7 Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook dengan Mudah

Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook

Banyak penjual menggunakan Facebook sebagai media untuk berjualan secara online. Namun, bagaimana cara meningkatkan penjualan di facebook, belum banyak yang mengetahui. Kebanyakan pengguna hanya menggunakan media ini sekadar untuk mengunggah foto dan memberikan caption seadanya. Padahal, media sosial yang satu ini juga berfungsi sebagai marketplace dan memiliki potensi besar untuk bisnis online.

Jika Anda tertarik, maka kita langsung mulai saja.

7 Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook

Berikut adalah langkah-langkah penting yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan di Facebook.

1. Permudah Akses bagi Pembeli

Hal pertama yang harus dilakukan dan menjadi cara meningkatkan penjualan di facebook yang utama adalah memberikan kemudahan akses kepada pembeli. Tampaknya sederhana, namun banyak yang lupa menyematkan nomor telepon di Facebook.

Facebook memang lahir sebagai media untuk mencari teman. Orang bisa melihat biodata pengguna untuk kemudian berkenalan. Namun, tak sedikit juga orang yang menutup identitasnya agar terhindar dari gangguan pesan dari orang tak dikenal.

Hal ini tentu harus segera diubah jika pengguna akan memanfaatkan akun facebooknya untuk berjualan. Menyematkan nomor telepon yang bisa dihubungi, email, bahkan alamat toko, akan membuat followers dan calon konsumen percaya dengan kredibilitas akun yang menjual produk.

2. Pamerkan Produk

Cara berikutnya agar penjualan terdongkrak adalah, jangan lupa memamerkan produk. Memajang foto produk bisa melalui story atau timeline. Penjual bisa memajang foto dengan semenarik mungkin. Bukan hanya satu, tapi bisa juga memamerkan produk barang dari berbagai angle.

Tak lupa berikan deskripsi atau caption yang estetik. Kemas dengan bahasa-bahasa menarik, agar lebih banyak calon konsumen yang klik. Sederhananya, bagaimana konsumen akan mengenal sebuah produk jika tidak dikenalkan dan dipamerkan.

Baca juga: Pentingnya Slogan dan Deskripsi Produk dalam Pemasaran

3. Rajin Posting

Sebagai seorang penjual di media online, maka cara meningkatkan penjualan di facebook tentu saja dengan meningkatkan frekuensi postingan. Facebook atau media apapun memiliki pola yang sama dalam hal penelusuran mesin pencari.

Pengguna yang lebih sering posting, tentu akan lebih banyak tersebar dan terbaca di linimasa daripada yang jarang melakukan unggahan. Memosting foto produk atau apapun di facebook bisa dilakukan secara terjadwal, mulai dari harian sampai mingguan.

Pastikan hal ini secara rutin dilakukan dan dijaga konsistensinya, agar calon konsumen semakin banyak mendapat informasi tentang produk yang dijual. Lebih jauh lagi, calon pembeli akan menempatkan facebook yang rajin update sebagai akun bonafid.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee Dalam 5 Langkah Utama

4. Kejar Like Followers

Menjual produk di media sosial, konsumen yang diandalkan tentu saja para followers. Itulah sebabnya penjual juga harus intens mencari dan meningkatkan followers. Postingan yang dibuat tidak lain adalah untuk menarik perhatian para followers.

Peningkatan like nantinya akan menjadi potensi para followers bertanya tentang produk dan akhirnya membeli. Meningkatkan like dari followers, selain dengan rajin posting, bisa juga dengan menggunakan fitur ‘halaman’.

5. Tingkatkan Kualitas Postingan

Meningkatkan penjualan sangat perlu diseimbangkan juga dengan meningkatkan kualitas postingan. Seperti halnya membangun blog atau web, sebaiknya tidak mencampuradukkan postingan tentang produk dengan postingan yang tidak relevan dengan jualan.

Kualitas postingan dapat ditingkatkan dari segi kualitas gambar, atau bahasa penawaran yang digunakan untuk menggaet konsumen. Meningkatnya kualitas postingan nantinya juga akan berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan.

6. Mainkan Kontes

Penjual bisa menggunakan cara meningkatkan penjualan di facebook dengan memainkan kontes, contohnya dengan memberikan ‘giveaway’. Banyak sekali pengguna media sosial yang tertarik dengan kontes semacam ini, meskipun semuanya juga mengetahui kecilnya probabilitas yang ada.

Penjual makanan atau pemilik restoran misalnya, bisa menggunakan kontes di facebook dengan meminta para followersnya melakukan like dan comment tentang foto yang diunggah. Secara random, penjual akan memilih pemenang untuk mendapatkan voucher makan siang di restoran tersebut.

7. Gunakan Fb Ads

Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook

Cara meningkatkan penjualan di facebook menggunakan ads tentunya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Penjual dalam hal ini harus mengalokasikan biaya untuk iklan. Namun sebelumnya, pastikan penjual sudah mengunci target pasar penjualannya, sehingga ads yang dikeluarkan tidak akan sia-sia.

Berjualan di facebook menggunakan ads bukan hanya membutuhkan alokasi biaya, tetapi juga alokasi waktu. Penjual harus bisa memantau efektivitas dan efisiensi ads yang digunakan. Bandingkan dengan peningkatan penjualan yang didapatkan.

Memanfaatkan facebook sebagai tempat jualan, bukan hanya perlu mencari followers, tetapi juga penting untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan di facebook. Jika tidak diulik dan diterapkan dengan baik, maka facebook hanya akan menjadi etalase, tanpa mendatangkan pembeli.

Scroll to Top