Cara Membuat PBN Untuk Link Building Tingkat Lanjut

Cara Membuat PBN

Dalam panduan ini kita akan masuk jauh ke dalam dunia private blog networks. Dalam dunia SEO, ini disingkat menjadi PBN.

Sebelum berbicara tentang cara membuat PBN, kita akan mengulas tentang defenisi; apa itu PBN. Dan kenapa ini menarik untuk dibahas?

Dalam banyak tulisan saya sering mengatakan bahwa; SEO adalah seni. Dan seni, tidak ada artinya jika tidak kreatif. 

Meskipun Google tidak suka orang yang menggunakan Private Blog Networks untuk membangun tautan ke situs Bisnis, PBN sebenarnya masih berfungsi. Itu ketika Anda tidak tertangkap!

Selain cara membuat PBN dalam panduan ini, Anda juga mendapat pengetahun dalam menemukan ribuan domain bekas, menemukan Power*Trust dengan sederhana, dan menguji nilainya untuk kebutuhan PBN.

Mulai dari dasar-dasar terpenting, kami akan memandu Anda. Mulai dari cara menyiapkan, mengelola, dan menggunakan PBN untuk strategi link building yang aman.

Kami cukup berpengalaman dalam menyediakan jasa backlink PBN. Dan terbukti mampu memberi peringkat pada beberapa situs dengan kata kunci target yang terbilang kompetitif. Dan, kami akan berbagi pada Anda sekarang juga;

Mari kita mulai…

Apa itu PBN?

Private Blog Networks (PBN) adalah jaringan website otoritatif! Ingat, point nya; situs yang memiliki otoritas tinggi. Dan ini digunakan untuk membangun tautan ke situs bisnis Anda.

Jelas! Tujuannya untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google.

Website bisnis atau biasa disebut money site adalah situs web yang ingin Anda rangking yaitu  situs yang benar-benar menghasilkan uang. Ini juga dapat merujuk ke website klien.

Dalam struktur paling dasar, hasil akhir muncul seperti ini:

PBNS adalah singkatan dari ‘Situs PBN’, mengacu pada website yang merupakan bagian dari private blog networks (jaringan blog pribadi) Anda. Artinya, ada beberapa PBN (dalam jumlah banyak).

Beberapa berpendapat bahwa, masing-masing situs PBN individu tidak terhubung satu sama lain dengan cara apa pun.  

Ide jaringan blog pribadi adalah bahwa situs web tampak tidak terkait satu sama lain. Ini agar tautan terlihat alami. Sebagai lawan dari seseorang yang menautkan ke situs web mereka sendiri dari situs web mereka yang lain.

Tetapi jika Anda memahami konsep relevansi tautan berdasarkan paten Google’s Reasonable Surfer Model; Anda dapat berpegang pada aturan resmi Google tersebut.

Apakah PBN bertentangan dengan pedoman Google?

Benar sekali anak muda!

Satu-satunya cara mendapat tautan menurut standar Google, itu terjadi secara alami. Dan Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Anda harus menunggu keajaiban dari orang yang murah hati, untuk memberi Anda tautan.

Konsepnya, Anda; hanya perlu membuat konten yang berkualitas tinggi. Dan orang secara organik menemukan halaman Anda. Lalu menjadikannya sebagai refrensi dalam bentuk tautan.

Masalahnya, bagaimana orang dapat menemukan halaman Anda secara organik. Jika Anda tidak peringkat di Google. Dan untuk peringkat, Anda membutuhkan tautan itu sendiri. Agar dianggap otoritatif.

Apalagi untuk niche persaingan tinggi dan berbau bisnis. Pasti ada banyak orang yang mau peringkat. Dan faktanya, siapa pun dapat membuat konten berkualitas. Orang-orang dapat membayar konten kreator profesional untuk kebutuhan tersebut.

Perjuangan Anda, akan berputar-putar pada; situs harus mendapat backink yang cukup untuk peringkat. Untuk mendapat backlink secara alami, halaman web Anda harus peringkat agar ditemukan orang. Sehingga berpotensi mendapat backlink alami.

Satu-satunya cara terbaik, dalam satu waktu, Google akan memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana menentukan peringkat! Itu adalah ketika mereka menyarankan Anda untuk menggunakan AdWords

Tetapi untuk peringkat dalam hasil organik, ini bukan kabar yang bagus bukan?

Dan saya atau siapa pun, jelas akan melakukan hal yang sama. Jika berada di posisi Google. 

Mengapa harus memberi tahu Anda cara menentukan peringkat website secara gratis, ketika Anda menghasilkan lebih dari $40 miliar per tahun dari pendapatan iklan.

Apakah PBN bekerja dalam SEO?

Dalam panduan ini, saya ingin berbagi tentang cara membuat PBN yang bekerja efektif untuk SEO. ‘

Tapi, mari kita lihat berita utama ini dari September, 2014:

Bahaya-PBN

Apa yang kita perlu tangkap dari makna headline yang mengerikan ini? Jika PBN tidak berhasil untuk SEO, saya yakin Google tidak akan mencoba menargetkan mereka. Apalagi menakut-nakuti orang agar menjauh dari strategi yang masuk dalam blackhat SEO tersebut.

Dan secara pribadi, saya mengatakan; Ya, ini tidak lebih dari cara menakut-nakuti! Orang masih membangun jaringan blog pribadi dan mendapat peringkat seperti biasanya.

Mengapa itu berhasil?

Backlink adalah faktor peringkat utama dan paling penting yang digunakan mesin pencari. Khususnya Google.

Dalam ribuan update algoritma Google, sebagian besar mereka senantiasa memperbaiki cara untuk menilai tautan. Yang tentu untuk menentukan peringkat di halaman hasil pencarian.

Ternyata backlink, meskipun ada beberapa ‘noise’ dan tentu saja masih banyak spam, sebagian besar masih merupakan faktor yang sangat penting dalam hal kualitas hasil pencarian.

Itu adalah kutipan dari Matt Cutts, ketika ditanya tentang mengecualikan relevansi backlink dari algoritma.

Apa yang membuat strategi PBN efektif adalah, situs web yang didukung tautan dari PBN tetap dianggap oleh Google sebagai otoritatif. 

Anda tidak menerima tautan dari beberapa situs web baru, atau situs spam yang tidak dapat dipercaya. Anda menerima tautan dari situs web bagus yang disukai algoritma Google. Dan itu adalah PBN yang dikelola secara profesional.

Untuk memahami cara kerjanya, berikut adalah contoh kiasan …

Cara Membuat PBN

Sebuah inisiatif diluncurkan pada tahun 2006 untuk memberi layanan dan informasi terkait periklanan dan digital marketing. Mereka memiliki pengaturan website di bawah tribbleagency.com.

Inisiatif ini mendapat banyak publisitas, mereka ditampilkan di situs-situs situs berita besar dan lokal.

Mereka mengumpulkan cukup publisitas dan uang untuk menindaklanjuti rencana mereka. Dan mereka melakukannya, semuanya dalam waktu 14 tahun.

Tepat di tahun 2019 mereka tutup.

Sekarang website mereka tidak lagi diperlukan, dan artinya tidak ada gunanya lagi untuk memperbarui hosting dan domain. Jadi mereka membiarkannya kedaluwarsa.

Ini adalah domain yang memiliki ratusan tautan dari website otoritatif. Termasuk dari situs berita besar sekelas washingtonpost.com, techcrunch.com, hingga Wikipedia. 

Dan karena memiliki link dari situs-situs yang sangat terpercaya tersebut, Google pun menganggap website ini dapat dipercaya.

Masuk ke tahun 2020, SEO menemukan domain ini, dapat mencari metrik untuk melihat seberapa tepercaya dan otoritatifnya domain tersebut, lalu membelinya dari tempat registar domain untuk digunakan untuk PBN.

Itulah intinya! Bagaimana ide domain bekas dibangun menjadi PBN berkualitas.

Perlu diketahui, sekitar 30.000 – 50.000 domain kedaluwarsa setiap hari. Banyak di antaranya memiliki ‘METRIK’ dan histori hebat untuk sebuah PBN.

Apa Metrik Domain?

Ada banyak panduan tentang cara membuat PBN diluaran sana. Seperti memperkenalkan metrik yang digunakan dalam berbagai versi. Diantaranya; DA/PA (Moz), TF/CF (Majestic), hingga DR/UR (Ahrefs). Ini bisa menjadi barometer dalam menilai kualitas.

Tapi, terus terang, itu bukan cara terbaik untuk menganalisis domain.

Metrik tersebut, hanya mewakili kekuatan domain yang terlihat. Namun dibalik itu, ada hal-hal nyata yang perlu dipahami. Diantaranya adalah:

  • Referring Domains – Metrik yang menunjukkan jumlah situs web yang tertaut ke domain yang Anda cari. Apa pun di atas 30 sudah cukup baik di sini.
  • Backlink – Ini adalah jumlah tautan yang dimiliki situs web. Jika satu situs web menautkan ke domain 3 kali, maka itu dihitung menjadi 3 backlink. Tetapi hanya 1 Referring Domains. Pastikan Anda memeriksa ini sebelum membeli domain.
  • Spam Score – Dengan asumsi ada banyak Referring Domains dan itu seharusnya adalah jenis yang layak. Tapi, perlu juga diketahui, domain terkait harus tidak terindikasi melakukan tindakan SPAM.

Nanti, saya ingin Anda membaca: Cara Cek Domain Expired

Faktor kualifikasi metrik domain PBN

Mari kita mulai dengan melihat metrik kualifikasi sederhana:

Pertama, jangan membeli domain yang Referring Domains-nya kurang dari 30.

Anda dapat menggunakan tools backlink checker menggunakan Ahrefs. Alat ini dapat digunakan untuk memeriksa jumlah Referring Domains dan menganalisis backlink.

Menurut saya, Ahrefs memiliki indeks terbesar dari semua backlink checker lain – termasuk Moz, SEMRush, dan Majestic.

Tautan secara alami akan terputus seiring waktu. Jadi, Anda perlu menghindari hal itu menjadi merugikan. Itulah alasan mengapa kurang dari 30 dianggap kurang bagus dan memiliki resiko tinggi.

Tapi itu bukan aturan baku. Anda boleh melanggar aturan jika ada pengecualian yang bagus. Seperti, mungkin domain ini memiliki 28 tautan dari situs yang sangat luar biasa.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan akal sehat. Dan inilah yang perlu Anda analisis secara mendalam;

1. Seberapa sulitkah tautan untuk ditiru?

Apakah mereka ada di situs populer? Dalam konten? Atau apakah itu hanya tautan direktori? Untuk menjadi profesional, Anda perlu memahami jenis backlink yang ideal untuk SEO.  

Secara logika, semakin sulit untuk direplikasi, semakin baik kualitas tautan tersebut.

Anda dapat memeriksa ini di melalui Ahrefs.

Metrik Domain PBN

Ini akan diberi peringkat dari terbaik hingga terburuk (menggunakan Skor Peringkat URL Ahrefs), klik setiap halaman rujukan. Lalu periksa, apakah tautannya berkualitas tinggi.

Mungkin awalnya sulit untuk menilai jenis backlink bagus dan tidak bagus itu. Namun, seiring pengalaman itu akan menjadi mudah.

Sekali lagi, semakin mudah untuk direplikasi, semakin buruk tautannya. Sebagai contoh:

  • komentar blog
  • Direktori
  • Posting forum
  • Free website builders / web 2.0 gratis

Karena, semua jenis tautan di atas dapat dengan mudah direplikasi. Ini jelas memiliki sedikit daya. Siapa pun dapat meniru dengan mudah. Termasuk kompetitor Anda.

Jadi Anda tidak mungkin jadi pemenang, jika kondisinya begitu!

Anggap domain tersebut memiliki 30+ domain perujuk dan jumlah yang layak adalah tautan berkualitas (sulit untuk direplikasi), maka itu layak untuk di perjuangkan.

2. Apakah anchor teks terlihat alami?

Anchor text adalah teks yang digunakan saat menautkan ke halaman atau situs web.

Jika ada barang palsu, viagra, atau anchor bertema dewasa, kemungkinan besar itu digunakan untuk spam.

Beralih ke halaman Jangkar di Ahrefs untuk melihat rincian lengkapnya:

Anchor Teks Backlink

Anda dapat melihat dalam contoh di atas bahwa, anchor teks terlihat bervariasi. Dimana beberapa tautan yang relevan secara topikal ke Niche utama situs. Jadi semuanya terlihat alami.

3. Apakah pernah digunakan untuk situs spam?

Periksa di WayBackMachine dan lihat apakah itu pernah digunakan untuk spam atau PBN, jika pernah, lewati saja.

Tribble Agency

Tiga langkah sederhana ini akan menyelamatkan Anda! Khususnya, dari membeli situs sampah. Yang lemah dan/atau berisi spam.

Memahami jenis berkualitas memang perlu intuisi yang didapat dari pengalaman. Dan semakin sering Anda melakukannya, semakin baik Anda mengenalinya dengan cepat.

Cara Membuat PBN

PBN yang baik adalah situs otoritatif. Juga memiliki sejarah yang bagus di internet. Karena inilah yang akan menentukan, apakah mampu mengalirkan juice link ke situs bisnis. Atau malah racun yang dapat menurunkan peringkat Anda.

Karena kuncinya adalah domain yang digunakan, maka cara memilih dan mencari expired domain adalah penting dalam hal ini.

Di mana Menemukan Domain

Mengetahui apa yang harus dicari pada domain adalah bagian dari permainan awal. Selanjutnya, Anda perlu tahu di mana menemukan domain itu sendiri.

Sebelum kita membahas itu, Anda perlu memahami jenis domain  yang akan dicari.

Domain Expired VS Expiring

Expired Domain – Domain yang sepenuhnya telah dihapus  dan tersedia untuk didaftarkan di registrar mana pun. Biaya pendaftaran domainnya, sesuai dengan standar domain baru. Ini cenderung lebih lemah dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bekerja efektif.

Expiring Domain – Domain yang mencapai tanggal kedaluwarsa, tetapi ditahan oleh registrar untuk dilelang/dijual. Domain ini akan tetap dihitung sesuai dengan usia pertama kali didaftarkan. Yaitu jika pemilik sebelumnya mendaftarkannya 5 tahun yang lalu, domain tersebut tetap terhidung selama 5 tahun tersebut.

Untuk rekomendasi yang bagus, membeli expiring domain saja. Kecuali Anda memiliki strategi untuk dengan mudah menemukan domain bekas dan membelinya dengan murah.

Pada beberapa kasus, saya sering mendapat domain bekas yang murah namun cukup bagus. Dimana beberapa posting langsung mendapat peringkat di Google.

Menurut kepercayaan umum, domain kadaluarsa memiliki kelemahan sebagai berikut:

  1. Mereka cenderung lebih lemah (yaitu ada alasan kedaluwarsa dan tidak ada orang lain yang mencoba membelinya)
  2. Mereka membutuhkan usia – berdasarkan pengalaman untuk mendapatkan kekuatan dari domain ini, Anda harus menyiapkan situs dan menunggu setidaknya dua bulan lebih. Sebelum menambahkan tautan untuk mendapatkan kekuatan penuh dari mereka.

Untuk alasan ini, saya sarankan untuk membeli domain secara eksklusif dari lelang atau broker aged domain yang Anda percaya.

Opsi 1 – Menemukan Broker

Berikut adalah beberapa broker yang dapat Anda beli dari satu per satu atau dalam jumlah besar.

Harap dicatat bahwa saya belum pernah menggunakan semua broker ini, tetapi setidaknya saya telah mendengar hal-hal baik dari orang lain, mereka bisa menjadi rekomendasi.

Opsi 2 – Menggunakan Situs Lelang

Sebelum teknik scraping menjadi populer, kebanyakan orang membeli domain dari proses lelang. Ini adalah domain yang kedaluwarsa , mereka mempertahankan usianya karena pendaftar menjualnya setelah pemilik lama, tidak memperpanjang registar domain.

Anda biasanya dapat menemukan domain yang lebih kuat di lelang daripada menggunakan metode scraping. Karena domain yang Dropped (kedaluwarsa) diambil dengan cepat oleh pesaing Anda – jika belum dibeli dalam tahap lelang. 

Kelemahan dari lelang adalah Anda membayar ekstra untuk mendapatkan pilihan pertama. Dan biasanya, harganya bisa melambung tinggi, jika banyak penawar yang tertarik.

Beberapa situs lelang yang bisa Anda lihat adalah:

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Domain

Privat adalah kata pertama dalam PBN.

Masalahnya, Anda tidak dapat bersembunyi dari Google. Anda memerlukannya di situs web Anda, untuk melihat tautan dan meneruskan kekuatannya. 

Tetapi Anda perlu memastikan tidak ada hubungan antara situs web ini. Mereka perlu terlihat dimiliki secara mandiri.

Saat membeli domain, ini berarti mencampurkan pendaftar domain dan tanggal pendaftaran Anda. Jangan selalu membeli dari yang sama. Dan tidak memiliki nama dan informasi Anda di whois untuk setiap domain.

Berikut adalah beberapa pendaftar domain untuk dicoba:

Memilih Hosting Untuk Domain

Sekarang setelah Anda memiliki domain, Anda perlu menyiapkan hosting terbaik untuk PBN. Ini penting agar website Anda dapat ditayangkan.

Untuk menghindari Google (atau siapa pun) mengetahui bahwa Anda pemilik semua PBN itu, Anda harus menempatkan masing-masing situs tersebut di akun hosting yang berbeda.

Jika mereka semua di-host di server yang sama persis, akan jelas bahwa mereka semua terkait satu sama lain.

Kebutuhan untuk memisahkan penyedia hosting ini memicu popularitas layanan hosting SEO.

Masalah dengan “host SEO”, kebanyakan dari mereka memiliki jejak kaki yang menunjukkan bahwa, mereka berada pada host yang sama. 

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah  bersembunyi jejak itu.

Anda sebaiknya, menggunakan host populer yang  akan digunakan oleh website nyata .

Berikut beberapa contohnya:

Sebagian besar dari daftar ini cukup mahal. Jika dibandingkan dengan host SEO atau shared hosting yang murah.

Tetapi, itu sepadan dengan pengurangan risiko kehilangan PBN Anda.

Mungkin ada beberapa opsi hosting murah. Asal Anda rajin searching di Google, Anda pasti menemukannya.

Ada biaya yang terkait dengan pengaturan ini semua. Itu bisa cukup menyeramkan bagi pemula. Tetapi, ROI keseluruhan dari peringkat teratas juga menjanjikan sesuatu yang patut diperhitungkan.

Dalam panduan ini, kita juga akan membahas strategi lanjutan bernama clustering

Clustering memungkinkan Anda untuk meng-host beberapa situs PBN di akun hosting yang sama tanpa risiko – syaratnya, jika paket hosting memungkinkan untuk itu. 

Jadi pastikan paket yang Anda beli memungkinkan untuk beberapa domain dan database MySQL.

Tapi, jika Anda pemula, sebaiknya menggunakan host 1 situs web per host. Dan, pastikan menggunakan host berkualitas tinggi.

Menyiapkan Website

Jika Anda telah memiliki domain dan hosting, saatnya kita menyiapkan website.

Tidak perlu menjadi jagoan HTML. Anda cukup menggunakan WordPress. Sekaligus tema gratis dari WordPress juga.

Sebagian besar host web menawarkan fitur yang cukup memudahkan Anda. Seperti, menawarkan penginstal otomatis Softaculous  di Control Panel.

Sebenarnya, membangun PBN sama peris dengan cara membuat blog di Worpdress.

Jadi, jika Anda sudah familier. Itu bukan masalah yang sulit.

Berikut contoh cepat cara kerjanya…

Masuk ke cPanel (biasanya, pihak host memberi Anda detail login untuk ini) dan temukan penginstal otomatis Softaculous. Biasanya terlihat seperti ini:

softaculous wp

Kemudian tekan instal biru:

install-wp

Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih protokol, yang akan menjadi; ‘http://www.’ atau non www. Dalam 90% kasus, dan juga mengatur bidang ‘Dalam Direktori’ menjadi kosong.

Dalam opsi menentukan apa yang harus di ‘Pilih Protokol’, lihat sekilas di Majestic.com. 

Masukkan domain root, lalu domain dengan ‘www.’, untuk melihat mana yang memiliki TF dan CF tertinggi. Contoh cepat…

Contoh WWW

Alasan ada perbedaan adalah, sebagian besar website diatur dengan salah satu atau yang lain, yang akan menerima sebagian besar tautan – oleh karena itu memiliki metrik yang lebih tinggi.

Kembali ke pengaturan… Pilih protokol dan pastikan bidang ‘Di Direktori’ kosong:

wp setup

Selanjutnya isi informasi situs, saya yakin ini tidak perlu diajarkan lagi:

Cara Membuat PBN

Itu saja, lalu Anda cukup gulir ke bawah dan klik tombol ‘Install’.

Membangun website dengan WordPress memang sangat mudah.

Selanjutnya, Anda perlu tahu tentang apa itu yang disebut Tema  (Niche).

Banyak orang bertanya, apakah perlu kita menggunakan jenis tema website seperti yang lama atau yang baru. Ini adalah tentang keputusan menggunakan domain yang sebelumnya tentang satu topik, kemudian mengubahnya menjadi tentang yang lain.

Re-theming situs adalah hal yang sangat normal untuk dilakukan, dan tampaknya tidak terpengaruh, selama ini.

Domain didaftarkan ulang setiap saat, dan banyak merek memiliki nama acak… mungkin tribbleagency.com dulunya adalah blog tentang periklanan.

Jadi mari kita bahas beberapa cara menentukan tema situs PBN…

Opsi 1. Blog bertema ulang

Inilah yang kebanyakan orang lakukan.

Ini adalah tempat Anda mendaftarkan domain yang dulunya tentang satu topik, lalu mengubahnya menjadi topik yang lebih relevan dengan situs uang Anda.

Jika Anda bersedia melakukan sedikit pekerjaan ekstra, Anda dapat meningkatkannya.

Ambil contoh, Anda mendaftarkan domain ‘thecatowner.com’. Dulu tentang kucing, tetapi Anda membutuhkan blog yang relevan untuk traveling.

Mudah. Untuk relevansi maksimum untuk domain dan situs bisnis/klien, Anda dapat membuat blog tentang bepergian dengan kucing.

Anda juga dapat menjaga agar tautan tetap relevan. Jika Anda menautkan ke klien hotel, tulis artikel tentang menemukan hotel yang ramah kucing. Kira-kira begitu.

Mari kita bahas beberapa contoh lagi…

  • LaFerrari.com – Dulu berita tentang Ferrari, Anda membutuhkannya untuk situs internet marketing. Buatlah blog tentang pemasaran internet yang berhasil dan mampu membeli Ferrari
  • WooDesign.com – Dulunya adalah web design agency, Anda membutuhkannya di perkebunan. Jadikan itu blog seorang fanatik desain yang berkebun.
  • TheDarkSide.com – dulunya adalah situs penggemar Star Wars, Anda membutuhkannya untuk kesehatan dan kebugaran. Buatlah blog tentang sisi gelap industri kesehatan dan kebugaran.
  • LaptopBagsNow.com – Dulunya adalah situs jual tas laptop, Anda membutuhkannya untuk gaya dan fashion. Jadikan blog tentang gaya dan fashion yang dulunya hanya situs review gaya tas laptop, jelaskan di halaman about. Anda bahkan bisa “menempel” postingan di ‘Gaya Tas Laptop untuk Wanita’ dan ‘Gaya Tas Laptop untuk Pria’ lainnya.
  • SocksAndUnderwear.com – dulunya jual kaos kaki dan celana dalam, kamu butuh untuk hiburan. Buatlah blog tentang tetap terhibur dengan kaus kaki dan celana dalam.

Pintar-pintar lah untuk mengubungkan topik lama dengan yang baru.

Ini adalah cara paling umum untuk memberi tema situs. Kelemahannya adalah Anda menguncinya ke satu ceruk, sehingga menjadi sulit untuk menautkan ke yang lain.

Ada beberapa strategi berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal ini. 

Dalam membangun PBN saya biasanya mengakitkan topik lama dengan berita bisnis. Karena apa pun dapat dikaitkan dengan topik bisnis. Bisnis jual beli kucing, bisnis traveling, bisnis perkebunan, dll.

Opsi 2. Pertahankan ceruk lama

Jika domain yang Anda beli relevan dengan situs uang Anda, maka itu sangat sempurna. Pertahankan niche yang sama. 

Tetapi meskipun tidak, Anda masih dapat mengikuti opsi ini (relevansi konten lebih penting daripada relevansi situs secara keseluruhan).

Mulailah dengan mencari tahu niche domain.

Anda sering dapat menebak niche lama berdasarkan domain. Tetapi ada dua cara lain untuk menemukannya dengan sangat mudah.

Yang pertama adalah Wayback Machine , situs web/alat yang menyimpan salinan situs web biasa, memungkinkan Anda untuk “melompat mundur ke masa lalu” untuk melihat seperti apa tampilan situs web dulu.

Wayback Machine

Anda kemudian dapat melihat kembali ke masa lalu dan memilih tanggal yang muncul, untuk contoh ini, saya baru saja memilih 2 Juli 2008.

Wayback Machine Tribble
Wayback 2

Sehingga, saya akan dibawa ke tampilan website pada tanggal tersebut.

Terkadang ada masalah saat memuatnya sepenuhnya, mungkin beberapa gambar hilang, atau gayanya kacau, tetapi ini menunjukkan kepada Anda tentang apa situs web itu dulu.

Dari gambaran tersebut, Anda dapat menduga tentang apa situs tersebut di masa lalu.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan Majestic atau Ahrefs dan melihat situs web yang menautkannya. 

Majestic juga memiliki fitur Topical Trust Flow  yang sangat berguna:

Topical Trust Flow

Melalui fitur ini, Anda dapat mengetahui topik atau niche situs web, berdasarkan website yang menautkannya. 

Dalam contoh ini, kita dapat melihatnya cukup akurat untuk goodreads.com, dengan 2 topik teratas adalah perpustakaan dan sastra.

Terkadang ini tidak begitu akurat, dan Anda dapat melihat tautan teratas di dekat bagian bawah halaman:

tautan teratas

Anda dapat melihat bahwa itu memiliki tautan dari Amazon, yang relevan, dan bahkan menunjukkan teks jangkar yang digunakan untuk menautkan ke situs web “resensi & rekomendasi buku goodreads”. Sangat mudah untuk melihat tentang apa situs web ini.

Sebagian besar waktu akan sangat mudah untuk diketahui, jika tautan teratas berasal dari blog traveling, kemungkinan besar itu adalah situs yang relevan dengan wisata atau sejenisnya.

Opsi 4. Situs Bisnis Lokal

Opsi ke-4 benar-benar berbeda dengan PBN tradisional, tetapi mengapa ia bekerja dengan sangat baik. 

Ini adalah cara mudah untuk hilang dari pantauan radar; dari apa yang kebanyakan orang anggap sebagai situs PBN.

Apa yang Anda lakukan adalah mengaturnya website agar terlihat seperti bisnis lokal yang nyata.

Sebagai contoh:

  • Memiliki logo bisnis
  • Tambahkan daftar produk/layanan, sebaiknya dengan gambar
  • Miliki halaman kontak untuk orang-orang menghubungi Anda
  • Memiliki alamat lokal dan nomor telepon untuk dihubungi orang (make it up)

Lakukan semua yang akan dilakukan oleh bisnis lokal yang nyata.

Kemudian Anda dapat “menyelinap” dan membuat tautan nanti dari beranda Anda. 

Relatif mudah dilakukan jika Anda memiliki 500-2.000 kata di beranda.

Kelemahan dari pendekatan ini, niche situs PBN harus cukup relevan dengan situs bisnis Anda. Karena, Anda tidak akan dapat membuat posting 500+ kata baru yang didedikasikan untuk topik tersebut.

Lanjut!!.. Apa pun itu, saya anggap Anda telah memutuskan tema situs, dan menginstal WordPress.

Inilah yang perlu Anda lakukan kemudian…

Template WordPress

Ada BANYAK template gratis yang tersedia untuk WordPress. Lebih dari cukup untuk kebutuhan ratusan PBN Anda.

Satu-satunya hal penting untuk ini adalah mereka menampilkan posting lengkap di beranda, bukan kutipan. 

Dengan pengecualian, jika Anda memilih jenis situs bisnis lokal. Karena biasanya, tidak akan menampilkan posting blog di beranda.

Contoh:

Jelek
Halaman standar dengan kutipan di halaman homepage
full post
Halaman dengan posting penuh di homepage

Kita membutuhkan posting panjang penuh untuk ditampilkan di beranda, jadi tautan money site, juga ditampilkan di beranda. Ini asumsinya, merupakan halaman paling kuat di website.

Pastikan Anda terus-menerus menggunakan tema yang berbeda untuk setiap situs web. 

Menggunakan yang sama adalah jejak jelas lainnya. Asumsinya bahwa situs web tersebut mungkin dimiliki oleh orang yang sama.

Plugin WordPress

Disarankan agar Anda memasang beberapa plugin berbeda di situs web Anda hanya untuk membuatnya tampak alami. Sekali lagi, pastikan ini tidak sama persis setiap saat.

Bagian dari mempertahankan linkjuice di situs web, adalah dengan menangkap setiap linkjuice yang dikirim ke halaman lama dari situs web sebelumnya.

Jadi, jika domain yang Anda beli dulunya memiliki halaman seperti “example.com/cat-food.html”, dan halaman tersebut memiliki tautan yang mengarah ke sana, Anda dapat membangunnya kembali untuk menangkap kekuatan tautan tersebut.

Cara paling aman untuk melakukannya adalah dengan mengganti atau mengarahkan ulang halaman dari situs web lama secara manual.

Untuk beberapa topik yang bagus, saya sering kali memposting ulang halaman lama dengan cara mengambilnya kembali dari archive.org

Berikut caranya:

Gunakan backlink checker. Anda dapat menggunakan Ahref. Untuk melihat halaman yang paling banyak mendapat tautan berkualitas.

Halaman backlink

Saya melihat halaman https://www.tribbleagency.com/?p=6433

Lalu, saya menggunakan Wayback Machine untuk melihat isi halaman tersebut.

Wayback 3

Pada gambar, saya mengakses halaman waktu pertama halaman tersebut di posting. Pada tahun 2010, 1 Januari.

Hasilnya, Anda bisa melihat tangkapan layar dibawah ini.

Wayback 4

Pada titik ini, saya dapat membuat ulang halaman. Dan menggunakan URL baru. https://tribbleagency.com/en/youtube-and-mcdonalds/

Selanjutnya, saya menggunakan menggunakan plugin Simple 301 Redirects untuk mengarahkan ulang halaman lama https://www.tribbleagency.com/?p=6433 ke halaman baru https://tribbleagency.com/en/youtube-and-mcdonalds/

Atau Anda dapat membuat posting baru yang relevan dengan halaman lama. Atau Anda dapat redirect ke halaman tertentu yang lebih relevan.

Pengaturan WordPress

Disarankan agar Anda mematikan pemberitahuan ke situs web yang Anda tautkan, ini hanya akan mengganggu Anda atau klien Anda dengan pemberitahuan tersebut.

Ini dapat Anda lakukan di bagian fungsi; Pengaturan -> Diskusi:

notify blogs

Chapter 5

Content

Membuat Konten Untuk PBN

Ini adalah bagian berat. Dan sebagian besar orang malas untuk melakukannya. Dan itu, adalah kesalahan besar.

Konten awal yang Anda buat akan membuat perbedaan besar pada tampilan website. Ini juga berpengaruh seberapa besar kemungkinannya untuk lulus tinjauan manual di masa mendatang.

Saya pribadi merekomendasikan Anda untuk membuat, minimal 2 hingga 3 halaman dan 2 atau 3 posting. Lebih banyak lebih baik.

Cara membuat konten untuk PBN adalah proses ini disebut PBN Padding. Dimana Anda secara efektif menambahkan konten ke website untuk menyembunyikan fakta, bahwa; itu hanya situs untuk pembuatan backlink.

Langkah pertama untuk membuat konten adalah menentukan persona penulis. 

Siapa dibalik blog ini?

Ini memberi Anda konsistensi dalam gaya penulisan di satu blog. Dan menunjukkan bahwa situs terkait dibuat serius.

Satu blog dapat ditulis oleh seorang backpacker yang berbagi pengalaman dan aktivitas traveling mereka, yang lain oleh asosiasi yang berbagi berita industri bisnis wisata.

Anda mungkin perlu memperkenalkan penulis ini pada beberapa jenis halaman tentang, membagikan foto mereka, dan menceritakan kisah mereka. Tentang mengapa mereka memulai blog ini. 

Pada dasarnya buat apa yang dilakukan orang dalam membuat sebuah situs nyata.

Hati-Hati Dengan Niche YMYL

Halaman YMYL (Your Money or Your Life) itu termasuk:

  • Halaman yang meminta informasi pribadi, seperti nomor identifikasi pribadi, nomor rekening bank, nomor SIM, dll., yang dapat digunakan untuk pencurian identitas.
  • Halaman yang digunakan untuk transaksi moneter, di mana pengguna dapat memberikan informasi rekening kredit atau rekening bank mereka; misalnya halaman apa pun yang memungkinkan Anda membeli sesuatu.
  • Halaman yang menawarkan informasi medis atau kesehatan yang dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda.
  • Halaman yang menawarkan saran tentang keputusan besar dalam hidup, seperti halaman tentang mengasuh anak, membeli rumah, kendaraan, dll.
  • Halaman yang menawarkan saran tentang masalah kehidupan utama yang dapat memengaruhi kebahagiaan dan keuangan Anda di masa depan, seperti halaman yang memberikan nasihat hukum atau keuangan.
  • Jika Anda memiliki blog tentang parenting, atau keuangan misalnya, pastikan Anda TIDAK berpura-pura menjadi ahli. Jika tidak, mereka akan mulai menilai kredibilitas situs web Anda, apakah situs tersebut memiliki alamat asli dan informasi kontak, apakah itu penulis asli, seberapa bereputasi situs tersebut, dll.

Alih-alih berpura-pura Anda ahli dalam niche ini, sebaiknya Anda membuat penulis/persona sebagai blogger pengalaman pribadi, misalnya:

Niana Sutri adalah ibu dua anak yang bekerja di perusahaan digital marketing, tinggal di Jakarta. Dia mencintai anak-anak, dan membuat blog ini untuk berbagi pengalaman pribadinya dalam merawat anak-anak, bertujuan untuk membantu para ibu muda dalam berjuang.

Dalam contoh ini, Niana tidak berpura-pura menjadi orang yang berkualifikasi tinggi, pakar dalam mengasuh anak-anak, atau semacamnya. Dia hanya seorang ibu yang berbagi pengalaman apa yang dia pelajari dari membesarkan anak-anaknya.

Situs YMYL adalah situs serius. Dibawah pengawasan Algoritma Google BERT. Yang akan melalui penilaian sendiri dari Google.

Saya merekomendasikan Anda untuk membaca lebih jauh tentang ini. Anda dapat melihatnya pada salah artikel yang cukup komprehensif di; Apa itu EAT, YMYL, dan Beneficial Purpose? 3 standar SQEG Dalam SEO

Membuat Posting

Jika Anda pernah mendengar tentang metode menulis 300 kata dengan cepat, menyertakan gambar, dan selesai. Itu sudah usang!

Persaingan SEO semakit ketat! Dan Google semakin serius dengan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Apa pun tentang SEO, Anda tetap harus mengedepan faktor pengalaman pengguna. Termasuk dalam hal tautan.

Sekarang ada lima jenis posting blog…

Pastikan, Anda membuatnya untuk audiens! Bukan semata-mata untuk SEO.

  1. Posting Infografis
    Di mana Anda membagikan infografis, menambahkan pengantar, dan menulis kesimpulan atau ringkasan dari apa yang Anda pelajari dari ini
  2. Ulasan Video
    Di mana Anda berbagi video (atau beberapa) dan meringkas / meninjau video
  3. Galeri Gambar
    Tempat Anda berbagi galeri gambar dan menjelaskan gambar the
  4. Artikel standar
    500-700 kata dengan gambar atau video
  5. Postingan perkenalan

Memiliki campuran video, galeri gambar, dan infografis membuatnya jauh lebih menarik secara visual.

Plus itu membuat Anda lebih mudah untuk menulis konten.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah rekap infografis atau menambahkan pemikiran Anda sendiri ke dalamnya.

Jauh lebih mudah daripada meneliti dan menulis artikel baru.

Dalam penulisan artikel, sebaiknya, Anda melakukan riset keyword untuk target longtail keyword. Sehingga, peringkatnya baik dan mendatangkan lalu lintas dan tautan tambahan. 

Tautan yang mendatangkan traffic adalah jenis backlink paling berkualitas dalam SEO.

Membuat Halaman

Ada banyak jenis halaman yang perlu dibuat, yang relevan dengan niche adalah ide yang bagus, tetapi berikut adalah beberapa standar mutlak, diantaranya adalah;

  • About– Tulis tentang situs web, tim, penulis, atau semuanya
  • Contact Us – Jelaskan mengapa orang harus menghubungi mereka dan sertakan formulir kontak
  • Acara / Lokakarya – Untuk tanggal yang ditentukan “dalam 2 minggu” atau “minggu ini”, jelaskan tentang apa acara tersebut
  • Periklanan – Memiliki informasi tentang iklan di situs dan formulir kontak
  • Mengapa kami; Jelaskan latar belakang mengapa blog dibuat
  • FAQ – Menjawab pertanyaan yang sering diajukan tentang topik / situs web
  • Tips – Miliki formulir kontak dengan informasi tentang cara mengirim tip artikel article
  • Sumber Daya – Saran yang berguna, tautan ke situs/video otoritas yang berguna, rekomendasi buku
  • Kebijakan Privasi / Syarat dan Ketentuan

Pastikan untuk mencampuradukkan cara Anda menamai ini di semua PBN Anda. Buat agar berbeda antara satu dan yang lainnya.

Untuk strategi tingkat lanjut, baca juga: Cara Membuat Struktur Situs PBN Agar Lulusan Peninjauan Manual Dari Google

Misalnya:

Bukannya “tentang” bisa jadi.. Tentang kami, Tentang website ini, Tentang [nama situs], Apa ini, Siapa kami, dll.

Cara Mencuri Konten Gratis

Mari kita bermain diluar aturan. Jujur, ini sebenarnya tidak etis. Jadi, gunakan ini atas kebijaksanaan Anda sendiri.

Ingat Mesin Wayback yang beberapa kali kita sebutkan sebelumnya? Ini adalah cara yang bagus untuk memahami tentang apa website itu dulu.

Nah, selain melakukan ini, Anda juga dapat sepenuhnya menyalin konten situs web sebelumnya [dari domain Anda]. 

Anda bahkan dapat me-restore sepenuhnya website lama.  

Alasan mengapa ini berhasil? Karena kontennya tidak lagi digunakan, oleh karena itu tidak diindeks oleh mesin telusur. Ini artinya, Anda dapat melewati tinjauan manual.

Bagaimanapun, setelah Anda memiliki konten, Anda perlu melakukan sentuhan akhir sebelum siap untuk mulai menautkan, bagian ini disebut…

Chapter 6

Site Structuring

Penataan Situs

Bahkan dengan penambahan konten, blog Anda akan terlihat sangat “default”. 

Sekali lagi, Anda harus membuatnya terlihat seperti website nyata. Yang disiapkan seseorang untuk digunakan oleh siapa pun.

Ini dibagi menjadi 3 bagian:

  1. Logo
  2. Bilah Navigasi
  3. Sidebar

Anda dapat membaca cara melakukan semua ini langkah demi langkah, di pos Cara penataan PBN;

Chapter 7

Linking To Money Site

Cara Membuat Backlink ke Money Site

Ini adalah bagian paling penting yang perlu Anda pelajari. Kesalahan, akan mengurangi kualitas tautan itu sendiri.

Money Site adalah website yang ingin Anda rangking. Ini adalah situs yang benar-benar menghasilkan uang. Ini juga dapat merujuk ke website klien.

Setelah situs PBN Anda online dan berjalan sempurna, Anda dapat mulai menautkannya ke money site.

Pertama, pastikan Anda mengujinya. 

Saya punya kabar buruk:

Terkadang domain Anda beracun, artinya, domain tersebut bukan hanya tidak memberikan peningkatan, tetapi juga menyebabkan peringkat Anda turun.

Ini seharusnya tidak sering terjadi, jika Anda membeli domain lelang berkualitas.

Tetapi, bagaimanapun juga, pastikan untuk menguji setiap situs. Sebelum Anda menambahkan tautan ke money site Anda.

Saya merekomendasikan Anda untuk membaca panduan cara melakukannya di Diggity Marketing .

Sekarang mari kita bicara tentang cara membuat backlink dari PBN…

Strategi Dasar

Ada beberapa jenis backlink berdasarkan posisinya:

  • Footer = Tautan dari footer website
  • Sidebar = Tautan dari sidebar website
  • Gambar = Tautan di gambar (idealnya dengan teks alternatif yang dioptimalkan)
  • Kontekstual = Tautan dari dalam konten

PBN memungkinkan Anda membuat tautan semau Anda. Karena situs ini berada pada kontrol Anda sepenuhnya.

Namun, untuk kualitas backlink, sebaiknya, Anda berfokus secara eksklusif pada tautan kontekstual.

Itu artinya, harus mempublikasikan konten baru (yaitu entri blog) di website, setiap kali ingin membuat tautan.

Idealnya, konten ini harus relevan dengan money site. Dan poin bonus untuk memasukkan kata kunci ekor panjang untuk menentukan peringkat konten.

Ini tidak selalu jelas, memiliki situs PBN yang terkait dengan digital marketing berarti Anda dapat dengan mudah menautkan ke situs bisnis online. 

Tetapi bagaimana jika Anda memiliki situs PBN tentang desain web untuk website traveling?

“Pencocokan Niche”.

Cukup cocokkan konten dengan kedua niche tersebut. Misalnya Anda memiliki lima domain yang sebelumnya digunakan sebagai:

  • Situs jurnal GYM
  • Blog desainer web
  • Situs nasihat hukum
  • blog keuangan
  • Situs terkait konstruksi

Dan money site Anda adalah situs web design

Anda dapat membuat artikel yang relevan dengan kedua topik di semua situs di atas, seperti ini:

  • Desain template wordpress untuk situs GYM
  • Segala hal tentang desainer web akan relevan dengan money site
  • Aturan hukum dalam membuat perusahaan layanan web design
  • Bagaimana mengelola keuangan untuk membangun layanan web design
  • Cara menjual jasa konstruksi secara online melalui desain web yang komunikatif

Yang terbaik dari semuanya, strategi ini masih  sangat efektif, seluruh situs Anda tidak perlu relevan selama kontennya relevan.

URL target

Dalam konten baru ini, Anda akan memiliki SATU tautan ke money site Anda.

Satu sudah cukup, setiap ekstra memberikan hasil yang semakin berkurang. Banyak orang percaya tentang ini.

Namun, terserah Anda.

Wikipedia dalam satu konten, memiliki tautan keluar yang banyak. Dan tetap dianggap, tautan berkualitas.

Elemen pertama yang ingin Anda pertimbangkan adalah URL target. Ke mana tautan ini akan menunjuk?

Umumnya, praktik terbaik adalah menautkan ke halaman tertentu yang ingin Anda rangking. 

Itu kelebihan PBN, kita punya kendali atas ini.

Tapi ingat beberapa faktor:

  1. Sebagian besar website memiliki lebih banyak tautan ke beranda mereka daripada halaman lainnya
  2. Sangat tidak wajar jika hanya satu halaman di website Anda yang memiliki banyak tautan

Oleh karena itu, sebaiknya, Anda mencampur tautan. Bisa juga menggunakan jenis tautan lain atau PBN sendiri untuk mengarahkan tautan ke halaman lain di money site Anda.

Anchor Teks

Setelah Anda menentukan halaman mana yang akan ditautkan, Anda harus memilih teks jangkar yang akan digunakan. 

Di sini ada banyak orang yang salah.

Anchor text adalah teks yang akan ditautkan ke URL target Anda. Ini adalah faktor peringkat yang sangat penting.

Sayangnya, kebanyakan orang terlalu mengoptimalkan pada tahap ini. Sehingga, menyebabkan masalah. 

Jadi mari kita bahas cara menghindarinya.

Pertama, Anda perlu memahami 5 jenis teks jangkar:

  • Target Keyword
  • Brand
  • Tema
  • URL
  • Lain-lain

Biarkan saya memberi Anda sebuah contoh jika kami menautkan ke joesplumbing.com yang mencoba memberi peringkat untuk “Desain Click”:

  • Target: Jasa Web Design
  • Merek: Desain Click
  • Topik: Web Desain
  • URL: https://desain.click/
  • Lain-lain: learn more, selengkapnya, kunjungi website di sini, dll..

Setiap website dengan tautan yang cukup untuk relevansi statistik, sebaiknya memiliki campuran alami dari masing-masing jenis teks jangkar ini.

Bagaimana campuran ini dibagi berbeda untuk setiap kata kunci, Anda dapat menganalisis pesaing Anda dan menggunakan penilaian terbaik Anda di sini.

Tetapi filosofi dasar dengan Private Blog Network adalah, Anda harus menggunakan Target Anchors saja. 

Hanya karena itu adalah tautan paling kuat yang bisa Anda dapatkan. Jadi Anda menggunakan jangkar yang paling optimal untuk backlink terbaik Anda.

“Artinya” dengan ini, Anda  perlu membangun jenis tautan lain. Jika tidak, maka Anda perlu mendiversifikasi teks jangkar di PBN Anda.

Tip: Sesuaikan jenis teks jangkar dengan jenis tautan/lokasi, tidak terlalu umum melihat seseorang menggunakan teks jangkar URL dalam sebuah artikel.

Dengan asumsi Anda akan menggunakan jangkar target 100% dari situs PBN (dan melakukan diversifikasi dengan jenis tautan lain), ada tiga aturan yang harus Anda perhatikan:

  1. Jangan pernah mengulangi teks jangkar (ini adalah aturan yang baik secara umum untuk semua pembuatan tautan)
  2. Tulis dengan cara alami. Itu artinya Jasa Web Design di Jakarta (perhatikan huruf besar, praktik bagus lainnya untuk semua pembuatan tautan)
  3. Buat jangkar yang beragam

Biarkan saya memperluas aturan ini…

Aturan nomor satu bermuara pada apa yang disebut alami. Itu biasanya, berapa banyak website yang memiliki 20 tautan, semuanya dengan teks jangkar “Jasa Web Design di Jakarta”? 

Ini sangat tidak wajar.

Aturan nomor dua adalah akal sehat, siapa pun yang peduli dengan artikel mereka tidak akan kehilangan kata “dalam” atau kapitalisasi. Karena lebih cocok dengan kata kunci. 

Dan jangan khawatir, Google cukup pintar untuk melihat relevansi kata kunci.

Akhirnya, aturan nomor tiga adalah; di mana saya melihat, bahkan SEO yang lebih berpengalaman mengacau.

Untuk mengatasinya, mari kita kembangkan definisi kita tentang teks jangkar target.

Teks jangkar target adalah tempat kata kunci atau kata apa pun dari kata kunci disertakan dalam tautan.

Perhatikan dalam deskripsi ini, kami tidak mengatakan teks jangkar adalah kata kunci, hanya menyertakannya ATAU satu kata dari kata kunci.

Ini membuka subkategori jangkar yang sama sekali baru:

  • Target ekor panjang
  • Merek + Target
  • Lain-lain + Target

Mari kita bandingkan kedua pendekatan ini dengan kata kunci “Ulasan Kursi Gaming”.

Dioptimalkan secara tidak wajar:

  • Ulasan Kursi Gaming
  • Ulasan Kursi Gaming Terbaik
  • Ulasan tentang Kursi Gaming
  • Ulasan Kursi Gaming
  • Ulasan Kursi Gaming Teratas

Perhatikan bagaimana setiap teks jangkar sangat mirip dan menyertakan kata kunci lengkap?

Jangkar Target Alami:

  • ulasan kursi gaming
  • Ulasan Bobby tentang kursi gaming terbaik
  • sepuluh kursi gaming terbaik
  • haruskah Anda menggunakan kursi khusus untuk bermain game?
  • review kursi Gyroxus baru

Dalam contoh di atas, kita masih menyertakan kata kunci, tetapi mencampur gaya dan biasanya menyertakannya sebagai bagian dari sebuah kalimat.

Lihat, kita bahkan berhasil memasukkan kata kunci lain dengan menyebutkan brand kursi gaming.

Intinya di sini adalah untuk mempertimbangkan, bagaimana seseorang secara alami akan menautkan ke halaman web Anda.

Jika orang menulis konten yang relevan secara topikal, kemudian lakukan hal yang sama dengan sedikit penyisipan kata kunci.

Rekap Pedoman

  • Buat satu posting blog baru untuk ditautkan ke setiap money site
  • Tidak lebih dari 1 tautan per money site
  • Simpan semua tautan secara permanen di beranda (biasanya membatasi Anda hingga sekitar 8 tautan, jika setiap posting di situs Anda tidak menyertakan tautan)
  • Coba sertakan sekitar 4 tautan ke situs otoritas
Scroll to Top