Syarat dan 2 Cara Mengaktifkan Sistem COD Shopee untuk Pemula

Cara Mengaktifkan Sistem COD Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace yang diminati oleh penjual untuk membuka tokonya. Baik untuk berjualan maupun membangun bisnis Dropshiper. Selain variasi toko yang sangat beragam, jasa antar yang melayani juga memberikan kemudahan lewat COD.

Selain memudahkan pembeli karena tidak harus melakukan transfer, sistem COD Shopee untuk penjual juga menjadi strategi bisnis yang menguntungkan.

Pertanyaan bagaimana cara mengaktifkan sistem COD Shopee dan apa saja syaratnya?

Bagaimana Cara Mengaktifkan Sistem COD Shopee itu?

Ketika hendak mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual, maka cara pertama, Anda dapat menggunakan fitur aplikasi Shopee yang telah disediakan. Adapun langkah-langkahnya adalah;

1. Masuk Aplikasi Shopee

cara mendaftar jadi dropship di shopee

Pertama, masuk ke aplikasi Shopee sesuai dengan akun yang dimiliki. Pada halaman pertama, pemilik akun akan menemui halaman dengan beberapa jendela, di antaranya adalah ‘toko saya’. Akses menu tersebut untuk mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual.

2. Pengaturan Jasa Kirim

Pada halaman toko tersebut, terdapat berbagai pilihan kurir pengiriman yang bisa dipilih. Beberapa kurir yang memiliki layanan COD di antaranya adalah J&T, SiCepat, dan JNE. Di luar itu, terdapat banyak pilihan kurir lain yang bisa digunakan oleh penjual demi menjangkau pelanggannya.

3. Aktifkan COD

Pilih kurir yang akan diatur sistem COD misalnya J&T Express, atau JNE. Perhatikan sisi kanan dari pilihan kurir tersebut, terdapat ikon ‘I’ yang bisa disentuh. Kik ikon tersebut dan akan muncul pilihan informasi tambahan terkait penggunaan kurir tersebut.

Aktifkan menu COD yang ditampilkan dengan menggeser button. Dengan begitu, jika pembeli menghendaki sistem COD akan dilayani oleh kurir yang sudah diaktivasi sistem COD-nya.

Menggunakan Seller Center

Selain menggunakan aplikasi shopee, cara mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual selanjutnya adalah, Anda bisa juga melalui seller center. Langkah mudahnya adalah seperti ini:

1. Masuk Web

Pertama, penjual bisa mengakses web seller center Shopee melalui seller.shopee.co.id, dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah mengakses web tersebut, pemilik akun akan masuk ke beranda atau halaman utama dengan berbagai menu pengaturan.

2. Pengaturan Toko

Berikutnya, akses menu ‘pengaturan toko’ yang ada di halaman utama. Di dalam menu tersebut, pemilik akun akan mendapati berbagai jasa kirim yang digunakan untuk menjangkau konsumen. Beberapa pilihan kurir ini bisa disesuaikan dengan kondisi toko masing-masing, karena ada juga jasa antar yang tidak menjangkau daerah terpencil.

3. Atur Opsi COD

Pilih jasa kurir dengan menggeser button, lalu klik tanda panah bawah yang ada di samping button. Pada informasi penjelasannya terdapat opsi COD. Aktifkan opsi tersebut, maka jasa kurir ini nantinya akan melayani COD jika dibutuhkan oleh pembeli.

Syarat dan Ketentuan COD Shopee

Sekarang, Anda telah tahu cara mengaktifkan sistem COD Shopee untuk penjual. Kemudahan dari sistem COD Shopee untuk penjual juga dirasakan oleh pembeli. Meski begitu, terdapat syarat tertentu yang wajib dilakukan pembeli, agar sistem COD ini bisa dipenuhi.

  • Batas pembelian. Mulai awal tahun 2021, Shopee menerapkan syarat COD tanpa batas minimal pembelian. Namun, ada syarat maksimalnya yaitu pembelian hingga bernilai Rp 3 juta.
  • Wilayah terjangkau. Pembeli juga harus memastikan alamat kirimnya berada dalam jangkauan COD. Hal ini terkait dengan jasa kurir yang akan digunakan, karena tidak semua jasa kurir sudah memiliki layanan COD.
  • Pastikan ada fitur COD. Dalam hal ini pembeli juga harus mencermati, apakah penjual mengaktifkan fitur COD di tokonya. Meskipun menggunakan jasa kurir yang sama, namun jika penjual tidak mengaktifkan fitur COD, tentu pembeli tidak bisa memilih fitur ini.
  • Bayar sebelum dibuka. Saat ini Shopee memberikan ketentuan untuk COD adalah pembayaran yang harus dilakukan sebelum menerima atau membuka barang. Pembeli harus melakukan pembayaran kepada kurir, sebelum menerima dan membuka paket. Hal ini nantinya akan berimbas pada sanksi untuk pembeli, jika dua kali dalam 60 hari menolak membayar paket atau tidak ada di tempat.
  • Biaya penanganan. Bagi pembeli yang menggunakan sistem COD sampai 6 kali, tidak akan dikenakan biaya penanganan. Namun untuk pembelian selanjutnya dengan COD, akan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku.

Menggunakan sistem COD Shopee untuk penjual, tentu saja memberikan keuntungan baik kepada pihak penjual maupun pembeli. Penjual memiliki akses yang lebih luas sehingga akan meningkatkan pelayanan. Sementara itu, pembeli juga akan dimudahkan karena tidak harus melakukan transfer pembayaran.

Scroll to Top