Apa itu SEO On Page? Manfaat dan Cara Melakukannya

SEO On Page

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia website, pasti tidak asing lagi dengan istilah SEO On Page. SEO atau Search Engine Optimization memiliki dua bagian penting, yaitu SEO On-Page dan SEO Off Page. Keduanya merupakan strategi yang sangat penting yang digunakan para bloger maupun pemilik website.

Baca: 90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

Mereka menggunkan SEO On-Page dan SEO Off Page tidak lain adalah untuk mengoptimasi website atau blognya. Intinya, dengan menerapkan dua strategi ini dengan baik, maka website yang kita miliki bisa berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Jadi, ketika kita mengetik suatu kata kunci, maka yang ditampilkan di halaman pertama adalah website kita.

Mengenal SEO On Page

SEO On Page

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa melakukan optimasi sebuah website bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu SEO On-Page dan SEO Off Page. Kali ini kami hanya fokus membahas tentang SEO On Page.

SEO On Page merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan peringkat sebuah website yang di dilakukan di dalam website tersebut. Teknik ini memerlukan perhatian yang lebih jika dibandingkan dengan SEO Off Page. Ketika Anda berhasil menerapkan strategi SEO On-Page dengan benar, maka rangking website Anda akan naik dan bahkan berada di posisi atas.

SEO On-Page berkaitan dengan banyak elemen, seperti penentuan judul konten, permalink, penggunaan heading yang sesuai sampai membuat website Anda memiliki respon yang cepat. SEO On-Page memiliki pengaruh yang sangat besar di dalam menentukan rangking sebuah website.

Dasar-dasar Di Dalam SEO On-Page

SEO On Page

Adapun dasar-dasar yang erat kaitannya dengan SEO On-Page antara lain sebagai berikut:

  • Title Tag: judul tagar yang letaknya ada di bawah postingan yang akan dibaca oleh SEO
  • Meta Description: berisi tentang keterangan yang berkaitan dengan konten atau isi dari artikel atau topik yang sedang dibahas
  • URL atau Uniform Resource Locator: merupakan serangkaian karakter yang ada di dalam format tertentu. Tujuannya untuk memberikan informasi mengenai alamat sumber seperti dokumen, data, gambar, dan lain sebagainya
  • Heading: kumpulan kata yang juga merupakan sub judul di dalam sebuah artikel atau konten. Heading berbentuk format HTML. Ada beberapa tingkatan di dalam HTML, yaitu mulai tingkatan 1 sampai tingkatann 6
  • Link to Safe Authority: sebuah postingan yang di dalamya terdapat link-link yang nantinya akan mengarah ke situs terpercaya. Beberapa situs tersebut antara lain: Facebook, Youtube, dan beberapa situs terpercaya lainnya

Manfaat SEO On Page

Lalu manfaat yang Anda dapatkan ketika menerapkan SEO On-Page? Salah satu manfaat SEO On Page yaitu untuk menyempurkan strategi secara keseluruhan. Anda sudah tahu bahwa SEO bertujuan meningkatkan trafik atau kunjungan. Dengan SEO On-Page, maka wesbite Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Jadi, ketika seorang pengguna mengetikkan kata kunci, maka yang muncul di halaman pertama atau bahkan di posisi teratas atalah wesbise Anda. Inilah mengapa peran SEO On-Page sangat penting di dalam meningkatkan rangking wesbite. Anda harus benar-benar menguasai SEO On-Page agar website Anda berada halaman pertama dan trafik pun akan meningkat.

Komponen Pada SEO On-Page

Apa saja kkomponen yang terdapat di dalam SEO On-Page? Perlu Anda ketahui bahwa SEO On-Page juga dinamakan on-Site SEO. Sebuah proses yang bertujuan untuk mengoptimasi atau mengoptimalkan berbagai komponen baik back-end dan font-end dari sebuah website. Adapun komponen utama dari SEO On Page adalah elemen arsitektur situs, elemen konten, dan juga elemen HTML.

Cara Melakukan SEO On Page

SEO On Page

Lalu bagaimana cara melakukan SEO On Page? Untuk benar-benar menguasai on-site SEO, Anda harus mempelajari banyak hal dari berbagai sumber. Anda harus benar-benar memiliki wawasan yang luas yang mencakup berbagai aspek. Melakukan SEO On Page berkaitan dengan teknik-teknik yang akan kami bahas di bawah ini.

3 Teknik Utama Dalam SEO On Page

Sebelumnya Anda telah mendapatkan informasi tentang pengertian, fungsi, dan dasar-dasar yang berkaitan dengan SEO On Page. Sekarang, kami akan menjelaskan bagaimana apa saja teknik yang diterapkan di dalam SEO On-Page. Setidaknya terdapat 3 teknik utama yang berkaitan dengan SEO On-Page. Apa saja ketiga teknik tersebut? Berikut ini penjelasnanya.

1. Konten

Teknik pertama yang harus Anda ketahui adalah konten. Konten merupakan teknik dasar yang menentukan apakah website Anda menarik atau tidak. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat sebuah konten yang bagus, informatif, dan menarik. Pastikan konten tersebut memiliki gaya penulisan yang mampu menarik minat pembaca.

Jangan pernah melakukan plagiasi atau penjiplakan terhadap konten yang sudah ada sebelumnya. Google bisa mendeteksi dengan mudah ketika terdapat plagiasi atau penjiplakn terhadap konten suatu website. Akibatnya, website Anda pun akan mendapatkan peringatan. Selain itu, penjiplakan ini juga berpengaruh terhadap reputasi website Anda.

Selain digunakan untuk menarik minat pengunjung, konten juga bertujuan untuk membuat pengujung berlama-lama berselancar di website Anda. Durasi pembaca para pengunjung tersebut akan berpengaruh terhadap peringkat atau rangking website. Untuk mendapatkan sebuah konten yang optimal, relevansi dan kualitas merupakan kunci utama.

Anda harus memastikan bahwa konten tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan konten lainnya. Bahkan meskipun topik yang dibahas sejenis, namun Anda harus tetap menonjolkan kelebihan dibandingkan konten lainnya tersebut. Jika Anda membuat kontenyang relevan dan berkualitas, waktu pengunjung pun akan lebih lama.

Durasi pengunjung inilah yang membuat Google memberi nilai yang bagus untuk website Anda. Sebaliknya, ketika website yang Anda buat kurang relevan dan tidak berkualitas, pengunjung hanya akan mengunjungi website Anda selama beberapa detik. Hal ini juga berpengaruh terhadap peringkat website Anda tersebut.

2. Keyword

Teknik kedua yang juta tidak kalah penting dalam strategi SEO On Page adalah keywoard. Setelah Anda yakin konten Anda akan menarik, maka selanjutnya Anda harus fokus pada keyword atau kata kunci. lebih dari 90% para pengguna internet cenderung suka mengetik kata kunci tertentu pada mesin pencarian ketika ingin mendapatkan informasi apa pun.

Anda harus bisa mengunakan kata kunci yang tepat untuk setiap konten atau artikel  yang ada di website. Untuk membuat optimasi sukses, Anda harus memasukkan keywoard tersebut di dalam judul artikel. Bukan hanya judul, URL dan juga meta description pun juga harus Anda isi dengan keyword. Pastikan Anda membuat judul yang membuat pengguna tertarik mengunjungi website Anda.

Biasanya keyword juga akan dikembangkan menjadi sebuah judul. Selain itu, Anda juga harus membuat URL yang tidak terlalu panjang. Keyword juga harus ditambahkan pada meta deskripsi dan juga gambar di dalam artikel atau konten Anda. Anda harus memasukkan alt text dengan keyword. Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website Anda.

3. Halaman Website

Setelah menentukan konten dan menerapkan keyword, maka teknik SEO On Page yang ketiga yang harus Anda terapkan adalah berkaitan dengan halaman website. Melakukan optimasi website juga memiliki peran yang sangat penting untuk meningkaktan peringkat website Anda. Di dalam mengoptimasi website, ada beberapa hal yang harus anda cek.

Anda perlu mengecek Robot txt, HTTP, URL, kecepatan website, dan beberapa komponen lainnya. Page speed atau kecepatan halaman website merupakan faktor yang sangat penting. Kecepatan halaman website ini juga akan menentukan rangking dari webiste yang Anda miliki. Website yan ada di posis pertama biasanya merupakan website yang mempunyai respon yang sangat cepat.

Durasi 2 detik adalah durasi respon yang cepat. Anda harus menggunakan Google Speed Test untuk mengetahui seberapa cepat website Anda. Anda harus memperhatikan seperti apa kualitas hosting dan juga jumlah file .css dan .js. Dua hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan halaman.

Pentingnya Memahami SEO On Page

Di awal kami sudah menjelaskan bahwa SEO On Page merupakan strategi yang sangat penting di dalam sebuah website. Anda tidak cukup memiliki website dengan desain yang menarik. Konten atau isi website Anda pun juga harus menarik. Bahkan orang-orang akan lebih tertarik dengan konten website Anda dibandingkan dengan desainnya.

Lalu seberapa penting SEO On-Page? SEO on-site merupakan pondasi untuk melakukan optimasi website secara menyeluruh. Kabar baiknya, sekarang SEO On Page terdiri dari seluruh elemen yang bisa Anda kontrol secara penuh. Itu artinya, kesempurnaan on-site SEO berada di tangan Anda.

Ketika Anda mampu membuat sebuah konten yang relevan dan berkualitas dengan menerapkan strategi on-site SEO. Maka website Anda akan diantarkan untuk berada di peringkat yang tinggi pada mesin pencarian atau search engine. Tentu hal ini sangat penting kan? Anda juga bisa melakukan kontrol penuh terhadap kualitas website Anda, terutama konten di dalamnya.

Selain itu, ketika Anda berhasil menerapkan SEO On-Page dengan benar, maka bisa membuat strategi SEO Off Page kemungkinan juga akan berhasil. Jangan menautkan situs-situs yang tidak terpercaya atau tidak terkenal. Sebaliknya, Anda harus menautkan website Anda dengan situs-situs terkenal seperti yang sudah kami jelaskan.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page

Ketika membahas SEO On Page sebenarnya kita tidak bisa mengesampingkan pembahasan SEO Off Page. Keduanya adalah strategi yang harus Anda pahami. Keduanya saling melengkapi sehingga Anda tidak bisa hanya berfokus pada SEO On Page dan melupakan SEO Off Page, begitu sebaliknya.

Secara sederhana, SEO On-Page akan membuat konten atau artikel Anda lebih berkualitas sehingga membuat para pembaca lebih senang. Mereka bahkan bisa berlama-lama mengunjungi website Anda karena di dalamnya banyak terdapat konten yang menarik. Kondisi ini pun pastinya dilihat oleh Google dan peringkat website Anda pun akan naik.

Sementara itu, SEO Off Page membantu di dalam membuat website Anda mempunyai kredibilitas yang tinggi. SEO Off Page juga membantu website Anda agar bisa berada di posisi teratas. Anda harus mengoptimasi keduanya dan tidak bisa hanya berfokus pada salah satunya saja.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang segala hal yang berkaitan dengan SEO On Page. Kesimpulannya, SEO On-Page yang juga disebut SEO on-site memiliki peran yang sangat penting dalam optimasi website. SEO On-Page saling berhubungan dengan SEO Off Page sehingga Anda harus berfokus pada keduanya.

Scroll to Top