3 Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia Secara Gratis Dan Efektif

Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi cara mendapatkan backlink Wikipedia. Ini adalah sumber backlink berkualitas tinggi. Kendati, sifatnya berjenis no follow.

Strategi ini, termasuk dalam metode link building yang ideal. Dan tentunya, tidak melanggar aturan Google web master.

Pendahuluan

Ketika bicara mengenai optimasi sebuah website agar mendapatkan peringkat di halaman #1 SERP, maka kata backlink adalah sesuatu yang sangat mustahil untuk tidak dilibatkan.

Hal tersebut sangat masuk akal, jika mengingat Google telah mengkonfirmasi bahwa backlink adalah faktor #1 yang mereka gunakan dalam perangkingan website di SERP”.

Hal tersebut menjadi penegas bahwa, mendapatkan backlink berkualitas menjadi pekerjaan rumah yang wajib dikerjakan oleh para webmaster dan praktisi SEO (Search Engine Optimization).

Saat ini sendiri, terdapat banyak sekali strategi link building SEO (pembangunan backlink) yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas. Salah satu strategi link building yang masih cukup jarang digunakan, namun sebenarnya memiliki potensi besar mendatangkan backlink adalah Wikipedia. 

Sesuai dengan namanya, strategi link building ini sendiri adalah cara mendapatkan backlink wikipedia secara gratit.

Namun bagaimana cara menerapkan strategi link building SEO yang satu ini?

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai cara mendapatkan backlink gratis dari wikipedia ini untuk kamu. Penasaran? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya yang telah kami rangkum untuk kamu berikut ini.

Mengapa Harus Membangun Backlink Dari Wikipedia?

Jika ditanya tentang mengapa kamu harus memanfaatkan kesempatan untuk membangun backlink dari wikipedia. Maka jawabannya tentu ada pada reputasi wikipedia itu sendiri.

Seperti yang diketahui bahwa wikipedia adalah salah satu situs terpercaya di mata mesin pencari. Situs website ini memiliki nilai DA (Domain Authority) sangat tinggi yakni mencapai angka 98. Selain itu, wikipedia juga telah menjadi rujukan lebih dari 5 juta situs website yang ada di pencarian internet hingga saat ini.

Hal tersebutlah membuat wikipedia menjadi salah satu sumber backlink berkualitas tinggi yang potensial mendongkrak peringkat suatu website.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia Secara Gratis?

Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia

Sebenarnya, sudah banyak artikel yang membahas tentang cara mendapatkan backlink Wikipedia, namun saya lihat, ada beberapa point yang terlupakan.

Dan untuk itulah, posting ini dibuat.

Setidaknya, terdapat 3 metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink gratis dari wikipedia. Adapun ketiga metode tersebut adalah sebagai berikut:

The Dead Link Opportunity

Salah satu metode cara mendapatkan backlink gratis dari wikipedia yang dapat kamu gunakan adalah the dead link opportunity. Strategi ini diterapkan dengan memanfaatkan dead link yang ada di website wikipedia.

Meskipun wikipedia merupakan salah satu website yang memiliki reputasi baik. Namun sama dengan kebanyakan website, website ini pun tetap memiliki beberapa halaman yang telah tidak aktif lagi alias dead link. 

Di sinilah, websitemu memiliki peluang untuk menghasilkan backlink yakni dengan menggantikan menawarkan halaman yang dapat menggantikan dead link pada website yang terhubung dengan halaman dead link tersebut.  

The Broken Link Opportunity

Sama dengan kasus dead link sebelumnya, wikipedia juga memiliki cukup banyak broken link di dalamnya. Broken link ini sendiri merujuk pada kondisi dimana suatu website yang terhubung dengan halaman yang tidak lagi ada akibat perubahan tertentu seperti URL. 

Selain itu, broken link juga dapat terjadi akibat adanya kesalahan penulisan url halaman yang dilakukan oleh suatu website, sehingga tautan yang dihasilkan mengarah ke halaman yang tidak exist. Sama dengan metode dead link opportunity sebelumnya, kamu dapat mendapatkan backlink gratis dengan menyediakan konten atau halaman yang dapat menggantikan broken link di wikipedia tersebut.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai dead link dan broken link opportunity ini, kami akan membahasnya kemudian di bagian bawah. Sabar Ya!!

The Unique Link Opportunity

Metode cara mendapatkan backlink Wikipedia secara gratis yang terakhir, adalah dengan teknik the unique link opportunity.

Berbeda dengan metode dead link dan broken link opportunity sebelumnya, metode ini berfokus pada mencari kesempatan untuk menyematkan tautan websitemu ke dalam halaman artikel di wikipedia.

Seperti yang diketahui bahwa, terdapat banyak artikel di wikipedia yang membutuhkan moderasi dan perbaikan, entah itu karena informasi yang kurang lengkap hingga tautan yang mengarah ke dead link.

Kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencoba untuk memasukkan link salah satu halaman website mu ke dalam artikel di wikipedia tersebut.

Namun strategi link building yang satu ini harus diakui sangat jarang diterapkan. Dikarenakan cukup sulit untuk dilakukan, dikarenakan harus melewati tahapan human moderation (pemeriksaan oleh editor wikipedia).

Memanfaatkan Dead Link dan Broken Link di Wikipedia

Keberadaan dead link dan broken link di wikipedia dapat menjadi kesempatan emas untuk membangun backlink gratis ke websitemu. Teori untuk menerapkannya terbilang cukup sederhana, dimana kamu hanya perlu menelusuri dead link atau broken link di situs wikipedia yang relevan dengan niche website mu.

Selanjutnya, kamu dapat menelusuri juga daftar website yang terhubung dengan dead link atau broken link situs wikipedia tersebut. Setelah mendapatkan daftar website tersebut, maka kamu dapat menghubungi para webmaster dari website tersebut dan menjelaskan bahwa salah satu halaman mereka terhubung dengan link yang tidak lagi aktif.

Jika kamu memiliki konten artikel dengan pembahasan serupa dengan dead link atau broken link tersebut di websitemu, kamu dapat menyarankan konten artikel mu sebagai referensi pengganti kepada sang webmaster. Jika para webmaster tersebut setuju untuk mengganti tautan keluar mereka ke website mu, maka kamu akan mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Dalam hal ini, jika kamu tidak memiliki artikel dengan pembahasan serupa dengan halaman dead link atau broken link terkait, maka sebaiknya kamu membuatnya terlebih dahulu. 

Cara Menelusuri Dead Link dan Broken Link di Wikipedia

Untuk menelusuri dead link dan broken link di wikipedia ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Terdapat banyak tools link research yang dapat kamu gunakan, salah satunya adalah tool bernama Wikigrabber

Tools online yang satu ini didesain khusus untuk dapat menelusuri dead link, broken link dan juga missing citations di situs wikipedia. Wikigrabber ini akan dapat menampilkan daftar dead link berdasarkan kata kunci tertentu yang kamu masukkan.

Misalnya kamu memasukkan kata kunci “backlinks” ke dalam tools wikigrabber ini, maka tools ini akan langsung menyajikan daftar dead link dan broken link di wikipedia yang berhubungan dengan kata kunci backlink sebelumnya. 

Cara Menelusuri Website Yang Terhubung Dengan Dead Link dan Broken Link

Setelah memiliki daftar dead link dan broken link di wikipedia yang relevan dengan niche website mu, kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk mendapatkan daftar website mana saja yang terhubung dengan mereka.

Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan sejumlah tools online Ahrefs, Majestic maupun SERPed untuk melakukan penelusuran ini. Ketiga tools tersebut dapat menyajikan daftar website yang terhubung dengan dead link dan broken link yang kamu telusuri. Export dan simpan daftar website yang kamu dapatkan tersebut. 

Menyiapkan Konten Artikel Untuk Menggantikan Dead Link dan Broken Link

Jika kamu telah mengantongi daftar website yang terhubung dengan broken dan dead link yang kamu telusuri sebelumnya. Menyiapkan konten artikel dengan pembahasan serupa atau lebih baik dengan dead link atau broken link tersebut adalah hal selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Konten artikel ini nantinya akan dapat kamu sarankan kepada para webmaster yang websitenya terhubung dengan dead link dan broken link. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu menyediakan konten artikel yang berkualitas, sehingga mereka tertarik untuk mengganti tautan ke arah dead link sebelumnya ke artikel yang kamu siapkan.

Dalam hal ini, terdapat 2 opsi yang dapat kamu gunakan untuk menyediakan konten artikel pengganti ini, yakni:

  • Update artikel yang ada – mengupdate konten artikel yang ada, sehingga menjadi lebih menarik dan lengkap.
  • Membuat artikel baru – Jika kamu tidak memiliki artikel dengan pembahasan yang sama dengan dead link, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk membuat artikel baru.

Menghubungi Website Yang Terhubung Dengan Dead Link dan Broken Link

Setelah kamu memiliki konten atau halaman artikel yang nantinya dapat kamu sarankan untuk menggantikan dead link atau broken link sebelumnya, kamu dapat mencoba menghubungi pihak website yang terhubung dengan dead link atau broken link tersebut. Kamu dapat menghubungi mereka melalui email.

Dalam email yang kamu kirimkan, kamu dapat menjelaskan bahwa salah satu artikel atau halaman mereka telah terhubung dengan salah satu halaman di wikipedia yang tidak exist lagi (tidak ada). Di lain sisi, kamu juga dapat menawarkan artikel atau halaman di websitemu untuk menggantikan dead link atau broken link tersebut.

Jika sekiranya upaya outreach yang kamu lakukan tidak mendapatkan respond, kamu dapat mencoba untuk menghubungi kembali webmaster tersebut melalui beberapa hari kemudian dan menawarkan hal yang sama.

Cara Menambahkan Tautan Website ke Artikel Wikipedia

Selain memanfaatkan dead link dan broken link di wikipedia, kamu juga dapat mendapatkan backlink gratis dari wikipedia dengan cara mengedit artikel di wikipedia. JIka kamu sering mengakses wikipedia, kamu tentunya menyadari bahwa terdapat banyak sekali artikel di wikipedia yang membutuhkan editing atau moderasi.

Dalam hal ini, kamu dapat berkontribusi untuk memperbaiki artikel tersebut dan mencari kesempatan untuk menambahkan tautan halaman website  mu ke dalam artikel tersebut.

Mengedit Artikel di Wikipedia

Untuk dapat mengedit artikel di wikipedia, kamu harus terlebih dahulu membuat akun di situs ensiklopedia internet tersebut. Akun wikipedia ini dapat kamu buat secara gratis dengan cara mengklik bagian kanan atas pojok di halaman wikipedia.

Setelah kamu memiliki akun wikipedia, kamu dapat mulai untuk mengedit artikel di wikipedia yang berhubungan dengan niche websitemu. Untuk bagian ini, kami menyarankan kamu untuk tidak langsung mengedit total artikel di wikipedia tersebut. Mulailah untuk menargetkan melakukan perbaikan artikel sebanyak 70-80% dan jangan menambahkan tautan website dulu

Selanjutnya, kamu dapat submit hasil editing artikel yang kamu lakukan tersebut. Ketika hasil editing kamu telah di approve oleh wikipedia, kamu dapat melakukan editing tahap kedua. Pada tahap kedua ini, kamu dapat memasukkan tautan website mu ke dalam artikel tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tautanmu ke Artikel Wikipedia

Sebelum menambahkan tautan ke artikel wikipedia, terdapat hal penting yang harus kamu perhatikan, yakni terkait dengan kualitas artikel yang tautannya akan kamu masukkan ke artikel wikipedia. 

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sebelum editing artikel yang kamu lakukan di Approve, maka artikel tersebut akan memasuki tahapan human moderation. Pada tahapan ini, moderator atau editor akan memeriksa editing yang kamu lakukan, termasuk juga tautan yang kamu sematkan ke dalam artikel.

Jika moderator merasa tautan artikel yang kamu masukkan ke dalam artikel tidak berkualitas, maka kemungkinan besar tautan dan upaya editing yang kamu lakukan tidak akan di Approve. 

Oleh karena itu, pastikan jika kamu menyediakan artikel berkualitas di website mu yang layak untuk dijadikan referensi situs website sekelas wikipedia.

Selain menambahkan tautan website mu, upaya lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan backlink gratis dari wikipedia adalah dengan melakukan unlinked citations. Meskipun tidak memiliki nilai sebaik tautan aktif, unlinked citation juga dapat memberikan pengaruh pada nilai SEO sebuah website.

Dalam hal ini, kamu dapat mencoba untuk menyebutkan nama brand atau produk mu di dalam artikel wikipedia tersebut. Tentu saja, buatlah citation tersebut sealami mungkin.

Rangkuman Pembahasan

Dari ulasan cukup panjang yang kami uraikan di atas, terdapat beberapa poin pembahasan penting yang harus kamu catat. Adapun beberapa poin penting tersebut meliputi:

Cara Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia Secara Gratis

  • Metode Dead Link Opportunity
  • Metode Broken Link Opportunity
  • Metode Unique Link Opportunity

Tools Yang Diperlukan

  • Wikigrabber
  • Ahrefs 
  • SEOMoz
  • Majestic
  • Hunter
  • Email

Keuntungan Penerapan

  • Mendapatkan backlink relevan dan berkualitas.
  • Mendapatkan traffic kunjungan organik.
  • Mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari wikipedia.

Sekian ulasan dari kami mengenai cara mendapatkan backlink gratis dari wikipedia. Semoga ulasan yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dalam proses optimasi websitemu.

Jangan lupa untuk mengikuti artikel informatif lainnya dari kami seputar strategi link building SEO lainnya.

Terima kasih.

Scroll to Top