Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sistem COD Dalam 3 Langkah Mudah

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sistem COD

Shopee menyediakan layanan Cash on Delivery sebagai alternatif pembayaran melalui transfer. Cara membatalkan pesanan di Shopee sistem COD ini bisa dilakukan jika pembeli merasa tidak cocok atau terjadi kesalahan. Proses pembatalan ini dapat dilakukan melalui aplikasi sesuai dengan persetujuan penjual. Pastikan untuk menyampaikan alasan yang jelas supaya proses cancel diterima.

Terdapat ketentuan serta syarat yang telah ditetapkan pihak Shopee untuk pembatalan pesanan. Pembeli dapat mengajukan cancel secara langsung melalui aplikasi apabila barang masih belum dikirim. Namun, jika terlanjur dikirimkan maka sampaikan pada kurir mengenai pembatalan tersebut. Pihak Shopee pun dapat membatalkannya secara otomatis dengan alasan tertentu.

Bagi yang bermasalah dengan pengiriman, berikut ini cara membatalkan pesanan di Shopee sistem COD yang wajib disimak.

Mengenal Sistem COD dan Keuntungannya

Cash on Delivery atau disingkat COD merupakan teknik pembayaran yang sering kali digunakan pada transaksi jual-beli online. Sistem ini memungkinkan konsumen membayar ketika produk yang dipesan sudah diterima. Biasanya penjual dan pembeli akan melakukan pertemuan di suatu tempat yang telah disetujui untuk melakukan transaksi pembayaran.

Pembayaran dengan metode COD umumnya hanya bisa diterapkan jika seller dan pembeli tinggal di kota yang sama. Pembeli dapat membayarnya dengan uang tunai, transfer atau uang digital. Metode ini memiliki kelebihan bagi kedua belah pihak dalam setiap proses transaksi pembayaran.

Bagi penjual, sistem COD ini bisa dipakai sebagai teknik pemasaran untuk meningkatkan pembelian produk dan kepercayaan dari konsumen. Tentunya membuat toko online memiliki reputasi penjualan yang bagus. Sedangkan bagi pembeli, metode ini bisa menghindari penipuan serta mengecek kondisi produk yang dipesan tidak sesuai secara langsung.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee + 5 Hal Penting Untuk Ketahui]

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sistem COD

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sistem COD 1

Layanan COD merupakan sistem transaksi yang dilakukan apabila produk telah sampai di rumah. Jadi, pembeli melakukan pembayaran melalui kurir secara cash atau tunai. Barang ini juga bisa di cancel oleh pembeli, inilah cara membatalkan pesanan di Shopee sistem COD sebagai berikut:

Jika Pesanan Belum Dikirim oleh Penjual

Pertama, pembeli perlu menghubungi penjual terlebih dahulu jika ingin membatalkan pesanan. Jelaskan alasan mengapa pesanan dibatalkan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Setelah itu, jika penjual menyetujui silahkan melakukan pembatalan melalui aplikasi Shopee.

Cara membatalkan pesanan di Shopee sistem COD ini cukup simple yaitu hanya dengan membuka aplikasi Shopee. Lalu, silahkan buka menu “Saya” dan pilih opsi “Dikemas” yang berisi informasi jika pesanan sedang dalam proses pengemasan. Terakhir, klik tombol “Batalkan” pada barang pesanan yang ingin dibatalkan.

Pesanan Telah Diterima

Dalam kasus ini, pembeli perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada penjual jika ingin membatalkan pesanan. Setelah itu, katakan langsung pada kurir yang mengantar paket ke rumah mengenai pembatalan tersebut sesuai dengan persetujuan. Nantinya kurir akan mengembalikan paket kepada penjual tanpa ada pihak yang rugi.

Konsumen juga dapat menolak pembatalan pesanan tersebut dengan alasan tertentu. Biasanya paket sudah dikirimkan dan telah diproses pihak kurir tetapi Shopee belum memperbarui informasi pesanan. Penjual bisa mengatakan bahwa pesanan sudah dikirim, sehingga pembeli harus menerimanya. Cara tersebut memang tidak disarankan karena pelayanannya tidak profesional.

Perlu diketahui jika pembeli hanya dapat mengajukan pembatalan 1 kali saja. Pihak Shopee juga membatasi pembatalan tidak boleh lebih dari 3 kali per akun khusus sistem COD. Pembeli tidak dapat menggunakan COD apabila melebihi batas cancel. Penjual dan pembeli juga bisa menghubungi customer service untuk mendapatkan solusi mengenai masalah tersebut.

Pembatalan Otomatis dari Shopee

Pihak Shopee umumnya akan membatalkan pesanan karena beberapa hal yang bisa dilakukan oleh penjual dan pembeli. Pertama, pesanan akan di cancel secara otomatis jika konsumen belum menyelesaikan pembayaran sampai batas waktu tertentu. Kedua, penjual tidak merespon pesanan meski customer telah membayar dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Terakhir, pesanan akan dibatalkan jika penjual tidak menerima pesan atau resi pengiriman belum terverifikasi hingga batas waktu tertentu. Nantinya Shopee akan mengembalikan dana pembeli dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Proses refund ini membutuhkan waktu yang berbeda sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan oleh pembeli.

Baca juga: 7 Cara Mengarahkan Pengunjung di Internet ke Website Secara Gratis

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang cara membatalkan pesanan di Shopee sistem COD yang perlu diketahui. Sistem COD ini banyak diminati karena pembeli dapat melihat kondisi barang sekaligus menghindari penipuan. Untuk membatalkan pesanan, sebaiknya pembeli melakukan konfirmasi terlebih dahulu lalu sampaikan pada kurir. Jadi, kedua belah pihak merasa diuntungkan dengan sistem COD.

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.