5 Cara Jual Produk Non Fisik di Shopee Tanpa Membayar Ongkos Pengiriman

Cara Jual Produk Non Fisik di Shopee

Transaksi yang mudah menjadi pilihan bagi seseorang untuk berbelanja di Shopee. Terlebih produk-produk seperti voucher, data seluler, serta pembayaran tagihan dapat dibayarkan dengan mudah tanpa menunggu lama. Sebagai referensi dalam berbisnis online, pembaca dapat mempelajari cara jual produk non fisik di Shopee menggunakan layanan bebas biaya pengiriman seperti penjelasan berikut:

Apa Saja Produk Non Fisik yang Dapat Dijual di Shopee?

Secara garis besar, produk non fisik terdiri dari beberapa kategori yaitu tiket, isi ulang, hiburan, donasi, dan pembayaran tagihan. Produk tiket yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen umumnya berupa tiket kereta api, tiket pesawat, dan bus. Sedangkan untuk kategori hiburan produk yang paling banyak dicari berupa voucher game dan tiket event.

Produk non fisik juga meliputi barang-barang yang sifatnya digital seperti pulsa, data seluler, dan e-money. Disamping itu, konsumen juga kerap kali menggunakan marketplace Shopee untuk melakukan pembayaran tagihan berupa PDAM, TV kabel, BPJS, dan sebagainya. Semua produk tersebut dapat dijual tanpa memerlukan pengiriman barang.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee Dalam 5 Langkah Untuk Pemula

Cara Menjual Produk Non Fisik di Shopee

Langkah-langkah untuk menjual produk dan fisik di Shopee sebenarnya sangatlah mudah. Sebab, secara keseluruhan hampir sama ketika mendaftar menjadi seller untuk produk lainnya. Hanya saja, penjual perlu mengajukan aktivasi guna mendapatkan fitur gratis ongkir di setiap produk yang dijual.

Berikut penjelasan cara jual produk non fisik di Shopee yang perlu dipahami sebelum memulai bisnis online:

1. Buat Akun Seller Shopee

Sebelum mulai membuka bisnis online, tahapan awal yang perlu dilakukan yaitu membuat akun seller di Shopee terlebih dahulu. Proses pendaftaran sebagai seller Shopee tidaklah terlalu rumit, sebab proses verifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan nomor HP dari pendaftar. Sehingga, bagian nomor HP sebaiknya diisi dengan nomor yang selalu aktif.

2. Edit Profil Akun

Unggahlah foto profil berkaitan dengan produk non fisik yang dijual di akun tersebut. Bagian ini juga dapat diisi dengan foto label toko apabila pebisnis memilikinya. Tambahkan keterangan lokasi dari bisnis tersebut, agar calon konsumen mengetahui dari manakah produk tersebut ditawarkan. Pengaturan profil toko dapat diubah sedemikian rupa pada menu Seller Center.

3. Tambahkan Produk yang Ditawarkan Untuk Konsumen

Poin paling penting dalam menekuni bisnis online yaitu pemilihan foto serta deskripsi yang lengkap dan menarik untuk dibaca. Sebab calon konsumen umumnya akan mempelajari keterangan yang tertera pada aplikasi terlebih dahulu. Kemudian barulah memutuskan apakah hendak membeli produk non fisik atau tidak. Sebaiknya atur tampilan produk semenarik mungkin.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Pembeli di Shopee Untuk Pemula

4. Mengajukan Aktivasi Bebas Ongkir

Setelah menyiapkan daftar produk pada akun, cara jual produk non fisik di Shopee dilakukan dengan mengajukan aktivasi terlebih dahulu. Tujuannya agar penjual dapat menerima layanan bebas biaya pengiriman pada setiap produk non fisik yang dijual di akun tersebut. Dengan demikian, konsumen yang membeli produk tersebut tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Aktivasi ini dapat dilakukan dengan cara membuka situs resmi Shopee dan memilih pada bagian pusat bantuan. Penjual akan diarahkan untuk mengisi formulir terlebih dahulu, sebaiknya siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Adapun data yang diperlukan meliputi nama, username akun, foto KTP, foto buku rekening, dan deskripsi produk non fisik.

5. Periksa Status Akun Secara Berkala

Tahapan terakhir yang perlu dilakukan oleh seller yaitu menunggu pihak Shopee memeriksa akun yang didaftarkan. Proses verifikasi ini akan memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 hari. Pihak Shopee akan menghubungi seller melalui e-mail apabila pengajuan tersebut telah disetujui. Cobalah untuk mengecek pada bagian inbox maupun spam apabila terdapat balasan dari pihak Shopee.

Baca juga: 7 Cara Membuat Deskripsi Produk untuk Jualan Online

Saat lewat dari jangka waktu yang telah ditentukan, belum terdapat pesan masuk pada e-mail. Maka seller dapat mengirim ulang formulir aktivasi bebas ongkir sebelumnya. Cobalah periksa kembali kelengkapan data tersebut, mulai dari penulisan nama dan alamat e-mail. Pastikan pula bahwa setiap foto yang diunggah dapat terbaca dengan jelas.

Demikianlah penjelasan dari cara jual produk non fisik di Shopee menggunakan fitur bebas biaya pengiriman. Sebagai persediaan, sebaiknya penjual menyiapkan modal yang cukup sebagai stok untuk produk non fisik yang dijual pada akun Shopee. Misalnya bila memilih menjual produk berupa voucher game, setidaknya siapkan minimal 10 voucher sebagai persediaan.

Scroll to Top