90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

cara belajar SEO wordpress
cara belajar SEO wordpress
cara belajar SEO wordpress

Jika Anda tiba di halaman ini, saya yakin; sedikit banyak sudah tahu tentang apa itu SEO. Karena, masuk kesini, pasti dari mesin telusur melalui frasa kata kunci yang terkait dengan topik “cara belajar SEO WordPress”

Jadi, kita tidak akan membahas tentang kenapa SEO penting dan harus masuk catatan teratas. Apalagi, ketika Anda membuat rencana atau program strategi digital marketing untuk bisnis online masa kini.

Para pakar marketing di era internet, sepertinya juga sepakat bahwa; SEO memberi dampak hebat terhadap perkembangan bisnis online. Dan tetap akan memegang peranan besar di masa akan datang.

SEO juga menjadi solusi praktis bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah, ketika ingin menjangkau pasar digital. Karena, SEO tidak membutuhkan biaya tinggi untuk memulai. Yang penting Anda tahu cara kerjanya.

SEO bahkan nyaris dapat ditempuh melalui jalur gratis! Asal, Anda memiliki tekad, konsisten, mau belajar dan bekerja keras.

Dedi Ariko ― SEO Expert

SEO mampu membawa Anda melangkah maju dan mengubah permainan. Khususnya, ketika dalam persaingan pasar internet.

Jadi, jika tertarik untuk mendalami dan mempraktekkan teknik SEO terbaik, maka; bookmark halaman ini. Cukup tekan fungsi; Control + D pada keyboard komputer Anda. Sehingga, Anda dapat kembali kapan saja, ketika dibutuhkan lagi.

Ulasan panduan utama cara belajar SEO WordPress ini cukup panjang. Jadi tidak mungkin hanya dibaca sekali langsung jadi. Ada tahapan yang melibatkan waktu, fokus dan pemahaman item ―per item yang bisa saja terpisah dari pekerjaan utama.

Baik, mari kita langsung mulai.

DAFTAR ISI: TUTORIAL SEO
  1. Langkah Dasar SEO
  2. User Experience
  3. 5. Siapkan Nama Permalink yang Cantik
  4. Faktor Penting SEO
  5. Performa Situs Untuk SEO
  6. Teknik SEO On-Page
  7. SEO Teknis
  8. Teknik SEO Off Page
  9. Kesimpulan

Langkah Dasar SEO

Kita asumsikan bahwa Anda baru memulai membangun sebuah website. Maka, hal dasar dan penting untuk dilakukan adalah ini;

1. Siapkan Google Analytics

Sangat mudah.  Menyiapkan Google Analytics adalah hal pertama yang harus Anda lakukan setelah meluncurkan sebuah situs web baru. Penting sekali untuk melacak lalu lintas/traffic Anda, karena lalu lintas pada dasarnya adalah orang-orang nyata yang mengunjungi situs web Anda. Itu terjadi melalui berbagai sumber online: organik, langsung, media sosial, dll. Seperti Anda yang tiba di halaman ini.

Cara Anda menyiapkan Google Analytics di WordPress adalah dengan meletakkan kode GA pada bagian HEAD situs. Cara mudahnya, Anda bisa melakukannya melalui plugin WordPress.

Baca: cara verifikasi Google Analytics WordPress

2. Siapkan Google Search Console

Google Search Console adalah dasbor SEO resmi dari Google. Ini gratis untuk Anda! Alat ini dapat melacak serangkaian metrik SEO dan memiliki serangkaian fitur hebat. Berguna untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di dalam Google Search Console adalah menemukan masalah seputar indeks untuk pencarian, mengirimkan peta situs ke Google untuk pengindeksan yang lebih baik, memeriksa laporan kecepatan situs web, atau kegunaan seluler.

Baca: Cara Verifikasi Situs di Google Search Console

3. Instal Plugin SEO untuk website Anda

Alasan utama mengapa saya menggunakan WordPress, karena Content Management System (CMS) ini berorientasi SEO dan selalu penuh ‘kejutan’. Selain itu, Anda juga dapat memperluas fungsi intinya dengan menggunakan bantuan plugin.

Baca: 11 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Plugin WordPress yang paling populer untuk SEO adalah Yoast SEO, dengan lebih dari 5 juta pengguna aktif. Dan akan terus bertambah. Cukup mengesankan!

Pada posisi kedua, ada RankMath. Ini adalah plugin SEO yang baru saja diluncurkan. Jadi, saya simpulkan, juga hebat. Walau pun, saya masih memilih Yoast.

Intinya sederhana: Anda akan memiliki kendali penuh dan cara mudah untuk mengoptimalkan sebuah halaman untuk SEO. Kita akan membahas hal ini nanti.

Jika tidak sabar, bisa langsung loncat ke:

Oke, kita lanjut!

3. B. Buat pelacak ranking kata kunci

Anda tidak mungkin meningkatkan sesuatu tanpa melakukan evaluasi. Untuk itu, Anda butuh alat. beberapa tersedia gratis. Namun untuk hasil analisa yang mendalam, Anda perlu merogoh kocek. Saat baru memulai, dulu saya hanya menggunkan versi gratis. Itu sudah cukup.

Jadi ketika berbicara mengenai SEO, Anda perlu tahu, Anda mau apa. Anda tidak bisa hanya membabi buta, hohoho.

Anda membutuhkan strategi. Setiap halaman perlu menargetkan satu kata kunci dan Anda harus tetap mengejar peringkat, minimal untuk halaman terpenting Anda.

Ada banyak alat yang dapat membantu Anda melacak peringkat kata kunci. Diantaranya adalah;

4. Periksa halaman Tentang, Kontak, Kebijakan Privasi, dan TOS

Yang satu ini sebenarnya sederhana. Tapi, seringkali diabaikan. Pastikan Anda memiliki apa yang saya sebut “halaman terpercaya” di situs web Anda. Itu adalah; halaman  Tentang, Kontak, Kebijakan Privasi, dan Aturan Layanan.

Mengapa halaman-halaman ini penting? Google juga menilai sebuah situs dari perspektif kepercayaan. Bisnis resmi apa pun, memang harus memiliki halaman-halaman itu. Jadi, Anda juga harus memilikinya.

User Experience

5. Siapkan Nama Permalink yang Cantik

Apa sih permalink yang cantik itu? Seperti namanya, maka nama URL pun harus mewakili isi dari keseluruhan halaman. Coba perhatikan contoh berikut.
Bisakah Anda menilai atau memaknai URL mana yang paling cantik?

https://tribbleagency.com/?aspx=456032304
https://tribbleagency.com/belajar-seo-wordpress/

Nah itu dia!

Mengapa ini penting? Dari segi UX, permalink yang baik harus mewakili keseluruhan isi web, sehingga orang sudah bisa tahu isi web, bahkan sebelum masuk ke dalam halamannya. Tidak hanya itu, dari kaca mata SEO, URL adalah faktor peringkat yang sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan upaya SEO Anda.

Dengan WordPress, hal ini mudah dilakukan. Masuk ke Pengaturan-> Permalinks dan aturlah Nama Posnya. Kemudian simpan. Semudah itu!

Belajar SEO Wordpress Pengaturan Permalink

6. Periksa apakah situs tersebut ramah seluler

60% pengunjung menggunakan perangkat seluler, sewaktu mengunjungi situs Anda. Sudah bukan jamannya lagi menunggu lama respon atas website Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa situs web Anda ramah seluler.

Ada sebuah aplikasi dari Google yang dapat membantu Anda mengetahui apakah situs Anda ramah seluler atau tidak.

Kunjungi; Google Test Mobile Friendly

Anda juga bisa mengubah ukuran jendela browser Anda untuk melihat bagaimana perilaku situs Anda terhadap seluler yang berbeda-beda.

Selain itu, Anda dapat membuka Chrome console(F12) dan mengaktifkan toolbar perangkat untuk melihat bagaimana situs Anda terlihat di perangkat seluler yang berbeda.

Kabar baiknya, sebagian besar template wordpress sudah mendukung versi seluler. Anda bisa aman disini.

7. Periksa apakah loading situs cepat?

Kecepatan adalah salah satu faktor peringkat SEO. Katakanlah ada 2 halaman serupa di 2 situs yang berbeda. Google lebih menyukai situs yang memberikan hasil pencarian yang lebih cepat. Mengerti, kan?

Cepat, cepat dan cepat, tapi seberapa cepat? Berikut adalah beberapa fakta menarik berdasarkan data Trinity.:

  • Hanya 15% situs web yang beroperasi dengan kecepatan yang bagus
  • 37% pengunjung sebuah situs akan langsung segera beralih dan meninggalkan situs, jika dalam lima detik pertama situs tidak terbuka.
  • Penundaan satu detik, sama dengan perubahan penurunan sebanyak 7%
  • Tiga dari empat UX SEO terpenting  adalah tentang kecepatan halaman

Jadi gimana?

Menurut Anda apa intinya? Ya, terserah Anda saja sih, tetapi perlu Anda tahu, idealnya setiap halaman harus bisa dimuat di bawah 3 detik.

Alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kecepatan situs web:

Rekomendasi; test kecepatan akses situs Anda di Google Pagespeed Insights. Anda dapat fokus disini. Nilai Anda harus sempurna!  Karena Google menggunakan alat ini untuk menilai kinerja sebuah situs.

Jika Anda lolos dan mendapat skor yang bagus di Google Pagespeed Insight, maka begitulah situs Anda dinilai oleh raksasa mesin pencari Google. Itu akan menjadi point dalam SEO.

Serius! Walau skor Anda bagus di alat lain, namun buruk di Google Pagespeed Insight, maka Anda tahu itu artinya apa.

Baca: 7 Cara Mempercepat Loading Website Terbaru

8. Buat URL yang singkat

URL harus pendek dan ringkas.

Idealnya, Anda harus bisa menggambarkan seluruh isi konten Anda menjadi tiga hingga lima kata. Atau, menggunakan maksimal 60 karakter saja. Mari kita lihat penjelasan Matt Cutts dalam wawancara pada Stephan Spencer:

”Jika Anda dapat membuat judul dengan empat atau lima kata saja, itu adalah hal yang wajar. Jika Anda bisa membuat tiga, empat atau lima kata saja pada URL Anda, maka hal itu sangat sempurna

Semakin panjang, semakin tidak baik. Sistem algoritme kami tidak akan memberi nilai apapun terhadap kata-kata yang terlalu panjang.”

Matt Cutts ― mantan Head of Search Quality Google

9. Periksa dan optimalkan halaman 404 Anda

Mari lakukan tes sederhana. Masuklah ke situs Anda dan kemudian ketik pada URL “thisismy404page”. Apa yang Anda lihat?

Setiap halaman harus bernilai bagi pengguna, terutama bagi mereka yang membidik  halaman 404 Anda.

Mengapa? Karena jika orang tidak menemukan apa yang mereka cari, mereka pasti akan lansung kembali ke bilah pencarian, dan ini menciptakan “pogostick” dan meningkatkan bounce rate (rasio pentalan) situs Anda.

Bagaimana cara Anda mengatasi hal itu?

Sederhana. Ciptakan sebuah kenyamanan!

Melalui WordPress, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan; Plugins 404page

Pluggin ini memungkinkan Anda menggunakan halaman 404 sebagaimana layaknya halaman-halaman yang lain. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah membuat halaman baru, membuatnya kelihatan menarik (plugin tersebut akan membantu Anda) dan menetapkannya sebagai halaman 404.

Haruskah Anda mengambil jalan pintas, membiarkan halaman 301 mengarahkan pengguna dari halaman 404 langsung ke beranda? Jawaban saya adalah tidak!

Halaman 404 artinya ada sesuatu yang tidak ada di sana karena alasan tertentu, dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna yang tersesat di sini, di halaman 404.

10. Konten harus mudah untuk dibagikan

Salah satu strategi pemasaran yang sering diabaikan adalah mengijinkan orang membagikan konten Anda di media sosial mereka. Bahasa kunonya adalah pemasaran dari ke mulut ke mulut.

Bagaimana caranya? Yup, Mudahkanlah orang membagikan konten Anda. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • milikilah situs dimana orang mudah membagikan konten Anda.   Rata-rata template yang Anda pakai sudah menyediakan fitur itu. Anda hanya tinggal mengatur cara membagikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Untuk WordPress sendiri, ada banyak sekali plugin yang dapat melakukan hal itu, tetapi yang saya rekomendasikan adalah Social Snap karena fitur dan cara kerjanya yang mudah.
  • milikilah situs dimana jaringan media sosial mudah untuk mengambil data Anda. Simpelnya, pastikan og tag sudah diatur dengan benar. Alat seperti Yoast atau Rank Math dapat melakukan ini secara otomatis. Anda bahkan dapat menyesuaikan tagnya secara manual pada setiap  halaman.

Jujur, WordPress memang sangat memudahkan!

11. Perkenalkan brand Anda di jejaring-jejaring sosial lain

Mari lakukan eksperimen lagi. Ketiklah nama brand Anda di pencarian Google. Pasti, maka tiga hal ini yang muncul pada halaman pertama pencarian:

  • tautan ke web atau jejaring sosial saya
  • hanya beberapa saja tautan ke web dan jejaring sosial saya
  • Saya tidak dapat menemukan web saya, melainkan tautan situs orang lain

Solusinya sederhana: amankan seluruh halaman pertama hasil pencarian hanya dengan nama brand Anda. Buat halaman pertama berisi naman Anda. Dan cara melakukannya adalah dengan memperkenalkan brand Anda ke semua media online, antara lain:

  • Beranda situs web Anda
  • Halaman lain situs web Anda
  • Halaman Facebook
  • Google My Business
  • Instagram
  • YouTube
  • Pinterest
  • media online lainnya

Dari kacamata UX yang menelusuri brand Anda, adanya brand Anda pada media-media ini, dapat meningkatkan kepercayaan mereka dan dengan demikian, bisa meningkatkan peluang Anda untuk bekerja sama dengan mereka.

12. Gunakan Heatmaps untuk melihat apa yang dicari pengguna

Heatmaps adalah cara untuk melihat apa yang sebenarnya dicari pengguna di situs web Anda dan bagaimana mereka berinteraksi. Hal ini bisa membuat Anda tahu:

  • seberapa sering pengguna menggulir
  • di mana saja pengguna mengeklik
  • interaksi yang  pengguna lakukan di halaman
  • bagaimana situs web terlihat dari  mata pengguna

Dengan mengetahui semua ini, mempermudah kita dalam memenuhi  keinginan pengguna secara keseluruhan di situs web kita. Beberapa Heatmaps yang saya rekomendasikan adalah:

Faktor Penting SEO

Kita memasuki tahapan tingkat lanjut dari belajar SEO WordPress. Salah satu dari 3 faktor peringkat penting, selain backlink dan RankBrain (cara Google menyortir hasil pencarian dan menampilkan hasil yang benar), itu adalah;

13. Miliki strategi konten SEO

“Konten adalah Raja!”

Ini adalah mantra SEO yang harus jadi panduan Anda setiap hari. Google selalu mengandalkan konten dalam menentukan peringkat situs, dan tugas Anda adalah menyediakan konten ini. Jadi, memiliki strategi tentang konten adalah suatu keharusan. Karena dalam hal apapun, seperti yang sudah Anda ketahui, konsistensi adalah kunci utamanya.

Akan tetapi ini tidak berarti Anda bisa membuat jenis konten apa pun dan berharap itu akan mendapat peringkat. Tidak! Anda perlu mempublikasikan konten yang menonjol dan yang berpotensi mendapatkan tautan.

Menurut Garuda Website, salah satu perusahaan Jasa SEO di Jakarta, Anda membutuhkan strategi. Dan itu diantaranya adalah;

  • Kelompokkan konten berdasarkan topik dan tema
  • Taruh konten di tempat yang sesuai dengan tipe masing-masing pengunjung (tipe pengunjung yang hanya ingin tahu, pengunjung yang sedang membandingkan, dan yang tertarik dengan produk/siap untuk membeli)
  • Fokus pada kata kunci yang mudah diberi peringkat dan yang sudah memiliki traffic
  • Pertahankan konten lama Anda dengan sering mengunjungi dan memperbaharuinya. Lakukan update untuk materi yang kadaluarsa.

14. Lakukan penelitian kata kunci

Setiap strategi dalam konten SEO pada intinya melakukan penelitian kata kunci. Anda perlu tahu apa yang dicari orang dan Anda harus menyediakannya.

Pastikan bahwa kata kunci yang Anda tulis itu:

  • relevan dengan bisnis Anda
  • menjawab segala keinginan pelanggan
  • memiliki traffic yang cukup untuk membuat upaya Anda berhasil

Jadi, bagaimana Anda bisa melakukanya?

Berikut ada beberapa alat yang dapat membantu Anda antara lain:

Tips dan Trik:

  • Kelompokkan kata kunci panjang berdasarkan topik. Saat melakukan penelitian kata kunci, Anda akan menemukan banyak kata kunci panjang serupa dengan topik utama yang sama. Kelompokkan semuanya, dan tulis konten bentuk panjang, dengan membuat setiap kata kunci di dalamnya. Dengan cara ini Anda menghindari kanibalisasi konten.
  • Gunakan kata kunci yang rendah persaingan jika Anda adalah pemula atau Anda tahu situs web Anda belum memiliki reputasi.
  • Temukan kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda dan curi kata kunci tersebut dengan menulis konten yang 10x lebih baik.

15. Buat konten 10x

Istilah “konten 10x” pertama kali diperkenalkan oleh Moz, beberapa tahun yang lalu. Hal ini mengacu pada “konten yang 10 kali lebih baik daripada hasil pencarian yang diberikan kata kunci.”

Alasan kita menggunakan mesin pencarian Google adalah karena kita ingin mencari solusi atas sebuah masalah yang sedang kita hadapi. Tetapi terkadang halaman pertama hasil pencarian diisi dengan artikel pendek yang tidak banyak membantu.

Coba bayangkan, kita sedang membaca sebuah konten yang membahas sebuah  masalah dari banyak sudut pandang, dan disertai cara penyelesaian yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Dan dengan detailnya yang sangat sempurna. Anda kemudian akan menandainya, dan membagikannya di jejaring sosial Anda, atau bahkan menautkannya dengan blog Anda.

Nah, inilah efek dari yang ingin kita sebut sebagai konten 10x, dan inilah alasan mengapa Anda perlu menulis konten seperti itu.

Dan sebagai contoh, saya ingin menyebut artikel yang Anda baca saat ini, adalah konten 10x itu.

16. Tulislah konten yang panjang

Meskipun jumlah kata-kata tidak mempengaruhi peringkat, berikut alasan mengapa konten yang panjang itu penting:

  • konten yang panjang bisa menghasilkan lebih banyak backlink
  • konten yang panjang lebih baik untuk hasil pencarian
  • konten yang panjang menghasilkan traffic/lalu lintas

Memang, semuanya adalah tentang hubungan sebab akibat, tetapi memang sudah begitulah cara kerjanya.

Berapa panjang ideal sebuah konten? Secara statistik, panjang rata-rata sebuah konten sekitar 800 – 1500 kata untuk sebuah artikel.

Akan tetapi perlu diingat, tujuan utama sebuah konten adalah untuk memecahkan masalah tertentu, tidak peduli apakah konten tersebut berisi 700 atau 3000 kata.

Jadi, semakin mudah konten dipahami, semakin baik. Dan jangan pula, karena ingin membuat konten yang panjang, artikel Anda malah berputar-putar merangkai kata tanpa makna. Buat yang padat secara materi, berkelas dan memberi penjelasan penting, lugas dan tuntas.

17. Hindari kanibalisasi konten

Kanibalisasi konten = strategi buruk dalam dunia persilatan SEO. Itu seperti menuliskan kata-kata kunci yang sama di beberapa halaman web.

Contoh:

  • https://tribbleagency.com/cara-belajar-seo-wordpress/
  • https://tribbleagency.com/teknik-seo-wordpress/

Dua link ini memiliki kata kunci utama yang sama.

Yang terjadi adalah, kedua halaman ini kurang berkualitas, jadi alih-alih mendapat peringkat tinggi untuk kata kuncinya, Anda bahkan tidak akan mendapat peringkat sama sekali (setidaknya di 10 posisi pertama).

Bagaimana mengidentifikasi kanibalisasi konten

Gunakan Ahrefs. Ahrefs memiliki video yang menjelaskan bagaimana Anda mengidentifikasi kanibalisasi konten.

Intinya, Anda memberi kata kunci yang bisa di ranking ke dalam situs Anda, kemudian mengatur ulang menurut abjad, dan menganalisa peringkat URL untuk kata kunci yang sama.

Bagaimana cara mencegah kanibalisasi konten

kelompokkan semua kata kunci panjang dalam satu topik dan tulislah konten yang panjang untuk memasukkan semua kata kunci, daripada menulis masing-masing halaman untuk masing-masing kata kunci.

Hindari memberikan kata kunci yang sama sebanyak dua kali. Yoast SEO, akan memberi notifikasi, saat ini terjadi.

18. E-A-T untuk keamanan

E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authority dan Trustworthiness.

Cara Google memberi peringkat kepada situs web Anda sangat berhubungan dengan dengan E-A-T ini.

Artinya, Anda, sebagai tokoh utama atau image dari situs web dan brand Anda, harus meyakinkan orang bahwa apa yang Anda paparkan di web Anda benar-benar sesuai dengan keahlian dan latar belakang Anda. Baik secara kategori maupun keseluruhan. Sehingga, orang yakin bahwa Anda dan situs web Anda benar-benar dapat dipercaya.

Mari kita lihat dua web berikut:

  • A – blog umum, seperti portal berita (niche gado-gado) dengan artikel yang memiliki banyak topik: kesehatan, makanan, DIY (Do It Yourself), anak-anak, dll.
  • B – blog personal, katakanlah blog seorang perawat yang kesehariannya bekerja dengan dengan anak-anak, dan yang blognya hanya  berbicara tentang pengasuhan anak saja.

Jika kedua situs web menerbitkan artikel yang sama, meskipun situs web mereka memiliki kesamaan dalam hal backlink dan profil, maka artikel yang diterbitkan di blog perawat akan lebih unggul ketimbang yang diterbitkan di situs berita, karena konten blog perawat berkorelasi lebih kuat dengan EAT. Ketimbang yang lain. Masuk akal, bukan?

Satu contoh lagi, Anda seorang fotografer dan tiba-tiba menulis di situs web fotografi Anda tentang hobi Anda merajut kaus kaki, tidak cocok kan?

Makanya, sangat penting untuk menulis konten sesuai bidang yang Anda kuasai. Dari segi keahlian Anda, dan cara Anda menuliskannya, sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan, baik dari isi konten maupun sudut pandang pengguna.

19. Buat Hub Konten

Hub konten penting bagi yang ingin memiliki struktur situs yang kokoh.

Orang-orang menyebut hub konten dengan berbagai sebutan: halaman pilar, cluster topik, hub konten, dan jika Anda perhatikan, plugin Yoast SEO meminta Anda untuk menandai halaman dengan “konten landasan/konten pilar”, sehingga dapat membantu Anda membuat hub.

Jadi strategi hub konten adalah strategi penautan link internal ke beberapa halaman konten terkait (terkadang disebut sebagai halaman “spoke”) kembali ke halaman hub pusat.

Ada banyak cara untuk membuat hub konten. Ini bisa berupa kategori blog terkini Anda atau halaman unik yang dibuat dari awal.

Jika Anda mencari inspirasi dan pemahaman apa itu Hub Content, baca ini; Apa Itu Konten Pilar? Bagaimana cara membuatnya?

20. “Beri makan” hub dengan konten-konten pendukung

Halaman hub biasanya berbicara tentang topik tertentu, sebuah kata kunci dengan volume pencarian besar, dan tingkat peringkat yang lumayan sulit. Halaman jenis ini sulit untuk diberi peringkat, sehingga perlu usaha untuk mendapatkan ranking.

Tugas Anda adalah membuat konten pendukung, untuk menyokong halaman hub.

Mungkin Anda sudah memiliki halaman hub ini di situs web Anda dalam bentuk kategori. Maka yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menulis konten untuk mengisi kategori tersebut.

Ingin tahu lebih dalam baca; Model Topik Cluster: Teknik SEO Terbaru Anda Selanjutnya

21. Perbarui konten secara teratur

Memasarkan sebuah konten adalah sebuah proses berkesinambungan. Amat sangat penting mempublikasikan sebuah konten! Tetapi, juga tidak kalah penting untuk selalu merevisi dan memperbaharuinya, sehingga konten itu tetap relevan.

Jika Anda mengira bahwa ini tidak bemanfaat, Anda salah besar. Penelitian menunjukkan bahwa konten lama yang diperbarui dapat berkinerja jauh lebih baik. Daripada sebuah konten baru. Anda bahkan dapat menaikkan lalu lintas/traffic halaman lama dengan cara memperbaharuinya.

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan saat memperbarui konten lama:

  • menjaga keakuratan informasi
  • perbaiki semua tautan yang tidak terpakai lagi dan tambahkan tautan baru ke yang lebih relevan
  • perbaiki lagi tata bahasa
  • Tambahkan media seperti gambar atau video

Keuntungan terbesar dengan memperbaharui konten, tanggal terbit akan otomatis diperbaharui juga oleh sistem dan konten akan muncul pada mesin pencarian, sebagai konten yang baru terbit.

Keren, kan?

 22. Tambahkan konten ke kategori-kategori Anda

Ini juga merupakan taktik yang sederhana, tetapi sering diabaikan. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kategori pada blog Anda bertindak sebagai hub konten. Masalahnya, kategori ini secara otomatis memunculkan konten dari blog Anda.  

Ini dapat dibaca sebagai kanibalisasi, karena konten yang sama muncul beberapa kali di sebuah situs.

Jadi untuk mengatasinya, dan untuk membantu supaya laman ini bisa mendapat peringkat, maka dibutuhkan konten yang unik.

Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat menambahkan deskripsi unik pada setiap kategori. Itulah hal dasar yang dapat Anda lakukan.

Performa Situs Untuk SEO

23. Gunakan Host Web yang prima

Menghosting situs web Anda di platform yang tepat itu sangat penting karena dapat memengaruhi serangkaian SEO. Seperti kecepatan halaman, rasio pentalan/redirect, dan UX secara keseluruhan.

Dahulu, untuk dikenal , kita harus bermain dengan para pemain besar, seperti Bluehost atau GoDaddy. Tetapi kita harus juga akui akan sulit bagi perusahaan besar seperti itu untuk memberikan layanan yang dapat memenuhi begitu banyak niche/kategori.

Sekarang ini, kita dapat berbicara tentang web host butik, yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan kategori tertentu, dan penyedia webhosting a-la-carte, yang menyediakan layanan server dan platform untuk membangun situs Anda.

Sejujurnya, layanan-layanan semacam itu adalah layanan yang harus Anda gunakan untuk menghosting situs Anda: mereka selalu up to date, teknologinya mutakhir dan karena mereka melayani niches/kategori tertentu, pasti memberikan layanan yang terbaik.

Rekomendasi saya adalah:

  • Cloudways: sebuah platform hosting cloud terkelola buat Anda
  • SiteGround: sebuah penyedia webhosting klasik dengan teknologi mutakhir dan  ramah WordPress.
  • Kinsta – Hosting WordPress untuk bisnis

24. Periksa apakah server dekat dengan area layanan Anda

Jika Anda seorang pebisnis lokal, berikut ini trik bagi Anda untuk melancarkan situs web Anda.

Ilustrasinya begini. Misalkan saya menawarkan layanan saya di sekitar San Francisco. Saya akan mendaftar dengan Cloudways, memilih server DigitalOcean atau Vultr, dan memilih lokasi servernya di San Francisco dan booming!

Ketika seseorang mengakses situs web, pasti situs web akan terakses dengan sangat cepat, karena situs tidak perlu menunggu lama perubahan DNS sebelum konten muncul.

Jika Anda berada di Indonesia, setidaknya carilah server terdekat dari wilayah kita. Strategi ini sangat efektif untuk bisnis lokal.  

Lalu bagaimana jika Anda melayani orang secara nasional atau global?  Nah, saatnya Anda menggunakan CDN.

25. Gunakan CDN

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network (jaringan pengiriman konten). Menurut Yoast, CDN adalah “jaringan server di berbagai lokasi geografis yang berbeda. Jaringan server ini bekerja bersama untuk membuat sebuah konten dimuat lebih cepat, dengan menyajikannya dari lokasi yang dekat dengan pengunjung.”

Jadi jika Anda memberi layanan secara global, maka CDN harus ada dalam daftar belanja Anda.

Tidak hanya menghosting file statis Anda ke seluruh dunia, tetapi manfaat lain CDN bagi Anda adalah:

  • mengirimkan konten statis kepada pengguna lebih cepat
  • menghemat bandwidth Anda
  • mendukung sumber daya skala saat Anda menjadi viral!
  • menambahkan sistem keamanan baru

CDN yang saya rekomendasikan:

  • BunnyCDN
  • CloudFlare
  • KeyCDN
  • StackPath

26. Periksa Kompresi GZIP

Gzip adalah metode mengompresi file (membuatnya lebih kecil) untuk mentransfer jaringan menjadi lebih cepat. Ini juga merupakan format file. Kompresi ini membuat server web Anda bisa menyajikan ukuran file yang lebih kecil. Sehingga pengunjung web Anda bisa memuat data lebih cepat.  

Mengaktifkan kompresi GZIP merupakan hal standar, akan tetapi masih banyak hosting yang tidak menyediakan fitur seperti itu secara default. Jadi pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan fitur ini .

Untuk menguji kompresi GZIP, bukalah salah satu dari dua aplikasi ini:

Jika ternyata Anda tidak memiliki kompresi GZIP ini, hubungi server webhosting Anda dan minta mereka membuatkannya untuk Anda. Jika tidak, saatnya beralih ke host web yang tepat. Serius!…

27. Periksa HTTP/2

HTTP adalah protokol jaringan tempat dimana semua informasi jaringan antara pengguna dan situs / server Anda terjadi. Itu adalah tempat untuk memuat situs web.

HTTP/2 adalah revisi dari HTTP/1. Letak perbedaan terbesar keduanya adalah performanya atau tampilannya. Bagaimana tidak, kita berbicara tentang 18 tahun perbedaan!

HTTP/2 dapat mengirim beberapa permintaan data secara paralel melalui satu koneksi TCP. Ini adalah fitur paling canggih dari  HTTP / 2 karena memungkinkan Anda mengunduh file web melalui mode ASync dari satu server.

Berikut adalah sebuah tes keren yang dibuat oleh Google untuk lebih memahami perbedaan antara HTTP /1 dan HTTP/2. Klik tautannya dan lihat perbedaannya. Luar biasa menurut saya!

Itulah alasannya mengapa Anda perlu memastikan bahwa server Anda bekerja dengan HTTP / 2.

Alat pengujian HTTP / 2:

Jika ternyata situs Anda tidak mendukung HTTP/2, hubungi server webhosting Anda. Jika mereka tidak dapat mengaktifkan fitur ini untuk Anda, maka inilah saatnya migrasi ke hosting baru.

HTTP/3 sedang dalam proses dan dijadwalkan untuk diluncurkan akhir tahun ini, jadi mari pantau terus.

28. Gunakan cache

Caching adalah proses di mana server menyimpan dalam memori data situs web sebagai data statis, agar dapat disajikan lebih cepat.

Ada beberapa jenis cache yang tersedia, antara lain:

  • cache sisi server
  • cache basis data
  • cache objek
  • cache halaman
  • Cache CDN

Masing-masing menyimpan data pada level yang berbeda.

Sekarang, memiliki cache adalah sebuah keharusan untuk semua situs web. Beruntungnya, ada banyak cara untuk mengaktifkan cache, terutama dalam WordPress.

Banyak penyedia webhosting memberikan solusi cache versi mereka sendiri. Diantaranya SG Optimizer by Siteground atau Breeze by Cloudways. Semuanya gratis untuk digunakan terutama jika kita menghosting situs web dengan server ini juga.

Untuk plugin premium, saya merekomendasikan:

Ketiganya, bukan hanya mengurus plugin chace tetapi juga pusat  optimasi web, optimasi gambar, optimasi file CSS & JS, optimasi database, dan masih banyak lagi.

Cache mempercepat pemuatan halaman. Dengan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman, dapat meningkatkan pelayanan kepada pengguna secara luar biasa. Juga berpengaruh untuk SEO. Kita sudang singgung diatas.

29. Perkecil file JS/CSS

Meminimalkan file Javascript dan CSS akan memperkecil ukuran halaman, sehingga membuat halaman lebih cepat dimuat.

Cara melakukannya adalah dengan menggunakan salah satu dari 3 plugin yang disebutkan di atas.

Ada plugin WordPress Autoptimize dari wordpress . Tetapi, plugin ini tidak ada hubungannya dengan cache, lebih ke optimasi gambar dan file.

30. Ubah ukuran gambar besar saat diunggah

Penggunaan ukuran file pada sebuah web dapat dilihat dari item multimedianya, terutama gambar. Jika Anda menjalankan situs web yang banyak gambarnya, maka selisih  antara pemakaian ukuran antara gambar dengan sumber lainnya akan semakin besar.

Saya seringkali menemukan situs yang menampilkan gambar besar, diambil langsung dari kamera dan disajikan kepada pengguna. Bayangkan sebuah gambar dengan kapasitas 7MB, disajikan di situs web, kemudian dikunjungi oleh pengunjung dengan menggunakan operator 3G,… Apa jadinya?

Cara terbaik untuk menghindari situasi seperti itu adalah mengubah ukuran gambar yang diunggah secara tidak sengaja ke situs web secara otomatis. Banyak plugin di WordPress yang menyediakan fitur tersebut, antara lain:

31. Kompres dan Optimalkan gambar

Saya tidak bosan mengulang-ulang hal ini! Seperti yang saya sebutkan di atas, gambar adalah faktor terbesar yang mempengaruhi ukuran halaman, sehingga mengoptimalkannya dengan benar sama seperti melakukan optimasi  80/20 dari situs web.

Jadi, bagaimana Anda bisa melakukannya? Banyak plugin optimasi gambar yang disediakan oleh WordPress, beberapa di antaranya plugin optimasi umum, yang lainnya untuk individu.

Apa yang harus Anda perhatikan?

Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan pendekatan “glossy” karena tepat di tengah: tidak terlalu agresif (lossy – performa terbaik, dengan mengorbankan kualitas gambar), dan tidak terlalu lembut (lossless – kualitas gambar terbaik, performa rendah).

32. Lazy Load Images & Iframe (sematan YouTube, dll)

Lazy Load Images (iframe) berarti “ memuat gambar di website menjadi tidak sinkron, dalam artian setelah konten bagian atas sepenuhnya dimuat, maka gambar tidak akan dimuat. Bisa dikatakan jika pengguna tidak melakukan scroll sepenuhnya ke bawah, maka gambar yang ditempatkan di bagian bawah halaman tidak akan pernah dimuat.” Sitepoint

Ini adalah teknik yang sangat keren yang dapat mempercepat jalannya situs berkali-kali lipat!

Mau tahu caranya?? Tentu saja dengan menggunakan plugin WordPress lagi. Memang hebat, wordpress ini.

Pilihannya fiturnya cukup banyak, dari solusi individual sampai fitur optimasi performa:

33. Perbarui teknologi

Sangat penting untuk selalu memperbarui semua yang ada di balik tudungan, sehingga Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dalam hal keamanan dan kinerja.

Dengan WordPress, pastikan untuk memperbarui core, plugin, dan tema WordPress.

Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan kinerja. Tetapi lebih dari itu, juga menjaga keamanan situs web Anda. Asal tahu saja, situs web yang diretas adalah sebuah mimpi buruk, karena Anda tidak hanya akan kehilangan kendali atas situs tersebut, tetapi peringkat Anda akan langsung hilang. Seperti mendapat hukuman manual oleh Google.

Berbicara tentang host web, perlu diingat bahwa server tempat situs Anda dijalankan juga haruslah server yang terbaik. Artinya, server ini harus menjadi server modern yang menjalankan versi terbaru PHP, MySQL, Apache atau Nginx, dll.

34. Mengoptimalkan database

Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan platform webhosting cloud seperti CloudWays atau yang eksklusif seperti Kinsta.

Ini khusus untuk pengguna WordPress.

Dengan WordPress, semua konten (posting, halaman, komentar, dll) disimpan dalam sebuah database. Seiring waktu, tabel database mulai memberi sinyal tentang sampah-sampah yang dapat memperlambat proses di dalam database.

Jadi, penting untuk mengoptimasi database setiap saat, untuk memastikan semua berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa plugin yang dapat membantu Anda melakukannya:

Teknik SEO On-Page

SEO on page adalah hal-hal yang perlu Anda pelajari demi untuk mengoptimalkan halaman web Anda. Ini pondasi dari keseluruhan strategi SEO. Jadi sangat penting. Diantaranya adalah;

35. Periksa apakah konten sesuai dengan kata kunci target

Periksa apakah konten Anda sudah sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh user. Ini penting karena jika halaman Anda ternyata tidak sesuai dengan maksud user, itu tidak akan diberi peringkat.

Ada 3 jenis maksud pencarian:

  • informasional (mis .: “tutorial belajar SEO”)
  • transaksional (mis .: “jasa seo Jakarta”)
  • komersial (mis .: “review SEO”)
  • navigasi (mis .: “perusahaan SEO terdekat”)

Jadi saran saya untuk Anda,  sebelum menulis konten apa pun untuk kata kunci yang telah Anda teliti, periksa hasil pencarian untuk melihat apa yang Google tampilkan untuk kata kunci itu. Dan cocokkan konten Anda dengan maksud pengguna tersebut.

Baca: Apa itu SEO On Page? Manfaat dan Cara Melakukannya

36. Miliki kata kunci target di URL, Judul dan Heading

Penelitian menunjukkan bahwa artikel yang memiliki kata kunci target di URL, judul, dan tajuk akan mendapat peringkat lebih tinggi. Daripada artikel yang tidak memenuhi tiga hal ini.

Mari kita ambil contoh menggunakan “review mailchimp” sebagai kata kunci utama yang kita cari. Analisa untuk  ketiga hal yang dioptimalkan tersebut  akan menjadi seperti ini:

  • Judul: “Ulasan Tribble Agency. Masihkah Menjadi Penyedia Jasa Digital Marketing Terbaik di tahun 2020?”
  • URL: “https://tribbleagency.com/ulasan-digital-marketing/”
  • Tajuk di dalam artikel: “Prasyarat ulasan Tribble Agency”

37. Gunakan satu H1 di setiap halaman

Sebetulnya mudah, namun, banyak orang tanpa sengaja berakhir dengan 2(dua)  H1 di halaman yang sama.

Mengapa ini penting?  Sebab, Heading 1 dapat membantu mesin pencari memahami isi halaman itu.

Untuk hasil yang baik, H1 dengan isi meta harus sama.

38. Buat judul meta yang menarik, namun tetap berorientasi pada SEO

Dari sudut pandang SEO, judul halaman adalah bagian dari SERP berharga Anda, sebagaimana deskripsi meta.

Sebuah judul yang dioptimasi untuk SEO akan memicu beberapa faktor peringkat antara lain niat pencarian pengguna, rasio klik-tayang (CTR), dan kecocokan kata kunci, jadi penting untuk mengaturnya dengan benar.

Saat mengoptimalkan judul untuk SEO, perhatikan aspek-aspek berikut:

  • buat sesuai dengan maksud kata kunci fokus
  • buat semenarik mungkin untuk meningkatkan CTR (rasio klik-tayang)
  • tetaplah di bawah batas karakter maksimum – ini bervariasi menurut jenis pencarian, tetapi sebaiknya, gunakan kata kunci fokus di bagian pertama judul

39. Tulis deskripsi meta yang menarik

Deskripsi meta bukanlah faktor peringkat langsung, tetapi ini sangat mempengaruhi faktor peringkat lainnya seperti rasio klik-tayang. Jadi deskripsi meta yang ditulis dengan baik akan sangat berpengaruh.

Sama seperti judul, kriteria yang sama juga berlaku untuk deskripsi meta:

  • Buatlah sesuai dengan maksud kata kunci focus/artikel
  • Buat semenarik mungkin untuk meningkatkan rasio klik-tayang – Anda juga dapat menggunakan sedikit clickbait/umpan.
  • tetap di bawah batas maksimum karakter
  • gunakan kata kunci fokus sebagai bagian dari deskripsi

Yoast SEO dapat membantu Anda mengatur semua ini.

40. Gunakan Judul untuk susunan konten

Google menyukai struktur halaman yang rapi dan tajuk adalah cara terbaik untuk menyusun isi konten halaman.

Sebaiknya gunakan aturan berikut, Heading1 (H1) untuk judul utama, yang mendefinisikan halaman, kemudian H2, H3 dan seterusnya untuk subtitle, dan seterusnya.

41. Menulislah untuk orang, bukan untuk mesin pencari

Dahulu,  kata kunci dan frase yang aneh dan tidak masuk akal adalah faktor yang  menentukan peringkat halaman.

Tapi sekarang ini, mesin telusur seperti Google menggunakan algoritme yang kompleks untuk memahami apa itu halaman dan memberi peringkat dengan tepat.

Cara utama mesin memberikan peringkat kepada situs web adalah berdasarkan riwayat kunjungan. Jadi semakin banyak riwayat kunjungan di situs Anda, akan semakin baik.

Jadi, menulislah untuk manusia dan bukan untuk mesin pencari.

42. Susun dan tatalah konten dengan benar

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tentang  pentingnya heading di dalam sebuah halaman.

Memformat dan menata halaman dengan benar penting untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung.

Gunakan tag format seperti tebal, miring, daftar, blockquote, dll untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan sekaligus memperoleh peringkat yang baik.

43. Fokus kata kunci di paragraf pertama

Studi menunjukkan bahwa halaman yang memiliki kata kunci fokus di paragraf pertama akan memperoleh peringkat dengan mudah.

Jadi usahakan agar kata kunci fokus Anda, berada di paragraf pertama artikel.

Pada tulisan ini, fokus keyword saya adalah cara belajar SEO WordPress. Dan Anda dapat melihat, saya telah menyisipkan kata kunci itu dengan manis di paragraf pertama.

44. Tautkan ke halaman yang relevan

Tautan internal (lihat Hub Konten) bisa menjadi tanda apakah sebuah situs web sehat atau situs web itu sedang menciptakan sebuah lalu lintas organik.

Sebagai aturan utama, selalu tautkan setiap konten baru Anda ke halaman internal dan ke halaman relevan lainnya.

Anda dapat melihat, saya telah memberi tautan cukup banyak dalam konten ini ke halaman lainnya.

45. Tautkan ke situs web lain yang relevan

Studi menunjukkan bahwa halaman yang memiliki tautan eksternal berkesempatan memiliki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Daripada halaman yang tidak memiliki tautan keluar sama sekali.

Karena itu, selalu tautkan konten Anda ke artikel atau situs lain yang relevan. Ini memberikan kepuasan dan pelayanan kepada pengunjung. Karena mereka dapat menjangkau situs web lain dan mencari tahu lebih lanjut tentang masalah yang mereka hadapi

Anda juga dapat mengatur serangkaian parameter jangkar/anchor, seperti:

  • rel nofollow (selalu nofollow jika tautannya adalah afiliasi)
  • target _blank untuk membuka tautan di jendela baru

Anda tidak ingin web Anda menjadi titik buntu, bukan? 🙂 Jadi biarkan pengunjung memiliki akses untuk ke situs lain!

46. ​​Jangan pernah menautkan link ke halaman / situs dengan anchor tag yang sama dengan yang sedang ditargetkan pada halaman asal

Kedengarannya lucu, bukan? Tapi itu seringkali terjadi.

Sebagai contoh mari kita gunakan kata kunci fokus “jasa digital marketing Jakarta” dan asumsikan bahwa ini adalah kata kunci yang saya gunakan untuk beranda saya. Secara tidak sengaja, saya menambahkan di dalam salinan tautan ke halaman Tentang saya, dengan anchor yang sama, “jasa digital marketing Jakarta”.

Ini sama saja seolah-olah; saya ingin memberi ranking untuk halaman Tentang saya.

Yang akan saya lakukan itu adalah menautkan halaman Tentang atau halaman lain, ke Beranda saya sendiri dengan tautan “Jasa digital marketing Jakarta“. Seperti tautan ini.

Dengan cara ini saya memberi tahu Google bahwa; beranda saya adalah yang ingin saya rangking untuk kata kunci tersebut.

Hindarilah hal seperti ini.

Sulit untuk menghindari masalah ini, terutama untuk postingan blog, karena teks tautan terkadang tidak sama persis dengan kata kunci fokus. Jadi Anda akhirnya menautkan ke artikel serupa di situs web dan itu sama saja Anda memberi kesempatan halaman itu untuk muncul dalam hasil pencarian atas kata kunci yang sama itu.

47. Berikan nama yang benar pada gambar Anda

Sekarang sudah tahun 2020 dan Google masih juga belum memiliki cara untuk mengidentifikasi sebuah  gambar, bahkan dengan menganalisis gambar tersebut. Jadi Google menggunakan nama gambar untuk mengidentifikasi gambar tersebut.

Itulah sebabnya, penting untuk memberi nama pada gambar Anda.

Contoh terbaik yang bisa saya berikan adalah situs stok foto. Jika Anda pergi ke Depositphotos misalnya dan mengarahkan kursor ke gambar, Anda akan melihat deskripsi itu. Beginitulah seharusnya gambar diberi nama.

Contoh: “stok-wallpaper-digital-marketing.jpg”

48. Atur teks alt gambar

Untuk alasan yang sama, maka penting untuk menyetel teks alt gambar, sehingga mesin telusur dapat memahami gambar tersebut.

Gunakan deskripsi, seperti Anda harus menerbitkan gambar di situs stok foto.

Sebagai peringatan. Menetapkan tag alt yang serupa ke gambar dapat mengoptimalkan halaman, karena tag alt menambah kepadatan kata kunci. Jadi gunakan tag alt yang unik dan deskriptif.

49. Periksa markup sosial

Saat Anda berbagi halaman di sebuah jejaring sosial, ini secara otomatis mengambil konten halaman dan menampilkan informasi seperti URL, judul, deskripsi, dan gambar.

Ini disebut og tag (opengraph) dan diatur oleh plugin SEO Anda.

Anda harus memeriksa informasi apa yang akan ditampilkan, ketika seseorang membagikan konten Anda di jejaring sosial mereka agar tetap sesuai dengan konten Anda.

50. Tingkatkan waktu tunda

Dwell Time adalah jumlah waktu yang dihabiskan oleh pencari Google pada halaman hasil pencarian, sebelum kembali ke SERP. Ini disebabkan oleh banyak faktor peringkat.

Ada banyak cara untuk meningkatkan aspek ini:

  • sesuai dengan maksud pencarian pengguna
  • menulis konten yang bagus
  • langsung ke inti artikel di paragraf pertama
  • menambahkan tautan video (video dari YouTube)
  • tambahkan tautan audio (podcast sangat direkomendasikan)

 51. Buat Cuplikan Unggulan

Cuplikan Unggulan adalah format yang seharusnya memberikan jawaban langsung yang singkat dan ringkas kepada pengguna atas pertanyaan mereka –  di laman hasil penelusuran, tanpa pengguna harus mengeklik ke hasil tertentu.

Anda bertemu dengan hal seperti ini setiap saat. Itulah sebabnya saya katakan hal ini dengan tidak bosan-bosannya kepada Anda bahwa tujuan utama Google adalah ingin memberikan jawaban instan untuk setiap pertanyaan tertentu dari pengunjung.

Ini juga berarti peluang seseorang untuk membuka halaman Anda semakin kecil. Jadi, penting untuk membuat cuplikan unggulan, jika memungkinkan.

Berikut adalah beberapa tip yang dapat membantu Anda melakukan ini:

  • URL cuplikan unggulan sering kali menampilkan <ol> dan <table> jadi  formatlah konten Anda dengan tepat
  • Pastikan satu artikel menjawab banyak pertanyaan serupa
  • Pastikan untuk menggunakan gambar dalam posting Anda dan beri nama yangsesuai
  • Pastikan peringkat artikel Anda berada di halaman 1 Google

Untuk teknik membuat cuplikan unggulan, nanti akan saya posting terpisah. Jadi tunggu saja.

52. Jangan mengoptimasi secara berlebihan

Pengoptimalan mesin telusur yang berlebihan adalah sebuah praktik buruk dalam SEO. Melakukan ini malahan dapat membuat Anda turun peringkat.

Ini adalah praktik yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, ketika satu-satunya cara untuk menentukan peringkat adalah dengan melakukan pengoptimalan yang berlebihan. Dan cara yang dilakukan adalah dengan mengulangi kata kunci yang sama berulang kali.

Memang, untuk artikel ini saya berharap untuk peringkat pada kata kunci; cara belajar SEO WordPress. Tapi, saya tidak membanjiri kata-kata tersebut di sepanjang artikel.

Saya tetap berfokus pada point utama. Dan tentunya, kenyamanan Anda sebagai pengguna.

Berikut adalah contoh optimasi yang berlebihan:

  • dengan konten: menggunakan kata kunci yang terlalu banyak pada satu titik, bahkan dari sudut pandang UX
  • dengan anchor/jangkar: menggunakan teks tautan yang sama, yang sama dengan URL target (mis .: check out my new Seo checklist ebook dimana URLnya  https://domain.com/seo-checklist-ebook/)
  • memasukkan kata kunci di footer atau sidebar
  • memiliki rasio backlink eksternal dofollow / nofollow yang tinggi – kami tahu bahwa tautan dofollow adalah tautan yang menggerakkan jarum, tetapi situs web alami mendapatkan kedua jenis tautan tersebut untuk bermain aman.

SEO Teknis

53. Beralih ke https

Mesin pencari berhubungan erat dengan kepuasan dan keamanan pengguna. Salah satu perubahan luar biasa pada tahun 2019 adalah pemberitahuan dari browser Chrome bahwa situs web non-https sebagai situs yang tidak aman. Jadi, jika situs Anda tidak menggunaka https, pasti akan ditandai sebagai situs yang tidak aman.

Begini cara kerja algoritma: jika ada 2 situs web yang mirip, maka situs yang menggunakan https lah yanga akan masuk dalam mesin pencarian.

Kesalahan besar yang saya lihat selama ini adalah orang-orang memigrasi situs web ke https tetapi lupa melakukan pengalihan 301 dari versi http ke https. Jadi pada akhirnya mereka memiliki 2 situs: satu di http dan yang satunya lagi di https. Ini adalah sebuah masalah besar karena Google melihat ada dua situs yang berbeda.

Baca: SEO Teknis

54. Cek satu versi www

Seperti perihal https, cari tahu jugalah versi URL apa yang diikuti situs Anda. Secara pribadi, saya lebih suka yang ini:

https://tribbleagency.com  (tanpa www)

Tetapi bisa juga dengan www : https://www.tribbleagency.com

Juga, konsistenlah dengan penggunaan www saat membuat website dan lakukan hal itu di semua jejaring sosial Anda. Misalnya, jika situs Anda tanpa menggunakan www, maka akan terasa aneh jika menggunakan https://www.domain.com di seluruh jaringan sosial Anda. Lakukan saja tanpa www.

55. Perbaiki konten campuran

Google mengumumkan bahwa pada versi browser Chrome mendatang web yang berisi berbagai konten campuran akan diblokir. Apa artinya ini?

Artinya, situs web Anda mungkin akan mengalami perubahan visual, karena konten campuran tidak lagi dimuat oleh browser.

Apa arti konten campuran?

Konten campuran mengacu pada campuran sumber yang aman dan tidak aman yang ditemukan di halaman web. Saat halaman web yang aman mencoba menggunakan sumber (gambar, CSS, dll.) yang tidak aman, ini akan terbaca sebagai “konten campuran”.

Misalnya, situs Anda berjalan di https, tetapi entah bagaimana situs memuat file CSS di http (ini akan terbaca tidak aman). Ini menghasilkan apa yang disebut konten campuran.

Masalah ini biasanya terjadi saat menggunakan tema yang lama atau plugin yang sudah usang untuk situs. Jadi, pastikan tema dan plugin selalu yang terbaru dan dari sumber yang tepercaya.

56. Buat peta situs & tambahkan ke pencarian Google Konsol (GSC)

Menurut Google, peta situs adalah file tempat Anda memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lain di situs Anda, dan hubungan di antaranya. Mesin pencari seperti Google bisa membacanya  sehingga akan menjelajahi situs Anda dengan lebih cerdas.

Dengan kata lain, dengan peta situs, Anda memberi tahu mesin telusur bagaimana struktur situs Anda dan halaman apa yang harus dijelajahi.

Jika Anda menggunakan plugin SEO Yoast atau RankMath, maka peta situs sudah dibuat secara otomatis. Contoh:

https://tribbleagency.com/sitemap_index.xml

Setelah Anda membuatnya, kirimkan ke Google Search Console. Dengan cara ini, crawl spider (laba-laba perayap) akan mengunjungi dan merayapi situs web Anda. Lebih cepat dan lebih baik.

57. Buat file robots.txt

Robots.txt, yang lebih dikenal sebagai protokol pengecualian robot adalah file yang berisi petunjuk untuk merayapi spider. Ini memberi tahu halaman apa yang harus dirayapi dan halaman apa yang tidak perlu dirayapi.

Setiap Googlebot memiliki daftar perayapan (jumlah URL yang bisa dan ingin dirayapi Googlebot) sehingga penting untuk membuat  spider merayapi hanya laman yang paling penting dan mengabaikan halaman yang tidak penting (halaman lampiran, terkadang tag, dll).

Berikut contoh file robots.txt yang bisa kita ikuti; https://tribbleagency.com/robots.txt

Sekarang, mari lakukan tes:

Cobalah mengakses file robots.txt Anda dengan membuka https://yourwebsite.com/robots.txt

Jika mesin ini mengembalikan file, bagus, berarti Anda memiliki robots.txt. Jika tidak, buatlah dan letakkan di dasar situs web Anda, melalui ftp.

Beriku adalah hal yang dapat Anda lakukan dengan file robots.txt:

  • memangkas daftar perayapan dengan menghapus halaman yang tidak perlu dirayapi
  • bisa menghentikan spider mengakses halaman “pribadi” dan menampilkannya di hasil penelusuran. Hal ini berbicara tentang keanggotaan atau “thank you pages” yang tidak ingin Anda lihat.

NeilPatel memiliki artikel bagus tentang subjek ini, periksalah!

58. Periksa apakah URL memiliki redirect/ pengalihan ke / atau apakah kanonis sudah disetel ke /

Hal aneh yang biasanya saya perhatikan di Google Analytics adalah adanya URL yang sama, dengan dan tanpa garis miring.

Jadi saya punya 2 URL seperti ini:

  • https://tribbleagency.com/belajar-seo-wordpress/
  • https://tribbleagency.com/belajar-seo-wordpress  (tanpa garis miring)

Ini pada dasarnya berarti bahwa Google melihat bahwa Anda memiliki 2 halaman berbeda, untuk URL yang sama. Anda harus  menghindari ini dan memiliki URL yang tetap.

Pertama, periksa apakah URL kanonis disetel ke / – pada titik ini, jika kanonis memiliki / berarti aman.

Tetapi jika Anda ingin mengatasi ini, Anda dapat melakukan pengalihan 301 dari URL tanpa garis miring ke URL lainnya dengan /

59. Periksa dan perbaiki link yang rusak

Jika Anda telah membuat blog atau menjalankan situs web selama lebih dari 2 atau 3 tahun, kemungkinan besar Anda memiliki banyak tautan rusak di dalam konten.

Tautan yang rusak adalah tautan yang biasanya kembali ke halaman eror 404.

Tapi bagaimana cara mengetahui link yang rusak itu? Nah, ada alat crawling  yang dapat membantu Anda. Dan di sini saya sarankan Sitebulb (favorit saya) dan Screaming Frog SEO Spider (gratis sampai 500 url).

Ada juga plugin dari WordPress yang bisa melakukan itu. Tetapi itu akan menyebabkan beberapa masalah kinerja karena cara kerjanya (membutuhkan banyak sumber daya. Jadi jika Anda tidak memiliki hosting yang solid, itu mungkin menurunkan server Anda).

Baca; Cara memeriksa link yang rusak

60. Periksa dan putuskan rantai redirect/pengalihan

Redirect chain adalah dua atau lebih redirect / pengalihan yang terjadi pada waktu yang bersamaan. Contoh rantai pengalihan: Halaman A -> Halaman B -> Halaman C -> Halaman D.

Untuk mengatasi ini, cara yang harus Anda lalukan adalah menyederhanakan redirect dari Halaman A langsung ke Halaman D melalui 301 dan memutus rantai.

Mengapa ini penting?

  • meningkatkan crawling
  • mempercepat waktu pemuatan halaman
  • meningkatkan ekuitas tautan, yang berarti bahwa Halaman D ini mendapatkan lebih banyak usaha tautan, sehingga peringkatnya lebih tinggi.

Lalu bagaimana cara Anda melakukannya?

Anda perlu menggunakan alat crawling. Dan di sini saya akan menyarankan Sitebulb (favorit saya) dan ScreamingFrog SEO Spider (gratis hingga 500 url).

61. Perbaiki judul dan deskripsi meta yang hilang dan atau ganda

Seperti yang sudah saya sebutkan, judul dan deskripsi meta selalu muncul di hasil pencarian. Bagaimna meta terlihat dan terdengar sangat mempengaruhi sitem peringkat.

Tetapi dari waktu ke waktu, entah secara tidak sengaja atau karena Anda memasang CMS, Anda berakhir dengan judul dan deskripsi meta yang hilang atau terduplikat.

Bagaimana Anda mengetahui hal ini? Sekali lagi, Anda dapat melakukannya dengan alat crawling, seperti SiteBulb atau Screaming Frog

62. Gunakan redirect dengan benar

Ada beberapa jenis pengalihan yang dapat Anda gunakan untuk kasus-kasus tertentu. Tetapi yang paling penting terkait dengan SEO adalah:

  • 301 redirect – pengalihan permanen atau dengan kata lain, halaman memiliki alamat baru, di URL yang baru
  • 302 redirect – redirect sementara
  • 410 redirect – hilang, halaman tidak ada lagi, jadi mesin telusur tidak perlu repot mengindeksnya lagi.
  • Berikut beberapa contoh kasus dan jenis redirect mana yang paling cocok untuk digunakan:
  • saat menggabungkan halaman A dengan konten halaman B, gunakan 301 redirect B ke A
  • ketika Anda membuat halaman baru dengan beberapa informasi terbaru, sedangkan Anda memiliki halaman B yang menangani subjek yang sama, gunakan 301 redirect B ke A
  • ketika Anda ingin mentransfer daya tautan dari halaman A ke B, 301 redirect A ke B
  • saat Anda menghapus halaman dan ingin menandainya sebagai “hilang” dari internet, gunakan 410 redirect

– Intinya, inilah kegunaan petunjuk 410 directive.

Bagaimana Anda membuat pengalihan ini? Nah, Anda bisa melakukannya secara manual, melalui file .htaccess atau dengan WordPress, dengan menggunakan plugin. Pluggin tersebut antara lain:

63. Periksa masalah cakupan indeks

Untuk memeriksa masalah cakupan indeks, Anda hanya perlu membuka properti Google Search Console dan menganalisis tab Cakupan, di bagian bawah Indeks.

Apa yang harus kamu cari?

Alat tersebut melaporkan masalah-masalah seperti:

  • penurunan halaman yang diindeks tanpa sebab, yang dapat berarti Anda mungkin  saja memblokir akses ke halaman tertentu, melalui robots.txt atau dengan melakukan noindex-ing
  • lonjakan error
  • halaman yang hilang
  • kesalahan server
  • eror 404

Dengan begitu banyak informasi, Anda kemudian dapat mengambil keputusan yang cerdas tentang situs SEO yang sehat.

64. Periksalah penalty manual

Mendapat penalti manual dari Google adalah masalah serius. Begini cara prosesnya: Anda melakukan beberapa optimasi SEO dengan tidak benar untuk situs web Anda, hal ini akan memicu beberapa bendera merah, kemudian Google mengetahuinya bahwa itu Anda, lalu orang sungguhan secara manual memverifikasi situs karena  bendera merah itu,  dan jika Anda terbukti bersalah, Anda menerima penalty manual.

Dan apa artinya? Artinya, situs Anda tersebut akan menghilang dari hasil penelusuran, sampai Anda memperbaiki masalah itu, dengan mengirimkan permintaan ke Google untuk mereview kembali situs Anda tersebut.

Peluang menerima penalti manual sangat rendah, tetapi jika Anda melihat lalu lintas organik tiba-tiba turun secara signifikan, maka Google Search Console adalah tempat pertama yang perlu kamu datangi untuk memeriksanya.

65. Jaga halaman maksimal 3 klik dari jangkauan

Google berasumsi bahwa konten apa pun yang sudah terkubur di situs Anda sudah tidak penting. Oleh sebab itu jagalah agar halaman Anda tetap muncul.

Ini membantu Googlebots merayapi situs web Anda dengan lebih efisien dan meningkatkan peluang agar semua laman penting tetap terindeks.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kedalaman perayapan yang optimal untuk situs web tidak boleh melebihi 3 level.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan aksesibilitas ke halaman Anda:

  • memanfaatkan tautan internal
  • sebisa mungkin sertakan URL utama dalam arsitektur situs.
  • gunakan breadcrumbs remah roti untuk memungkinkan pengguna dan mesin telusur melakukan penelusuran

66. Gunakan tag “noindex” dan “nofollow” dengan benar

Google memberi kita serangkaian tag yang dapat kita gunakan untuk menentukan halaman apa yang ingin kita indeks, atau kita ikuti, atau halaman yang tidak dapat diakses. Tag tersebut adalah:

  • Noindex: memberi tahu mesin telusur agar  tidak menyertakan halaman Anda dalam hasil penelusuran.
  • Disallow: memberi tahu mesin telusur agar tidak meng-crawl halaman Anda
  • Nofollow: memberi tahu mesin telusur untuk tidak mengikuti link di halaman Anda.

Kapan Anda menggunakannya? Yah, biasanya kita menggunakannya saat kita ingin mengoptimalkan daftar perayapan.

Bayangkan Anda memiliki 1000 halaman di situs, tetapi 800 sebenarnya dibuat oleh tag. Anda cukup menyetel tag sebagai noindex (karena ini adalah hal yang baik) dan sekarang situs tersebut dirayapi dengan lebih efisien.

Bagaimana cara anda menggunakannya? Nah, dengan WordPress dan CMS lainnya, solusi SEO Anda (Yoast, RankMath, dll) memberi Anda pilihan untuk melakukan itu.

67. Nonaktifkan halaman yang tidak relevan agar tidak diindex

Kekuatan peringkat sebuah situs web adalah kekuatan peringkat rata-rata halamannya. Ini berarti, setiap halaman harus melalui proses pemeriksaan. Tanya pada diri Anda, “apakah halaman ini akan  diikutkan dalam peringkat untuk kata kunci yang ditargetkan?”

Dalam setiap CMS, ada serangkaian halaman yang dibuat secara otomatis yang dalam sudut pandang SEO tidak boleh diindeks (kadang-kadang, dan berdasarkan kasus juga). Dengan WordPress, antara lain adalah:

  • tag
  • lampiran
  • halaman  jenis postingan, kustom
  • kategori jenis postingan, kustom
  • tag jenis postingan, kustom
  • halaman penulis

Bisakah Anda menonaktikan semua itu? Bisa. Dengan WordPress.  Anda dapat menggunakan Yoast SEO atau Rank Math.

Teknik SEO Off Page

68. Miliki strategi membangun link yang solid

Salah satu faktor terpenting dalam sistem peringkat yang ada sejak mesin pencari muncul, adalah tautan yang mengarah ke situs Anda. Itu biasanya disebut backlink. Tetapi cara Anda mendapatkan tautan ini juga sangat penting.

Inti dari strategi membangun tautan adalah membuat konten hebat. Masuk akal, bukan? Siapa sih yang tidak ingin situs webnya tertaut kembali ke situs setiap kali orang membukanya? Jika semudah itu ….

Berikut saran-saran tentang cara membuat tautan. Tetaplah menjaga kenaturalan  profil Anda, dan juga tautan dibuat dengan kecepatan yang tepat.

Cara membangun tautan ke situs Anda:

  • saat Anda memulai sebuah situs, mulailah dengan tautan utama
  • membuat konten hebat yang dapat menghasilkan tautan dengan sendirinya
  • membuat konten hebat dan kemudian menjangkau situs terkait untuk mendapat tautan dengan cepat
  • menjangkau orang-orang yang pernah  bekerja sama dengan Anda untuk menautkan postingan Anda ke web mereka.
  • fungsikan kembali konten dalam situs Anda

Ingat, membangun tautan adalah proses yang berkelanjutan. Anda tidak bisa hanya membangun tautan dalam sebulan dan kemudian melupakannya. Anda harus konsisten barulah kelihatan hasilnya.

Saya merekomendasikan anda juga membaca secara tuntas artikel ini: Apa Itu Backlink? Faktor Penting Menuju Top 1 Google

69. Bangun link/tautan dasar

Saat Anda mulai membuat situs web baru, hal pertama yang Anda lakukan adalah membuat profil. Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube, dll dianggap sebagai bagian dari tautan dasar.

Sama seperti rumah yang dibangun di atas fondasi yang kokoh, demikian halnya dengan sebuah tautan dasar yang merupakan kerangka pendukung untuk pertumbuhan organik Anda.

Tautan-tautan yang dimaksud antara lain:

  • jejaring sosial: Facebook, Twitter, Pinterest, Vimeo, YouTube, dll.
  • otoritas tinggi: Yelp, BBB, YellowPages, Expertise, dll.
  • kategori khusus: TheKnot, WeddingWire, FearlessPhotographers, dll.

Perlu diingat bahwa tautan-tautan ini biasanya berfungsi sebagai referensi bisnis, jadi untuk Anda adalah pebisnis lokal, penting untuk konsisten dengan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon (NAP) Anda.

Cari tahu lebih lanjut tentang hal ini di bagian SEO Lokal. Nanti, dibagian bawah kita bahas.

Anda juga saya rekomendasikan mengunjungi laman yang mengulas tentang sumber; Backlink Gratis

70. Tautkan Jejaring Sosial

Biasanya, saat melengkapi profil Anda, jejaring sosial menawarkan Anda untuk menambahkan tautan ke properti sosial Anda yang lain. Ini bagus, karena mesin pencari akan lebih sering dan lebih mudah menjangkau situs web Anda.

Tidak hanya itu,  jika Anda melakukan ini,  jejaring sosial Anda akan naik sehingga ketika orang mencari nama brand Anda, maka halaman pertama hasil pencarian akan menunjukkan gabungan dari situs web Anda dan properti sosial Anda. Dan ini merupakan cara untuk meninggkatkan kepercayaan publik terhadap nama brand Anda. Dan itu merupakan salah satu pegangan kuat bagi calon pembeli Anda.

71. Postingan tamu di blog yang berhubungan dengan kategori

Cara usang, tetapi cukup bagus. Postingan tamu selalu merupakan salah satu cara paling efektif untuk membangun otoritas dan kepercayaan merek dan juga untuk meningkatkan peringkat situs web.

Posting tamu bukanlah sambil lalu: post dan kemudian lupakan, akan tetapi harus dilihat sebagai strategi jangka panjang, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasil maksimal.

Namun, ada serangkaian aspek yang perlu Anda pertimbangkan yang berhubungan dengan postingan tamu:

  • lakukan riset terlebih dahulu – pastikan blog tempat Anda ingin memposting berhubungan dengan niche Anda dan Anda benar-benar sedang membidik  pelanggan ideal Anda.
  • sesuai dengan keinginan pemilik situs – jangan asal-asalan posting hanya karena tergoda dengan template posting kosong. Pemilik situs sudah sangat muak dengan aplikasi posting tamu setiap harinya.  Dan Anda pasti tidak ingin terjebak dalam sebutan “lingkungan” yang sama, bukan?

Terhubunglah juga dengan mereka di media sosial, bertukar pesanlah, dan bangunlah hubungan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa meminta mengirimkan postingan tamu.

  • pilih topik menarik untuk ditulis – lihat situs webnya dahulu untuk melihat konten mana yang cocok dan ajukan beberapa judul yang sesuai.
  • pastikan untuk memformat konten dengan benar, dengan menambahkan gambar dan tautan  ke situs Anda dan juga sumber yang bermanfaat di situs lain.
  • sertakan biografi Anda – ini penting, karena ini sama saja dengan menambahkan tautan kembali ke beranda Anda, dan juga tautan ke 1-2 profil media social lainnya.

72. Mintakan kepada mitra Anda untuk memberikan tautan

Jika hanya berharap pada niche Anda sendiri, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, jika Anda menjadi salah satu vendor sebuah acara, atau jika Anda biasa bekerjasama  dengan profesional lain dalam sebuah event, maka ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk membuat beberapa tautan.

Contoh:

  • Anda seorang fotografer pernikahan. Untuk setiap acara pernikahan ada juga orang lain yang terlibat dalam membuat hari itu berkesan bagi kedua mempelai semisal: penjual bunga, kue, rambut & tata rias, DJ, dll.
  • periksa situs web mereka dan lihatlah bagaimana cara mereka memamerkan karya mereka
  • kirimkan beberapa foto yang berhubungan dengan pekerjaan mereka dan minta mereka untuk menambahkannya ke portofolionya dan menautkan Anda. Atau minta ijin untuk Anda membuat pos tamu, atau minta mereka membuat artikel disertai gambar dan menautkan kembali ke situs.

73. Ubah penyebutan merek dengan tautan

Sebuah penyebutan merek hanyalah menyebutkan nama bisnis Anda dengan teks biasa, atau sebuah penyebutan merek yang biasa tanpa ditautkan. Nah disini kita akan lihat bagaimana merubah sebutan ini menjadi sebuah tautan link.

Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk menemukan peluang tautan ini:

  • Ahrefs – mereka juga memiliki panduan luar biasa tentang cara melakukan ini  
  • Brand24
  • BrandMentions

Begini, jika Anda baru memulai atau belum memiliki jejak online yang banyak, Anda mungkin akan kesulitan dalam penyebutan merek. Tetapi jika Anda sudah cukup mapan dan hanya ingin memetik buah yang tergantung rendah, maka gunakan cara di atas.

74. Gunakan sinyalemen sosial untuk meningkatkan peringkat halaman Anda

Menurut Bigcommerce, “sinyalemen sosial mengacu pada halaman yang dibagikan/ share, disukai, dan visibilitas media sosial secara keseluruhan menurut mesin telusur. Aktivitas-aktivitas ini berpengaruh pada sistem peringkat secara organik, dan dapat dilihat sebagai bentuk kutipan lain, mirip dengan sebuah backlink/tautan balik.”

Dengan kata lain, sinyal sosial ini berfungsi sebagai backlink, dan Google melihatnya sebagai faktor yang bisa menaikkan peringkat Anda.

Jadi setiap kali Anda memposting halaman, pastikan Anda mempostingnya, kemudian berikan pupuk dengan mempromosikannya di media sosial.

Di bagian selanjutnya, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengotomatiskan prosesnya.

75. Jadwalkan postingan sosial

Mempromosikan konten Anda di media sosial memang harus berulang kali dan memang memakan waktu.  Bisa saja Anda menyewa asisten virtual.

Sudah saya sebutkan sebelumnya pentingnya memposting di media sosial Anda. Sinyalemen sosial sangat berperan penting dalam sistem peringkat Anda.

Tetapi ada juga alat yang dapat melakukannya secara otomatis, yaitu:

  • Missinglettr – Alat ini mengambil posting di blog Anda dan mempostingnya di media sosial selama satu tahun penuh
  • Buffer – membuat, menjadwalkan serta mempublikasikan konten ke media sosial
  • Coschedule – seperangkat alat lengkap untuk mengotomatiskan pemasaran
  • NelioContent – plugin dari WordPress – sebuah kalender editorial dan alat otomasi sosial

SEO Lokal

Jika Anda adalah pebisnis yang menawarkan layanan secara lokal, Anda sebaiknya  menggunakan SEO lokal yang pasti akan memberi Anda berbagai manfaat. Pertanyaannya bukanlah iya atau tidak, tetapi Anda harus melakukan ini jika Anda ingin lebih dekat dengan klien Anda.

Tujuannya adalah untuk menampilkannya saat orang mencari produk atau layanan yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Ada banyak chanel untuk mempromosikan diri Anda secara lokal, tetapi yang paling jelas adalah Google.

76. Manfaatkan ‘Google My Business’ Anda

Cara agar Anda muncul di hasil penelusuran lokal adalah dengan memanfaatkan fitur Google My Business yang ditawarkan oleh Google, dengan mengklaim Google My Business Anda.

Mengapa? Karena hasil penelusuran lokal terkadang sangat berbeda dengan maksud para pengguna, dan biasanya, hasil tersebut sama sekali tidak masuk akal dengan cara pendekatan SEO nasional / global / umum  sekalipun.

Contoh: ahli manikur perawatan kuku di dekat saya – bagaimana Anda bisa menjawab pencarian itu ? Tidak bisa, Anda harus mengklaim sebuah tempat pada  penelusuran lokal dan berjuang untuk mendapatkan tempat di 3 teratas atau yang disebut orang “The 3-Map Pack ”. Mengapa? Karena Google hanya menampilkan, 3 hasil teratas di halaman pertama.

Cara mengklaim Cantuman GMB Anda

Jika bisnis Anda sudah terkenal, kemungkinan besar Anda sudah mengklaim listingan Anda. Jika tidak, Anda hanya perlu mengikuti wizard Google untuk mengaturnya. Berikut tutorial bagus yang menjelaskan cara melakukannya.

Setelah Anda mengajukan permohonan, berikutnya adalah  memverifikasinya, baik melalui telepon, SMS, atau surat. Setelah diverifikasi, Anda bisa memulai!

77. Klaim Daftar Yelp

Google memang memegang peranan utama, tetapi untuk niche Anda, penting untuk terdaftar di sebanyak mungkin direktori lokal tepercaya. Salah satunya adalah Yelp.

Mengklaim daftar Yelp membutuhkan 3 langkah

  • Mendaftar untuk memperolah sebuah akun
  • Buat daftar list Anda
  • Pastikan Anda diverifikasi – Yelp akan menghubungi nomor telepon yang Anda berikan, pastikan Anda mengangkat telepon bisnis Anda pada saat Yelp memverivikasi.

78. Klaim Bing Places untuk daftar bisnis Anda

Bisa dikatakan Bing adalah pesaing Google. Dimiliki oleh Microsoft, Bing digunakan sebagai mesin pencari untuk produk terkait Microsoft, dan jutaan orang menggunakannya sebagai mesin pencari mereka. Jadi terdaftar di Bing juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Prosesnya sama dengan Google:

  • Klaim daftar Anda
  • Lengkapi profil daftar Anda
  • Minta verifikasi

79. Optimalkan Daftar

Sekarang semua mulai terlihat menyenangkan.

Anda tidak cukup hanya mencantumkan bisnis lokal Anda, tetapi Anda perlu untuk mengoptimalkannya dengan cara yang benar, sehingga Anda dapat muncul di peta. Bukankah ini tujuan utama Anda?

Berikut cara Google menentukan peringkat lokal.

Ada 3 faktor yang dipandu Google saat memutuskan hasil apa yang akan ditampilkan:

  • Relevansi – menurut Google, relevansi ini mengacu pada seberapa cocok cantuman lokal Anda dengan apa yang dicari seseorang. Menambahkan informasi bisnis yang lengkap dan detail dapat membantu Google lebih memahami bisnis Anda dan mencocokkan listingan Anda dengan penelusuran yang relevan.
  • Jarak – Seperti namanya – seberapa jauh,  setiap hasil penelusuran dari lokasi yang digunakan dalam penelusuran? Jika pengguna tidak menentukan lokasi penelusurannya, Google akan menghitung jarak berdasarkan apa yang diketahui tentang lokasi.
  • Keunggulan – Keunggulan mengacu pada seberapa terkenal suatu bisnis. Keunggulan juga didasarkan pada informasi yang dimiliki Google tentang bisnis dari web (seperti tautan, artikel, dan petunjuk). Jumlah dan skor ulasan diperhitungkan Google dalam peringkat  pencarian local: makin banyak ulasan dan peringkat positif , maka akan meningkatkan peringkat lokal bisnis Anda. Posisi Anda pada hasil pencarian web juga menjadi faktor, jadi SEO juga dibutuhkan untuk optimasi penelusuran lokal.

Di bagian selanjutnya, saya akan memberi Anda serangkaian tips tentang cara mengoptimalkan profil Google My Business dengan benar. Secara algoritme, faktor peringkat mungkin berbeda dari mesin telusur ke mesin telusur lainnya. Dan kiat ini bermanfaat bagi Anda apapun mesin telusur yang Anda pilih. Kiat-kiat ini hanyalah dasar-dasar saja, tips lainnya yang lebih canggih akan disajikan di bagian selanjutnya.

Cara mengoptimalkan lokasi di Google My Business

  • Milikilah profil informasi bisnis yang lengkap dan akurat. Ini termasuk nama bisnis Anda, alamat, nomor telepon, situs web, kategori, deskripsi, foto, jam kerja, FAQ, dan sebagainya. Jangan ada yang terlewatkan!
  • Pilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda tidak tahu kategori yang cocok untuk bisnis Anda, telusuri Google untuk mengetahui termasuk dalam kategori apa bisnis yang Anda tawarkan. 
  • Unggah gambar berkualitas tinggi dengan deskripsi yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa layanan bisnis dengan banyak gambar memiliki peringkat lebih tinggi dalam paket peta. Jadi, pastikan untuk mengunggah setidaknya:
    • 3 foto interior
    • 3 foto eksterior
    • Gambar pekerjaan, produk, atau layanan Anda
    • Gambar staf Anda (jika ada), idealnya diambil saat sedang melayani customer
  • Google mengijinkan Anda menambahkan sekitar 750 karakter dalam deskripsi. Pastikan Anda menggunakan semuanya dan memasukkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.
  • Setel bagian Tanya Jawab. Konten adalah raja, bukan? Jadi, semakin banyak konten yang Anda miliki di daftar Anda, semakin bagus. Manfaatkan halaman FAQ yang berisi jawaban atas pertanyaan yang biasa muncul sekitar bisnis Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menjawa keingintahuan customer Anda tanpa mereka harus menghubungi Anda.
  • tuliskan juga daftar URL singkat cantuman Anda. Ini adalah  cara mudah untuk membagikan listingan Anda di internet atau dengan pelanggan Anda.

Itulah dasar-dasar pengoptimalan listingan. Jika Anda mengikuti saran ini, Anda mungkin akan berada di atas 80% di daftar bisnis dalam pengaturan GMB.

80. Dapatkan direktori umum yang relevan

Direktori web umum masih dipakai untuk menghasilkan tautan dasar yang dibutuhkan bisnis apa pun di penelusuran Google. Satu-satunya saran adalah pilihlah dengan bijak dan jangan coba-coba untuk terdaftar pada setiap orang di internet.

Tapi bukankah tautan tetaplah tautan? Tidak juga.  Hal ini tidak berlaku sepenuhnya untuk direktori umum. Anda harus merubah pola pikir Anda bahwa Anda terdaftar di direktori hanya untuk mendapatkan tautan.  Akan tetapi Anda harus melihatnya sebagai cara untuk memperoleh lalu lintas dan kepercayaan.

Jadi, saat memeriksa direktori web, cari tahu:

  • Apakah ini situs web terkemuka?
  • Apakah target konsumen saya menelusuri bisnis di situs web ini?

Jika situs web memenuhi kriteria di atas, maka Anda dapat mencantumkan bisnis Anda di sana. Jika tidak, jangan lakukan itu karena dalam jangka panjang akan memberikan banyak kerugian dibanding keuntungan.

81. Dapatkan direktori link/pranala khusus

Berbicara tentang kutipan, direktori khusus-niche lebih bermanfaat dibanding direktori web umum. Dan terkadang, tergantung pada link/pranala. Jenis situs ini dapat lebih bermanfaat daripada  sekadar tautan kembali ke situs web Anda. Inilah alasan mengapa Anda harus terdaftar di ini:

  • lebih relevan dengan bisnis Anda
  • targetnya adalah pelanggan ideal Anda
  • target Anda akan rutin mengunjungi situs web Anda
  • Pesaing Anda kemungkinan besar sudah terdaftar di situs ini
  • Anda dapat mempromosikan diri Anda sendiri di situs dalam bentuk apapun di hadapan konsumen Anda.
  • alat ini berfungsi sebagai mesin telusur mini yang melayani pranala tertentu.

82. Jangkaulah ulasan

Google juga melihat ulasan saat memberi peringkat. Anda dapat menjadikan ulasan sebagai sebuah tautan. Semakin banyak ulasan positif yang Anda miliki, semakin tepercaya bisnis Anda dan dengan demikian, semakin banyak lalu lintas dan pelanggan yang mengunjungi situs Anda.

Jadi, jika situs Anda kekurangan ulasan, sekarang saatnya untuk mendapatkannya. Berikut artikel bagus yang menjelaskan cara melakukannya.

83. Membalas ulasan

Google mendorong penggunanya untuk membalas setiap ulasan yang diterima. Jika Google mengatakan itu baik untuk dilakukan, maka Anda perlu melakukannya.

Tidak hanya menyenangkan algoritme, tetapi ini menunjukkan bahwa Anda juga peduli dengan pelanggan Anda. Selain itu, semakin banyak konten yang Anda masukkan, semakin besar peluang Anda untuk memperoleh spektrum kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda, dan juga dapat meningkatkan relevansi tautan  Anda.

84. Publikasikan Google Posts

Posting Google adalah fitur yang rapi, namun sering menjadi fitur GMB yang diabaikan. Padahal ini memungkinkan Anda mendapatkan banyak hal dari pengunjung  ideal Anda.

85. Tambahkan detail NAP di seluruh situs

NAP adalah singkatan dari Name – Address – Phone Number dan Google melihatnya sebagai “tanda tangan” Anda untuk mengidentifikasi bisnis lokal Anda. Cara yang benar adalah menambahkan NAP Anda di setiap halaman situs Anda (seluruh situs), biasanya di footer.

86. Memiliki detail RAN yang konsisten di seluruh situs

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, NAP selayaknya tanda tangan Anda jadi harus unik dan selalu konsisten.

Oleh karena itu, jagalah agar tetap konsisten dan pastikan bahwa file Nama, Alamat, dan Nomor telepon selalu sama di seluruh situs web Anda.

Jadi jangan gunakan singkatan pada halaman tertentu dan kemudian nama lengkapnya di tempat lain. Tetaplah konsisten.

87. Miliki detail NAP yang selalu sama dalam daftar & jejaring sosial

Memiliki tanda tangan NAP yang konsisten di situs web itu mudah dan Anda mengerti alasannya. Namun, mencoba untuk tetap konsisten  baik di direktori dan jejaring sosial mungin sedikit lebih rumit, karena entah mengapa, orang-orang selalu mencoba mencampurkannya saat bersosialisasi.

Anda mungkin bisa lupa menambahkan alamat lengkap Anda, atau nomor telepon Anda atau terkadang  hanya menggunakan versi singkat untuk nama bisnis Anda. Jangan lakukan itu! Inilah salah satu penyebab terbesar masalah dalam pengoptimalan cantuman lokal Anda.

Di sisi lain, mempertahankan detail NAP yang konsisten di seluruh situs Anda, direktori, dan tempat online lainnya akan menempatkan Anda dalam 10% orang yang memiliki daftar optimalisasi lokal. Sesederhana itu!

88. Miliki strategi konten yang menargetkan topik lokal

Beberapa faktor peringkat SEO penting lainnya adalah relevansi dan otoritas. Cara Anda adalah memenuhinya dengan mengisi konten seputar produk dan layanan yang Anda tawarkan, dan juga di sekitar lokasi.

Misalnya, Anda seorang penyedia jasa SEO di Jakarta. Beberapa ide topik akan berbicara tentang tip dan trik tentang cara optimasi website untuk peringkat, tetapi juga tentang lokasi tempat kantor dan area layanan Anda.

Ini membantu otoritas, karena semakin banyak Anda menulis tentang topik tertentu, semakin banyak otoritas yang akan Anda peroleh untuk bagian itu  dan mesin telusur akan memberi Anda peringkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran.

Dengan demikian Anda juga akan mendapat peringkat lebih tinggi untuk paket peta. Masuk akal, bukan? Ok! Saatnya untuk membahas ide tentang konten dan membuat konten yang mematikan!

89. Klaim penyebutan merek dari situs lokal

Jika Anda telah melayani pelanggan lokal selama beberapa tahun, saya yakin nama Anda juga sering disebutkan di berbagai tempat. Ini semua adalah emas buat Anda, karena Anda dapat menghubungi banyak pemilik situs dan meminta mereka untuk mengubah penyebutan merek Anda menjadi sebuah tautan.

Strategi lain adalah dengan mengidentifikasi penyebutan merek pesaing Anda dan menjangkau publikasi lokal untuk ditampilkan di situs atau mengijinkan Anda menulis untuk situs tersebut.

Mendapatkan backlink dari situs lokal adalah bagian dari kutipan lokal Anda dan apa yang dilakukan kutipan lokal adalah menciptakan relevansi di sekitar merek Anda dan menambah otoritas Anda.

90. Tambahkan markup bisnis lokal ke beranda Anda

Jadi, apa itu Schema?

Markup skema, juga dikenal sebagai data terstruktur atau data markup terstruktur adalah bahasa mesin telusur. Tujuan dari skema adalah untuk membuat dan memberikan dukungan pada tag umum yang kemudian digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan data.

Untuk membuat konten Anda menjadi markup skema, pertama-tama Anda harus bertanya pada diri sendiri “tentang apakah halaman ini?” Setelah Anda mendapatkan jawabannya, maka Anda dapat memilih jenis skema yang tepat untuk halaman masing-masing.

Mengapa Anda harus memperhatikan hal ini?

Menurut Google, manfaat markup skema:

  • membantu Google lebih memahami tentang apa situs web Anda
  • memberi peringkat untuk dalam hasil penelusuran
  • memperolah lebih banyak lalu lintas situs karena bentuk konten yang lebih baik pada hasil penelusuran (cuplikan, tautan situs, dll)

Kesimpulan

Demikian gambaran umum tentang panduan utama cara belajar SEO WordPress. Point-point penting yang sudah dibahas adalah dasar. Dan selanjutnya untuk teknik penerapan secara detil akan dijelaskan secara terpisah pada konten lain.

Scroll to Top