5 Cara Mengatasi Baterai Tanam Kembung Xiaomi

cara mengatasi baterai tanam kembung xiaomi
Sumber gambar: utakatik-dewe.blogspot.com

Baterai Xiaomi tanam menjadi kembung adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengguna Smartphone Xiaomi hingga hari ini. Kondisi baterai kembung ini sendiri dapat terjadi karena banyak faktor, namun kebanyakan penyebab harus diakui berasal dari perilaku pengguna.  

Nah, pada ulasan kali ini, kami akan sedikit berbagi informasi mengenai cara mengatasi baterai tanam kembung Xiaomi ini. Penasaran tentang bagaimana caranya?

Langsung saja, simak ulasan mengenai cara mengatasi baterai kembung Xiaomi yang telah kami rangkum di bawah ini.

Kenapa Baterai HP Kembung?

Sebelum masuk ke topik bahasan utama yaitu mengenai cara mengatasi baterai tanam kembung Xiaomi, kami akan memaparkan terlebih dahulu kepada anda penyebab kenapa baterai HP kembung, termasuk pada kasus baterai tanam Xiaomi.

Melansir informasi dari beberapa situs teknologi yang membahas tentang Smartphone, disebutkan terdapat 4 penyebab mengapa baterai HP menjadi kembung. Adapun keempat penyebab tersebut meliputi:

1. Mencharge Smartphone Terlalu Lama

Salah satu penyebab mengapa baterai Smartphone menjadi kembung adalah karena perilaku pengguna yang sering mencharge baterai terlalu lama. Meskipun sebagian besar Smartphone telah dilengkapi dengan fitur pembatasan daya saat baterai dalam kondisi penuh, namun tetap saja mencharge terlalu lama akan membuat baterai menerima muatan listrik berlebih. Jika tetap dibiarkan, maka hal ini akan menyebabkan baterai menjadi penuh.

2. Menggunakan Smartphone Saat Dicharge

Penyebab lain yang dapat menyebabkan baterai Smartphone menjadi kembung adalah menggunakan smartphone saat masih dalam kondisi di charge. Jika smartphone dalam keadaan dicharge, sangat disarankan agar anda tidak menggunakannya. Hal tersebut dapat membuat smartphone menjadi panas dan menyebabkan baterai menjadi kembung.

3. Bermain Game Dalam Waktu Lama

Untuk anda yang hobi bermain game di Smartphone, maka anda sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan ini. Pasalnya, hal ini banyak disebut dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi kembung. Sama dengan poin sebelumnya, bermain game dalam waktu lama di Smartphone dapat menyebabkan Smartphone menjadi panas, sehingga terdapat potensi baterai menjadi kembung.

4. Streamingan Terlalu Lama

Masih terkait dengan poin 2 dan 3 sebelumnya, melakukan streaming terlalu lama melalui Smartphone juga dapat menyebabkan Smartphone menjadi panas dan baterai berpotensi mengalami kembung. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan Smartphone anda untuk menonton video dengan durasi panjang (hingga berjam jam).

Tutorial Cara Mengatasi Baterai Tanam Kembung Xiaomi

cara mengatasi baterai hp xiaomi kembung
Sumber gambar: lazada.co.id

Untuk cara mengatasi baterai tanam kembung Xiaomi, terdapat 5 cara yang dapat anda gunakan. Adapun kelima cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Masukkan Baterai Xiaomi ke Dalam Kulkas

Salah satu penyebab kembungnya baterai xiaomi adalah dikarenakan baterai dalam keadaan terlalu panas. Untuk menurunkan panas ini, anda dapat memasukkan baterai tanam xiaomi anda ke dalam kulkas.

2. Hindari Menggunakan Smartphone Secara Berlebihan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu alasan kenapa baterai HP kembung adalah karena penggunaan yang berlebihan. Untuk itu, anda harus meringankan beban Smartphone Xiaomi anda dengan mengurangi pemakaiannya. Selain itu, disarankan juga kepada anda untuk menghapus sejumlah aplikasi tidak penting yang sering aktif di belakang layar.

3. Tusuk dengan Jarum

Cara mengatasi baterai tanam kembung xiaomi selanjutnya adalah dengan menusuk baterai tanam xiaomi anda yang kembung. Kondisi kembung pada baterai Xiaomi ini disebabkan adanya penumpukan gas. Anda dapat mengeluarkan gas tersebut dengan menusuk bagian baterai yang kembung. 

Namun dalam hal ini, disarankan agar anda tidak menusuknya terlalu dalam, dikarenakan justru dapat menyebabkan kerusakan. Sebelum menerapkan metode ini, anda dapat memulainya dengan melepas terlebih dahulu baterai tanam di smartphone xiaomi anda. 

*catatan:

Pastikan tidak ada kontak atau sumber api di sekitar anda saat menusuk baterai ini. Pasalnya, gas yang keluar dari baterai kemungkinan dapat menyebabkan ledakan saat terkena kontak dengan api atau panas.

4. Hindari Menggunakan Smartphone saat Dicharge

Baterai HP yang telah kembung biasanya akan mengalami kecacatan berupa cepat berkurangnya baterai saat digunakan. Dalam kondisi ini, anda sebaiknya tidak lagi menggunakan Smartphone Xiaomi anda ketika ia dalam keadaan dicharge. Hal tersebut justru akan membuat kondisi kembung baterai menjadi lebih baru.

5. Ganti Baterai Xiaomi

Ganti baterai xiaomi anda adalah opsi yang paling aman untuk anda lakukan jika mengalami kondisi baterai kembung ini. Pasalnya, kondisi baterai kembung ini sendiri terbilang berbahaya, dikarenakan baterai lithium dapat berpotensi meledak. 

Itulah beberapa cara mengatasi baterai tanam kembung Xiaomi yang dapat anda coba jika Smartphone Xiaomi anda mengalami masalah ini. Semoga ulasan singkat ini dapat berguna untuk anda yang membacanya.

Jangan lupa untuk tetap mengikuti blog ini agar anda tidak melewatkan artikel teknologi menarik lainnya dari kami. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Suara Vokal Dengan Audacity

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.