[PRAKTIS] 5 Cara Menjual Produk Digital di Shopee Melalui Fitur Gratis Ongkir

Cara Menjual Produk Digital di Shopee

Selama berjualan online di marketplace seperti Shopee, pebisnis tidak hanya dapat menjual barang dengan wujud fisik. Sebab, saat ini produk digital juga banyak dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Misalnya saja paket data dan pulsa, serta berbagai tagihan lain yang dapat dibayarkan secara online. Itulah sebabnya, pebisnis perlu belajar cara menjual produk digital di Shopee agar bisnis dapat berjalan efektif.

Sebagaimana yang telah diketahui, semakin banyak pengguna smartphone maka akan membuat kebutuhan produk digital menjadi lebih besar. Kesempatan ini dapat menjadi peluang bagi para pebisnis untuk menjual produk tanpa perlu menyiapkan toko. Adapun cara untuk memasarkan produk digital di Shopee, dapat dilakukan melalui tahapan berikut ini:

1. Buatlah Akun Jualan Online di Shopee

Sebelum mulai menerapkan cara menjual produk digital di Shopee, pebisnis perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Akun yang dimaksud tentunya bukan akun shopee seperti saat berbelanja, melainkan akun untuk seller. Tidak ada pungutan biaya apapun untuk mendaftar, pebisnis dapat membuat akun melalui halaman resmi Shopee atau lewat aplikasi.

Tidak lupa melakukan pengaturan pada akun seller yang dimiliki, termasuk menentukan nama toko beserta daftar produk. Pebisnis harus jeli dalam menentukan harga produk digital yang dijual. Sebab, beberapa penjual kerapkali menawarkan harga yang lebih murah dari penjualan offline. Sebaiknya, sesuaikan harga produk dengan harga penjualan yang terdapat di pasaran.

Tidak berakhir di sana, penjual juga perlu menyiapkan deskripsi toko online yang sedang dijalankan. Termasuk dengan menambahkan foto profil, alamat, dan informasi umum lainnya. Bila menjual produk berupa paket data atau pulsa, tulislah keterangan berapa jumlah data maupun pulsa yang akan diperoleh dengan jelas.

2. Tetapkan Produk Digital yang Ingin Dijual

Pebisnis harus pandai dalam memilih produk digital yang akan ditawarkan untuk konsumen. Sebaiknya pikirkan lebih awal produk apa saja yang sekiranya banyak dibutuhkan, sehingga jumlah penjualan semakin meningkat. Produk digital pada dasarnya ada beberapa macam, diantaranya pulsanya, voucher game, tiket, dan sebagainya.

3. Kumpulkan Modal Untuk Menjalankan Bisnis

Berdasarkan produk yang telah dipilih, pebisnis perlu menyiapkan modal untuk menjalankannya. Modal tersebut untuk membeli produk digital sebagai stok. Apabila menjalankan bisnis penjualan pulsa, akan lebih baik bila bekerjasama dengan supplier yang dipercaya. Dengan demikian, pebisnis dapat melakukan pengisian saldo dengan harga yang lebih murah dan cepat.

Produk-produk digital pada dasarnya tidak membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi pebisnis harus selalu menyiapkan stok yang cukup. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan pelayanan terbaik bagi konsumen. Terutama untuk menghindari adanya pembatalan pesanan apabila produk digital tidak segera dikirimkan karena kehabisan stok.

Baca juga panduan pemula: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

4. Unggah Foto dan Deskripsi Produk Digital

Tahapan paling penting dalam berjualan di marketplace Shopee adalah menyiapkan foto produk yang ditawarkan. Sebaiknya pebisnis mengunggah foto dengan resolusi baik dan gambar yang jelas. Usahakan bahwa foto tersebut benar-benar sesuai dengan produk yang dijual dalam aplikasi Shopee. Lengkapi deskripsi produk dengan baik agar konsumen tidak ragu untuk membelinya.

Untuk penjualan voucher pulsa atau paket data, penjual dapat menggunakan foto hasil editan sendiri. Gunakanlah aplikasi editing gambar seperti Photoshop untuk membuat foto produk yang menarik. Tambahkan informasi terkait dengan penjualan produk digital. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada banyak pembeli yang kurang begitu memahami sistematika pembelian produk digital di Shopee.

Baca juga: Pentingnya Slogan dan Deskripsi Toko Online dalam Memasarkan Produk

5. Ajukan Produk Digital Pada CS Shopee

Penerapan cara menjual produk digital di shopee dapat dilanjutkan dengan menghubungi pihak customer service. Sampaikan bahwa produk yang dijual berupa digital, yang mana tidak memiliki bentuk fisik. Dengan demikian, pembelian dapat dilakukan dengan mengaktifkan mode gratis ongkir. Sebab, dalam hal ini ini pengiriman barang tidak membutuhkan kurir.

Penjual dapat mengirim pesan melalui layanan pusat bantuan yang terdapat dalam situs Shopee maupun aplikasi. Pihak CS Shopee akan mengatur seluruh produk digital yang ditawarkan pada akun tersebut menjadi gratis ongkir. Dengan demikian, pembeli tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiriman produk. Melainkan hanya membayar sesuai harga produk yang tertera.

Itulah panduan cara menjual produk digital di Shopee dengan mudah melalui fitur gratis ongkir. Apabila seller mengalami kesulitan dapat langsung menanyakannya pada bagian CS Shopee. Pada dasarnya, bisnis online ini dapat dijalankan sembari melakukan pekerjaan lain tanpa mengganggunya. Bila ditekuni sungguh-sungguh, pebisnis akan berhasil mendapat keuntungan dari online shop.

Scroll to Top