4 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir Sementara

cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara
Sumber gambar: unsplash.com/@solenfeyissa

Bagaimana cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara? cari tahu solusinya di sini!

Seiring dengan bertumbuhnya jumlah pengguna instagram saat ini, pihak instagram menjadi semakin ketat terkait dengan penggunaan layanannya. Terdapat banyak sekali kasus dimana pengguna instagram mendapati akun mereka diblokir, entah itu untuk sementara atau permanen.

Tentu saja, pemblokiran ini dapat terjadi karena aktivitas pengguna yang menyalahi ETOS atau aturan yang diterapkan oleh media sosial yang saat ini berada di bawah naungan Meta Platforms ini.

Jika anda saat ini tengan galau, lantaran akun anda diblokir sementara oleh pihak Instagram. Terdapat solusi cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara yang dapat anda coba?

Namun apa saja cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara tersebut?

Langsung saja simak ulasan yang telah kami rangkum di bawah ini untuk membedahnya.

Penyebab Akun Instagram Diblokir

penyebab akun instagram diblokir
Sumber gambar: pexels.com/@tofros-com-83191/

Sebelum membahas mengenai cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara. Sebenarnya, terdapat banyak faktor penyebab mengapa sebuah akun dapat mendapatkan pemblokiran dari pihak instagram. 

Melansir informasi dari laman situs teknologi panda gila, disebutkan bahwa terdapat 8 penyebab umum dibalik pemblokiran akun instagram ini. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Aktivitas agresif dalam melakukan follow dan unfollow (terlalu cepat).
  2. Memberikan banyak like postingan di instagram dalam jumlah yang terlalu banyak dalam waktu singkat.
  3. Membuat komentar yang kurang pantas di suatu postingan.
  4. Memberikan komentar bersifat spam di banyak akun atau postingan.
  5. Membagikan postingan yang melanggar kebijakan instagram.
  6. Melakukan login dan logout terlalu dengan banyak akun.
  7. Melakukan login melalui aplikasi pihak ketiga yang melanggar kebijakan.
  8. Menggunakan program bot tertentu, seperti autolike, auto follow dan lainnya.

Berapa Lama Akun IG Terkunci Sementara?

berapa lama akun instagram diblokir sementara
Sumber gambar: unsplash.com/@brett_jordan

Untuk lamanya masa pemblokiran sementara akun Instagram, umumnya akun instagram yang diblokir hanya terkunci selama 1-5 hari saja. Selama 1-5 hari tersebut, disarankan kepada anda untuk tidak melakukan aktivitas apapun ke aku anda, entah itu login, memberikan like, berkomentar dan lainnya.

Solusi Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Diblokir Sementara

cara mengatasi akun instagram yang diblokir sementara
Sumber gambar: unsplash.com/@purzlbaum

Jika anda mengalami kondisi pemblokiran ini, terdapat beberapa solusi yang dapat anda manfaatkan Adapun sejumlah solusi cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Install Ulang Aplikasi 

Salah satu solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pemblokiran akun instagram. Sejumlah teori mengaitkan hal ini dengan keberadaan cache pada aplikasi instagram yang mencatat semua riwayat akun penggunanya.

Dengan menginstall ulang aplikasi instagram, maka cache tersebut akan terhapus. Meskipun menghapus cache instagram, bukan berarti menandakan bahwa instagram tidak akan dapat membaca riwayat akun terkait. Pasalnya, aktivitas dari setiap akun instagram tetap tercatat di server Instagram.

Namun banyak kasus, dimana cara ini sukses memulihkan akun instagram yang sebelumnya mengalami pemblokiran.

2. Mengganti Koneksi Internet ke Seluler

Pemblokiran akun instagram yang terjadi secara tiba-tiba dapat juga disebabkan karena IP internet yang digunakan. Untuk itu, anda dapat mencoba untuk mengganti koneksi internet anda menjadi jaringan seluler sementara waktu. Pada beberapa kasus, cara ini dapat membuat akun terlepas dari pemblokiran.

3. Mengakses Akun Melalui Perangkat Lain

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dengan mengganti perangkat dapat mengatasi masalah pemblokiran akun instagram sementara ini. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mengakses akun instagram anda melalui perangkat lain.

Saat melakukan akses dari perangkat lain, umumnya anda akan mendapatkan verifikasi akses dari perangkat lain. Saat verifikasi ini dilakukan, maka kemungkinan akun anda dapat lepas dari status pemblokiran sementara.

4. Tunggu Masa Pemblokiran Berakhir

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masa pemblokiran sementara akun instagram ini umumnya berlangsung selama 1-5 hari. Untuk lebih amannya, anda tidak mengakses akun anda selama rentang waktu hukuman tersebut.

Setelah masa pemblokiran berakhir, anda dapat mencoba mengakses kembali akun instagram anda. Namun jika pemblokiran masih terjadi, anda dapat mencoba melakukan banding ke pihak instagram.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai solusi cara mengembalikan akun instagram yang diblokir sementara. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat, terutama untuk anda yang mengalami kondisi pemblokiran akun ini.

Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti blog ini, agar anda tidak melewatkan artikel menarik dan informatif lainnya dari kami. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Menentukan Tag Produk Instagram Dalam 3 Langkah

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.