3 Cara Memperbaiki Timbangan Digital yang Tidak Akurat

cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat
Sumber gambar: unsplash.com/@budding

Bagaimana solusi cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat? Cari tahu jawabannya di artikel kami kali ini.

Timbangan digital adalah salah satu jenis alat yang sering digunakan dalam banyak keperluan, mulai dari keperluan lab, penimbangan barang dagangan dan hingga pengecekan berat badan. 

Jenis timbangan ini juga saat ini semakin sering digunakan, dibandingkan dengan jenis konvensional. Pasalnya, memang timbangan digital ini menyajikan hasil yang lebih akurat dan mudah dibaca dibandingkan dengan timbangan konvensional. Selain itu, timbangan digital juga terbilang lebih mudah digunakan dan juga dibawa (mobility baik).

Meskipun demikian, di lain sisi, timbangan digital juga terkadang rentan terhadap kerusakan dan error. Salah satu yang sering terjadi adalah masalah timbangan digital yang tidak akurat. Kondisi ini menyebabkan alat timbangan tidak dapat menyajikan hasil pengukuran yang akurat saat digunakan.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan sedikit berbagi kepada anda mengenai cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat ini. Penasaran?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Timbangan Digital Tidak Akurat

kenapa timbangan digital tidak akurat
Sumber gambar: unsplash.com/@nixcreative

Melansir informasi dari beberapa situs, kami menemukan tidak banyak situs yang dapat menjelaskan alasan di balik kerusakan atau ketidakakuratan timbangan digital ini. Namun beberapa sumber yang cukup terpercaya menyebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang disinyalir menjadi penyebab masalah akurasi timbangan digital ini. 

Adapun sejumlah penyebab yang dimaksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Kalibrasi 

Pada banyak kasus, timbangan digital dapat mengalami perubahan kalibrasi. Dimana tingkat akurasi data yang ditunjukan menjadi berkurang. Untuk itu, melakukan pengecekan kalibrasi adalah menjadi salah satu bagian penting dalam hal maintenance timbangan digital.

Untuk bagian ini, anda dapat mengecek kalibrasi timbangan digital anda dengan menggunakan satu objek dengan berat tertentu, seperti potongan besi atau batu. Timbanglah objek tersebut secara teratur menggunakan timbangan digital anda dan perhatikan hasil pengukuran yang ditampilkan.

Jika hasil pengukuran yang ditampilkan menunjukkan hasil yang sama (atau tidak terlalu berbeda). Maka dapat dikatakan timbangan digital anda dalam keadaan normal.

Sebaliknya, jika hasil pengukuran menunjukkan perubahan yang cukup jauh dari hasil pengukuran di awal, maka hal tersebut menandakan timbangan anda perlu diperbaiki.

2. Kerusakan Load Cell

Kerusakan load cell juga adalah salah satu penyebab tidak akuratnya timbangan digital. Kerusakan ini dapat menyebabkan timbangan tidak dapat menunjukkan nilai pengukuran yang stabil. Jika dijelaskan secara sederhana, load cell sendiri adalah suatu alat yang mengubah suatu berat menjadi sinyal listrik. 

3. Kondisi Baterai Timbangan

Kondisi baterai timbangan yang rusak atau dayanya minim juga dapat menjadi penyebab terjadinya perubahan kalibrasi timbangan digital. Alhasil hasil pengukuran yang disajikan timbangan pun menjadi kurang akurat atau bahkan display nya tidak mampu menampilkan hasil pengukuran.

Tutorial Cara memperbaiki Timbangan Digital yang Tidak Akurat

timbangan digital tidak akurat
Sumber gambar: unsplash.com/@wadeaustinellis

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat yang dapat anda aplikasikan jika menjumpai masalah ini pada timbangan digital anda.

1. Perhatikan Kondisi Baterai Timbangan Digital

Salah satu cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat yang dapat anda lakukan adalah memeriksa kondisi baterai timbangan. Jika timbangan digital anda menunjukkan masalah seperti tidak dapat menampilkan hasil pengukuran ataupun hasil pengukurannya tidak akurat. 

Dalam hal ini, anda disarankan untuk memeriksa kondisi baterai timbangan terlebih dahulu guna memastikan bahwa keadaan baterai. Jika baterai dalam keadaan minim daya, anda dapat mengisi ulang kembali daya tersebut dan kemudian memasang kembali pada timbangan digital anda. Selanjutnya, anda hanya perlu mengecek apakah masalah sebelumnya telah teratasi.

2. Melakukan Kalibrasi Ulang

Saat akurasi timbangan digital berubah, melakukan kalibrasi ulang tentunya adalah pilihan yang harus dilakukan. Umumnya semua prosedur kalibrasi untuk setiap timbangan adalah sama, dimana anda harus menentukan kapasitas maksimum timbangan, mengaktifkan mode kalibrasi dan kemudian menggunakan beban standar tertentu untuk uji coba akurasi hasil pengukuran.

3. Gunakan Jasa Servis Timbangan Digital

Jika setelah melakukan dua langkah di atas, namun timbangan digital anda masih bermasalah. Menggunakan jasa servis timbangan digital menjadi solusi terakhir yang dapat anda gunakan.

Hal ini sehubungan kemungkinan adanya kerusakan pada elemen timbangan digital anda. Dalam hal ini, sering kali kalibrasi ulang harus dilakukan lebih mendalam menggunakan software tertentu.

Sekian sedikit informasi dari kami mengenai cara memperbaiki timbangan digital yang tidak akurat. Semoga informasi singkat ini dapat membantu anda yang ingin memperbaiki timbangan dengan masalah yang disebutkan di atas.

Jangan lupa untuk mengikuti artikel informatif dan menarik lainnya dari kami dengan tetap mengikuti blog ini. Terima kasih telah menyempatkan untuk mampir dan membaca.

Baca Juga: 3 Cara Mengganti Suara Charger Android Termudah

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.