan peringkat. Tapi, kualitas tetap menjadi point utama. Jadi, Anda jangan terjebak dengan angka.

Anda juga perlu berhati-hati dibalik angka besar, bisa jadi beberapa diantaranya adalah ‘racun’ yang menenggelamkan bisnis Anda pada barisan paling belakang. Atau malah hilang sama sekali.

2. Backlink nofollow tidak berguna untuk SEO

Istilah tautan nofollow memang menyiratkan itu tidak memberi nilai. Dan banyak orang menelan informasi ini bulat-bulat. Menjadikannya sebagai panduan utama SEO mereka.

Mereka mengabaikan potensi tautan, jika itu terindikasi no follow!

Ini tahun 2020! Dan sebentar lagi masuk tahun 2021. Sementara kebanyakan masih berpegang pada historis tentang; “tautan nofollow tidak berdampak pada kinerja SEO”

Sstt.. saya kasih rahasia yang sebenarnya juga sudah menjadi umum, bahwa, pada September 2019, Google mengumumkan jenis tautan ini, sekarang adalah petunjuk, bukan arahan.

Google semakin pintar saat ini. Ai nya semakin dapat memilah nilai-nilai sebagai point penentu kualitas. Jadi, adalah mudah untuk mendapat sinyal lain, untuk memilih tautan yang memiliki atribut nofollow yang layak diperhitungkan sebagai juice link atau tidak. Media surat kabar papan atas, banyak menerapkan fungsi nofollow otomatis ke semua tautan eksternal. Google tahu, itu kualitas.  

Selain itu, jangan lupa, tautan nofollow dari situs otoritas tinggi yang memiliki traffic juga tinggi, adalah sumber lalu lintas dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Jadi kesimpulannya, selama tautannya relevan dan dari sumber tepercaya, Anda tidak boleh memandang rendah sebuah tautan, hanya karena itu bersifat ‘nofollow’.

3. Membeli Link adalah Cara Cepat untuk Meningkatkan Peringkat Anda

Dalam pedoman web master Google, membeli backlink itu ‘haram’ hukumnya. Termasuk dengan cara barter. Menukarkan sesuatu untuk mendapat backlink. Jika ketahuan, maka akan dihukum berat.

Jika Anda mensponsori konten untuk alasan lain, selain mendapatkan backlink, Anda harus menggunakan atribut rel = “Sponsored”. 

Dititik ini, sudah cukup jelas. Membeli tautan secara terang-terangan akan membahayakan SEO Anda. Anda perlu berhati-hati untuk memainkan SEO melalui strategi ini.

4. Alat Pengukur Skor Tautan adalah Satu-satunya Cara untuk Mengidentifikasi Kualitas Backlink

Score tautan yang diberikan oleh alat SEO diluar sana, sebenarnya adalah bentuk asumsi dari pemilik layananan. Bisa jadi benar, karena berdasarkan pengalaman mereka. Namun, itu bukan ukuran pasti.

John Mueller dari Google, baru-baru ini mengonfirmasi melalui twittnya, bahwa Google tidak mengacu pada salah satu skor yang ada diluaran sana, sebagai faktor peringkat. 

Sumber resmi Google

Ini hanyalah metrik yang dihitung oleh sistem algoritma masing-masing penyedia layanan. Dalam upaya memberi gambaran otoritas potensial di mata mesin pencari. Beberapa bisa saja benar.  

Namun, penting untuk dipahami bahwa ini bukanlah faktor peringkat atau faktor yang secara eksplisit menyoroti kualitas tautan. Jika tautan berasal dari sumber daya yang relevan dan telah ditempatkan secara editorial, yang berarti tautan tersebut dapat mengirimkan lalu lintas yang ditargetkan, jangan diskon hanya karena memiliki skor yang lebih rendah dalam suatu alat.

Profil tautan alami menyertakan tautan dari berbagai sumber, berbagai usia dan otoritas, jadi adalah tidak wajar dan tidak realistis, jika situs Anda hanya mendapatkan tautan dari sumber otoritas tinggi.

Algoritma Google akan bertanya-tanya, jika itu terjadi.

5. Situs akan kena penalti jika mendapat terlalu banyak baclink dalam waktu cepat.

Anda pernah mendengar istilah ‘Drip Feed’ dalam layanan jasa backlink? Ini adalah tentang strategi membangun tautan secara perlahan. Dengan tujuan, agar backlink dibuat secara bertahap. Agar tidak terkena hukuman penalti.

Ini adalah bentuk dari korban mitos kuno, bahwa, mendapatkan terlalu banyak tautan dalam waktu singkat akan mengakibatkan situs kena penalti.  

Banyak orang masih percaya. Bahkan penyedia layanan model Drip Feed ini, masih dengan bangga menyatakan sebagai strategi SEO terbaik.

Bayangkan saja, jika mitos ini benar! Maka situs-situs besar nan populer yang memiliki konten berkualitasa dan viral. Dimana kemudian, secara otomatis mendapat jumlah backlink dalam skala ekstreem dari berbagai situs di dunia, lalu akan bernasib mengenaskan. Kena penalti karena akibat terlalu bagus.

Oh.. hukuman macam apa ini?

Ada banyak fakta, situs berkelas meluncurkan kampanye PR yang mendapat ratusan tautan editorial dari publikasi unik, hanya dalam beberapa hari? Pengumuman produk, studi penelitian, dll. Semua bersifat viralitas, apakah mereka semua akan dihukum?

Anjay… Hukuman macam apa ini, anak muda!?

Ketahuilah, Anda pasti tidak akan dihukum untuk ini. Jika Anda mampu melakukannya. Selama Anda membangun tautan berkualitas, Anda tidak perlu khawatir menghasilkan jutaan backlink dalam waktu singkat.

Mitos ini berasal dari ‘mereka’ yang membeli tautan tidak wajar. Dari cara-cara licik, membangun tautan menggunakan mesin yang mengarah pada tindakan spam biadab! Hohoho…

Mari pastikan itu bukan kita… Hohoo…

6. Mendapat backlink dari situs industri judi berdampak buruk pada SEO

Ini mitos masih mengakar kuat khususnya di Indonesia. Pada beberapa situs, bahkan tidak berani menulis kata judi. Jika terpaksa mereka akan menggunakan kata “j*di” untuk menulis kata judi.

Memang ada beberapa niche yang dilarang Google. Itu biasanya terkait dengan niche terlarang secara universal. Tapi judi tidak termasuk.

Memang industri judi adalah bisnis yang dilarang untuk beberapa wilayah hukum. Termasuk Indonesia. Juga haram untuk beberapa sistem keyakinan. Tapi tidak berlaku secara universal.

Google bisa jadi akan ‘taat’ pada aturan hukum suatu wilayah. Itu dengan cara, mereka tidak menerbitkan iklan dengan niche yang dilarang secara hukum berdasarkan wilayah terkait.

Faktanya, Google akan tetap mengindeks dan memberi peringkat sebuah situs dengan niche perjudian.

Kesimpulannya, niche judi tidak berdampak pada SEO. Namun itu bukan berarti membuat Anda bebas secara hukum atau sistem keyakinan tertentu. Ada perbedaan mendasar antara perspektif SEO dan hukum suatu wilayah.

Jadi, jika Anda berencana membuat blog niche judi dengan target wilayah yang membebaskan perjudian, Anda tetap akan mendapat peringkat. Dan atau jika situs Anda mendapat backlink dari situs niche judi, terimalah dengan suka cita.

Toh… seringkali, situs judi memiliki kualitas SEO yang berkali lipat lebih bagus dari situs niche umum. Karena, industri ini tingkat persaingannya sangat tinggi. Skala kesulitan dari perspektif SEO, termasuk “Super Hard”. Ini artinya, bisa di sandingkan dengan otoritas situs marketplace besar di Indonesia.

Penutup

Backlink adalah faktor peringkat paling penting dan salah satu yang tidak dapat di abaikan, jika Anda ingin peringkat lebih tinggi di Google. Khususnya untuk kata kunci target yang kompeitif.

Membangun tautan adalah bidang SEO yang perlu seni tersendiri. Seperti tentang bagaimana membuat atau memprediksi sebuah tautan berkualitas atau tidak. Di luaran sana Anda akan banyak menemukan spesialis yang berfokus pada layanan jasa bidang ini.

Tetapi, kabar baiknya adalah; ada banyak cara untuk membangun strategi sendiri. Tahapan yang sudah dibahas diatas, mungkin bisa menjadi langkah penting untuk memulai. Anda dapat mengembangkan dengan ide baru. Tinggalkan komentar dibawah, jika ada sesuatu yang bernilai untuk Anda bagikan.

Hubungi kami, untuk konsultasi lebih jauh terkait strategi digital marketing Anda. Itu gratis!

Scroll to Top