7 Cara Memasarkan Produk Secara Online untuk Mendatangkan Pembeli

Cara Memasarkan Produk Secara Online

Memasarkan sebuah produk secara online, ternyata kerap menjadi kendala para pebisnis muda. Apalagi bagi yang baru saja memulai usahanya. Tak sedikit yang kebingungan bagaimana cara memasarkan produk secara online agar sesuai dengan pangsa pasar, dan tentunya mendatangkan pembeli.

7 Cara Memasarkan Produk Secara Online

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa ditiru, untuk memasarkan produk secara online:

1. Buat Media Iklan Digital yang Menarik

cara memasarkan produk secara online yang pertama adalah membuat media iklan yang tepat dan menarik. Memasarkan produk di media digital atau online, harus mencermati perilaku pasar online yang berbeda dengan pemasaran dengan media cetak.

Pelaku usaha harus menghindari bahasa yang bertele-tele ketika membuat media iklan digitalnya, baik itu dalam bentuk flyer, tulisan, atau video. Tentu saja, hal ini karena aktivitas di media online yang sangat dinamis. Orang tidak punya banyak waktu untuk membaca tulisan yang panjang.

Itu sebabnya, jika membuat iklan untuk media online, haruslah dikemas dengan bahasa yang sangat padat, lentur, dan tidak membosankan. Usahakan pembaca akan menangkap apa maksud dari iklan tersebut dalam sekali lihat, dan tidak perlu melakukan beberapa kali scroll.

Baca juga: Apa itu Digital Marketing? Pengertian Serta Strategi Untuk Bisnis Anda

2. Pasarkan di Sosmed Pribadi

Setelah media iklan siap, mulailah dengan memasarkan menggunakan media sosial milik pribadi. Cara ini tak kalah efektif untuk membuka pasar dan menggaet konsumen.

Sebagai contoh, pelaku usaha bisa memasarkan di story WA, yang tentunya akan terlihat oleh kontak yang tersimpan. Andaipun tidak membeli, setidaknya lebih banyak orang yang tahu bahwa ada produk yang ditawarkan.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa mengoptimalkan fungsi media sosial seperti Facebook, atau Instagram. Kedua media tersebut memfasilitasi penggunanya untuk mengunggah gambar dan memberikan caption sebagai penjelasan tambahan.

Selain itu, MarketPlace Facebook dan Instagram juga memiliki fitur story yang memungkinkan produk yang diiklankan lebih simpel, semakin sering tampil, dan dilihat oleh lebih banyak orang. Manfaatkan setiap kontak yang ada, dan berteman lah dengan siapapun untuk memperluas jaringan.

Baca juga: Kenali Pemasaran Melalui Instagram: Alasan Media Sosial Ideal Bagi Bisnis

3. Bangun Blog atau Web untuk Pemasaran

Tak perlu repot memikirkan cara memasarkan produk secara online dengan rumit, karena membuat blog dan web saat ini sudah banyak dikuasai oleh pelaku bisnis. Cara ini bisa juga menjadi pilihan, yaitu dengan membangun web atau blog khusus untuk menawarkan produk.

Di dalam web tersebut, sematkan konten-konten yang berkualitas dan relevan, dan sisipkan juga produk yang ditawarkan sebagai solusi dari tema atau masalah yang diangkat. Dengan begitu, cara pemasaran akan bertambah dan tentunya semakin mudah.

4. Membuat Online Shop di Marketplace

Tak sedikit toko online yang bermunculan di marketplace, yang menandakan bahwa geliat pemasaran online mulai meningkat. Para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan platform penjualan tersebut untuk memajang produk, sekaligus dengan detail dan harga produknya.

Dengan demikian, pebisnis akan semakin mudah membagikan tautan toko dan produk kepada konsumen. Praktis akan lebih banyak yang menemukan toko dan produk yang dijual, ketika ada pelanggan sebuah marketplace yang sedang mencari barang yang dibutuhkan.

5. Pasarkan di Grup atau Forum

Salah satu optimasi yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan produk di grup atau forum yang ada di media sosial. Biasanya, sebuah produk memiliki penggemar yang membentuk komunitas dan grup di media sosial seperti facebook.

Pebisnis bisa memanfaatkan forum tersebut untuk mengunggah konten dan beriklan. Alhasil, sekali konten diunggah, lebih banyak akun yang akan melihat dan membaca detailnya. Hal ini tentu lebih efektif penyebarannya ketimbang memasang linimasa atau menyebar satu persatu.

6. Minta Feedback Konsumen

Setelah menyebarkan iklan digital dengan berbagai media, jangan lupa untuk meminta konsumen memberikan feedback. Cara ini sangat penting dalam memasarkan produk secara online. Feedback yang diberikan bisa berupa testimoni atau review tentang produk yang digunakan.

7. Memanfaatkan Affiliate Marketing

Ada teknik pemasaran yang biasa dilakukan secara online, yaitu memanfaatkan affiliate marketing. Pada cara ini, pebisnis akan memanfaatkan jasa endorse dari influencer atau jasa iklan media sosial. Cara ini pasti berbayar, kecuali jika ada influencer yang memberikan testimoninya dengan cuma-cuma.

Mempelajari cara memasarkan produk secara online tentu akan sangat berguna di era digital ini. Dunia pemasaran digital yang semakin dinamis, menuntut setiap pebisnis untuk terbuka dan cakap teknologi. Salah satu manfaatnya, agar bisa menggunakannya sebagai media promosi.

Scroll to Top