7 Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Traffic Website

Mengelola sebuah website, ternyata tak mudah untuk meningkatkan pengunjungnya. Pengelola web bahkan harus mencoba banyak cara meningkatkan traffic website, agar pengunjung meningkat dan mendatangkan keuntungan yang beragam.

Misalnya meningkatkan rating web di mesin pencari, sampai dengan meningkatkan penjualan lewat web. Beberapa cara ini bisa dicoba untuk meningkatkan traffic pengunjung web:

7 Cara Meningkatkan Traffic Website

Cara yang paling favorit untuk meningkatkan traffing website adalah dengan strategi SEO. Ini artinya Anda melakukan serangkaian upaya agar halaman web Anda peringkat 1 di Google.

1. Riset Keyword

Melakukan riset kata kunci merupakan salah satu cara meningkatkan traffic website yang sederhana namun tidak bisa disepelekan. Banyak pemilik blog atau website yang hanya fokus pada mengunggah konten, tanpa melakukan riset keyword dengan baik.

Hal itu menjadikan konten-konten yang diunggah, meskipun baik, namun tidak populer. Dengan begitu, pengunjung tentu akan sangat sedikit yang melakukan click ke artikel tersebut, sehingga tidak menambah traffic.

Riset kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan tools yang banyak direferensikan. Selain itu, optimasi kata kunci juga bisa digunakan. Misalnya, dengan menggunakan long tail keyword atau memanfaatkan LSI untuk memperkaya konten.

Baca: Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

2. Rutin Update Artikel

Cara meningkatkan traffic website yang populer adalah dengan rutin melakukan update artikel. Web yang melakukan update informasi, tentu akan terbaca sebagai situs yang hidup dibandingkan dengan yang jarang melakukan unggahan. Contohnya, akun berita yang hampir setiap jam mengunggah informasi.

Update artikel harus menjadi agenda yang fokus dilakukan, jika benar-benar ingin membangun web dengan baik. Artikel bisa diunggah dengan jadwal harian atau mingguan, tentunya setelah memastikan menemukan kata kunci yang tepat.

3. Optimasi SEO Artikel

Membuat artikel memang mudah. Namun, jika ingin meningkatkan traffic buatlah artikel dengan optimasi SEO. Mengoptimalkan SEO menjadi salah satu cara meningkatkan traffic website yang bisa dilakukan baik secara on-page maupun off-page.

Melakukan optimasi SEO, akan membuat artikel memiliki peluang terbaca di first page mesin pencarian. Selain itu, optimasi ini akan memberikan keuntungan kepada pemilik website. Pencari informasi umumnya akan memilih artikel yang bertengger di halaman pertama dengan rangking tertinggi, karena menganggap web tersebut kredibel.

Baca juga:

4. Buat Konten Video

Selain membuat artikel, konten lain yang bisa ditambahkan adalah video. Beberapa kata kunci tidak selalu harus diunggah dalam bentuk artikel. Namun bisa saja pembaca lebih memilih konten berupa video untuk diklik.

Keuntungan lain dari unggahan video adalah alasan kepraktisan untuk membuat pengunjung betah berada di web yang dikelola. Banyaknya kompetitor website, mengharuskan seorang pengelola web membuat artikel panjang, menambahkan infografis, dan ilustrasi menarik lainnya.

Jika hal tersebut gagal dilakukan, maka web yang dibangun juga akan sepi pengunjung. Itulah sebabnya konten berbentuk video bisa menjadi alternatif untuk memberikan penjelasan, alih-alih hanya narasi artikel.

5. Tingkatkan Kecepatan Web

Selain mengoptimalkan konten, perhatikan cara meningkatkan traffic dari sisi kecepatan web. Era digital membentuk pengunjung web menjadi sangat dinamis, sehingga tidak punya waktu lama untuk menunggu web terbuka dan menampilkan isinya.

Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan web atau blog adalah sebuah kewajiban. Bayangkan jika kompetitor sudah mengemas website-nya dengan sangat cepat dan mobile friendly, maka potensi kehilangan pengunjung tentu semakin besar.

Baca: Penyebab dan 7 Cara Mempercepat Loading Website Terbaru

6. Manfaatkan Tautan

Dalam pembuatan artikel, banyak yang sering melupakan tautan baik internal maupun eksternal. Padahal, link yang optimal adalah teknik agar pengunjung meningkat. Ketika pembaca sedang membaca sebuah artikel dan melihat tautan, bukan tidak mungkin akan melanjutkan klik pada tautan tersebut.

Tautan juga menjadi salah satu cara yang dianjurkan ketika mengoptimasi SEO. Terutama dengan menautkan artikel yang dibuat dengan artikel di luar website. Jika artikel luar memiliki page rank yang baik, maka artikel di web akan turut tergaet naik.

Kami sebagai perusahaan jasa backlink atau layanan untuk membangun tautan untuk SEO. Jadi, tips: 5 Metode Link Building Yang Ideal Sesuai Aturan Google Terbaru layak untuk Anda percaya.

7. Aktif di Komunitas

Cara santai namun dapat mendongkrak pengunjung yaitu bergabung di komunitas. Teknik ini sering diremehkan, padahal memiliki manfaat tak kalah besar. Para blogger yang berkumpul bisa melakukan blogwalking atau guest post antar anggota komunitas. Dengan begitu, setidaknya para anggota komunitas akan mampir di website tersebut.

Mengetahui cara meningkatkan traffic website adalah sebuah keuntungan bagi pengelola website. Bukan semata-mata menambah pengunjung dan meningkatkan DA/PA, tetapi traffic yang baik akan membuat crawler Google menilai web tersebut informatif dan kredibel.

Scroll to Top