7 Cara Mengarahkan Pengunjung di Internet ke Website Gratis

Cara Mengarahkan Pengunjung di Internet ke Website

Tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta. Angka yang sangat besar dan layak untuk dipikirkan sebagai peluang bisnis. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana menjangkau mereka? Jika Anda tertarik, mari kita hadapi itu!

Ada beberapa cara mengarahkan pengunjung di internet ke website. Kabar baiknya, itu dapat dilakukan oleh Anda sendiri. Mungkin perlu sedikit latihan

Saya telah mengumpulkan 7 tips bermanfaat untuk melakukan hal itu, mari kita lihat satu per satu.

Cara mengarahkan pengunjung di internet ke website bisnis Anda

Sebenarnya, ini berbicara tentang SEO (Search Engine Optimization). Dan pernah saya tulis secara komprehensif melalui 90 check list belajar SEO WordPress. Anda dapat kehalaman itu untuk menggali lebih dalam.

Sementara pada kesempatan ini, kita akan mengulas bagian-bagian untuk yang paling berdampak untuk mengarahkan pengunjung dari mesin pencari ke situs Anda.

Inilah dia…

1. Buat konten yang dioptimalkan SEO

Tidak ada yang bekerja lebih baik daripada konten yang ditulis dengan baik, orisinal, dan dioptimalkan SEO untuk pembaca Anda.

Tulis konten yang dapat dimengerti oleh mesin pencari. Faktor kuncinya adalah membuat konten berdasarkan rangkaian kata kunci yang dicari orang.

Tetapi tidak mudah memang untuk membuat konten yang dioptimalkan SEO. Itu mencakup banyak langkah. Seperti; penelitian kata kunci, mengatur konten dengan struktur yang terkait dengan kata kunci, lalu melakukan promosi.

Riset keyword adalah proses yang sangat penting, saat Anda ingin membuat konten SEO Friendly. Karena ini memungkinkan Anda dapat memilih yang tepat berdasarkan jumlah volume pencarian, hingga gambaran tingkat kesulitan.

Intinya adalah, saat membuat konten Anda harus menetapkan, kata kunci yang tepat dan biasa digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari.

Jangan hanya berfokus dengan kata kunci pendek, walau pun itu memiliki volume pencarian yang fantastis. Karena itu akan membawa Anda bersaing dengan website raksasa. Kecuali Anda juga sudah bertumbuh menjadi raksasa.

Istilah ekor panjang (longtail keyword) selain cenderung lebih mudah diperingkatkan, ini juga berpotensi konten Anda ditemukan oleh pengguna yang sangat relevan.

Baca: 12 Cara Membuat Konten Berkualitas dan SEO Friendly

Bagaimana menentukan kata kunci?

Dititik ini sudah jelas bahwa, cara mengarahkan pengunjung di internet ke website Anda adalah kemampuan Anda menentukan kata kunci yang tepat. Sesuai target dan sedikit lebih mudah diperingkatkan.

Alih-alih menggunakan kata kunci “toko baju” yang memaksa Anda bersaing dengan Tokopedia, kenapa Anda tidak menggunakan target kata kunci “toko baju branded (lokasi toko Anda)”. Ini lebih logis untuk dijangkau, jika website Anda baru.

Contoh lain; daripada memilih kata kunci “cara memperbaiki HP rusak”, Anda dapat menentukan kata kunci yang lebih spesifik menggunakan fitur Google Sugest

Cara mengarahkan pengunjung di internet ke website

Dan menjadi semakin spesifik dengan menambah brand hingga seri HP..

Cara Meningkatkan Traffic Website

Lihatlah, hanya dengan satu fitur sederhana dari Google ini, Anda bukan saja keluar dari persaingan yang sulit, tapi juga memiliki ide kata kunci yang dapat diaplikasikan untuk rencana penulisan konten Anda.

Untuk teknik terbaik penentuan kata kunci tingkat lanjut, saya telah menulis panduan secara khusus. Itu dapat Anda baca disini: Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

2. Publikasikan konten secara teratur

Bill Gates mengatakan bahwa konten adalah raja. Dan semua pakar digital marketing juga sepakat dengan itu. Saya rasa Anda sudah sering mendengarnya. Jadi, mari kita bersepakat juga dengan hal itu.

Karena semua sudah tahu tentang kekuatan konten, maka; hari ini konten yang baik saja tidaklah cukup. Itu harus luar biasa dan jauh lebih baik daripada konten pesaing Anda.

Konten bisa dikatakan sebagai kunci utama ketika Anda mencari cara mengarahkan pengunjung di internet ke website Anda.

Namun, Anda membutuhkan konten berkualitas dan unik. Dan itu secara alami akan menangkap backlink baru, berbagi media sosial, dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Semua artikel harus terkait dengan niche dan kata kunci yang Anda ditargetkan.

Berikut adalah tips berguna untuk dipertimbangkan saat membuat konten SEO Anda:

  1. Original. Keunikan dan orisinalitas selalu menjadi pemenang. Selalu mencari ide-ide baru dan mengintegrasikannya ke dalam konten Anda.
  2. Lebih detail dan spesifik. Buat artikel Anda mudah dipahami pengguna dengan memberikan informasi, sumber daya, dan contoh yang valid. Hormati kepentingan pembaca.
  3. Buat Menjadi Relevan. Fokus dan buat posting yang berhubungan dengan niche Anda. Jadilah ahli dalam sesuatu! Mesin pencari lebih suka website yang memiliki otoritas di bidangnya. Buat konten yang memberi jawaban akurat, jelas dan sederhana.
  4. Bersikaplah logisSelalu perbarui situs Anda dengan konten segar dan kekinian.  

Tetaplah berpegang dengan strategi ini, cepat atau lambat Anda akan melihat keberhasilannya dalam mengarahkan pengguna di internet ke website Anda.

3. Bangun backlink berkualitas

Tidak dapat disangkal bahwa, setelah membuat konten berkualitas tinggi, cara mengarah pengunjung di internet ke website Anda adalah peringkat di halaman mesin pencari.

Faktor utama untuk membuat halaman website Anda peringkat, itu adalah kuantitas dan kualitas backlink. Ini adalah tentang tautan dari website orang lain yang mengarah ke halaman website Anda.

Dari sekitar 200 faktor peringkat Google, backlink adalah nomor 2. Nomor 1 nya adalah konten berkualitas tinggi. Jadi, Anda berfokuslah dengan ini.

Google mengutamakan website dengan link yang berkualitas dan membenci link yang tidak wajar. 

Jadi, cobalah untuk mendorong pengguna, teman, klien, mitra, dan blogger teman Anda untuk memberikan tautan ke situs Anda. Semakin banyak tautan masuk berkualitas yang Anda dapatkan, semakin tinggi peringkat situs yang akan Anda miliki.

Hati-hati..

Hindari tautan SPAM! Karena ini tidak akan memberi Anda apa-apa. Bahkan dapat menjadi racun untuk situs Anda.

Ada banyak cara efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas, diantaranya adalah;

  • Postingan tamu. Jangkau website yang relevan di niche Anda dan buat konten berkualitas untuk diposting di website mereka. Dengan catatan, minta kesempatan Anda dapat membuat satu atau dua tautan ke website Anda. Kunjungi laman ini: Daftar Website Guest Post Gratis Indonesia
  • Bangun kehadiran media sosial yang kuat. Sinyal sosial, juga merupakan tautan. Jadi, dapatkan lebih banyak pengikut dengan membagikan konten yang relevan dan berkualitas serta berinteraksi dengan pembaca Anda secara konsisten. Perbarui profil sosial Anda dengan gambar dan foto sampul yang dirancang secara profesional.
  • Temukan influencer di niche Anda. Cari tahu siapa influencer di niche Anda dan apa yang mereka sukai, buat konten berkualitas yang relevan dengan minat mereka (studi kasus, infografis, wawancara, dll) dan dekati orang-orang berpengaruh di niche Anda dengan materi ini.
  • Menawarkan. Orang-orang menyukai diskon yang berbeda dan hadiah yang bagus, dan sebagai gantinya Anda dapat meminta sedikit bantuan kepada mereka – tautan ke situs Anda.
  • Komentar di forum dan blog yang relevan. Buat daftar forum dan blog yang terkait dengan niche Anda, tambahkan pemikiran dan komentar Anda pada diskusi yang Anda kuasai. Cobalah untuk menulis komentar yang bermanfaat dan menarik dengan tautan ke situs Anda agar orang-orang dapat mengunjungi platform Anda.

Anda juga dapat membangun strategi link building secara gratis. Saya telah menulis banyak sumber backlink yang dapat Anda jangkau. Baca disini: 110 Daftar Backlink Gratis Terbaru + Cara Membuatnya

Kami terdiri dari tim yang berspesialisasi dalam memberi layanan jasa backlink, Anda dapat melihat-lihat penawaran dengan harga terjangkau pada paket: Jasa Backlink PBN

4. Tiup terompetmu sendiri

Penting untuk membuat dan berbagi konten di komunitas yang berbeda. Ini adalah cara yang baik untuk membangun otoritas Anda, meningkatkan jangkauan, terlibat dengan orang lain, dan mendapatkan lalu lintas tambahan.

Setiap kali Anda menerbitkan konten baru atau memperbaharui konten lama, bagikan itu di Twitter, Facebook, LinkedIn dan flatform apa pun yang memungkinkan Anda dapat jangkau. 

Ini memungkinkan pengguna mengikuti konten baru yang Anda kembangkan dan mencari tahu tentang website Anda.

Halaman Facebook, dan Twitter dapat meningkatkan peringkat pencarian juga. Itu karena hal ini merupakan indikator yang baik dari kehadiran digital Anda. Anda juga dapat menemukan lalu lintas bertarget yang cukup di grup LinkedIn, karena banyak orang mencari konten menarik disana.

Quora dan Medium adalah forum online besar yang berisi banyak studi bermanfaat, artikel, posting blog, diskusi, dan konten lainnya. Mereka adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan ide konten dan memposting hal-hal menarik untuk dibagikan.

Temukan topik yang relevan di niche Anda dan bagikan produk atau konten Anda. Hindari memposting terlalu banyak tautan disana, karena sumber ini membenci promosi diri dan bahkan dapat memblokir profil Anda.

Ada juga banyak komunitas online yang mirip dengan Quora untuk membaca dan berbagi postingan atau informasi blog. Seperti diantaranya Inbound , GrowthHackers , dan Triberr. Gunakan sumber daya ini untuk membangun jejak digital Anda.

Konten dalam komunitas ini berkualitas tinggi dan disaring dengan baik. Jangan menjadi spam dan bagikan hanya posting yang layak. Website seperti Inbound terkenal karena mereka benar-benar menyaring yang layak untuk platform mereka. 

5. Percepat loading website

Ini sepertinya tidak perlu ditanya lagi. Website harus dapat diakses dengan sempurna dan cepat. Ini juga menjadi faktor SEO yang digunakan Google dalam menentukan peringkat.

Website yang cepat juga berfungsi untuk mengurangi rasio pentalan, dan meningkatkan rasio konversi.

Pengguna selalu ingin mendapatkan respons halaman yang cepat. Delay 1 detik dalam menanggapi halaman dapat menghasilkan pengurangan 7% konversi. Temukan pengembang web profesional untuk meningkatkan waktu pemuatan website Anda, jika Anda tidak dapat melakukanya dengan sendiri.

Berikut adalah daftar hal-hal untuk membuat situs berjalan lebih cepat:

  • Periksa kecepatan pemuatan situs dengan alat PageSpeed ​​Google yang akan menunjukkan cara memperbaiki masalah.
  • Kompres gambar website menggunakan jenis yang tepat seperti JPEG, PNG, dan GIF.
  • Optimalkan gambar sebelum mengunggah. Pangkas gambar ke ukuran yang benar menggunakan Photoshop atau Fireworks.
  • Minimalkan file JS atau CSS. Kompresor CSS iklan JS online  dapat membantu Anda mengecilkan JS, CSS, dan HTML Anda.
  • Gunakan cache browser. Ini akan menyimpan halaman Anda dalam cache atau penyimpanan sementara, sehingga halaman akan dimuat lebih cepat untuk pengunjung berikutnya.
  • Pilih host yang aman karena dalam kebanyakan kasus, kecepatan website Anda dapat bergantung dengan server hosting.
  • Kurangi jumlah plugin di website jika Anda menggunakan CMS WordPress. Sejumlah besar plugin dapat menghambat waktu pemuatan halaman Anda dan menyebabkan masalah keamanan dan teknis.
  • Kurangi redirect. Seperti yang Anda ketahui, pengalihan menggunakan permintaan HTTP tambahan dapat memengaruhi waktu pemuatan.

Jika menyelam lebih dalam terkait dengan kecepatan situs web, Anda dapat melihat informasi berguna di Google Developers .

6. Siapkan halaman 404 khusus

Halaman kesalahan 404 memberi tahu pengguna dan mesin telusur bahwa, halaman Anda tidak ada. Ini terjadi karena Anda telah membuat beberapa perubahan URL atau menghapus beberapa halaman.

Semakin besar situs Anda, semakin banyak potensi kesalahan 404. Buat halaman kesalahan 404  yang menghibur atau kata-kata rekomendasi yang tidak membuat orang kecewa.

Tentu saja, Anda tidak perlu meletakkan halaman ini di peta situs. Tapi jangan lupa untuk menyertakan tautan ke beranda di halaman 404, formulir kontak dan kotak pencarian.

7. Gunakan Google Places untuk Bisnis

Jika Anda memiliki produk, layanan, atau bisnis, Anda dapat menambahkannya ke Google Places untuk Bisnis. Itu akan meningkatkan kehadiran Anda di Google. Sehingga orang dapat menemukan Anda di Google Map dan perangkat lain.

Layanan ini gratis dan memungkinkan bisnis untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dan beriklan ke pelanggan potensial Anda di wilayah tertentu.

Berikut adalah beberapa kiat tentang cara memanfaatkan Google Places secara maksimal:

  • Masukkan kata kunci yang relevan dan deskripsi produk untuk menarik lebih banyak pelanggan. Hindari isian kata kunci karena dapat memengaruhi peringkat pencarian Anda secara drastis.
  • Tambahkan gambar dan video . Google Places untuk Bisnis memungkinkan Anda menambahkan 10 gambar dan 5 video secara gratis. Itu memudahkan klien untuk menemukan Anda.
  • Minta klien Anda untuk menulis ulasan yang baik. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin banyak klien yang bisa Anda dapatkan. Cobalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ulasan bagus dari pelanggan yang puas.

Menyiapkan halaman luar biasa Anda untuk Google Places adalah langkah pertama dalam pengoptimalan pencarian lokal yang harus menjadi prioritas tinggi untuk semua bisnis online.

Kesimpulan

Tips praktis cara mengarahkan pengunjung di internet ke website ini, masih seperti menggores permukaan. Artinya, masih ada banyak cara lain. Namun, apa yang disampaikan diatas, sudah lebih dari cukup. Yang perlu Anda siapkan adalah semangat dan konsistensi untuk terus melakukannya.

Melalui cara ini, Anda tidak akan melihat hasilnya dalam semalam. Jadi, bersabar adalah hal yang juga diperlukan dalam prosesnya.

Scroll to Top