6 Cara Meningkatkan Pengunjung Web Yang Biasa Digunakan Pakar SEO

Cara Meningkatkan Pengunjung Web

Ingin meningkatkan jumlah traffic pada website yang tengah dikelola? Namun mengalami kebingungan karena tidak tahu caranya? Jangan Khawatir! Baca saja ulasan penting yang telah disajikan di bawah ini dengan pelan dan hati-hati! Lantaran, di sini telah dirangkumkan berbagai alternatif cara meningkatkan pengunjung web terefektif yang menarik untuk diterapkan.

6 Cara Meningkatkan Pengunjung Web Terefektif

Ini mungkin bukan pekerjaan mudah. Perlu konsistensi dan semangat belajar yang tinggi. Panduan ini bisa dikatakan hanya menggores permukaan, tapi dapat menjadi langkah awal yang akan membawa Anda ke level selanjutnya.

Mari kita langsung saja pada bagian utama;

1. Temukan Keyword Terbaik

Pertama, yang wajib dilakukan sebagai cara meningkatkan pengunjung web terefektif ialah dengan meriset keyword yang akan digunakan untuk konten. Diluar sana, sebenarnya ada banyak tools riset keyword untuk membantu Anda melakukannya dengan baik. Baik yang bersifat gratis atau pun berbayar. Pilih saja mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Hal teknis ini mempunyai beberapa tujuan esensial, yakni:

  • Memudahkan pengakses untuk menemukan website berdasarkan kata kunci yang dimasukan ke laman pencarian;
  • Meningkatkan potensi penyaranan di halaman utama Google karena konten dianggap memiliki manfaat dan relevan dengan kebutuhan para pencari;
  • Mengoptimalkan konten sebagai bahan referensi yang dapat bermanfaat bagi perkembangan traffic jangka panjang; serta
  • Berbagai macam hal lain yang baik secara singkat maupun bertahap dapat menambah jumlah kunjungan para pengakses Google ke website yang dikelola.

Baca juga: Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

2. Perbanyak Konten Artikel Pilar

Artikel pilar ini merupakan pokok bahasan utama yang terdapat pada suatu website, sehingga jika semakin menarik maka trafficnya akan semakin besar.

Artikel pilar adalah jenis konten yang seharus menargetkan kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi. Itu artinya, otomatis memiliki tingkat persaingan tinggi. Jadi penting untuk merencanakannya sebagai jenis tulisan yang cukup komprehensif.

Dalam aplikasinya, biasanya juga didukung oleh topik klaster untuk penjelasan spesifik yang terkait dengan point-point yang ada pada artikel pilar. Konsep ini juga dikenal dengan istilah Hub Content.

HUB CONTENT - Cara Meningkatkan Pengunjung Web
Source image: Marshub.org

Secara umum, bila pengembang ingin mengoptimasi website dengan alternatif ini, maka yang harus dilakukan adalah:

  • Menentukan sebuah topik yang penting dan banyak dicari dengan isi yang rinci dan bersifat informatif, umumnya memiliki panjang paling minimal 2000 kata;
  • Mengecek plagiasi sehingga konten lebih original dan mudah masuk ke halaman penyaranan utama Google;
  • Memastikan bahwa usia akses artikel panjang, atau topiknya bersifat sepanjang masa, sehingga memungkinkan orang membaca atau menjadikan referensi kapan saja; dan
  • Mencantumkan referensi atau sumber (tertentu) yang bisa meyakinkan pengakses bahwa konten tersebut dapat dipercaya kebenarannya.

3. Melengkapi Website dengan Media Penunjang

Selanjutnya penting juga untuk melengkapi sebuah website dengan media penunjang yang dapat meningkatkan daya tarik pengakses.

Misalnya saja dengan menambahkan beberapa media, seperti:

  • Aneka gambar ilustrasi berkualitas yang relevan dengan isi konten yang ada pada web;
  • Berbagai macam grafik atau chart yang diperlukan pada konten-konten yang berisikan data statistic, agar pengakses lebih mudah memahami;
  • Beragam audio atau video yang atraktif seperti aneka tutorial, video music, dan sebagainya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing website; dan
  • Jenis media atau dokumen lain yang keberadaannya dapat melengkapi website serta memudahkan pengunjung dalam hal pengaksesannya.

Baca juga: 90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

4. Mengoptimasi Performa Sebuah Website

Berikutnya yang keempat, pengembang juga wajib memperhatikan secara detail terkait bagaimana performa website ketika diakses oleh pengunjung. Khususnya terkait pada sejumlah aspek performa dasar yang terdiri dari:

  • Kecepatan pembukaan halaman, yang berimbas pada nyaman atau tidaknya pengguna dalam mengunjungi suatu website;
  • Kemudahan pengaksesan melalui banyak perangkat yang dimiliki oleh pengakses, baik via komputer desktop, laptop, netbook, maupun ponsel sekalipun;
  • Pemasangan iklan dalam jumlah terbatas agar tidak mengurangi estetika dan membuat pengunjung jengkel serta merasa kapok untuk mengakses kembali;
  • Kestabilan website dan tidak sering error ketika diakses oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan; dan
  • Serangkaian elemen lain yang berkaitan erat dengan urusan kenyamanan pengguna selama mengakses suatu website.

Baca juga: Penyebab dan 7 Cara Mempercepat Loading Website Terbaru

5. Jalankan Promosi Melalui Sosial Media

Terakhir, namun merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung web terefektif ialah menjalankan promosi via sosial media. Alternatif ini bisa dilakukan dengan banyak jalan kreatif, misalnya:

  • Membuat halaman khusus yang relevan dengan website;
  • Memposting aneka konten penting, lucu, ataupun informatif yang dapat menarik perhatian pengguna sosmed, yang kemudian diarahkan untuk mengakses website;
  • Menyebarkan informasi website secara berlanjut baik melalui postingan beranda, grup komunitas tertentu yang relevan atau yang lainnya, agar website lebih dekat dengan pengakses;
  • Memanfaatkan fitur unggulan seperti story yang bisa diswipe up untuk memudahkan pengaksesan pengguna;
  • Menciptakan event spesial yang persyaratannya dilampirkan pada sebuah website; dan
  • Aneka cara promosi kreatif dan inovatif lainnya yang bisa disesuaikan.

6. Tingkatkan Otoritas Situs Anda

Otoritas situs adalah istilah untuk mengambarkan bahwa situs Anda dipercaya. Itu artinya, dipercaya oleh penggunanya, dipercaya oleh pakar industri terkait, dipercaya oleh website lain dan tentunya juga dipercaya oleh mesin pencari.

Pertanyaannya, siapa yang menentukan bahwa situs Anda memiliki otoritas yang tinggi. Tidak ada jawaban pasti, namun Anda dapat menggunakan logika Anda.

Faktor penentu otoritas situs adalah konten yang Anda buat. Ini mewakili sejauh mana Anda menjadi pakar untuk industri Anda. Jadi, pastikan apa yang Anda publikasikan mampu menjawab pertanyaan pengguna saat mereka melakukan pencarian dan menemukan halaman web Anda.

Konten yang jelas, mudah dipahami, dan struktur yang mampu memberi pengalaman yang baik pada pengguna.

Selanjutnya, yang menentukan bahwa website Anda memiliki otoritas tinggi adalah Google dan mesin pencari lainnya.

Google mungkin bisa mewakili hampir seluruh mesin pencari di dunia. Dan faktanya, memang ini adalah mesin pencari paling populer saat ini.

Google memiliki standar kualitas konten yang sangat ketat. Dalam hal ini mereka menggunakan istilah E-A-T (Expertise, Authority dan Trustworthiness).

Selain Anda perlu melengkapi halaman standar yang menjadi penilaian, seperti; halaman About, contact, hingga privacy policy, Google juga menilai dari kualitas dan kuanitas tautan yang masuk ke situs Anda dari halaman situs lain.

Ya.. tautan dari situs eksternal yang juga memiliki otoritas, sangat bernilai tinggi untuk meningkatkan otoritas situs Anda. Tautan yang masuk tersebut, biasanya disebut dengan istilah backlink.

Google memperlakukan backlink sebagai mosi percaya. Dalam persektif SEO, Google akan memberi peringkat sebuah website menjadi lebih tinggi berdasarkan suara (backlink) itu. Oleh karena itu, semakin banyak backlink berkualitas baik yang situs Anda peroleh, maka itu semakin baik untuk peringkat website di SERP Google.

Satu backlink dari situs otoritas tinggi, memiliki nilai lebih daripada banyak tautan dari sekelompok situs otoritas rendah.

Bagaimana meningkatkan otoritas situs?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan otoritas situs. Pertama, Anda perlu membuat konten yang berpotensi mendapat rujukan berupa tautan dari situs lain.

Apakah itu terdengar sulit? Jawabannya, bisa iya dan bisa juga tidak.

Saya pribadi mungkin berpendapat yang cenderung berpikiran sulit. Karena memang sedikit sulit untuk mendapat tautan secara alami dari situs otoritas tinggi, jika tidak memiliki konten yang sangat luar biasa dan mampu menjangkau web master lain untuk secara sukarela memberi tautan ke konten Anda.

Apalagi jika Anda baru, yang justru belum begitu dipercaya oleh para editor web lain sebagai refrensi konten mereka.

Dalam posisi ini, alternatif yang biasa digunakan oleh praktisi SEO adalah menerapkan strategi link building. Ini biasanya mencakup beberapa teknik yang intinya adalah upaya mendapat tautan dari website lain.

Beberapa diantaranya yakni; upaya Guest Posting, konten bersponsor, content placement, hingga menggunakan layanana jasa backlink berbayar dari perusahaan profesional yang menyediakan layanan tersebut.

Guest Posting

Guest posting adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas memposting artikel di blog atau website orang lain. Tujuannya sangat sederhana, Anda membutuhkan tautan dan berkonstribusi memberi artikel atau konten berkualitas ke pemilik situs yang menyediakan kesempatan ini.

Manfaat utama dari Guest Posting sangat jelas. Anda mendapat backlink atau tautan yang di tempatkan pada artikel tersebut untuk diarahkan halaman website Anda.

Menurut Fitri. A Bloggger yang aktif menulis di blog matchadreamy.com Guest Blogging juga bermanfaat sebagai sarana saling support antar blogger. Ini juga sekaligus meningkatkan visibiltias online. Dimana berpotensi memperoleh traffic rujukan dari situs tempat dimana posting tamu dilakukan.

Konten Bersponsor / Content Placement

Dua jenis strategi ini adalah upaya untuk memperoleh tautan dengan membayar pada blog atau website yang menyediakan layanan tersebut.

Anda membayar dan Anda mendapat tautan dari layanan ini. Itu tidak sulit yang penting Anda memiliki cukup biaya untuk melakukannya.

Jasa Backlink

Jasa backlink adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan atau orang yang berspesialisasi dalam membantu pemilik bisnis dalam membangun tautan untuk strategi SEO.

Layanan jenis ini cukup efektif dan biasanya mereka cukup berpengalaman dalam link building. Sayangnya, cara ini Anda harus membayar penyedia dan untuk mendapat tautan berkualitas, biasanya dengan harga cukup tinggi.

Kesimpulan

Nah, demikianlah tadi serangkaian informasi penting terkait cara meningkatkan pengunjung web terefektif yang bisa diterangkan. Bagaimana? Serangkaian ulasan cara yang disebutkan di atas cukup mudah untuk dipelajari dan diikuti, bukan? Jadi, sebaiknya jangan membuang banyak waktu! Segera saja lakukan, agar optimasi jumlah kunjungan pada website yang dikelola, lekas dapat terwujudkan!

Scroll to Top