4 Cara Check Backlink Website Kompetitor Mudah dan Efektif Untuk SEO

Cara Check Backlink Website Kompetitor

Pada artikel ini, kita akan mengulas cara check backlink website kompetitor. Ini cukup penting untuk memeringkatkan website pada kata kunci yang kompetitif.

Backlink adalah salah satu elemen yang paling penting dalam proses optimasi SEO (Search Engine Optimization). Hal tersebut sudah jelas. Karena, backlink merupakan indikator yang digunakan oleh Google untuk merangking website.

Ini salah satu faktor utama yang mempengaruhi peringkat di halaman #1 SERP.

Source: https://blog.alexa.com/seo-ranking-factors/

Seiring dengan semakin majunya pengetahuan dan strategi SEO, saat ini terdapat sangat banyak cara yang dapat dilakukan. Khususnya, untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk website.

Salah satu strategi untuk mendapatkan backlink tersebut adalah dengan cara check sumber backlink website kompetitor anda.

Dalam dunia praktik SEO, strategi mengecek backlink dari website kompetitor ini juga dikenal dengan istilah Competitive Link Analysis.

Nah, pada ulasan kali ini, kami akan mencoba membahas lengkap tentang penerapan Competitive link analysis atau cara cek backlink website kompetitor ini untuk anda. Penasaran? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Competitive Link Analysis?

Competitive link analysis ini dapat dijelaskan sebagai strategi atau teknik untuk mencari tahu sumber backlink dari website kompetitor. Ini dilakukan menggunakan tool backlink checker atau software online tertentu.

Dengan menggunakan strategi atau teknik ini, maka anda akan mendapatkan data sumber backlink potensial yang dapat anda gunakan sebagai backlink.

Dalam penerapannya sendiri, terdapat 2 cara utama untuk membuat sumber backlink kompetitor yang telah didapatkan memberikan tautan ke website anda.

Adapun kedua cara tersebut meliputi:

Membuat Halaman Website Atau Konten Artikel Yang Lebih Baik

Salah satu cara mendapatkan backlink yang sama dengan website kompetitor, membuat halaman website atau artikel yang lebih baik daripada yang dimiliki oleh website kompetitor menjadi hal yang dapat anda lakukan.

Dengan memiliki konten artikel atau halaman website yang lebih baik, maka anda dapat menawarkannya kepada website yang terhubung dengan website kompetitor. Sehingga website tersebut bersedia untuk juga memberikan tautan ke luar ke website anda. Dalam dunia SEO, cara ini sendiri dikenal dengan nama istilah Skyscraper method.

Sebagai contoh penerapannya, misalnya website kompetitor anda memiliki konten artikel mengenai “10 sumber backlink gratis”. Maka anda dapat membuat artikel tandingan yang lebih baik atau lengkap,misalnya “110 Daftar Backlink Gratis”.

Selanjutnya, anda hanya perlu menghubungi pihak webmaster yang websitenya yang terhubung dengan artikel di website kompetitor. Selanjutnya, menawarkan artikel anda sebagai referensi versi yang lebih lengkap.

Menemukan Dead Link Pada Halaman Website Kompetitor

Menemukan dead link pada website kompetitor anda juga merupakan pendekatan cara mendapatkan sumber backlink serupa dari website kompetitor.

Hampir semua website di pencarian internet memiliki dead link di dalamnya. Dalam hal ini, website kompetitor anda juga mungkin salah satunya.

Keberadaan dead link pada website kompetitor ini dapat anda jadikan celah mendapatkan backlink berkualitas ke website anda.

Temukan dead link pada website kompetitor anda dan daftar website yang terhubung dengan halaman tersebut.

Selanjutnya, anda dapat menghubung sejumlah webmaster dari website yang terhubung dengan dead link sebelumnya dan menawarkan artikel atau halaman website anda yang relevan sebagai alternatif pengganti.

Misalnya, dead link pada website kompetitor anda adalah artikel mengenai backlink checker. Anda dapat menghubungi website yang terhubung dengan artikel itu dan menyarankan artikel tentang backlink checker di website anda untuk menggantikan tautan keluar ke dead link tersebut.

Jika webmaster dari website terkait merespon penawaran anda, maka website anda pun akan mendapatkan backlink berkualitas dan relevan.

Selain dapat mengetahui sumber backlink, dengan menerapkan metode Competitive Link Analysis ini, anda juga dapat memperoleh sejumlah informasi lainnya meliputi:

  • Resource link building
  • Guest posting
  • PR link building
  • Roundups
  • Guestographics

Manfaat Menerapkan Competitive Link Analysis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dengan menerapkan strategi cara cek backlink atau competitive link analysis ini, anda dapat mendapatkan informasi mengenai sumber backlink potensial dari website kompetitor anda dan mengusahakan untuk membangun backlink serupa.

Namun tentu saja tujuan paling utama dari competitive link analysis ini adalah mendapatkan backlink berkualitas dan juga relevan untuk website anda. Competitive Link Analysis ini juga bahkan membuat anda dapat membaca strategi link building yang dilakukan oleh website kompetitor anda.

Lebih jauh lagi, anda pun dapat membangun hubungan dengan sejumlah website yang menjadi sumber backlink kompetitor. Anda dapat menjangkau mereka via email dan mempromosikan konten artikel atau halaman yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor anda.

Secara garis besar, penerapan Competitive Link Analysis ini akan dapat keyword gaps antara website anda dengan website kompetitor.

Baca juga: 90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

Cara Check Backlink Website Kompetitor Dan Penerapan Link Building-nya

Untuk penerapan competitive link analysis, sebenarnya tidak terlalu banyak langkah yang harus anda lakukan.

Melansir informasi dari halaman adaeuro.com, disebutkan terdapat 4 langkah cara cek backlink website kompetitor beserta proses link building, yakni meliputi:

Mengekstrak Informasi Sumber Backlink Website Kompetitor

Langkah pertama dari cara cek backlink website kompetitor ini adalah dengan mengekstrak informasi sumber backlink website kompetitor anda. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan menggunakan fitur yang disediakan oleh tool Ahrefs atau SemRush.

Selanjutnya, anda dapat mengunduh informasi tersebut dalam bentuk file CSV dan menjadikannya database sumber backlink relevan anda.

Selain menggunakan Ahrefs dan SEMrush, anda juga dapat mempertimbangkan sejumlah tools online lainnya untuk mengekstrak informasi sumber backlink kompetitor anda ini.

Adapun sejumlah tool online lain yang juga dapat anda gunakan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Moz
  • Majestic
  • Ubersuggest
  • Pi Datametric
  • SEO Spyglass

Kelola Data Sumber Backlink Website Kompetitor

Setelah anda mengunduh data sumber backlink kompetitor anda, pastikan anda mengelola data tersebut dengan baik. Dalam hal ini, disarankan agar anda mengunggahnya ke Google Sheet dan mengelompokkannya berdasarkan tipe link, domain rating atau trafik kunjungan.

Jika anda  menemukan website yang dapat menjadi sumber backlink relevan untuk website anda, maka anda harus langsung mencari tahu kontak informasi dari website tersebut (umumnya informasi email).

Buat Halaman Atau Artikel Yang Lebih Baik Dari Kompetitor

Pada poin berikut, anda akan masuk ke pembahasan mengenai cara link building menggunakan sumber backlink yang telah didapatkan sebelumnya. Membuat halaman atau konten artikel yang lebih baik menjadi pekerjaan rumah pertama yang harus anda kerjakan.

Mulailah dengan menganalisa konten artikel yang dimiliki kompetitor anda. Selanjutnya, anda dapat membuat konten artikel dengan topik yang sama, namun dengan detail yang lebih baik.

Untuk membuat konten artikel menjadi lebih menarik dan mudah untuk dipahami, anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat konten artikel berjenis infografik.

Menjangkau Third Party Websites

Setelah mempersiapkan konten artikel dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan yang dimiliki oleh website kompetitor anda. Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menghubungi webmaster dari Third Party Websites.

Third Party Websites yang dimaksud di sini adalah website yang memberikan tautan ke website kompetitor anda. Anda dapat menghubungi webmaster tersebut melalui email dan kemudian memperkenalkan website anda.

Pada bagian lainnya, anda juga menginformasikan bahwa anda membuat konten artikel yang lebih detail dibandingkan dengan artikel yang dirujuk oleh website tersebut. Jika webmaster yang anda targetkan merespon rujukan artikel yang anda buat, mak anda akan mendapatkan backlink relevan dari website tersebut.

Kesimpulan

Sekian beberapa ulasan yang  telah kami rangkum untuk anda mengenai cara cek backlink website kompetitor.

Strategi SEO off page yang satu ini akan sangat untuk bermanfaat untuk anda yang tengah mencari sumber backlink berkualitas untuk meningkatkan posisi website anda di SERP Google. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mencoba strategi cara membangun backlink yang satu ini.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari kami seputar dunia SEO.

Terima kasih.

Scroll to Top