12 Cara Membuat Konten Berkualitas dan SEO Friendly

membuat konten berkualitas

Bagaimana cara membuat konten berkualitas dan SEO friendly? Sekarang sangat mudah mendapatkan informasi. Kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi di internet melalui berbagai website yang tersedia. Setiap website tersebut memiliki banyak konten yang membantu kita memperoleh informasi yang kita butuhkan.

Membuat konten website tentu sangat mudah. Akan tetapi, membuat konten berkualitas tidak semua orang bisa melakukannya. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan jika ingin membuat sebuah konten yang berkualitas dan juga SEO friendly. Ketika konten yang Anda buat memiliki kualitas yang bagus, akan semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi website Anda.

Langkah-Langkah Membuat Konten Berkualitas dan SEO Friendly di Website

membuat konten berkualitas

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara membuat konten berkualitas di website maupun blog. Dengan mempelajari dan menerapkan penjelasan kami, maka konten Anda sudah tentu SEO friendly.

1. Gunakan Keyword yang Kemungkinan Banyak Dicari

membuat konten berkualitas

Cara membuat konten berkualitas yang pertama adalah menentukan keyword. Keyword atau kata kunci yang harus Anda gunakan adalah kata kunci yang kemungkinan banyak dicari orang. Maka dari itu, Anda harus mengetahui siapa saja orang yang menjadi pengunjung atau audiens website Anda.

Pastikan Anda mengetetahui siapa saja orang yang akan mengunjungi website Anda tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui seperti apa target keyword yang akan mereka ketik di Google. Setiap website memiliki target audiens yang berbeda-beda. Kita ambil contoh otomotif dan dan kesehatan.

Konsumen atau audiens yang kesehatan tentu akan mengetik kata kunci seperti buah sehat, mengatasi penyakit, manfaat buah, dan lain sebagianya. Sementara itu, konsumen yang merupakan golongan otomotif akan mengetik kata kunci seperti cara memperbaiki, cara ganti oli, oli motor terbaik, oli mobil terbaik, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar memahami kira-kira website yang Anda buat tersebut nanti akan memiliki target konsumen seperti apa. Jangan sampai salah menerapkan kata kunci karena hal ini akan membuang waktu Anda. Lalu bagaimana cara menentukan keyword yang benar dan banyak dicari? Berikut ini tips-tipsnya.

  • Anda harus memastikan bahwa volume pencarian dari keyword tersebut cukup banyak. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs yang memang berguna untuk mengetahui volume keyword tersebut. Salah satunya adalah ubbersuggest
  • Anda juga harus mengetahui kira-kira apa yang akan dicari oleh audiens mengenai kata kunci yang akan mereka ketik di Google
  • Pastikan bahwa Anda juga mempunyai data da sumber yang cukup agar bisa membuat konten yang mampu menyaingin konten-konten lainnya yang juga muncul di mesin pencarian Google

2. Pastikan Konten Anda Menjawab Pertanyaan Audiens

Perlu Anda tahu bahwa Google mampu mengetahui apakah pengunjung suatu website puas atau tidak setelah mereka mengunjungi website tersebut. Ada beberapa indikator yang digunakan Google untuk mengetahui kepuasan audiens. Salah satunya adalah seberapa lama pengunjung tersebut membaca atau melihat konten di website.

Semakin lama waktu yang mereka habiskan untuk melihat atau membaca konten, maka semakin bagus reputasi website Anda. Google juga akan melihat seberapa banyak konten Anda tersebut dibagikan. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah pastikan kontennya mampu menjawab pertanyaan audiens.

Ketika banyak konten Anda yang mampu menjawab pertanyaan audiens, maka berpotensi semakin banyak yang mengunjungi website Anda. Bahkan berpotensi membuat semakin banyak orang yang membagikan konten Anda tersebut.

3. Focus Keyword yang Sewajarnya

membuat konten berkualitas

Meskipun Anda menggunakan focus keyword dengan maksud mendapatkan rating tertinggi di Google, bukan berarti Anda boleh menggunakannya secara berlebihan. Jangan sampai Anda terlalu sering menulis focus keyword tersebut di konten Anda karena hal ini malah bisa menurunkan kualitas konten yang Anda buat.

Maksudnya, ketika Anda memiliki postingan yang isinya bagus namun karena terlalu banyak focus keyword yang Anda cantumkan, maka hasilnya tetap kurang bagus. Maka dari itu, ketika Anda ingin membuat konten maka jangan lupa untuk mengecek apakah konten Anda tersebut sudah SEO friendly atau belum.

4. Konten Harus Layak Dibaca

membuat konten berkualitas

Cara membuat konten berkualitas dan juga SEO friendly juga harus memperhatikan kelayakan isi dari konten tersebut. Anda harus membuat sebuah konten yang sudah Anda teliti. Pastikan bahwa isinya sesuai dengan ketentuan yang ada. Maksudnya, jika Anda membuat artikel maka pastikan struktur penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan.

Artikel yang ditulis menggunakan kaidah penulisan akan mengindikasikan tingkat profesionalitas dari si penulis atau pengelola blog. Baik blog perusahaan maupun blog pribadi tetap harus memperhatikan kaidah penulisan yang sudah ditentukan. Biasanya, diperlukan editor yang bekerja untuk mengcek setiap konten atau artikel  yang ada.

Namun masih ada cara lain jika tidak bisa memanfaatkan jasa editor profesional. Setelah membuat konten, coba Anda lihat dan baca kembali konten tersebut. Apakah semua isinya sudah sesuai dan tidak ada keselahan sedikit pun. Anda juga bisa meminta orang lain untuk mengecek konten Anda tersebut dan kemudian meminta mereka memberikan saran.

5. Manfaatkan Link Ekternal dan Internal

Link eksternal dan internal menjadi salah satu faktor penting dalam membuat konten berkualitas. Fungsi link adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut atau informasi lain yang berkaitan dengan topik yang sedang dibaca. Lalu apa bedanya link internal dan eksternal?

Link internal merupakan link atau sumber yang berasal dari salah satu artikel atau konten di website Anda. Sementara link eksternal merupakan link yang berasal dari website lain. Kedua jenis link tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Untuk link eksternal berkaitan dengan website lain yang dipakai sebagai landasan isi konten Anda.

Sementara itu, fungsi link internal yaitu memungkinkan pembaca menelusuri konten-konten lainnya di website Anda. Hal ini juga bermanfaat untuk membuat para pengunjung website semakin lama berada di website Anda. Penggunaan link internal juga dapat membantu Google dalam memahami topik serta fokus dari website atau blog yang Anda buat.

6. Perhatikan Setiap Elemen

Membuat konten yang berkualitas dan SEO friendly bukan hanya berpatokan pada kalimat maupun paragraf. Penulisan konten yang berkualitas juga perlu memperhatikan hal-hal teknis seperti URL, heading, judul, dan lain-lain. Jika Anda ingin konten Anda tersebut berada di posisi atas, maka pastikan Anda memperhatikan komponen-komponen tersebut.

Berkaitan dengan URL, tulislah URL dengan singkat. Misalnya https://cara-membuat-konten-berkualitas-seo-friendly, bisa Anda ganti menjadi https://membuat-konten-berkualitas. Setelah itu, baru Anda bisa mulai membuat judul-judul menarik namun tetap menggambarkan konten yang Anda buat.

Jangan lupa bahwa judul harus memiliki focus keyword. Akan lebih baik jika focus keyword tersebut berada di awal judul. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa focus keydword berada di salah satu heading. Namun tetap masukkan sewajarnya dan jangan berlebihan.

7. Optimasi Gambar

Ternyata optimasi gambar juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam membuat konten berkualitas. Bukan hanya sekadar memasukkan gambar melainkan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

  • Pastikan bahwa gambar yang Anda upload sesuai dengan focus keyword yang Anda buat
  • Alt text harus Anda isi dengan focus keyword. Tujuannya agar search engine mampu mendeteksi gambar dan juga teks yang terdapat di dalamnya. Jika gambar mengalami masalah, maka alt teks tersebut yang akan muncul
  • Gambar yang Anda upload usahakan ukurannya sudah Anda perkecil. Tujuannya agar konten atau artikel tersebut loadingnya bisa lebih cepat. Ini juga menjadi salah satu cara mempercepat loading website.

8. Upload Konten Secara Konsisten

Anda juga harus mengupload konten secara konsiten. Tujuannya tidak lain adalah untuk selalu memberikan manfaat kepada para pembaca. Mereka akan selalu mendapatkan informasi terbaru, teraktual, dan sesuai fakta dari website atau blog Anda.

Melalui cara ini juga, website Anda akan semakin banyak yang mengunjungi. Bahkan tidak menutup kemungkinan website Anda tersebut akan dijadikan sebagai referensi karena konten yang berkualitas dan konsisten. Menggungah konten secara konsisten juga akan memberikan sinyal yang bagus untuk Google dalam memberikan nilai pada website Anda.

9. Pastikan Panjang Konten Sudah Optimal

Cara membuat konten berkualitas dan SEO friendly yang juga harus Anda perhatikan adalah terkait panjang konten. Untuk artikel, jumlah 300 kata tentu sebuah angka yang kurang optimal. Lalu berapa jumlah kata yang maksimal? Para ahli tentu berbeda pendapat. Akan tetapi, berdasarkan Orbit Media Study, jumlah kata dalam sebuah artikel yang bagus sekitar 1.142 kata.

Sementara itu, CoSchedule berpendapat bahwa setidaknya sebuah artikel harus memiliki sekitar 2.500 kata agar artikel tersebut berada di halaman pertama pencarian Google. Jadi, tinggal Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dan mungkin untuk bisa membuat konten dengan jumlah kata minimal 1200 sampai 1500 atau bisa lebih.

10. Buat Heading Berkualitas

membuat konten berkualitas

Membuat konten yang berkualitas juga harus membuat heading yang berkualitas. Fungsi heading adalah membantu pembaca menemukan garis besar dari topik atau poin yang Anda bahas. Kemudahan tersebut akan meningkatkan kepuasan pengunjung website Anda.

Heading juga membantu Google dalam menemukan pokok bahasan sehingga bermanfaat untuk menaikkan rangking atau peringkat website Anda tersebut. Jangan lupa untuk memanfaatkan subheading. Subheading adalah bagian yang berfungsi sebagai turunan dari heading.

11. Buat Struktur Konten yang Benar

Sebelum Anda membuat konten atau dalam hal ini menulis artikel, maka Anda harus memastikan bahwa struktur konten yang Anda buat sudah benar. Secara umum, artikel yang baik dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup. Anda harus membuat konten yang memuat tiga komponen penting tersebut.

Selain itu, pembagian struktur yang jelas juga dapat memudahkan pembaca ketika mereka membaca konten atau isi artikel Anda. Mereka bisa mengetahui dengan jelas mana bagian prolog (pembukaan), isi, dan epilog (penutup atau kesimpilan) yang ada di dalam artikel tersebut.

12. Gunakan Paragraf Singkat

Salah satu cara untuk membuat konten berkualitas adalah dengan menggunakan paragraf singkat. Pastikan Anda mengalirkan jumlah kata pada konten menjadi beberapa paragraf singkat. Jangan sampai setiap paragraf memiliki jumlah kata yang terlalu banyak.

Tentu di awal penerapannya mungkin Anda akan cukup kesulitan. Hal ini karena cara memnbuat atau menulis artikel online berbeda dengan menulis artikel cetak. Namun lama kelamaan Anda akan terbiasa membuat paragraf singkat sehingga semakin banyak orang yang membaca isi artikel Anda tersebut.

Scroll to Top