Cara Ampuh Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram

Cara Ampuh Menggunakan Instagram Untuk Pemasaran Restoran

Platform instagram dulunya diidentikkan dengan galeri foto dan video online. Banyak orang memposting foto jenis selfie, OOTD, dan berbagai video menarik yang mengekspresikan diri. Kini akun instagram banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis seperti pemasaran dan promosi. Dalam artikel kali ini akan menjelaskan cara pemasaran restoran menggunakan instagram dengan lebih detail.

Kenali Hal Yang Disukai Pengguna Instagram

Jumlah pengguna instagram semakin membludak setiap hari. Berdasarkan data yang dirilis instagram, jumlah akun aktif diseluruh dunia lebih dari 1 miliar. Angka tersebut membawa nama instagram menjadi sosial media paling populer.

Tentunya sangking membludak pengguna instagram memiliki kebiasaan berbeda-beda. Ada banyak aktivitas online yang dilakukan pengguna instagram. Mulai dari mengupdate foto dan video, mencari akun instagram lain, berbelanja, hingga menemukan informasi.

Banyak sekali pengguna instagram melihat dan mengupdate instagram stories setiap harinya. Adapun jumlah akun yang melihat instagram story mencapai angka 1 juta akun aktif. Dimana 80 persen diantaranya melihat akun toko online atau akun instagram bisnis.

Pengguna instagram juga sering mengambil jepretan fashion, gambar makanan, dan selfie. Sehingga tidak jarang ditemukan satu akun instagram yang hanya dipenuhi foto makanan. Dalam satu hari story yang diposting bisa lebih dari satu. Tergantung dari banyaknya jumlah audiens melihat dan menanggapi isi story.

Untuk mengundang keterlibatan audiens biasanya digunakan polling dan kuis melalui story. Semakin banyak orang terlibat artinya engagement audiens semakin meningkat. Disamping itu, pengguna instagram menginginkan postingan aesthetic dan terlihat menawan. Oleh karenanya banyak yang memanfaatkan filter instagram.

6 Cara Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram

Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram
(foto: fabelio.com)

Salah satu industri yang paling massive menggunakan akun instagram adalah industri kuliner. Buktinya banyak restoran terkemuka yang mengandalkan instagram sebagai alat pemasaran dan promosi. Termasuk bermitra dengan influencer agar produk kuliner semakin dikenal. Berikut ini cara pemasaran restoran menggunakan instagram yang benar. Check this out!

1. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Dengan Foto Cantik dan Original

Segala sesuatu di Instagram dimulai dengan foto dan video yang di ambil sendiri. Sebaiknya foto dan video yang restoran posting adalah asli dari produk yang dibuat. Hal ini mempengaruhi kepercayaan masyarakat dan profesionalitas restoran.

Sangat dianjurkan untuk mempromosikan semua menu yang ada. Anda dapat mengkategorikannya dalam beberapa foto menu. Misalnya, menu hot sale, menu high recommended, dan menu murah meriah.

Meskipun mengambil foto dan video makanan dengan tangan sendiri, Anda harus tetap mengutamakan kualitas. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan pencahayaan, menggunakan efek, menambahkan hiasan foto, dan mengambil dari berbagai angle atau sudut.

Semua restoran pasti menginginkan foto dan video terbaik yang diunggah pada akun instagram. Pasalnya dipercaya mampu menarik pelanggan berdatangan ke restoran ataupun membeli secara online. Semakin profesional tampilan foto makanan, besar kemungkinan akan diminati dan dicoba banyak pelanggan.

2. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Melalui Kontes

Salah satu metode pemasaran restoran melalui instagram yang paling favorit dengan menyelenggarakan kontes. Contohnya kontes selfie dine-in, kontes foto makanan yang dipesan, kontes membuat quotes restoran, dan kontes mempromosikan kepada teman.

Pilihlah beberapa pemenang dari kontes tersebut untuk memperoleh hadiah menarik. Hadiah yang diberikan tidak perlu mahal, namun sesuatu yang berkesan dihati pelanggan. Misalnya, hadiah voucer makan, menu gratis, dan merchandise restoran.

Menyelenggarakan kontes bertujuan untuk mendorong audiens terlibat secara aktif dalam setiap postingan. Supaya semakin optimal maka buat aturan kontes yang harus diikut audiens. Seperti menyertakan komentar berkesan, menggunakan tagar bermerek, menandai akun Anda, dan menandai akun teman-temannya.

Setiap postingan kontes dapat mendatangkan lebih banyak publisitas gratis. Hal tersebut akan mempengaruhi visibilitas akun karena kemungkinan audiens berdatangan lebih banyak. Alhasil, restoran akan kebanjiran pelanggan baru yang datang langsung maupun memesan secara online.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

3. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Melalui Peluang Foto

Akun instagram restoran tidak semuanya harus dihiasi dengan foto makanan. Anda dapat membuat ide kreatif agar akun instagram semakin dikenal. Seperti menciptakan peluang foto dengan pelanggan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu restoran di Korea Selatan. Dimana restoran menyediakan gorden besar yang dapat ditandatangani oleh setiap pelanggan beruntung. Pelanggan tersebut juga dapat mengungkapkan isi hatinya setelah menikmati hidangan restoran.

Setelah selesai maka pelanggan diajak berfoto dan menerima merchendise menarik. Langkah satu ini dinilai mampu membangun ikatan emosional restoran dengan pelanggan. Jangan ragu meminta mereka berbagi foto pada media sosial dan menyertakan tagar. Publikasi pelanggan seperti ini akan mengundang keingintahuan dari audiens lainnya.

4. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Dengan Kegiatan di Balik Layar

Kini audiens lebih tertarik dengan pemandangan behind the scene sebuah restoran. Bahkan, ada beberapa yang bertanya-tanya apakah chef restoran melakukan hal yang sama dengan master chef. Rasa keingintahuan ini dapat Anda manfaatkan untuk meningatkan pemasaran restoran.

Caranya dengan membuat postingan foto dan video dari balik layar. Seperti memposting foto chef profesional yang sedang memasak maupun keahlian bartender dalam meracik minuman. Anda dapat menampilkan bakat yang dimiliki staff dan kepribadian staff.

Metode seperti ini disinyalir efektif untuk meningkatkan keterlibatan di antara pengikut. Terutama dalam rangka memanusiakan merek agar lebih dikenal. Anda dapat menunjukkan seberapa bersih semua peralatan dapur.

Kegiatan dibalik layar inilah menjadi bukti bahwa apa yang ditampilkan restoran sama seperti aslinya. Misalnya penyajian makanan higienis berasal dari dapur yang bersih. Akhirnya cara tersebut mampu meningkatkan brand awareness dimata pelanggan.

5. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Dengan Memberi Bonus

Kebiasaan pelanggan yang makan direstorana atau order makanan online adalah memposting makanan. Setiap kali pelanggan memposting tentang restoran sebenarnya mereka memberi iklan gratis kepada pengikutnya.

Apabila mereka memiliki banyak pengikut instagram tentu publikasi tersebut akan menguntungkan restoran. Misalnya memiliki pengikut 1.000 akun instagram, ada kemungkinan 500 akun instagram diantara melihat postingan. Baik atau buruknya postingan instagram pelanggan tentan restoran dapat menimbulkan pengaruh.

Oleh karena itu, sudah selayaknya pelanggan tersebut memperoleh bonus. Anda dapat membuat aturan bagi setiap pelanggan yang memposting foto dan menandai restoran akan memperoleh bonus menarik.

Bonus yang diberikan bisa berupa diskon atau gratis menu tertentu dalam setiap pembelian. Cara seperti ini dinilai dramatis untuk meningkatkan jumlah pengikut yang menandai restoran Anda di Instagram.

Jadi, mereka secara sadar menyebarkan berita perihal bisnis yang Anda jalani. Bagi sebagian besar audiens yang melihat postingan mereka akan termotivasi untuk membelinya. Akhirnya restoran memperoleh keuntungan karena pelanggan yang datang bertambah banyak.

6. Pemasaran Restoran Menggunakan Instagram Dengan Iklan Penawaran Khusus

Instagram juga disebut menjadi metode efektif untuk mengiklankan penawaran dan acara khusus. Terutama jika akun instagram Anda diikuti oleh pengikut aktif. Anda dapat memposting penawaran maupun acara khusus yang akan diselenggarakan.

Iklan penawaran khusus ini dapat berupa promo satu set makan malam, menu khusus keluarga, dan menu perayaan khusus. Tujuannya agar audiens melihat restoran Anda menawarkan produk spesial dan menguntungkan mereka.

Seperti itulah serba-serbi pemasaran restoran menggunakan instagram. Agar hasilnya terlihat sebaiknya terapkan cara pemasaran restoran menggunakan instagram secara konsisten.

Scroll to Top