6 Cara Mendapatkan Barang Dari Distributor yang Aman dan Terpercaya

Cara Mendapatkan Barang Dari Distributor

Dalam menjalan sebuah usaha, tujuan dari setiap pengusaha pastinya adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal. Hal ini bisa didapatkan dengan berbagai strategi seperti mencari distributor terbaik.

Harga yang ditawarkan oleh distributor tentunya lebih murah daripada penjual biasa, sehingga pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Namun, bagaimana cara mendapatkan barang dari distributor yang aman dan terpercaya?

Cara mendapatkan barang dari distributor sebenarnya bisa dilakukan dengan datang langsung atau melalui online. Untuk yang baru pertama kali membeli barang dari distributor tertentu, ada baiknya melakukan transaksi secara offline terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk memastikan barang yang dibeli sesuai deskripsi dan yang diinginkan.

Cara Mendapatkan Barang Dari Distributor

Nah, bagi yang ingin mencari barang dari distributor, berikut adalah cara-caranya:

1. Datanglah ke Bazar atau Sentra Industri

Salah satu cara untuk mendapatkan barang dari distributor adalah pergi ke bazar atau sentra industri. Dengan datang ke bazar distributor, orang bisa menemui berbagai macam produsen yang menghasilkan berbagai barang.

Cobalah mendatangi satu per satu distributor dan tanyalah mengenai produk yang dijual. Jika barang sudah sesuai, maka tanyakan harganya jika membeli dalam jumlah grosiran atau eceran.

2. Datang Langsung ke Pabrik

Cara lain untuk bisa mendapatkan produk dari distributornya adalah dengan mendatangi pabriknya secara langsung.

Pada umumnya, pabrik memiliki distributor resmi yang menjual produknya dengan harga-harga special. Namun, untuk bisa membelinya, perusahaan biasanya menerapkan beberapa persyaratan tertentu seperti minimal pembelian hingga mendaftar menjadi penjual resmi produk perusahaan.

3. Ke Pasar Distributor

Bagi yang berjualan pakaian, maka datanglah ke pusat distributor yang memang merupakan tempat jualan para distributor seperti Tanah Abang. Disini, para pengusaha bisa mendapatkan berbagai jenis baju, tas hingga sepatu dengan merk lokal maupun internasional.

Sebagai pasar distributor, penjual disini hanya menjual barang dalam jumlah yang banyak.

4. Mencari Komunitas Bisnis

Untuk bisa mendapatkan link ke distributor terbaik, ada baiknya para pengusaha mengikuti grup khusus pengusaha. Biasanya dalam grup tersebut, para pengusaha akan saling bertukar informasi mengenai distributor terbaik untuk produk tertentu.

Bahkan terkadang dalam grup tersebut juga ada distributor yang akan mempromosikan barang dagangannya.

Komunitas bisnis biasanya tersedia secara online seperti Kaskus atau Bersosial.com. Semua orang bisa mengikuti komunitas tersebut, hanya saja ada beberapa syarat untuk bisa mengikutinya. Pastikan untuk menyalakan

5. Melalui Marketplace

Dengan teknologi yang semakin canggih, banyak distributor yang kini sudah memiliki situs untuk berinteraksi langsung dengan pelanggannya.

Selain itu, dengan situs ini, pembeli juga bisa membeli kebutuhannya secara langsung tanpa harus ke pabrik atau tokonya langsung. Selain situs resmi distributor, ada pula yang sekarang sudah bekerja sama dengan marketplace seperti Alibaba, Tokopedia hingga Bukalapak.

Baca juga: Apa itu Digital Marketing? Pengertian Serta Strategi Untuk Bisnis Anda

6. Menggunakan Website Pembanding Harga

Untuk yang ingin mendapatkan distributor dengan harga termurah, cobalah menggunakan website pembanding harga.

Sesuai namanya, situs ini akan membandingkan harga antar situs yang ada di internet. Untuk bisa menemukan harga yang terbaik, pengguna tinggal memasukkan jenis produk yang diinginkan, lalu nanti akan muncul beberapa referensi toko beserta harganya.

Pengusaha tinggal memilih toko mana yang cocok dan membelinya melalui situs yang diinformasikan. Keuntungan dari situs ini adalah memunculkan brand resmi dari toko yang resmi juga, jadi bisa diandalkan keasliannya.

Namun, terkadang harganya memang bisa lebih mahal dibandingkan dengan toko yang tidak resmi.

Kesimpulan

Jadi ada berbagai cara mendapatkan barang dari distributor. Apapun cara yang digunakan, pastikan untuk berhati-hati ketika memilih distributor.

Ada baiknya para pengusaha melakukan pembelian pertama secara offline terlebih dahulu. Dengan begitu, pengusaha bisa melihat secara langsung produk yang akan dibeli serta kualitasnya.

Baca juga: Bagaimana membangun kepercayaan melalui strategi konten marketing

Lakukan pembelian secara offline hingga 2-3 kali dulu untuk memastikan kualitasnya sama. Selanjutnya, jika produknya masih bagus, maka lanjutkan melalui online agar lebih mudah dan cepat.

Cara untuk memastikan bahwa distributor tersebut memang terpercaya, cek alamat dan kantornya. Selain itu, jangan lupa untuk cek rating dan feedback dari pembelinya.

Itulah cara mendapatkan barang dari distributor dengan aman dan terpercaya. Mencari distributor yang terbaik dan termurah memang tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Jadi, pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan teliti.

Scroll to Top