5 Cara Mengatasi Microsoft Word yang Lambat

cara mengatasi microsoft word yang lambat
Sumber gambar: Unsplash.com/@rubaitulazad

Bagaimana cara mengatasi Microsoft Word yang lambat atau not responding?. Mari cari tahu dengan membaca postingan

Microsoft word adalah salah satu software yang termasuk paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer hari ini, baik untuk pengelolaan data, pembuatan karya tulis/paper dan lainnya. 

Namun selayaknya software lain, Software besutan perusahaan Microsoft yang dirilis perdana pada tahun 1983 ini pun tidak lepas dari yang namanya masalah atau error, yang membuat kinerjanya menjadi tidak optimal. Performa yang lambat adalah salah satu diantaranya.

Hingga hari ini, terdapat cukup banyak pengguna komputer yang mengeluhkan masalah microsoft word yang satu ini. Namun apa sebenarnya penyebab masalah microsoft word ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada ulasan kali ini, kami akan secara khusus berbagi informasi kepada tentang faktor penyebab dan cara mengatasi microsoft word yang lambat ini.

Penasaran? 

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Microsoft Word Lambat?

kenapa microsoft word lambat
Sumber gambar: pixabay.com/inspire-studio

Melansir informasi dari beberapa situs teknologi, dijelaskan bahwa terdapat 5 faktor utama dibalik kenapa microsoft word lambat. Adapun kelima faktor yang dimaksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

  1. Terlalu Banyak Multitasking
  2. Terdapat Bugs pada Microsoft Word
  3. Add-ins Error
  4. Fitur AutoCorrect Tidak Berjalan Dengan Benar
  5. Fitur Graphic Acceleration Aktif

Selain menyebabkan performa windows menjadi lambat, sejumlah faktor di atas juga termasuk beberapa alasan kenapa word not responding. 

Tutorial Cara Mengatasi Microsoft Word yang Lambat

Untuk mengatasi microsoft word yang lambat, terdapat beberapa solusi sederhana yang dapat anda coba. Adapun beberapa solusi atau cara mengatasi microsoft word yang lambat yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

1. Matikan Paksa Microsoft Word Lewat Task Manager dan Restart PC/Komputer

Salah cara mengatasi microsoft word yang lambat atau not responding adalah dengan mematikan software ms. word melalui task manager. Cara ini memungkinkan pengguna untuk pengguna untuk menutup paksa microsoft word, sehingga program akan berhenti sepenuhnya.

Adapun cara untuk mematikan microsoft word ini secara paksa melalui task manager ini sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada taskbar – pilih “Start Task manager” (opsi lain; ketik Task Manager pada kolom search pada “Start Menu Windows”.
  2. Pilih program microsoft word – klik kanan – klik “End TasK”.
  3. Microsoft Word pun akan langsung dipaksa berhenti beroperasi (running).

Setelah program microsoft word telah berhasil ditutup, anda dapat melanjutkannya dengan melakukan restart PC atau komputer anda. Selanjutnya, anda dapat membuka dan mengecek kembali performa microsoft word anda, apakah telah kembali normal atau belum.

2. Mematikan Fitur Autocorrect

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu alasan kenapa microsoft word lambat adalah dikarenakan fitur autocorrect yang tidak berjalan dengan baik atau benar. Untuk itu, mematikan fitur ini adalah salah satu solusi atau cara mengatasi microsoft lambat yang sering dicoba oleh banyak pengguna komputer. 

Adapun cara untuk mematikan fitur autocorrect ini sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Buka microsoft word.
  2. Klik menu “File” – pilih “Options” – Klik “Proofing” pada kotak Word Options yang muncul – Klik menu “AutoCorrect Options”.
  3. Selanjutnya, hilangkan tanda centang di bagian ““Show Autocorrect Options Buttons” dan “Automatically use suggestions from the spelling checker”.
  4. Selanjutnya, klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

3. Disable Hardware Graphic Acceleration

Saat anda mengetik di microsoft word, namun tulisan anda muncul sekian detik setelah anda mengetik, kondisi ini disebabkan oleh graphic acceleration dari microsoft word.

Jika dibiarkan kondisi ini dipercaya dapat membuat performa microsoft word menjadi lebih lambat dan bahkan not responding.

  1. Buka Microsoft Word
  2. klik menu “File” – pilih “options” – klik menu “Advanced”.
  3. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada bagian “Disable hardware graphics acceleration”.
  4. Klik “Ok” untuk menyimpan pengaturan.

4. Menghapus Add-ins Microsoft Word

Dalam pengoperasian microsoft word, keberadaan add-ins dapat dikatakan sangat bermanfaat, dimana pengguna akan mendapatkan menu tambahan yang mempermudah pengeditan file di microsoft word.

Namun pada banyak kasus, add-ins juga berpotensi menimbulkan masalah not responding ataupun melambatnya performa microsoft word.

Untuk itu, jika anda menggunakan add-ins ini, kami menyarankan agar anda menghapusnya. Adapun cara mudah untuk menghapus add-ins ini sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Buka microsoft word
  2. Klik menu bar/tab “Insert – pilih My Add-ins.
  3. Saat dialog “Office Add-ins” muncul – klik kanan Add-ins – pilih remove.
  4. Selanjutnya, klik “remove” kembali untuk mengkonfirmasi penghapusan Add-ins.

5. Install Ulang Microsoft Office

Menginstall ulang microsoft office anda menjadi cara mengatasi microsoft word yang lambat terakhir yang dapat anda coba, jika semua cara di atas gagal. 

Dalam hal ini, anda dapat langsung melakukan proses uninstall microsoft office anda melalui control panel. Selanjutnya, anda dapat menginstalnya kembali microsoft office melalui disk instalasi ataupun mengunduhnya di Windows Store.

Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi microsoft word yang lambat. Semoga ulasan singkat ini sekiranya dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya. 

Jangan lupa untuk tetap mengikuti blog ini agar anda tidak melewatkan artikel menarik lainnya yang telah kami siapkan. Terima kasih telah mampir.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Suara Vokal Dengan Audacity

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.