10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar Tanpa Modal

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang bisa Anda coba. Cara tersebut tidak harus menyiapkan modal apa pun alias gratis. Namun keuntungan yang Anda dapatkan sudah cukup untuk keperluan sehari-hari.

Meskipun begitu, Anda juga harus tetap berhati-hati dan pastikan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan passion Anda.

Seperti yang kita tahu bahwa mendapatkan uang dari internet bukan hal yang sulit. Sudah banyak orang yang mencobanya dan banyak dari mereka yang berhasil mendapatkan penghasilan melalui internet. Bahkan jumlahnya bisa sampai jutaan atau puluhan juta. Akan tetapi, tidak semua pekerjaan bisa Anda jalani.

Anda harus benar-benar memiliki mana pekerjaan yang menurut Anda paling sesuai dengan kemampuan dan minat yang Anda miliki. Untuk itu, di bawah ini kami akan merekomendasikan kepada Anda tentang beberapa cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar tanpa modal.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar Tanpa Modal

1. Bergabung dengan Afiliasi

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang pertama akan kita bahas yaitu bergabung dengan afiliasi. Afiliasi merupakan kerja sama dalam bentuk penjualan produk dan promosi. Anda akan memperoleh komisi untuk setiap produk yang Anda jual. Prinsip dasar yang diterapkan adalah revenue sharing atau berbagai pendapatan.

Afiliasi telah terbukti mampu menghasilkan uang dari internet tanpa harus mengeluarkan modal. Hal ini karena mayoritas program afiliasi tersebut menawarkannya secara gratis. Namun untuk mendapatkan pendapan dari afiliasi maka Anda harus mendaftar pada program afiliasi terlebih dahulu.

Di Indonesia terdapat program afiliasi bernama Program Afiliasi Indonesia. Sementara di luar negeri terdapat Amazon Affiliates. Anda bisa mendaftar secara gratis. Nanti ada beberapa cara dan ketentuan yang harus Anda pahami agar Anda bisa mendapatkan uang dari afiliasi tersebut.

2. Membuat Blog

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Saat ini, blogging bukan lagi menjadi sebuah hobi. Kegiatan ini ternyata mampu mendapatkan pundi-pundi uang jika Anda mampu mengelolanya dengan baik. Selain itu, membuat blog juga bisa Anda mulai tanpa harus mengeluarkan modal. Siapa pun dapat membuat dan menulis blog.

Anda bebas menentukan topik apa yang akan Anda tulis. Sekarang, Anda harus membuat blog terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus berlangganan hosting karena menggunakan blog gratis memiliki beberapa kelemahan dan resiko. Setelah Anda berhasil berlangganan hosting, maka tahap selanjutnya yaitu membuat konten.

Kemudian, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog yaitu:

  • Iklan: Anda harus mendaftar ke Google Adsense. Ketika pengunjung mengklik iklan tersebut, Anda akan memperoleh penghasilan
  • Sponsored Posts: Anda bisa bergabung dengan pihak lain untuk mengulas produknya pada blog Anda
  • Afiliasi: tempatkan banner afiliasi pada blog Anda. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan penghasilan untuk setiap orang yang mengklik link tersebut

3. Freelancing

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang ketiga adalah menjadi seorang freelancer. Kita tahu bahwa freelance merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan cepat. Tentu saja ada berbagai pekerjaan freelance yang ditawarkan.

Salah satunya adalah menjadi seorang penulis. Cara kerjanya, Anda akan diminta menulis artikel di sebuah blog mengenai topik tertentu. Kemudian, jika Anda selesai menulis artikel sesuai dengan jumlah yang telah disepakati, maka Anda akan mendapatkan uang.

Akan tetapi, kami menyarankan Anda memahami penulisan artikel SEO friendly. Hal ini karena penulisan blog harus memperhatikan kadiah penulisan SEO.

Untuk bekerja sebagai penulis freelance, Anda juga bisa bergabung dengan situs freelance di Indonesia. Terdapat dua situs freelance yang sangat terkenal yaitu Projects.co.id dan Sribulancer.com.

4. Menerbitkan eBook

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Saat ini penerbitan sendiri atau self-publishing mulai banyak digemari. Bagi Anda yang memiliki hobi menulis maupun memiliki impian agar buku Anda dipajang di toko online, maka Anda bisa mulai pekerjaan ini. Cara ini juga menjadi sebuah cara yang akan mendatangkan uang tanpa harus mengeluarkan modal.

Meskipun nanti Anda memiliki banyak saingan, terutama jika membuat buku dengan konten yang informatif, tetap saja Anda masih memiliki peluang untuk meraih kesuksesan. Untuk menerbitkan buku yang Anda tulis sendiri, maka Anda perlu menyusun format, mengedit, mendesain, dan mengunggahnya ke platform khusus.

Salah satu platform tersebut adalah Amazon. Di sana Anda harus menulis deskripsi tentang eBook Anda lalu siap memasarkannya. Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar eBook yang Anda buat banyak yang membelinya:

  • Pastikan topik pada buku tersebut tidak mempunyai banyak saingan namun masih memiliki pembaca. Jadi, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu
  • Pastikan eBook Anda memuat tulisan yang berkualias
  • Selain itu, eBook Anda juga harus memiliki desain dan format yang bagus. Ini penting karena akan menjadi salah satu cara menarik konsumen untuk membeli buku Anda

5. Desain Grafis

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Selain menulis, pekerjaan yang juga akan mendatangkan uang adalah desain grafis. Keahlian seorang desain grafis sangat diperlukan karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Bahkan biaya untuk menyewa jasa seorang desain grafis tidak bisa dikatakan murah.

Bahkan ada yang sampai mendapatkan penghasilan $2000 setiap bulan. Sebuah cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajari, terutama pelajar yang mengambil jurusan terkait desain grafis. Selain menerima jasa pembuatan desain grafis, Anda juga bisa menjual karya Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan dan portofolio yang menarik, maka tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendatangkan uanng ke kantong Anda. Jadi, bagi Anda yang memiliki kemampuan tersebut, jangan sia-siakan waktu Anda dan segeralah bergabung ke platform seperti Projects.co.id, Sribulancer, Freelancer.com, 99Design, dan lain sebagainya.

6. Menjadi Dropshipper

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar juga bisa dilakukan dengan cara menjadi dropshipper. Pekerjaan ini memang menjadi salah satu pekerjaaan rumahan yang mampu mendatangkan uang tanpa harus menyiapkan modal. Sebenarnya prinsip kerjanya hampir sama dengan reseller.

Anda menjual produk dari pihak lain. Bedanya, jika reseller akan menyimpan barang tersebut sebelum dijual kembali, namun dropshipper tidak demikian. Proses pengirimannya akan langsung ditangani oleh supplier. Memang keuntungan yang Anda dapatkan tidak terlalu besar seperti menjual produk Anda sendiri.

Akan tetapi, hasilnya masih cukup menjanjikan. Sebelum menjadi seorang dropshipper, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Tentukan produk apa yang akan Anda jual, misalnya kosmetik, pakaian, elektronik, dan lain sebagainya
  • Cari supplier yang memiliki reputasi yang bagus
  • Tentukan sarana yang akan Anda baik untuk berjualan seperti website pribadi, marketplace, media sosial, dan lain sebagainya
  • Bangun merek atau brand Anda sendiri lalu promosikan brand tersebut

7. Bergabung dengan Survey Online

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah dan tanpa modal, Anda bisa bergabung dengan survey online. Di sini Anda hanya perlu menjawab pertanyaan dan Anda akan mendapatkan penghasilan. Memang untuk penghasilannya tidak sebesar seperti yang mungkin Anda bayangkan.

Namun cara ini efektif untuk menambah uang saku Anda. Saat ini banyak perusahaan yang mulai membutuhkan jasa survei online untuk membantu meningkatkan kepuasan para pelanggan. Survey online juga dilakukan untuk keperluan pengembangan produk. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin melakukan pekerjaan ini:

  • Anda harus memilih platform survei yang terpercaya serta membayar sesuai dengan ketentuan
  • Luangkan waktu Anda karena melakukan survei online memerlukan waktu yang cukup lama
  • Jangan menggunakan email utama Anda karena nanti email Anda tersebut akan dibanjiri dengan berbagai penawaran survey
  • Anda harus membaca dengan baik syarat dan ketentuan

8. Menjual Hasil Foto Digital

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam mengambil atau memfoto sebuah objek, maka cara ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda. Anda akan menjual hasil foto digital untuk memperoleh penghasilan. Biasanya para fotografer akan menjual hasil karya mereka ke pihak ketiga. Salah satunya adalah Shutterstock.

Beberapa di antaranya mengaku bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan hingga mencapai $34.000. Sebuah angka yang tentu sangat fantastis bukan? Akan tetapi, cara ini memang kurang begitu menguntungkan bagi para pemula. Hal ini karena nominal yang diberikan masih relatif kecil.

Namun jangan khawatir, Anda masih bisa memanfaatkan jasa atau pihak ketiga yang lainnya. Anda bisa mencoba peruntungan Anda di Virtual Society dan 500px. Keduanya diketahui berani mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk hasil foto yang tentu saja berkualitas.

Selain itu, Anda juga bisa menjualnya di website Anda. Tinggal memasang plugin bernama Sell Media pada website WordPress, lalu lakukan beberapa pengaturan. Sekarang Anda sudah berhasil membuat stock atau koleksi foto Anda sendiri.

9. Freelancer Data Entry

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar juga dapat dilakukan dengan cara menjadi freelancer data entry. sesuai dengan namanya, data entry berarti Anda memasukkan data ke dalam sistem. Sebenarnya, untuk jenis pekerjaan ini memiliki beberapa macam.

Mulai dari pekerjaan memasukkan data yang memerlukan keahlian khusus sampai dengan yang membutuhkan keahlian yang biasa-biasa saja. Salah satunya yaitu captcha entry. Tugas Anda adalah memasukkan atau mengerjakan kode captcha yang akan digunakan pada website. Akan tetapi, kami hanya menyarankan bahwa pekerjaan ini hanya sebagai pekerjaan sampingan saja.

Alasan utamanya adalah karena biaya yang Anda dapatkan tidak terlalu besar. Akan tetapi, pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Kuncinya adalah ketelitian dan ketekunan agar Anda tidak salah memasukkan data.

10. Pembuatan Email Marketing

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang terakhir kami rekomendasikan adalah menjadi pembuat email marketing. Setiap hari kotak masuk email Anda tidak akan sepi. Akan selalu ada email masuk yang mana beberapa di antaranya termasuk newsletter. Newsletter tersebut dikirim karena Anda telah menyetujui berlangganan pada sebuah layanan.

Menulis email newsletter dengan niche khusus bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulai pekerjaan ini. Namun Anda harus mampu membuat email yang menarik. Email tersebut diharapkan mampu menarik minat pelanggan atau target pasar Anda.

Tujuan mengirimkan email marketing tersebut adalah agar bisnis tetap solid dan stabil. Penghasilan yang akan Anda peroleh bermacam-macam. Namun untuk yang sudah profesional bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang besar. Untuk itu, Anda bisa mulai mencoba pekerjaan ini.

Scroll to Top