Cara Menjadi Dropshipper di Shopee? [5 Hal Penting Untuk Ketahui Pemula]

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Cara menjadi dropshipper di Shopee itu tidak sulit. Namun juga bukan berarti sangat mudah. Anda perlu belajar tentang mekanisme dan strategi untuk sukses. Selanjutnya, ini yang paling penting! Konsistensi Anda untuk membangun bisnis adalah kunci yang membawa Anda pada pemahaman tingkat lanjut.

Artikel ini akan memandu Anda menjadi seorang dropshipper sukses. Mulai dari langkah awal cara mendaftar jadi dropship di Shopee hingga strategi untuk meningkatkan penjualan. Step by step dari A hingga Z.

Apa itu Shopee?

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Source: careers.shopee.co.id

Shopee adalah platform e-commerce yang pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015. Dalam proses perjalanannya, perusahaan ini telah tumbuh dan berkembang ke Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Indonesia, dan Taiwan. 

Shopee bisa dikatakan telah mendapatkan reputasinya, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara.

Platform e-commerce ini telah bertumbuh ke model hybrid C2C dan Business-to-consumer (B2C). Misi utama dari platform ini adalah untuk memberikan pelanggannya pengalaman berbelanja online yang aman, cepat dan mudah melalui metode pembayaran yang aman dan dukungan logistik yang mumpuni.

Shopee, membedakan dirinya dengan situs e-commerce lain yang berkembang pesat dan mapan seperti Lazada dan AliExpress, melalui layanan escrow-nya sendiri. Layanan escrow yang terkenal dengan nama “Shopee Guarantee” ini menahan pembayaran penjual sampai pembeli menerima produknya. Sehingga pengguna Shopee dapat merasa aman dalam proses transaksinya.

Banyak pelaku usaha kecil tertarik untuk memulai bisnis dropshipping di Shopee. Alasannya sederhana, itu karena cara dropship di Shopee mudah dilakukan, juga menjanjikan kuntungan yang layak untuk diperjuangkan.

Program Dropshipping di Platform Shopee

Shopee memungkinkan siapa pun untuk mempromosikan dan menjual produk melalui platform mereka. Sementara, cara dropship di Shopee dapat dicapai melalui metode atau sistem dropshipping yang ada disana.

Sebagaimana telah di ulas di awal, Shopee telah menjangkau pasar di beberapa Negara. Seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Indonesia, dan Taiwan. Setiap wilayah memiliki aturan dan mekanismenya sendiri. Sementara, artikel ini akan berfokus untuk wilayah Indonesia.

Dropship Shopee Indonesia

Indonesia, dengan populasi 260 juta, merupakan pasar e-commerce paling populer di Asia Tenggara. Sekitar 90% dari populasi negara adalah Muslim, memiliki perbedaan bahasa dan budaya yang sangat beragam. Ini adalah pasar yang unik dan Anda mungkin dapat menjangkau pasar spesifik berdasarkan fakta tersebut.

Di Indonesia, Shopee diklasifikasikan sebagai platform online baru di pasar. Namun, telah menjadi salah satu aplikasi belanja seluler yang sangat populer. Sulit untuk menemukan orang yang tidak mengenal Shopee, ya.. kan.. Khususnya untuk generasi milenial.

Meski demikian, Shopee masih terbilang muda. Jika dibandingkan dengan marketplace e-commerce Indonesia yang sudah ada seperti sebelumnya. Seperti Bukalapak dan Tokepedia. Dalam hal ini, Shopee seringkali menawarkan promo menarik kepada konsumen. Ini menjadikannya sebagai tempat yang layak untuk mendapatkan keuntungan.

Anda hanya perlu mempertimbangkan mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda. Sesuai dengan minat, tujuan Anda, dan niche yang Anda pilih. Lebih baik tahu lebih banyak tentang cara meningkatkan penjualan di shopee. Untuk memastikan kesuksesan Anda.

Alasan Mengapa Menjadi Dropship di Shopee?

Ini adalah hal yang paling minat pengguna, shopee menawarkan program promosi bebas ongkir. Supplier dan pembeli dari berbagai wilayah benar-benar di untung saat menjual produk melalui layanan ini. Itu artinya, ada banyak varian produk yang dapat di pilih untuk Anda jual.

Bisa dikatakan, apa pun yang dijual di toko sebelah, Anda juga dapat menemukannya di Shopee.

Namun tentunya Shopee sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum benar-benar menggunakannya, Anda mungkin juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan shopee.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee untuk Pemula

Untuk memulai dropship di Shopee ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Itu adalah sebagai berikut:

1. Membuat akun dan terdaftar sebagai pengguna Shopee

Langkah:

  • Tidak perlu pendaftaran perusahaan. Siapapun bisa berjualan di Shopee.
  • Daftar sebagai penjual Shopee secara gratis
  • Hal terbaik dari Shopee adalah mereka tidak memiliki komisi penjualan. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.
  • Dropship di Shopee gratis.
  • Dengan integrasi satu klik yang mudah dan mulai memilih, Anda dapat menyinkronkan produk ke toko Shopee Anda secara instan.
  • Anda tidak perlu menyalin dan menempelkan detail pesanan pelanggan dan pemesanan tempat manual. Karena pesanan dari sistem Shopee akan otomatis memproses pesanan.

Untuk cara mendaftar jadi dropship di shopee akan di jelaskan nanti dibagian bawah.

Sekarang kita lanjut ke hal-hal yang perlu diketahui.

2. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Selanjutnya, Anda perlu menentukan produk yang akan Anda jual. Ini pada dasarnya dapat Anda pertimbangkan dari berbagai faktor. Mungkin, beberapa suka mengikuti trend pasar. Atau memilih pasar spesifik yang sesuai dengan minat Anda. Semua memiliki tantangannya masing-masing.

Menentukan target pasar adalah penting untuk memudahkan Anda menetapkan strategi marketing di masa akan datang. Secara pribadi saya lebih suka menjual produk yang saya suka. Minat dan ketertarikan terhadapa produk yang akan di jual membuat kita lebih mudah untuk mendeskripsikan produk dalam strategi pasar.

Baca: Pentingnya Slogan dan Deskripsi Toko Online dalam Memasarkan Produk

Memilih produk spesifik beradarkan hoby, akan menjauhkan Anda dari persaingan yang sulit.

Contoh, seperti saya suka dengan brand fashion surfing. Jelas akan lebih mengenal apa yang sedang dibutuhkan oleh orang-orang yang hoby surfing. Niche spesifik seperti ini seringkali hanya dikelola oleh sedikit orang. Jadi jelas sedikit mudah jika dibandingkan dengan pasar umum. Seperti peralatan rumah tangga yang harus bersaing dengan ribuan penjual lain.

Jika nilai produknya sangat Anda kenal, itu akan memudahkan Anda untuk mempromosikanya.

Terlepas penjualan sistem dropship di shopee, atau hanya sebagai reseller, jika pihak supplier bersedia untuk bekerja sama dengan Anda, itu adalah langkah awal yang baik.

Anda perlu sedikit berhati-hati dalam memilih supplier. Cari orang-orang memiliki visi yang jauh ke depan. Ini memastikan sistem kerja sama Anda akan terjalin dengan baik.

3. Mencari Supplier Terpercaya

Memilih jenis produk sudah dan target pasar sudah di ujung pikiran Anda. Semua sudah terlihat jelas. Saatnya Anda mencari dan memilih mitra yang tepat. Ini adalah cara menjadi dropship di shopee yang cukup penting untuk kelangsungan bisnis Anda.

Tahapan utama untuk mencari distributor atau supplier yang menerima sistem dropship, diantaranya adalah sebagai berikut;

Langkah mencari supplier di Shopee:

  • Pilih jenis produk yang sesuai niche Anda
  • Filter produk berdasarkan kategori terlaris
  • Pilih Start Seller yang reputasinya minimal 4 bintang keatas
  • Pilih lokasi supplier menggunakan fitur Sharing Filter di Shopee

Tidak sulit menjadi dropsip di Shopee karena ada banyak banyak penjual yang terbuka dengan sistem marketing ini. Cobalah untuk berbicara dengan calon mitra Anda. Dari sistem komunikasi awal Anda dapat menilai sejauh mana keseriusan mereka dalam bisnis.

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Barang Dari Distributor yang Aman dan Terpercaya

4. Pilih Produk Dengan Tingkat Konversi Tinggi

Ada beberapa jenis produk yang telah memiliki pasarnya sendiri. Ini memungkinkan Anda akan mendapat konversi tinggi. Konversi tinggi maksudnya adalah jenis produk yang memiliki perputaran cepat. Pasar sudah memahami dan mungkin menjadi kebutuhan rutin mereka. Sehingga Anda tidak perlu melakukan edukasi yang biasanya menguras waktu saat pemasaran nanti.

Pada jenis produk ini, Anda juga mungkin akan mendapat potensi repeat order. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu kunci untuk cara menjadi dropshipper di Shopee yang sukses. Dengan kata lain, Anda tidak perlu melakukan promosi berulang kali untuk menjual produk jenis ini.

Promosi lebih pada bagaimana memperkenalkan bisnis Anda. Dan saat mereka mengenal Anda, itu peluang untuk menjadi pelanggan setia.

5. Siapkan Modal Awal

Benar bawah cara menjadi dropship di Sopee itu tanpa modal. Karena, Anda tidak perlu membeli stok produk untuk memulai penjualan. Namun, sistem escrow atau “Shopee Guarantee” akan membuat yang yang telah di bayar pembeli akan di tahan di akun Shopee Anda. Hingga pelanggan melakukan konfirmasi bahwa produk telah diterima dengan baik.

Bahasa sederhananya, modal yang Anda butuhkan adalah biaya ‘talangan’ yang perlu Anda bayar pada supplier sebelum Anda dapat menarik uang Anda yang tertahan.

6. Gunakan Fasilitas Ongkos Kirim

Gratis ongkir adalah keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee. Layanan ini lah yang menarik minat pengguna melakukan proses jual/beli di platform tersebut.

Jadi, kapasitas Anda sebagai dropshipper di Sopee juga dapat memanfaatkan layanan gratis ongkir tersebut. Untuk itu, Anda harus mengaktifkan fitur bebas ongkir. TIdak sulit, Anda hanya perlu menyerahkan foto dan KTP.

7. Buat Penawaran Produk yang Menarik

Saya tidak tahu berapa jumlah penjual yang ada di Sopee. Yang jelas itu banyak sekali. Jika Anda ada diantaranya, Anda harus terlihat menarik bagi calon pembeli. Anda perlu membangun ciri khas dan sedikit mencolok agar mendapat perhatian.

Secara visual, gambar seringkali dapat bercerita dalam sejuta makna. Itu artinya, ini akan memberi pengaruh besar untuk menarik perhatian calon pembeli. Gunakan gambar original dengan kualitas terbaik. Buat judul produk yang memiliki tingkat CTR tinggi dan deskripsi menarik, singkat, padat dan jelas.

Jangan buang waktu calon pembeli untuk menerka-nerka maksud yang ingin Anda sampaikan.

8. Tentukan Lokasi

Penting untuk menentukan lokasi produk Anda. Ini untuk mengukur estimasi proses pengiriman produk dan lainnya. Sebagai dropshipper Anda juga dapat menjelaskan kapasitas Anda adalah menjual produk dari supplier. Ini dapat membangun kepercayaan calon pembeli.

Cara Mendaftar Jadi Dropship di Shopee

Untuk data kelengkapan yang perlu Anda siapkan, adalah sebagai berikut;

  • Nama pengguna
  • Jenis Kelamin
  • Ulang Tahun
  • Email
  • Akun Media Sosial
  • Rekening Bank
cara mendaftar jadi dropship di shopee

Mari kita mulai cara menjadi dropshipper di Shopee dengan mendaftar sebagai pengguna/pembeli di Shopee. Anda dapat melakukannya melalui aplikasi. Download aplikasi resminya di Google Playstore disini.

  • Buat Akun

    Bagaimana cara membuat akun Shopee_ - help.shopee.co.id

    Petunjuk lengkap cara membuat akun di Sopee dapat Anda lihat di halaman resmi mereka. Itu, disini.

    Yang perlu diperhatikan adalah tentang nama toko yang akan Anda buat. Upayakan itu dalam bentuk frasa kata yang mudah diingat, singkat, dan jelas. Ini bisa dalam bentuk brand atau kata yang terkait dengan produk Anda. Menurut saya lebih bagus brand. Karena bisnis Anda nanti akan dikenal melalui itu. Dimana mungkin, suatu saat Anda melakukan pengembangan menjual produk sendiri.

  • Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

    Fitur Gratis Ongkir

    Ini adalah fitur andalan yang sangat menguntung. Baik bagi penjual mau pun pembeli. Dan langkah utama cara Menjadi dropshipper di Shopee adalah mengaktifkan fitur ini.

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mendapat layanan ini Anda harus menyiapkan identitas diri berupa foto dan KTP yang jelas.

  • Informasi Data Bank

    Bank dan kartu

    Lengkapi data data akun bank Anda. Pastikan ini diisi dengan informasi yang benar dan lengkap. Sehingga saat proses klaim uang Anda dapat berhasil tanpa kendala.

  • Alamat Bisnis

    cara menjadi dropship di shopee

    Saat proses mengisi alamat bisnis, karena Anda ingin menjalankan sistem dropship, Anda dapat mencamtumkan alamat supplier yang produknya Anda jual.

  • Unggah Foto dan Deskripsi Produk

    Photo Product untuk Shopee

    Untuk langkah terakhir dan ini dapat dikatakan sebagai bagian yang penting, Anda perlu mengupload photo yang jelas. Selanjutnya mengisi deskripsi produk yang menarik dan mudah dimengerti oleh calon pelanggan Anda. Jadi, upayakan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Sebagai dropshipper Anda dimudahkan dengan dapat menggunakan foto dan deskripsi dari supplier Anda.

Selain itu, jika ingin melakukan pengiriman dari Shopee ke Shopee, informasi berikut ini penting untuk Anda ketahui;

Masalah pada Resi Otomatis

Terkait dengan layanan fitur gratis ongkos kirim, secara default Anda akan mendapat resi otomatis. Ini sebenarnya bertujuan untuk memudahkan para penjual. Namun saat Anda ingin memulai bisnis dropship di Shopee ini justru membingungkan.

Dalam hal ini, Anda perlu berkoordinasi dengan supplier Anda untuk masalah tersebut. Sehingga dapat di abaikan.

Resi tidak Dapat di Input Dua Kali

Sistem default di platform e-Commerce Shopee tidak memungkinkan Anda untuk memasukkan resi dua kali untuk transaksi yang sama.

Sehingga, jika Anda ingin melakukan proses pengiriman dari Bukalapak, Tokopedia, ataulainnya, Anda dapat secara langsung menggunakan sistem dropshipper untuk melakukan pemesanan dan input langsung resi yang dikeluarkan oleh penjual di marketplace lain.

Tips Untuk Menemukan Supplier Untuk Dropship Shopee Anda?

Supplier yang tepat adalah kunci keberhasilan bisnis dropship Anda. Ini harus benar-benar jelas diawal sehingga Anda dapat memetakan strategi marketing dari ujung ke ujung.

Mari kita mulai beberapa ide untuk mencari supplier dropship Shopee. Ini bahkan memungkinkan Anda menjangkau beberapa pemasok terbaik hingga produk berkualitas yang laku di pasaran.

1. Berlangganan ke direktori

Direktori dropshipping adalah daftar dropshippers, grosir, penyedia, dan berbagai jenis individu yang menjual barang. Penjual biasanya membayar agar perusahaannya terdaftar di website dropshipping ini, sehingga Anda orang seperti Anda mudah menemukan mereka.

Web direktori dropshippers ini seperti semacam pasar yang memungkinkan Anda dapat memilih pemasok yang cocok dengan rencana Anda.

Untuk di Indonesia, beberapa diantaranya adalah; Camou Dropshipper, BakulDropship, Dropship Engine, Sahabat Dropshipper, Reseller Dropship, Reseller Dropship, Dropship Aja, WinMarket dan lainnya.

Sementara, untuk pasar global mungkin yang dapat menjadi alternatif adalah plaform besar seperti; Alibaba, AliExpress, SaleHoo, Worldwide Brands, Wholesale2B, Sunrise Wholesale, Wholesale Central, Doba, MegaGoods, InventorySource, National Dropshippers, Dropshipper.com, OfficeCrave.com, Spocket, dan masih banyak lagi.

2. Gunakan Google

Google kan saja, ini kata-kata yang paling mudah untuk solusi informasi terkait rencana menjadi dropship Shopee Anda. Namun, untuk menemukan pemasok dropshipper yang bagus, Anda harus melakukan pencarian mendalam dan lanjutan di google. 

Menemukan pemasok dropshipping mungkin tidak mudah, menggunakan pengubah dan kata kunci seperti “dropshipping” dan ‘Supplier’ akan sangat membantu Anda menemukannya.

3. Menghadiri Pameran Dagang

Pameran dagang memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan grosir dan pemasok dropshippers besar. Pameran seperti ini telah terbukti menjadi cara yang baik untuk melakukan kontak sambil meneliti produk dan pemasok Anda di satu tempat.

4. Menghubungi produsen

Karena banyak pemasok membawa produk dari produsen, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi produk yang ingin Anda dropship. Menghubungi produsen akan menjadi cara mudah untuk mendapatkan akses ke daftar pemasok potensial.

5. Penelitian Mendalam

Setelah menemukan produk yang ingin Anda jual, perlu dilakukan riset tentang supplier yang tepat. Anda perlu mencari tahu siapa pemasok di luar sana dan mana di antara mereka yang paling memenuhi kebutuhan Anda.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan apakah akan menggunakan pemasok luar negeri atau dalam negeri, tergantung pada jumlah pemasok dalam produk yang telah Anda pilih. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan seperti tentang sumber bahan baku, waktu pengiriman dan potensi layanan.

Tips Sukses Menjadi Dropship di Shopee

Apa pun bisnis yang akan Anda mulai, menjadi tahu lebih banyak tentang segala sesuatunya adalah hal yang memungkinkan Anda sukses. Berikut hal-hal penting yang perlu Anda dalami;

Pilihan Niche

Anda perlu memilih Niche yang berfokus pada sesuatu yang benar-benar Anda minati. Jika Anda memilih rangkaian produk yang tidak terfokus, akan sangat sulit untuk memasarkannya.

Jika Anda memilih niche yang tidak disukai, itu akan cenderung membawa Anda ke titik bosan dan putus asa. Karena untuk sukses dalam menjalankan bisnis dropship dibutuhkan banyak pekerjaan dan dalam kurun waktu yang panjang.

Poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih niche Anda:

  • Selalu mencari keuntungan yang menarik dengan memilih niche yang menarik margin keuntungan yang besar.
  • Memastikan biaya pengiriman yang rendah. Jika biaya pengiriman terlalu tinggi Anda akan sulit menemukan pelanggan. Carilah sesuatu yang murah untuk dikirim, ini akan memberi Anda pilihan pengiriman gratis. Ini dapat dihitung sebagai bagian dari pengeluaran bisnis yang digunakan untuk menarik lebih banyak penjualan. Menjadi dropship di Shopee memungkinkan Anda mendapat layanan pengiriman gratis.
  • Jika memungkinkan, menjual produk yang tidak tersedia secara lokal. Pilih produk yang tidak mudah ditemukan pelanggan. Dengan cara ini Anda menjadi lebih menarik bagi pelanggan yang ditargetkan.
  • Buat brand Anda sendiri dengan mencari produk yang dapat diberi label putih dan dijual sebagai merek Anda. Hal ini dapat dicapai melalui kemasan dan branding.

Memastikan Ketersediaan produk

Bagian dari cara menjadi dropshipper di Shopee yang sukses adalah memastikan ketersediaan produk. Kesalahan umum yang dilakukan pengirim barang drop adalah tidak memastikan; apakah produk yang mereka daftarkan masih ada di situs e-commerce atau tidak. 

Kesalahan kecil ini benar-benar akan mengecewakan pembeli online, menjauhkan Anda dari pelanggan potensial. Anda menjadi terlihat tidak profesional.

Untuk mengatasi kesalahan ini, pastikan Anda memeriksa dengan pemasok Anda, produk mana yang tersedia dan produk mana yang sudah tidak ada. Termasuk memastikan stok produk untuk mendapat estimasi potensi berkurangnya ketersediaan produk.

Pastikan Pemenuhan Mudah

Cara menjadi dropshipper di Shopee yang mampu meningkatkan penjualan melalui pembelian berulang, adalah memastikan pelanggan Anda puas. Membuat mereka senang dapat dilakukan dengan memenuhi pesanan mereka secara efisien dan cepat. Ini juga berfungsi untuk membangun reputasi yang baik untuk brand Anda.

Ini hanya dapat dicapai dengan mencari pemasok terpercaya yang dapat mengirimkan pesanan tepat waktu setelah Anda mengirimkannya. Pemasok yang andal tidak hanya akan mengirimkan produk tepat waktu, tetapi mereka akan memantau dan memastikan pesanan sampai diterima oleh pelanggan.

Baca juga: Bagaimana membangun kepercayaan melalui strategi konten marketing

Melakukan Riset Kompetisi

Saat dropshipping dengan Shopee selalu ingat Anda akan bersaing dengan raksasa dropshipping lainnya seperti Lazada dan bahkan Amazon. Namun, itu bukan berarti Anda harus menyerah.

Mungkin Anda dapat mencari produk yang memiliki sedikit atau tidak ada persaingan. Namun, jika Anda ingin keuntungan yang besar, rendahnya persaingan juga berari permintaan untuk produk tertentu itu juga rendah.

Sebuah produk mungkin tidak memiliki banyak kompetisi karena berbagai alasan. Seperti biaya pengiriman yang tinggi, margin keuntungan yang buruk atau masalah pemasok dan manufaktur. 

Jadi, Anda tetap dapat mencari produk-produk yang memiliki persaingan tinggi. Karena ini adalah tanda bahwa mereka diminati dan memiliki model bisnis yang lebih stabil.

Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan semacam riset mendapat untuk membaca peluang dan menemukan strategi jitu untuk mampu menjangkau calon pelanggan.

Sebenarnya, saya sudah ingin membuat bab penutup dalam bentuk kesimpulan. Tapi kepalang tanggung, Anda sudah berada di halaman ini. Jadi mari kita perdalam cara menjadi dropshipper di Shopee yang serius dan tidak tanggung-tanggung.

Cari posisi yang nyaman… Mari kita mulai lagi..

Strategi marketing adalah penting untuk bisnis apa pun. Termasuk menjadi dropship di Shopee.

Strategi Marketing Untuk Menggandakan Penjualan Dropship Anda

Memiliki bisnis dropshipping yang sukses bukan hanya tentang membuka toko, dan bahkan tidak cukup untuk memiliki produk yang hebat. Untuk membuat bisnis Anda berbuah, perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menghasilkan penjualan dropshipping karena seperti halnya toko fisik, yang online juga membutuhkan perhatian. 

1. Rencanakan saluran akuisisi pelanggan Anda

Mungkin bermain dalam satu kolam “platform Shopee” itu memudahkan, tapi untuk melangkah lebih jauh lagi Anda dapat membangun kolam sendiri.

Jadi, kenapa tidak untuk memulai berpikir untuk memiliki website sendiri. Ini memungkinkan pelanggan Anda di shopee dapat diarahkan untuk berbelanja di situs Anda, untuk pembelian selanjutnya.

Pelanggan yang sudah kenal Anda, sebaiknya jauhkan mereka dari ‘distorsi’ penawaran dari toko sebelah. Bawa pelanggan dan jalin hubungan emosional di kolam private Anda.

Meski dengan skema dropshipping investasi Anda di bagian logistik menjadi sangat minim, namun bisnis Anda akan sia-sia; jika tidak menarik calon pelanggan. Seperti dalam strategi pemasaran digital, semuanya dimulai dengan menarik pelanggan.

Estetika dan konten harus mengundang pengguna Internet untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan, membangun rasa aman dan kepercayaan dengan mengintegrasikan teks yang jelas dan informasi kontak. 

Selain itu, Anda harus memastikan bahwa desain website Anda responsif. Karena saat ini banyak pertanyaan tentang produk dan penjualan online dibuat dari perangkat seluler. 

Baca juga: 7 Manfaat Website Untuk Meningkatkan Pemasaran

2. Bekerja dengan Optimasi Mesin Pencari

Kadang-kadang lebih dikenal dengan singkatan SEO, sarana promosi ini memungkinkan ahli referensi alami untuk mempengaruhi hasil pencarian mesin pencari (seperti Google). Sehingga e-store Anda diposisikan di halaman pertama dalam kaitannya dengan kata kunci yang digunakan. 

Menurut algoritmanya, penentuan posisi yang baik akan tergantung pada banyak kriteria seperti persaingan kata kunci yang dipilih. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi SEO untuk website toko dropshipping Anda, jika Anda ingin menggandakan penjualan dropshipping Anda.

Melalui peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google, itu akan mendatangkan calon pelanggan secara organik dan bernilai tinggi.

Referensi alami tetap menjadi strategi yang efektif dengan hasil yang optimal untuk e-commerce dropshipping Anda. Tapi Anda harus sabar dan teliti karena butuh waktu 6 sampai 12 bulan untuk bisa melihat hasilnya.

Apakah Anda mengadopsi kebijakan pengembangan pemasaran jangka pendek atau panjang, SEO tetap menjadi elemen sentral yang tidak boleh diabaikan, jika tidak, penjualan Anda akan mandek. Atau hanya bergantung dengan nasib dan iklan yang Anda lakukan.

Baca juga: 90 List Terbaru: Cara Belajar SEO WordPress dari A – Z

3. Sepesialkan deskripsi produk Anda

Jangan hanya memposting deskripsi produk standar dalam bentuk template yang cenderung sama dengan orang lain. Anda harus belajar cara membuat deskripsi produk yang bahkan sekaligus di optimasi SEO.

Gunakan informasi rinci dan inspiratif yang meningkatkan produk Anda dan membuat pengunjung ingin membelinya. Terutama jika Anda menggunakan berbagai produk mewah!

4. Mulai blog

Konten adalah jembatan paling efektif dalam strategi bisnis online saat ini. Blog adalah media yang sangat efektif untuk menjalankan strategi konten marketing Anda.

Manfaatkan blog sebagai strategi pemasaran konten, sehingga orang lain juga dapat menjangkau toko Anda melalui konten yang diindeks dan mudah ditemukan di mesin pencari. 

Anda dapat membuat konten yang informatif, seperti panduan, tutorial, data, manual, rekomendasi, saran, dan semua cara untuk mengedukasi audiens Anda tentang aspek-aspek yang terkait dengan sektor Anda. Anda juga dapat menghasilkan konten yang menarik emosi pengguna, karena ini membantu membangun hubungan yang baik antara audiens dan merek Anda.

5. Gunakan email untuk menjangkau calon pelanggan Anda

Salah satu teknik paling efektif untuk berkomunikasi dan mencapai keterlibatan dengan pelanggan dan calon pelanggan adalah email. 

Baik fashion dropship, barang teknik, atau apa pun, pelanggan akan dapat menerima buletin secara berkala di mana Anda akan memberi tahu mereka tentang penawaran terbaru di website Anda, mengingatkan mereka tentang produk yang mereka sukai, atau sekadar mengirimkan materi sebagai nilai tambahan . 

Catatan: Pastikan Anda mempelajari waktu terbaik untuk mengirim email blast untuk mengoptimalkan distribusi email Anda.

Dan blog juga bisa menjadi salah satu cara untuk dapat mengumpulkan daftar email yang relevan dengan niche produk Anda.

6. Hadir di YouTube

Sulit untuk berada di belakang kamera jika Anda tidak terlalu nyaman dengan video. Pada awalnya, bahkan mungkin memakan waktu lama. Namun perlu Anda ketahui bahwa lebih dari 80% pengguna internet ada di media sosial. Selain itu, konten visual sering kali menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. 

Dan yang lebih mengesankan, 80% orang yang mengatakan bahwa mereka menonton video YouTube terkait produk yang ingin mereka beli mengatakan bahwa mereka melakukannya di awal proses pembelian mereka. 

Statistik ini membuktikan bahwa video marketing merupakan strategi yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan Anda.

 Untuk membuat konten hebat di YouTube, dan “menjual tanpa menjual”, Anda dapat membuat tutorial yang terkait dengan bidang aktivitas Anda. Jangan ragu untuk mendaur ulang konten tertulis Anda, mempresentasikan produk Anda, dan berbicara tentang diri Anda. Di internet, membuat toko lebih manusiawi adalah aset yang nyata.

7. Buat profil LinkedIn

Ini memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan orang lain di sektor tertentu dan kelompok dengan minat yang sama. Juga, ini dapat membantu Anda mendapatkan rekomendasi, baik dari klien Anda maupun dari orang lain yang pernah bekerja dengan Anda. Demikian pula, jika Anda perlu menjalin kontak dengan orang lain untuk menerima dukungan agar bisnis Anda terus berkembang, media ini sangat ideal.

8. Gunakan iklan berbayar

Seperti yang mungkin telah Anda baca di atas, strategi SEO adalah solusi untuk meningkatkan penjualan dropshipping, tetapi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, konten adalah pekerjaan mendasar, sementara iklan berbayar lebih merupakan dorongan untuk menghasilkan lalu lintas dengan cepat. 

Kampanye atau iklan Google AdWords di jejaring sosial (Pinterest, Facebook) memang cukup mahal.

Masalahnya adalah penting untuk membuat iklan yang berdampak untuk membedakan diri Anda dari pesaing. Jika Anda ingin didampingi oleh seorang profesional, Anda dapat bekerja dengan copywriter atau konsultan kampanye AdWords. 

Faktanya, ini adalah pekerjaan penuh di mana banyak elemen harus dianalisis: tingkat konversi, biaya untuk mendapatkan pelanggan, biaya per klik atau bahkan penargetan pelanggan biasa.

Baca juga: Apa itu Pay Per Click? Jenis PPC yang Cocok Untuk Bisnis Anda

9. Buat pelanggan Anda kembali

Bukan lagi rahasia: biaya untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih tinggi daripada biaya untuk membawa mereka kembali. Anda meyakinkan dia sekali bahwa dia membutuhkan produk atau jasa Anda, maka tidak akan sulit untuk membawanya kembali untuk mendapatkan lebih. 

Bagaimana cara mempertahankan pelanggan dan menjual lebih banyak di dropshipping? Berikut adalah beberapa tips untuk membuatnya kembali ke situs Anda:

  • buat Brand Anda sendiri : berinvestasi dalam kemasan khusus atau produk label pribadi pasti akan membuahkan hasil. Temukan pemasok dropshipping yang dapat membantu memproduksi kemasan Anda sendiri atau produk berlabel pribadi;
  • buat buletin: Anda dapat berkomunikasi tentang artikel blog terbaru Anda, berita di toko;
  • menghidupkan jejaring sosial Anda: postingan yang bermanfaat di Facebook dapat memberi Anda beberapa klik, meningkatkan kehadiran toko Anda, dan mendorong beberapa pelanggan untuk kembali membeli. Singkatnya, pelanggan tidak melupakan Anda;
  • menawarkan hadiah: baik fisik atau digital, murni iklan atau tidak, hadiah sangat penting dalam perdagangan seperti dalam hubungan manusia lainnya. Ini menciptakan hubungan timbal balik dan menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda menghargai mereka. Jika Anda menginginkan nasihat, pikirkan hadiah sehari-hari yang berguna yang tidak berakhir di lemari atau di tempat sampah;
  • mengirim promosi dan penawaran khusus.

Anda harus memahami bahwa cara menjadi dropship yang mampu meningkatkan penjualan adalah pekerjaan jangka panjang. Dalam dropshipping, tidak ada jawaban tunggal. Anda akan harus menguji lagi dan lagi. Sampai Anda menemukan kunci sukses.

Mari kita selesaikan

Bisa saja saya memperpanjang ide-ide yang menambah materi cara menjadi dropshipper di Shopee ini menjadi lebih panjang lagi. Tapi saya takut Anda menjadi lelah untuk membacanya.

Apa yang saya sampaikan, mungkin baru menggores permukaan. Tapi ini lebih dari cukup untuk menjadi modal Anda memulai dropship di Shopee. Selanjutnya, Anda dapat menggali melalui pengalaman yang Anda dapat seiring waktu berjalan.

Sekian dan terimakasih. Dan jika ini bermanfaat, saya sangat senang Anda dapat membagikan artikel ini di media sosial Anda. Berbagai itu indah..

Scroll to Top