Inilah 8 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram agar Omset Berkali Lipat

Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Berjualan online melalui sosial media memang cukup populer belakangan ini. Apalagi pengguna Instagram sangat tinggi. Dimana mencapai angka 1 Miliar lebih. Ini bisa menjadi salah satu peluang mempromosikan bisnis secara mudah. Bahkan engagement dari media sosial satu ini terbilang terbaik dibandingkan lainnya. Pebisnis hanya perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan di Instagram pada saat menjalankannya.

8 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Apabila berkeinginan meningkatkan penjualan, maka Instagram memiliki peluang cukup bagus karena sudah banyak fitur pendukungnya untuk promosi. Dijamin melalui hal ini bisa mendongkrak penjualan dan sekaligus menghasilkan keuntungan menjanjikan.

Untuk mengetahui beberapa cara mudahnya, simak ulasan di bawah ini:

1. Mengoptimalisasi Profil Instagram Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara meningkatkan penjualan di Instagram adalah dengan mengoptimalisasi profil. Pastikan bahwa telah mengisinya dengan informasi yang dibutuhkan, mulai dari foto profil, biodata berisikan deskripsi singkat bisnis, hingga link kontak atau langsung menuju web untuk melakukan transaksi.

Pengoptimalisasian pada profil Instagram cukup penting dilakukan agar pelanggan bisa melihat informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga menyiapkan impresi yang bagus dan menarik perhatian pelanggan adalah hal wajib perlu diperhatikan.

Baca: Tips Upgrade Profil Bisnis Instagram

2. Membuat Feed Instagram yang Menarik

Tidak hanya mengoptimalisasi profil, namun cara meningkatkan penjualan di Instagram lainnya yaitu usahakan membuat feed yang menarik. Misalnya saja foto produk layaknya katalog fisik yang ditata sedemikian rupa dan caption menarik agar pelanggan berminat membelinya.

Simak:

3. Memposting Saat Prime Time

Jadwal memposting sebuah foto produk dengan caption menarik juga perlu diperhatikan. Hal ini akan berpengaruh pada engagement sekaligus interaksi akun-akun yang ada pada media sosial seperti Instagram. Apalagi terdapat fitur Insight yang dapat mengetahui secara tepat kapan waktu efektif untuk mengunggah konten.

Tujuannya adalah agar postingan bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Sehingga semakin banyak orang yang melihat, maka penjualan produk atau jasa yang ditawarkan lebih meningkat. Keuntungan yang dihasilkan pun terbilang cukup menggiurkan.

4. Manfaatkan Hestek Spesifik

Jangan lupa pula untuk memanfaatkan hestek spesifik yang memudahkan pengguna agar bisa menemukan postingan. Pastikan bahwa hestek yang dituliskan pada caption sesuai dengan topik favorit maupun sering dicari oleh pengguna. Dengan begitu, akun Instagram bisnis bisa meraih banyak pengguna baru. Hal inilah yang nantinya bisa meningkatkan transaksi atau penjualan produk. Cukup mudah dilakukan, bukan?

Baca: Langkah-langkah Meletakkan Tag Produk Instagram

5. Membangun Kerja Sama dengan Influencer Instagram

Influencer Instagram memiliki peranan penting dalam meningkatkan penjualan produk. Hal ini dikarenakan kekuatan maupun strategi pemasaran yang dimilikinya di sosial media, sehingga pelanggan jadi lebih percaya. Namun pastikan bahwa influencer yang dipilih dapat menginterpretasikan produk secara baik. Pebisnis pun bisa menyiapkan anggaran sesuai kemampuan dan juga kebutuhan promosi produk.

6. Membuat Konten Sesuai Trend

Kini trend di sosial media tentunya berubah tiap harinya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan konten yang menarik, terutama sebagai cara meningkatkan penjualan di Instagram. Misalnya saja seperti mengaitkan foto produk dengan lagu booming atau challenge tertentu yang dapat meningkatkan engagement akun Instagram. Cara inilah yang akan memikat pengguna baru dan melakukan transaksi.

7. Mengunggah Testimoni Pembeli

Cara meningkatkan penjualan di Instagram berikutnya yaitu dengan mengunggah testimoni pembeli ataupun bukti transaksi pembelian. Hal ini berguna sebagai testimoni positif yang akan meyakinkan pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan. Sehingga pelanggan lebih percaya dan mengakui bisnis online tersebut.

8. Memberikan Diskon Produk

Setiap orang pasti menyukai diskon atau potongan harga sebuah produk. Bahkan tak jarang hal ini lebih mudah menarik perhatian pembeli loh. Misalnya saja pemberian gratis produk ataupun diskon untuk tiap minimal pembelian yang ditetapkan di awal. Cara ini banyak dilakukan dan dianggap sebagai strategi promosi terbaik untuk meningkatkan angka penjualan.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan tentang cara meningkatkan penjualan di Instagram yang cukup mudah dilakukan oleh semua seller toko online. Selain menggunakan cara tersebut, ada baiknya menambahkan promosi secara halus untuk menarik banyak konsumen dengan jangkauan lebih luas. Sehingga nantinya dapat menambah jumlah angka penjualan secara signifikan dan menghasilkan keuntungan menjanjikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Scroll to Top