4 Cara Menghilangkan Suara Vokal Dengan Audacity

cara menghilangkan suara vokal dengan audacity
Sumber gambar: sweetwater.com

Bagaimana cara menghilangkan suara vokal dengan audacity?. Mari cari tahu tutorialnya di ulasan ini.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini bermunculan banyak jenis software yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan kreatif, salah satunya adalah editing suara atau lagu.

Terdapat cukup banyak software yang menyajikan fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan editing pada file audio atau suara. Salah satu diantaranya adalah software audacity.

Software audacity ini adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing pada audio. Salah satu peruntukan dari software audacity ini sendiri adalah untuk menghilangkan suara vokal dari audio lagu. Fungsi ini sering digunakan oleh banyak content creator, terutama untuk keperluan penyediaan material audio instrument.

Nah, pada ulasan kali ini, kami akan sedikit membahas cara menghilangkan suara vokal dengan audacity ini, yang mungkin belum banyak diketahui. Penasaran?

Langsung saja, simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Tutorial Cara Menghilangkan Suara Vokal Dengan Audacity

cara menghilangkan vokal audacity
Sumber gambar: liliputing.com

Untuk cara menghilangkan suara vokal dengan audacity ini, terdapat 4 cara alternatif yang dapat anda gunakan. Adapun keempat cara remove vocal di audacity tersebut adalah sebagai berikut:

1. Metode Invert

cara menghilangkan suara vokal dengan audacity adalah dengan metode invert. Berikut adalah langkah untuk menerapkan metode ini. 

  • Buka Software Audacity
  • Import file audio lagu yang ingin di edit (klik menu file – pilih “Import” – pilih “Audio” – pilih file yang akan diedit.
  • Pisahkan track dan buat keduanya menjadi “mono” (klik simbol “segitiga terbalik” di sebelah kiri – pilih Split Stereo to Mono”.
  • Setelah track terpisah, klik track pada bagian bawah – klik menu effect – pilih Invert.
  • Setelah suara vokal berhasil dihilangkan, simpan file dengan klik menu file – pilih export (simpan dalam format file yang diinginkan).

2. Metode Vocal Remover

Metode menghilangkan vokal menggunakan software audacity selanjutnya adalah dengan menggunakan metode vocal remover. Metode ini dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tahapan berikut ini.

  • Buka software audacity
  • Import file audio lagu yang ingin di edit ( Klik menu file – pilih “Import” – Pilih “Audio” – pilih file audio yang ingin diedit).
  • Masuk ke menu Effect – pilih “Vocal Remover”.
  • Setelah suara vocal berhasil dihilangkan, anda dapat menyimpan file dengan klik menu File – pilih “Export” – simpan file audio dalam format yang diinginkan.

3. Metode Karaoke

Metode karaoke juga dapat menjadi pilihan cara yang anda gunakan untuk menghilangkan suara vokal di Audacity. Sama dengan beberapa metode sebelumnya, tahapan dalam metode ini juga termasuk mudah untuk diaplikasikan. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu anda lakukan.

  • Buka software Audacity
  • Import file audio yang ingin di edit ( Klik menu file – pilih “Import” – Pilih “Audio” – pilih file audio yang ingin diedit.)
  • Masuk ke menu Effect – pilih “Karaoke”
  • Tunggu hingga proses selesai dan simpan file (klik menu file – pilih export – simpan file dalam format yang diinginkan).

4. Metode Vocal Reduction dan Isolation

Cara remove vocal di Audacity yang terakhir adalah dengan menggunakan metode Reduction dan Isolation. Metode ini dapat digunakan di software Audacity versi terbaru (mulai dari versi 2.2.2). Pada metode ini, anda akan menggunakan plug-in effect “Vocal reduction and isolation”. Untuk langkahnya, anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.

  • Buka software audacity
  • Import file audio yang ingin di edit ( Klik menu file – pilih “Import” – Pilih “Audio” – pilih file audio yang ingin diedit.)
  • Masuk ke menu Effect – pilih “Vocal Reduction and Isolation”
  • Biarkan pengaturan tetap dalam keadaan Default dan pilih “Ok”.
  • Tunggu hingga proses selesai dan export file ( klik menu file – pilih export).

Cara Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu Secara Online

cara menghilangkan suara vokal pada lagu secara online
Sumber gambar: vocalremover.org

Selain dengan menggunakan software audacity, anda juga dapat menghilangkan suara vokal pada lagu secara online melalui beberapa aplikasi berbasis web. Berikut ini adalah beberapa aplikasi online yang paling sering dan populer digunakan untuk menghilangkan suara vokal pada lagu secara online.

Ketiga aplikasi online di atas umumnya memiliki cara kerja yang relatif sama. Ketiga aplikasi tersebut akan secara otomatis menghapus vokal dari file audio yang anda unggah.

Itulah sedikit tutorial cara menghilangkan suara vokal dengan audacity yang telah kami rangkum untuk anda. Semoga ulasan singkat ini cukup informatif dan bermanfaat. 

Jangan lupa juga untuk mengikuti blog ini agar anda tidak ketinggalan ulasan informatif lainnya seputar dunia teknologi dari kami. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Headset Bluetooth yang Tidak Bisa Dicas

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.