Cara Memulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri + 7 Strategi Marketingnya

Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

Berniat untuk memulai bisnis kosmetik brand sendiri? Jika jawabannya ‘iya’, Anda sudah berada di halaman yang tepat. Sebentar lagi Anda akan memahami seluk-beluk bisnis yang tidak pernah ada matinya ini.

Potensi Pasar Kosmetik di Indonesia

Industri kosmetik berkembang dengan pesat. Pasar kosmetik global diperkirakan akan mencapai $ 429,8 miliar pada tahun 2022. Permintaan untuk semua jenis produk kosmetik terus meningkat dari berbagai bagian populasi. Jadi, ada banyak peluang bisnis di industri kosmetik. 

Dan jangan kaget! Menurut Fitria Rahmawati selaku Fungsional Analis Kebijakan Muda Kementrian Perindustrian Indonesia, negara kita Indonesia, diproyeksi sebagai pasar kosmetik terbesar nomor 5 dunia.

Jumlah populasi wanita di Indonesia yang mencapai 150 juta jiwa, menjadi salah satu alasan paling logis jika ke depan bertumbuh sebagai pasar produk kecantikan yang potensial. Apalagi pada 10-15 tahun kedepan.

Untuk itu, agar potensi tersebut tidak sekadar dimanfaatkan pelaku usaha asing dan Indonesia berpotensi menjadi sasaran industri global, maka pemerintah mendorong program substitusi impor 35 persen di industri kosmetik pada 2022 mendatang.

Ada tiga faktor paling mendasar yang memperkuat proyeksi tersebut. Pertama, bahwa Indonesia populasi usia muda terbilang sangat besar. Dimana rata-rata berada pada umur 28 tahun.

Menurut Fitria, para wanita Indonesia telah merasa penting terkait penampilan dan perawatan diri. Itu berarti termasuk kebutuhan make up sebagai gaya hidup. Ini mendorong tren personal care dan kosmetik semakin meningkat.

Kedua, sektor pertumbuhan tingkat perekonomian di Indonesia terbilang cukup bagus. Meskipun didera wabah covid 19.

Ketiga, aktivitas media sosial memberi pengaruh sangat tinggi terhadap cara manusia hidup. Ini termasuk kesadaran dan kebutuhan wanita Indonesia untuk tampil cantik.

Angka impor produk kosmetik mengalami peningkatan yang dramatis. Dari 583,3 juta dolar AS padda 2016, melonjak hingga 850,16 juta dolar AS di tahun 2018. Sedikit mengalami penurunan di tahun 2019, dimana berada pada 803,58 juta dolar AS.

Angka ekspor industri kosmetik lodal pada 2016 hanya mencapai 470,3 juta dolar AS. Mengalami lonjakan pada 2018 yakni 556,31 juta dolar AS. Kembali turun di tahun 2019 pada 506,56 juta dolar AS.

Besarnya pasar kosmetik ini, menjadi target industri kosmetik dunia. Dan itu sayang, jika pelaku usaha lokal tidak memperebutkan pasar dengan nilai fantastis tersebut.

Fakta ini juga seharusnya memperkuat niat Anda untuk memulai bisnis kosmetik brand sendiri, bukan?

Cara Kerja Industri Kosmetik

Langkah paling mendasar dalam memulai bisnis apa pun, adalah mempelajari cara kerjanya. Ini juga termasuk ketika Anda berencana membangun usaha kosmetik brand sendiri.

Anda mungkina dalam menyelam lebih dalam terkait brand kosmetik yang sudah ada seperti Sephora, MAC, dan Estee Lauder. Atau brand-brand produk kecantikan lokal, seperti SADA, Jedar Kosmetik, Dreamy, Madame Gie, Mustika Ratu, hingga Nama Beauty. Bahkan nama-nama orang yang bermain dibalik brand tersebut.

Cari dan pelajari semua yang Anda bisa tentang segala terkait dengan produk kosmetik itu. Dari mana produk berasal? Seperti apa saluran distribusi? Strategi pemasaran, jumlah karyawan dan lain sebagainya.  

Baca juga: Cara Kerja dan Bisnis Plan Kosmetik

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

Ada beberapa tahap penting yang perlu Anda ketahui, saat berancana memulai usaha kosmetik brand sendiri. Diantaranya adalah;

Pelajari Peraturan FDA

Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang peraturan FDA tentang pembuatan dan pelabelan produk kosmetik serta pedomannya mengenai penjualan, pelabelan, dan produksi. 

FDA memiliki aturan khusus tentang jenis bahan yang dapat dan tidak dapat Anda gunakan dalam kosmetik Anda dan mengharuskan Anda untuk bertanggung jawab atas keamanan produk Anda dan untuk mengetahui bahan-bahan yang masuk ke dalam produk Anda. 

Oleh karena itu, pastikan produk kosmetik Anda mematuhi batasan pelabelan dan aturan yang telah ditentukan.

Pelajari cara mendaftar produk ke BPOM. Karena ini langkah awal untuk memulai bisnis kosmetik merek sendiri. Semakin mudah, saat ini bisa dilakukan secara online. Yang penting, Anda memiliki persyaratan yang lengkap.  

Menggunakan Solusi Jasa Maklon Kosmetik

Ada bagian yang paling sulit dalam memulai bisnis kosmetik brand sendiri. Yakni menyiapkan ketersediaan produk. Ini mencakup sistem pabrikasi hingga upaya untuk memenuhi standar kualitas yang layak jual.

Jadi, cara termudah Anda dapat menggunakan jasa maklon kosmetik. Layanan ini memungkinkan Anda untuk dapat memiliki bisnis kosmetik merek sendiri tanpa perlu melalui bagian tersulit.

Jadi, Anda dapat berfokus pada pengembangan pasar dan sistem pendistribusian produk.

Jasa Maklon Kosmetik adalah sistem kerjasama dimana Anda menguasakan proses produksi ke pihak lain. Yang tentunya pihak tersebut adalah pabrik maklon kosmetik berpengalaman. Jadi, merekalah yang bertugas memproduksi kebutuhan kosmetik yang nantinya dipasarkan sebagai merek Anda.

Ada aturan ketat yang mengikat disini. Pihak pabrik hanya memproduksi produk kosmetik sesuai dengan jumlah yang Anda minta. Mereka tidak boleh memproduksi tanpa seizin Anda. Ini point untuk memastikan, Anda tidak dirugikan.

Inti dari konsep maklon kosmetik adalah Anda memanfaatkan pabrik pihak. Anda cukup menyiapkan merek kosmetik sendiri dan menyiapkan sistem pemasaran yang solid.

Namun, Anda tetap harus menyiapkan beberapa persyaratan umum. Diantaranya adalah;

  1. Mendaftar merek di Ditjen HKI sehingga memiliki Sertifikat Merek atau Bukti Pendaftaran Merek.
  2. Memiliki perusahaan resmi. Seperti Badan Hukum perusahaan yang digunakan untuk MOU dengan pihak pabrikasi.
  3. Memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan penyiapan administratif produksi.
  4. Memiliki konsep produk kosmetik yang kuat.

Selanjutnya..

Pilih Niche Yang Paling Tepat

Industri kecantikan lebih kompetitif dari sebelumnya, jadi penting untuk mengetahui apa yang membuat merek kosmetik Anda istimewa. 

Targetkan niche yang spesifik untuk bisnis kosmetik Anda. Pilih bidang spesialisasi Anda, di mana Anda memiliki pengalaman dalam memproduksi atau menjual produk kosmetik. Setidaknya, niche yang benar-benar Anda sukai.

Proses membangun bisnis kosmetik membutuhkan waktu. Jadi dengan Anda menyukai bidang yang dipilih, itu akan menghindari Anda dari rasa jenuh.

Selain itu, dengan Anda berkonsentrasi pada bidang kosmetik yang dikenal, itu memungkinkan Anda untuk dapat lebih baik menyusun rencana bisnis. Lakukan riset pasar dan pertimbangkan preferensi Anda sendiri.

Anggaran dan pendanaan

Tidak ada bisnis yang dapat didirikan tanpa modal yang cukup dan rencana anggaran yang telah dipersiapkan secara matang. Apalagi merintis brand kosmetik sendiri. 

Anggaran Anda harus menjadi bagian dari rencana bisnis Anda. Anda harus dapat merencanakan semua biaya awal dan biaya berulang yang pasti akan terjadi. 

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan uang keluarga dan pemodal. Nantinya, Anda dapat menarik beberapa klien kaya di wilayah Anda. 

Menyusun anggaran adalah hal penting dalam kit bisnis. Karena jika Anda kehabisan uang, Anda tidak dapat menjalankan bisnis Anda dan harus ditutup.

Sulit untuk mengatakan Anda dapat berhasil, jika tidak memiliki sumber modal yang jelas.

Pengujian

Sebelum mulai menjual produk kosmetik merek sendiri, Anda perlu memformulasikan dan uji produk kelayakan. Itu dapat dimulai dengan Anda diri sendiri, keluarga, teman dan semua orang yang bersedia menjadi kelinci percobaan Anda. 

Berikan beberapa contoh produk kepada teman, tetangga, dan kerabat Anda. Jika Anda menguji orang yang tidak dekat dengan Anda, pertimbangkan untuk meminta mereka menandatangani surat pernyataan tanggung jawab, jika seseorang memiliki reaksi alergi. 

Ini adalah bagian yang perlu Anda persiapkan. Tes praktis produk terlebih dahulu tentang bagaimana orang lain dan audiens target Anda akan merespon.

Dengan menggunakan jasa maklon kosmetik, resiko kesalahan produksi mungkin sedikit lebih minim, ketimbang Anda membuat sendiri tanpa cukup pengalaman.

Pemasaran dan promosi

Sebuah bisnis tidak dapat bertahan tanpa pelanggan. Jadi, penting untuk mempromosikan bisnis kosmetik Anda untuk mendatangkan pelanggan baru dan pelanggan yang melakukan pembelian berulang. 

Siapkan rencana pemasaran karena memberi Anda arahan tentang bagaimana bergerak maju dengan cara yang diperhitungkan pada saat menjual produk Anda kepada orang-orang. 

Anda dapat memilih cara tradisional, cara fisik dan cara strategi digital marketing tertarget yang lebih baru. Keduanya sama-sama efektif. 

Anda dapat mendistribusikan sampel ke penata rias lokal, meluncurkan blog promosi dengan strategi konten marketing untuk mendapat kepercayaan, mengirim siaran pers ke publikasi yang mencakup produk kecantikan, atau membuat akun jejaring sosial untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada orang baru.

Strategi Marketing Bisnis Kosmetik Merek Sendiri

Anda tahu bahwa potensi bisnis kosmetik merek sendiri itu menjanjikan keuntungan yang tinggi. Dan perlu diketahui ada banyak orang di luar sana bahkan telah memulai sejak lama.

Cara Promosi Website di Google

Jadi, Anda harus bisa memberikan sesuatu yang unik untuk membangun bisnis kosmetik brand sendiri Anda menjadi lebih menonjol. Itu mungkin sedikit sulit. Tapi bukan berarti tidak bisa, jika Anda ingin belajar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. Ikuti Tren & Ketahui Apa yang Dibutuhkan Konsumen

    Trend Bisnis Kosmetik

    Anda tidak dapat menjalankan bisnis kosmetik brand sendiri yang sukses tanpa mengikuti tren. Jika Anda perlu selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Maka cobalah untuk lebih up to date. Anda bisa berlangganan ke berbagai situs kecantikan ternama untuk tetap update.

    Jangan lupa untuk membaca banyak artikel fashion, menonton video terkait makeup di YouTube, dan mengikuti tren kecantikan di media sosial. Ini akan membantu Anda mengembangkan ide untuk bisnis kosmetik brand sendiri Anda.

    Anda juga bisa melakukan survei untuk mengetahui produk kecantikan seperti apa yang saat ini digandrungi konsumen, apa yang belum didapatkan dari merek kosmetik lain, dan mengapa mereka memilih menggunakan produk kecantikan dari merek tertentu. Ini dapat membantu Anda berinovasi pada produk Anda sendiri.

  2. Temukan Kepribadian Merek Kosmetik Anda

    Bisnis Kosmetik

    Kesan seperti apa yang ingin Anda buat, ketika seseorang berpikir tentang bisnis kosmetik brand sendiri Anda untuk pertama kalinya?

    Anda harus memikirkan dengan matang tentang jenis identitas merek yang ingin Anda bangun. Mungkin seperti mengusung trend brand makeup yang ramah lingkungan? Atau membangun brand image sebagai merek kosmetik yang mempromosikan pemberdayaan perempuan?

    Mayoritas konsumen menginginkan merek yang peduli dengan masalah sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, akan sangat bagus jika Anda dapat mengambil sikap terhadap masalah sosial atau lingkungan dan melibatkan pelanggan Anda untuk mengatasinya bersama-sama.

  3. Tambahkan Nilai Lebih untuk Kosmetik Anda

    Bisnis Kosmetik Merek Sendiri

    Jumlah merek kecantikan di luar sana hampir tak terhitung lagi saking banyaknya. Semua saling bersaing untuk menjadi yang paling luar biasa. Mencari tahu apa yang dilakukan pesaing juga membantu Anda menciptakan ide yang lebih baik.

    Tidak ada salahnya meniru konsep yang mirip dengan pesaing Anda, namun cobalah untuk menambahkan nilai lebih pada bisnis kosmetik brand sendiri Anda.

    Sebagai contoh Fenty Beauty oleh Rihanna. Merek kosmetik yang baru diluncurkan ini berhasil membuat terobosan besar dengan merilis berbagai macam warna alas bedak yang lebih cocok untuk semua warna kulit, terutama yang gelap.

    Rihanna merencakan apa yang tidak ditawarkan oleh merek lain. Dan dia belajar dari apa yang paling dibutuhkan oleh wanita kulit berwarna.

    Banyak wanita berkulit gelap mengeluh bahwa mereka kesulitan menemukan warna alas bedak yang sesuai dengan warna kulit mereka. Dan Fenty Beauty melakukannya dengan baik. Sehingga mereka dapat masuk ke pasar dengan lebih baik

  4. Pergi ke Tempat Pelanggan Anda

    Elizabeth Arden

    Di era digital ini, pengguna menggunakan berbagai saluran daring untuk berbelanja. Milenial yang menjadi mayoritas konsumen kosmetik tidak lepas dari teknologi. Jadi, pastikan bisnis kosmetik brand sendiri Anda berada di seluruh saluran itu. Anda harus online.

    Belajar dari Elizabeth Arden. Brand ternama ini sudah lebih dari 100 tahun eksis di industri kecantikan. Mereka lebih dikenal sebagai brand kecantikan untuk wanita lebih tua. Namun kini mereka tidak ingin kehilangan pasar remaja. Yang dilakukan adalah; mempromosikan produk kecantikannya melalui situs e-commerce dan media sosial, seperti Instagram. Mereka bahkan berkolaborasi dengan aplikasi makeup seperti, YouCam App.

    Selain menjual produk kosmetik Anda di situs e-commerce dan media sosial Anda, Anda juga bisa menjualnya di beberapa marketplace. Menambahkan lebih banyak saluran penjualan dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran merek serta penjualan Anda.

    Baca juga: 18 Hack Optimalkan Akun Instagram Bisnis

  5. Memberikan Pengalaman Terbaik Pada Pelanggan

    Sephora

    Apa pun strategi pemasaran, pengalaman pengguna adalah nomor satu. Konsumen bahkan tidak hanya mementingkan produk, tetapi secara emosional juga dipengaruhi pengalaman yang didapatkan.

    Saat Anda berada di mal, Anda dapat melihat bahwa orang lebih suka pergi ke toko rias yang memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, misalnya melalui konsultasi kecantikan atau layanan rias gratis.

    Namun, karena hampir semua toko rias telah menyediakan layanan yang sama, Anda harus memikirkan sesuatu yang berbeda. Anda dapat melihat apa yang dilakukan Sephora. Pemain kosmetik asal Prancis ini menyediakan aplikasi bernama Virtual Artist yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba produk makeup mereka secara virtual.

    Sephora juga mengintegrasikan pengalaman online dan offline dengan memungkinkan pelanggan mereka melakukan pembelian online dan mengambil pesanan di pada toko.

    Selain itu, mereka juga menyediakan chatbot yang membantu pelanggan mereka menemukan penawaran, melakukan pembelian, membuat pilihan mode, dan menemukan produk yang sesuai dengan gaya dan selera unik mereka.

    Dengan pengalaman pelanggan yang inovatif seperti ini, tidak heran jika pendapatan mereka meningkat 11% tahun lalu.

  6. Mematuhi Peraturan FDA

    Cara Mendaftar Produk ke BPOM

    Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah standar kepatuhan. Pastikan produk makeup Anda memenuhi standar keamanan dan disetujui oleh FDA. Dalam hal ini BPOM.

    Waspadalah terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetik. Ini juga berfungsi membuat pelanggan Anda nyaman dan merasa aman saat menggunakannya.

  7. Pilih Brand Ambassador yang Tepat

    girl, makeup, beautiful-2366438.jpg

    Berkolaborasi dengan influencer dan menjadikannya sebagai brand ambassador adalah hal biasa bagi berbagai brand untuk memasarkan produknya.

    Jika Anda merasa harus merangkul brand ambassador untuk membantu mempromosikan bisnis kosmetik brand sendiri Anda, maka pilihlah seseorang yang relevan dengan niche Anda.

    Jangan pernah memilih duta merek berdasarkan ketenaran mereka semata. Terlepas dari reputasi, relevansi adalah hal terpenting.

    Pastikan mereka mampu menjadi perwakilan yang baik dan membantu membangun citra merek yang positif, sesuai dengan brand image yang ingin Anda bangun.



Scroll to Top