Cara Jualan di Marketplace Facebook Dalam 4 Langah Mudah

Cara Jualan di Marketplace Facebook

Media sosial Facebook, saat ini sudah berkembang sangat pesat. Bukan hanya untuk mencari teman, media ini juga bisa digunakan sebagai tempat jualan. Cara jualan di marketplace facebook juga sangat mudah, karena penjual hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Login Facebook

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara jualan di marketplace facebook adalah membuat akun dan login. Seperti halnya ketika menggunakan facebook untuk berteman atau mencari kawan lama, seller juga harus terlebih dahulu memasuki akunnya untuk dapat menggunakan marketplace.

Silakan masuk ke akun sesuai yang didaftarkan sesuai email. Setelah masuk akun facebook, pemilik akun nantinya akan mendapati halaman yang sudah sangat familiar. Selain itu, halaman tersebut juga user friendly karena sangat mudah dicermati, dipelajari, dan digunakan.

Perlu diingat akun Facebook yang digunakan untuk jualan, hendaknya menggunakan data real. Itu termasuk tentang umur minimal pengguna. Jika salah, ini bisa menjadi alasan tidak bisa jualan di marketplace Facebook karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka.

2. Jual di Marketplace

Setelahnya, penjual dapat melihat di beberapa menu navigasi, salah satunya adalah ‘marketplace’. Masuk ke menu tersebut, lalu di dalamnya penjual dapat kembali mengklik menu ‘jual sesuatu’. Jika sudah masuk ke menu ini, artinya penjual harus sudah siap dengan data produk yang akan dijual. Hal ini karena halaman ini akan membawa kepada sebuah isian terkait detail barang.

3. Isikan Data Detail

Pada halaman tersebut, isikan semua informasi terkait barang yang akan dijual dengan sangat detail, lengkap, dan sesuai kondisi barang. Isian yang ada mulai dari kategori barang, nama barang, harga, lokasi, serta keterangan tambahan lainnya.

Pada data ini juga, penjual diminta untuk memberikan isian yang benar-benar sesuai dengan fakta barang yang ada. Jangan pernah kecewakan pelanggan hanya karena ingin meraup keuntungan. Pastikan semua deskripsi barang sudah sesuai dengan aslinya.

Hampir 100% konsumen menginginkan deskripsi barang yang jelas dan detail. Hal tersebut wajar, karena deskripsi inilah yang akan membawa konsumen kepada keputusan untuk membeli atau tidak. Maka, penjual diharapkan mengisi dengan jujur.

4. Unggah Foto

Langkah berikutnya dari cara jualan di marketplace facebook adalah dengan mengunggah foto. Facebook memberikan tempat untuk 10 atau lebih foto produk yang akan dijual. Gunakan fitur ini dengan sebaik mungkin.

Penjual yang memiliki budget, bisa menyewa jasa foto produk untuk mendapatkan foto terbaik dari produknya. Namun demikian, jasa semacam ini tentu tidak murah. Maka, penjual bisa mempelajari teknik foto sederhana menggunakan ponsel, namun dengan hasil yang memuaskan.

Cari foto dengan resolusi tinggi. Selain itu, unggah juga foto yang diambil dari berbagai sudut. Foto harus bisa berbicara, untuk memberikan penjelasan kepada konsumen, karena di toko online pembeli tidak bertemu dan melihat langsung barangnya.

Jika sudah mengunggah foto, maka klik ‘selanjutnya’. Dengan demikian, foto sudah terunggah dan toko yang lengkap dengan produk pun sudah tampil di marketplace. Berikutnya, penjual hanya tinggal melakukan maintenance untuk menarik pembeli.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee [5 Hal Penting Untuk Ketahui Pemula]

Tips Jualan di Marketplace Facebook

Ada banyak cara meningkatkan penjualan di Facebook. Namun langkah dasar yang perlu dilakukan adalah setelah berhasil membuat unggahan produk untuk dijual di marketplace, penjual juga harus memperhatikan tips berikut ini agar produk semakin laris:

  • Perhatikan kategori. Sebelum memulai menjual sebuah produk, pastikan telah menentukan kategori yang akan ditawarkan. Beberapa kategori misalnya fashion, gadget dan elektronik, mainan dan hobi, atau perlengkapan rumah tangga. Pastikan produk berada di kategori yang tepat.
  • Foto resolusi tinggi. Perhatikan juga foto yang diunggah di marketplace. Foto merupakan jendela awal untuk melihat barang. Maka pastikan menggunakan foto yang jelas, tidak blur, dan kualitasnya baik.
  • Cantumkan deskripsi dan harga. Sebagai penjual tentu harus mencantumkan deskripsi barang dengan jelas, dan juga harga yang sesuai serta wajar. Jangan berikan deskripsi seadanya, apalagi hanya mencantumkan harga yang tidak wajar.
  • Sebarkan di media sosial. Berikutnya, cara jualan di marketplace facebook bisa dibantu dengan menyebarkannya di media sosial termasuk facebook sendiri. Hal ini membuat semakin banyak orang yang mengetahui produk yang dijual, sehingga akan mampir ke toko dengan menggunakan tautan yang disebar.

Baca juga: Pentingnya Slogan dan Deskripsi Toko Online dalam Memasarkan Produk

Kesimpulan

Cara jualan di marketplace facebook ini tampaknya sederhana, namun banyak sekali penjual yang sering abai. Kebanyakan beralasan bahwa marketplace tidak ada gunanya jika tidak dipasarkan dengan baik. Padahal, dengan tips-tips sederhana tersebut, berjualan di marketplace facebook tak kalah menguntungkan.

Scroll to Top