Begini 5 Cara Jualan Online Agar Banyak Yang Minat dan Laris

Cara Jualan Online Agar Banyak Yang Minat

Memiliki toko online tapi sepi pembeli, jangan terburu-buru memutuskan berhenti. Padahal, hal yang harus digali adalah bagaimana cara jualan online agar banyak yang minat, sehingga toko ramai kembali. Ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan. Dan kabar baiknya, itu mudah sekali.

Cara Jualan Online Agar Banyak Yang Minat

Karakteristik perdagangan online tentu berbeda dengan berjualan di pasar pada umumnya. Itu artinya, perlu strategi khusus. Oleh karenanya, penjual harus bisa mengemas tokonya dengan cara seperti ini:

1. Mengemas Toko dengan Rapi

Cara Jualan Online Agar Banyak Yang Minat

Bukan hanya toko offline yang harus rapi, karena faktanya cara jualan online agar banyak yang minat salah satunya terlihat dari toko online yang mudah dijelajahi. Perlu waktu dan effort lebih bagi para pelaku usaha, agar tokonya memiliki tampilan yang menarik dan user friendly.

Toko yang rapi bisa dilihat dari kejelasan identitas yang ditampilkan. Mulai dari logo yang disematkan, sampai dengan kontak bisnis, semua bisa terbaca jelas dan bisa dihubungi. Kerapian di tampilan awal ini tentu akan menarik minat pengunjung sejak pertama melihatnya.

Berikutnya, susun produk sedemikian rupa, sehingga konsumen nyaman menjelajahi toko untuk mencari barang-barang. Penjual harus bisa memposisikan diri sebagai pembeli yang mampir ke toko dan mencari produk yang diinginkan.

Klasifikasikan barang sesuai kategori tertentu, misalnya pakaian pria-wanita-anak, atau menurut brand tertentu. Pisahkan dalam jendela-jendela tersendiri, sehingga pengunjung akan lebih nyaman menelusuri koleksi produk yang ada di toko.

2. Menjual Barang yang Populer

Cara jualan online agar banyak yang minat bisa juga ditempuh dengan memilih produk yang tepat. Pangsa pasar yang luas adalah salah satu celah yang bisa diambil agar penjualan meningkat. Hal ini berarti, penjual juga harus mengenali produk dan pasarnya, dan tentu akan lebih mudah jika barang yang dijual cukup populer.

Beberapa produk hobi seperti ikan guppy dan peralatan serta pakannya, belakangan menjadi produk aquascape yang banyak diminati. Selain itu, produk pelengkap teknologi seperti headset, phone holder, atau tripod, adalah barang yang meningkat penjualannya seiring aktivitas daring ketika pandemi.

Banyak produk yang bisa digali dari berbagai sumber. Dalam hal ini, penjual pun bisa menggalinya untuk menemukan produk apa yang sedang dibutuhkan pasar. Kuncinya adalah, menemukan kebutuhan pasar dan menyediakannya dengan harga yang terjangkau.

3. Memberikan Pelayanan Prima

Jika toko sudah dibuat rapi, dan produk pun sudah ditemukan dan dikemas apik, maka jangan lupa untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Kebanyakan orang berpikir berjualan secara online akan mudah karena tidak harus bertemu langsung dengan pelanggan, namun sebaiknya hal tersebut tidak mengurangi level pelayanan.

Melayani pelanggan bisa dimulai dengan meningkatkan komunikasi kepada konsumen yang bertanya. Berikan sapaan dan jawaban yang cepat, ramah, dan informatif. Pastikan konsumen nyaman dengan interaksi yang dibangun oleh admin toko online, terutama ketika membutuhkan informasi detail terkait produk pilihannya.

Pelayanan tidak berhenti hanya di awal saja, namun sampai pembeli menerima barang pun, pastikan penjual masih terus memberikan informasi positif. Misalnya, ketika menerima transfer pembayaran, berikan konfirmasi penerimaan uang. Selain itu, sampaikan juga proses pengiriman dengan mengirimkan resi.

Layanan berikutnya bisa dilakukan dengan meminta konsumen memberikan review produk. Ditambah lagi dengan informasi-informasi terkait produk-produk terbaru. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, meskipun membutuhkan peningkatan penjualan, namun pembeli adalah raja yang harus dilayani semaksimal mungkin.

Baca juga: 7 Cara Mengarahkan Pengunjung di Internet ke Website Gratis

4. Tawarkan Promo

Tak dipungkiri jika pembeli akan melirik toko yang banyak promo. Mulai dari potongan harga sampai promo gratis ongkir, faktanya membuat daya tarik spesial di mata para konsumen. Dalam hal ini penjual bisa memanfaatkan tawaran yang ada di masing-masing marketplace, dan bekerja sama dalam memberikan promo menarik.

Satu hal penting adalah, pastikan penjual telah memperhitungkan detail selisih harga beli dan jual. Dengan demikian, penjual tetap akan mendapat keuntungan walaupun sedikit, setelah memberikan promo tersebut.

5. Berikan Garansi

Hal berikutnya yang bisa menjadikan konsumen melirik toko dan menjadi repeat customer adalah garansi. Biasanya garansi yang diberikan bisa berupa retur barang jika terjadi kerusakan. Teknik komunikasi yang baik juga diperlukan ketika melayani pembeli yang membutuhkan jaminan retur barang.

Mengoptimalkan garansi bisa menjadi strategi jitu sebuah toko. Hal itu karena konsumen akan melihat bahwa toko tersebut menjual barang yang berkualitas, sekaligus memberikan jaminan terhadap kepuasan pelanggan.

Beberapa cara jualan online agar banyak yang minat dapat diculik dan dilakukan oleh penjual, sesuai dengan karakter produk yang dijual dan pangsa pasarnya. Setiap pasar memiliki karakternya masing-masing dan hal tersebut juga harus menjadi perhatian para pelaku e-commerce.

Scroll to Top