7 Cara Mendapatkan Backlink Terbaru Melalui Content Marketing

Cara Mendapatkan Backlink

Untuk membuat website anda mendapatkan peringkat di pencarian Google, membangun atau membuat backlink adalah tahapan yang harus anda lakukan.

Membangun backlink sama halnya dengan membangun reputasi website di mata mesin pencari.

Semakin baik reputasi yang website anda dapatkan, maka semakin besar potensi halaman website anda menduduki halaman pertama di SERP (Search Engine Result Page).

Content marketing adalah salah satu cara mendapatkan backlink yang banyak diklaim efektif oleh para praktis SEO (Search Engine Optimization) hingga saat ini.

Berhubungan dengan content marketing ini. Pada artikel kali ini, kami akan spesifik membahas mengenai beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas melalui content marketing ini. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak?. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Content Marketing?

Pada pembahasan awal, kami akan sedikit menyegarkan pemahaman anda mengenai content marketing itu sendiri. Melansir ulasan dari halaman Forbes, dijelaskan bahwa content marketing adalah strategi marketing dalam menyebarkan konten relevan guna menarik perhatian audiens yang ditargetkan.

Singkatnya, content marketing ini ditujukan untuk menjangkau audiens melalui konten yang relevan. Dalam dunia SEO sendiri, content marketing telah menjadi salah satu bagian strategi link building SEO atau cara mendapatkan backlink berkualitas.

Hal tersebut sangat wajar, dikarenakan konten relevan tentunya memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan tautan dari website lain ataupun dibagikan oleh para audiens.

Cara Mendapatkan Backlink Melalui Content Marketing

Melansir informasi dari salah satu pakar link building SEO dan content marketing, James Brockbank yang dirilis di halaman searchenginejournal.com, dijelaskan bahwa terdapat beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas memanfaatkan strategi content marketing ini. Adapun beberapa cara yang dimaksud tersebut meliputi:

Case Studies

Case studies atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan studi kasus adalah laporan deskriptif dari sebuah penelitian, riset ataupun eksperimen. 

Di halaman searchenginejournal.com, disebutkan bahwa studi kasus dapat menjadi salah satu aset website yang berpotensi mendatangkan tautan atau backlink ke website anda, terutama pengguna yang bekerja di bidang atau ranah yang sama dengan niche website anda.

Dengan membagikan studi kasus yang informatif dan rinci, maka hal tersebut dapat mendatangkan tautan dan juga publikasi dari website lain atau industri yang relevan dengan website anda.

Misalnya, sebagai contoh sederhana, jika anda membagikan suatu studi kasus mengenai penerapan SEO White Hat. Maka studi kasus yang anda bagikan tersebut akan berpotensi mendatangkan tautan dan publikasi dari perusahaan atau website berkaitan dengan praktek SEO tersebut, seperti jasa SEO, jasa pembuatan website dan lainnya.

Oleh karena itu, jika anda memiliki studi kasus yang sekiranya informatif dan menarik. Maka pertimbangkan untuk membagikannya di website anda. Catatan penting terkait dengan hal ini, disarankan agar studi kasus yang anda bagikan relevan dengan niche website anda, sehingga Google akan menandai studi kasus tersebut sebagai konten relevan.

Expert Contributions

Expert Contributions menjadi teknik content marketing lainnya yang dapat anda gunakan untuk mendatangkan backlink berkualitas untuk website anda. Expert Contribution yang kami sebutkan disini merujuk pada keterlibatan anda sebagai expert dalam pembuatan suatu konten di website lain.

Banyak internet marketer dan praktisi SEO yang hanya berpikir bahwa linkable assets hanya terbatas pada blog post, video, ebook dan lainnya. Namun sebenarnya kontribusi sebagai expert juga merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah website atau brand.

Sebagai informasi dari anda, hampir semua brand atau website besar memiliki paling tidak satu expert di masing-masing bidang. Hal tersebut banyak disebutkan agar para expert tersebut dapat berbagi keahliannya dan berkontribusi dalam pembuatan konten di website lain guna mendapatkan publikasi atau backlink.

Contoh Penerapan Metode Expert Contribution

Sebagai contoh sederhana, jika anda menjadi sebuah expert dari sebuah website A. Lalu kemudian terdapat media atau website B dengan niche yang relevan dengan website anda, lalu membuat konten artikel dan mencantumkan pendapat anda sebagai expert. Maka hal tersebut akan meningkatkan nilai branding dari website A dan mendapatkan backlink dari konten yang dibuat oleh website B (dari pencantuman sumber atau nama website anda).

Contoh di atas adalah salah satu contoh kecil dari potensi kontribusi expert dalam hal branding dan mendatangkan backlink untuk suatu website.

Situs Yang Dapat Digunakan Untuk Menerapkan Metode Expert Contribution

Cara Mendapatkan Backlink dari Haro

Untuk berpartisipasi sebagai expert dalam pembuatan konten di website lain, saat ini telah banyak media yang mempermudah anda untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah situs bernama HARO (Help of Reporter Out)

Situs HARO ini dibuat dengan tujuan menghubungkan antara pencari rujukan (informasi) dengan sumber informasi. Melalui situs ini, anda dapat terhubung dengan pengguna HARO yang mencari informasi mengenai topik tertentu. Anda dapat menjawab pertanyaan dari pengguna HARO yang relevan dengan website anda.

Misalnya jika website anda bertopik tentang SEO, anda dapat menjawab pertanyaan di situs HARO yang berkaitan dengan SEO. Dengan melakukan hal ini, para pencari informasi akan menautkan informasi anda atau website anda di artikel atau riset yang mereka buat. Sehingga website anda pun berpotensi mendapatkan backlink berkualitas.

Alternatif lainnya yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink melalui teknik Expert Contribution ini adalah dengan menelusuri pertanyaan menggunakan hashtag di Instagram. 

Tidak jarang, para pencari informasi menggunakan hashtag di instagram untuk menjangkau sumber yang dapat menjawab pertanyaan mereka. Salah satunya adalah hastag #journorequest yang dapat anda temukan di Instagram.

Expert Roundups

Masih membahas mengenai cara mendapatkan backlink melalui content marketing. Teknik content marketing lainnya yang dapat anda gunakan untuk mendapat backlink berkualitas ke website anda bernama Expert Roundups.

Expert Roundups ini dapat dikatakan sebagai bentuk lain dari strategi link building SEO “Ego Bait” yang memanfaatkan sifat alami pengguna internet yang menyukai berbagi sesuatu mengenai diri mereka.

Untuk anda yang masih belum terlalu familiar dengan istilah Roundups ini, dapat dijelaskan bahwa roundups adalah artikel yang memuat berbagai kutipan atau ulasan dari berbagai artikel berbeda. 

Di Indonesia, artikel Roundups ini memang dapat dikatakan cukup jarang ditemukan. Namun jika anda membuka beberapa situs website luar negeri, banyak website yang menggunakan jenis artikel ini.

Sebagai contoh dari struktur artikel roundups ini. Misalnya anda ingin membuat artikel mengenai “apa itu backlink”, anda dapat mencantumkan definisi dari link building SEO ini dari beberapa website berbeda. Maka artikel anda ini telah termasuk dalam kategori roundups.

Cara Menggunakan Artikel Roundups

Untuk menerapkan teknik Experts Roundups ini, anda dapat membuat sebuah artikel yang relevan dengan niche website anda. Selanjutnya, anda dapat mengutip sejumlah ulasan dari website lain dengan authority tinggi ke dalam artikel anda.

Setelah anda membuat artikel tersebut dan kemudian mempublikasinya, tugas selanjutnya yang harus anda lakukan menjangkau atau menghubungi webmaster dari website yang anda cantumkan ke dalam artikel anda via email.

Dalam email tersebut, anda dapat memulainya dengan memuji artikel yang anda cantumkan ke dalam artikel roundups anda. Selanjutnya, informasikan bahwa anda telah mencantumkan ulasan dari artikel tersebut ke dalam artikel roundups anda.

Jika webmaster yang anda jangkau memberikan respon baik, terdapat kemungkinan bahwa mereka akan membagikan tautan artikel roundups anda di media sosial mereka. Hasil yang paling baik, mereka juga mungkin akan memberikan tautan ke artikel roundups anda.

Interviews

Interview adalah teknik content marketing lain yang disebut memiliki potensi besar mendatangkan backlink berkualitas ke suatu website. Dalam hal ini, terdapat 2 cara memanfaatkan interview untuk mendapatkan backlink berkualitas yang dapat anda gunakan, yaitu meliputi:

Menyelenggarakan Interview Anda Sendiri

Menyelenggarakan interview anda sendiri dan mempublikasikannya di website anda menjadi cara pertama. Anda dapat mencoba untuk menyelenggarakan sebuah interview yang berkaitan dengan niche website anda dan mendatangkan seorang expert di bidangnya sebagai narasumber.

Misalnya website anda spesifik membahas mengenai SEO dan blogging, maka anda dapat menyelenggarakan interview dengan SEO Expert atau blogger terkenal dengan topik tertentu. 

Interview yang anda buat ini akan menjadi sebuah linkable asset di website anda yang berpotensi besar menjadi rujukan oleh website lain dan sekaligus mendatangkan banyak kunjungan organik.

Menjadi Narasumber di Interview Website Lain

Cara lainnya yang juga dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink melalui konten interviews ini adalah dengan menjadi narasumber di interview yang diselenggarakan brand/website lain.

Dengan menjadi narasumber di interview website lain ini, maka anda dapat membangun brand website anda sekaligus mendapatkan backlink berkualitas dari website  atau brand yang menyelenggarakan interview tersebut. Pasalnya, website tersebut kemungkinan besar akan menautkan website anda pada konten interview yang mereka rilis.

Teknik content marketing memanfaatkan interview ini sendiri hingga saat ini banyak dipraktekkan oleh website dan brand besar. Salah satunya adalah backlinko. Jika anda menelusuri di pencarian internet, maka anda akan menemukan bahwa expert dari website ini sering sekali diundang menjadi narasumber dalam sejumlah interview. 

Selain itu, backlinko juga tidak jarang menyelenggarakan interviewnya sendiri. Tentu saja, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan sejumlah backlink berkualitas.

Long-Form Guides

Salah satu teknik content marketing yang hingga saat ini banyak digunakan oleh bisnis B2B dan B2C untuk menjangkau lebih banyak audiens sekaligus mendatangkan backlink adalah dengan membuat konten long form guides .

Konten long form guides ini merujuk pada konten panduan yang memuat informasi lebih lengkap dibandingkan dengan konten panduan biasa. Sebagian besar dari anda, pasti pernah menjumpai konten jenis konten ini ketika menelusuri sebuah kata kunci.

Misalnya saat anda mengetik kata kunci “backlink adalah”, maka sebagian besar hasil penelusuran yang tampil di halaman pertama SERP ini umumnya termasuk ke dalam kategori long form guides. 

Untuk membuat konten Long Form Guides ini, salah satu langkap paling utama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa yang audiens anda ingin ketahui. Dalam hal ini, anda dapat melakukan riset mengenai topik terkait dengan niche website anda yang hangat diperbincangkan.

Anda dapat menggunakan sejumlah tools seperti Google Trends, Quora, BuzzSumo untuk mendapatkan data mengenai topik yang potensial untuk anda angkat menjadi sebuah konten. 

Yang anda perlu lakukan adalah menelusuri kata kunci yang relevan dengan topik website anda di tools online tersebut. Kedua tools tersebut akan menyajikana anda data mengenai sejumlah topik yang banyak dicari pencarian internet saat itu.

Setelah mendapatkan topik yang akan anda angkat menjadi konten, anda juga harus menemukan angle penulisan anda. Hal ini menentukan sisi menarik dari konten artikel anda nantinya.

Misalnya, jika anda anda ingin mengangkat topik “broken link”, maka anda dapat mencari angle penulisan menarik dan belum pernah dibahas sebelumnya. Misalnya seperti “cara mendapatkan backlink dari broken link”.  

Setelah anda telah menemukan angle penulisan yang menarik, anda dapat mulai menggarap artikel anda dan kemudian mempublikasikannya di website anda. Jika artikel long form guides yang anda buat menarik dan informatif, maka terdapat potensi besar bahwa sejumlah website akan menjadikannya rujukan pada konten mereka.

Infographic

Bukan rahasia lagi bahwa infographic (infografik) adalah salah satu jenis konten yang potensial untuk mendapatkan backlink berkualitas. Pasalnya, infografik dapat membantu audiens untuk memahami pembahasan dengan lebih mudah. Sehingga sangat wajar jika banyak website dan pengguna internet yang tertarik terhubung dengan jenis konten ini.

Namun untuk menghasilkan backlink melalui konten infografik ini, visual infografik yang anda sajikan juga harus bagus. Kebanyakan website saat ini hanya tertarik untuk menggunakan infografik yang unik dan memiliki visual bagus.

Untuk itulah, ketika anda menggunakan infografik sebagai salah satu bagian dari artikel yang anda publish di website anda. Pastikan bahwa infografik tersebut memang memuat informasi yang detail dan sekaligus memiliki visual menawan. Sebagai saran, anda sebaiknya melibatkan graphic designer dalam proses pembuatan infografik yang anda gunakan.

Local PR (Public Relations)

Jika anda pernah melihat sebuah Koran lokal dan media publikasi online memuat business view atau publikasi cetak yang mengarah ke suatu brand maupun perusahaan, maka hal tersebut adalah salah satu contoh penerapan teknik marketing yang disebut dengan Local PR (Public Relations).

Local PR  ini adalah teknik content marketing yang memanfaatkan media publikasi local untuk mempromosikan konten, produk atau halaman website anda. Meskipun jarang disebutkan sebagai salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang potensial, hingga saat ini masih banyak website yang menerapkan teknik Local PR ini.

Selain dalam bentuk publikasi cetak di Koran lokal seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Teknik content marketing ini sebenarnya memiliki cukup banyak bentuk penerapan. Contohnya seperti berkontribusi sebagai columnist dan menulis di website di suatu website, lalu menautkan tautan ke website anda. Teknik Local PR ini juga dapat dilakukan dengan merilis press release.

Rangkuman Pembahasan

Time Frame Hasil Penerapan Content Marketing

Hasil pembangunan backlink menggunakan content marketing, biasanya akan dapat terlihat setelah 2-6 bulan penerapannya. Adapun potensi backlink yang didapatkan oleh website yang menerapkannya bisa mencapai 20 backlink per bulannya.

Tools Yang Diperlukan 

  • Google Trends
  • A survey maker
  • BuzzSumo
  • HARO
  • Google Analytics

Manfaat Menggunakan Content Marketing 

  • Content marketing adalah strategi link building SEO yang fleksibel dalam hal budget. Tidak peduli seberapa minim apapun budget yang anda miliki, selama anda membuat konten yang bagus, maka hal tersebut akan efektif menaikkan brand awareness dan authority dari website anda. Konten bagus juga dapat menjadi Google Ranking Factor yang membuat website anda berada di halaman satu SERP.
  • Selama anda mengetahui dengan baik target marketing (audiens) anda. Maka melalui content marketing, anda akan dapat membuat linkable assets yang mendatangkan trafik, backlink dan lead conversion.

Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Content Marketing

  • Case Studies
  • Expert Contributions
  • Expert Roundups
  • Interviews
  • Long-Form Guides
  • Infographic
  • Local PR (Public Relations)

Sekian beberapa ulasan dari kami mengenai cara mendapatkan backlink melalui content marketing.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu anda membangun reputasi website anda di mata mesin pencari.

Selamat mencoba.

Scroll to Top