5 Cara Memperbaiki Headset Bluetooth yang Tidak Bisa Dicas

cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas
Sumber gambar: unsplash.com/@zarakvg

Bagaimana cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas? Yuk langsung cari tahu jawabannya di ulasan ini.

Headset Bluetooth saat ini menjadi salah satu device yang semakin banyak digunakan. Kepraktisan penggunaannya yang memungkinkan pengguna untuk memutar musik atau suara tanpa harus repot mencolokan kabel ke lubang jack adalah fitur utama dan sekaligus unggulan dari device ini.

Namun meskipun canggih, namun headset bluetooth sendiri cukup rentan dengan kerusakan dibandingkan dengan headset biasa, yang menggunakan kabel. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengguna headset bluetooth adalah kondisi dimana headset bluetooth tidak bisa dicas.

Kondisi baterai headset bluetooth yang tidak bisa dicas ini sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari kerusakan baterai, tegangan yang tidak sesuai dan lainnya.

Pada ulasan kali ini, kami akan sedikit berbagi cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas ini kepada anda. Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas di bawah ini.

Penyebab Kenapa Headset Bluetooth Tidak Bisa Dicas?

kenapa headset bluetooth tidak bisa di cas
Sumber gambar: unsplash.com/@sai_abhinivesh

Sebelum membahas mengenai cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas, anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor dibalik kenapa headset bluetooth menjadi tidak bisa dicas.

Dalam hal ini, diketahui terdapat 5 faktor yang bisa menjadi penyebab masalah ini. Adapun kelima faktor yang dimaksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan Baterai Headset Bluetooth

Kerusakan baterai adalah salah satu faktor yang mungkin menyebabkan bluetooth headset tidak dapat dicas. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah muatan yang dapat ditahan atau disimpan oleh baterai akan semakin menurun. 

Umumnya baterai sendiri dapat bertahan selama rentang 2 hingga 4 tahun. Dalam dunia elektronik, banyak orang yang menyebutkan durasi atau masa pakai. Jika headset bluetooth anda telah berusia 2 tahun lebih, terdapat kemungkinan baterai headset bluetooth anda telah rusak.

2. Baterai Headset Bluetooth Kosong Dalam Waktu Lama

Faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan headset bluetooth tidak bisa dicas adalah karena baterai headset bluetooth telah lama dibiarkan kosong (tidak dicas). Hal tersebut menyebabkan kondisi yang disebut over discharge. 

Jika anda tidak mengisi daya (cas) headset bluetooth anda dalam waktu lama, maka hal tersebut bisa menyebabkan tembaga pada baterai headset anda larut dan berpotensi memicu korsleting.

3. Arus dan Tegangan yang Tidak Sesuai

Masih membahas mengenai penyebab headset bluetooth tidak bisa dicas. Ketidaksesuaian arus dan tegangan menjadi faktor lainnya yang mungkin menyebabkan masalah ini. 

Terdapat banyak kasus, dimana headset bluetooth mengalami kerusakan akibat arus dan tegangan tidak sesuai dengan charger yang digunakan. Pada sebagian besar kasus, banyak pengguna menggunakan charger dengan fitur fast charging untuk mengisi daya headset bluetooth.

Dalam hal ini, penggunaan charger dengan fitur fast charging memang membuat baterai headset anda menjadi cepat terisi. Namun penggunaan jenis charger ini dalam jangka panjang sendiri terbilang tidak disarankan, dikarenakan bisa membuat baterai headset menjadi cepat rusak.

4. Kabel Pengisian Daya Rusak

Jika anda mengalami masalah dalam pengisian daya suatu device, termasuk headset bluetooth, memeriksa kondisi kabel pengisi daya menjadi salah satu yang sebaiknya anda lakukan. Rusaknya kabel pengisi daya ini menyebabkan daya dari charger tidak bisa mengisi baterai headset bluetooth anda.

5. Masalah Pada Port Headset

Faktor penyebab terakhir yang berpotensi menyebabkan headset bluetooth tidak bisa dicas adalah karena adanya port pengisian daya dari headset tidak berfungsi dengan benar. Tidak berfungsinya port ini bisa disebabkan oleh korosi, konektor yang rusak hingga adanya kotoran/benda yang mengalami port.

Tutorial Cara Memperbaiki Headset Bluetooth yang Tidak Bisa Dicas

cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa di charger
Sumber gambar: unsplash.com/@brett_jordan

Didasarkan pada sejumlah faktor penyebab yang dijelaskan sebelumnya, berikut adalah beberapa solusi praktis cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas.

1. Isi Daya Baterai Headset Bluetooth Hingga Penuh

Jika headset bluetooth anda termasuk baru, maka disarankan untuk anda agar melakukan pengisian awal baterai headset hingga dayanya mencapai kapasitas penuh. Selain itu, jika headset bluetooth anda mengalami kerusakan sebelum masa pakainya berakhir, maka anda bisa mencoba mengajukan garansi (jika ada).

2. Jangan Biarkan Daya Headset Kosong Dalam Waktu Lama

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu faktor penyebab masalah pada headset bluetooth adalah terkait dengan over discharge, akibat baterai headset yang dibiarkan kosong dalam waktu lama. Untuk itu, disarankan untuk ada agar secara teratur melakukan pengisian daya headset bluetooth anda (setidaknya 3 hari sekali).

3. Sesuaikan Arus dan Tegangan Saat Pengisian Daya

Cara ngecas headset bluetooth yang baik adalah dengan menyamakan antara arus dan tegangan saat pengisian dayanya. Dalam hal ini, disarankan agar anda tidak menggunakan charger dengan fitur fast charging untuk pengisian daya headset bluetooth anda. Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan charger standar dengan tegangan 5V dan arus yang tidak terlalu besar.

4. Rawat Kabel Pengisi Daya Anda

Jika anda ingin merawat kabel pengisi daya headset bluetooth, sehingga tidak menyebabkan masalah saat dicas, kami menyarankan agar anda tidak menggulung kabel pengisi daya anda dalam gulungan kecil.

5. Bersihkan Port Headset Bluetooth Anda

Cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan port headset anda. Secara rutin, disarankan untuk anda membersihkan port headset bluetooth anda menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol.

Itulah ulasan singkat dari kami mengenai cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas. Semoga ulasan pendek ini bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya, terutama untuk anda yang memiliki masalah yang sama dengan pembahasan di ulasan ini.

Jangan lupa juga untuk mengikuti Tribble Agency, agar anda tidak melewatkan artikel teknologi informatif dan aplikatif lainnya dari kami. Terima kasih telah singgah dan membaca.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Bluetooth yang Tidak Bisa Diaktifkan di Android

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.