[BARU] 5 Cara Menjual Produk ke Luar Negeri Secara Online dengan Mudah

Cara Menjual Produk ke Luar Negeri

Upaya untuk memperluas bisnis dapat dilakukan dengan menyiapkan pemasaran ke luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk secara global, sehingga dapat menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, pebisnis perlu mempelajari cara menjual produk ke luar negeri, mengingat saat ini akses internet memberikan banyak kemudahan dalam hal pemasaran.

Apabila pebisnis mampu mengenalkan produk secara global, sudah pasti lebih banyak orang yang mengetahui produk. Dengan demikian, peluang untuk memperoleh keuntungan dari bisnis yang sedang dikembangkan terbuka lebar.

Cara Menjual Produk ke Luar Negeri Secara Online

Secara garis besar, teknik pemasaran yang perlu disiapkan sifatnya daring. Berikut beberapa cara yang dapat dipraktekkan untuk memasarkan produk ke luar negeri:

1. Bergabung Dalam Marketplace Internasional

Rekomendasi cara menjual produk ke luar negeri paling sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan bergabung pada marketplace internasional. Sebab, cara ini dapat diterapkan dengan praktis tanpa memerlukan biaya apa pun. Pebisnis hanya perlu menyiapkan konten berupa foto produk serta deskripsinya untuk diunggah pada marketplace.

Selain praktis, marketplace internasional sudah terbukti mendatangkan banyak pengunjung yang ingin berbelanja online. Kunjungan dari berbagai belahan dunia memungkinkan pebisnis untuk menjual sejumlah produk dengan mudah. Sehingga, bisnis online yang dijalankan berkesempatan meraup keuntungan yang besar.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace yang Efektif

2. Buatlah Website Berbahasa Asing

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat website untuk bisnis online sangat besar. Ini berfungsi mewakili eksistensi bisnis Anda secara daring.

Apabila target penjualan merupakan warga asing, maka cara menjual produk ke luar negeri dapat dilakukan dengan membangun website. Tentunya website yang dibuat haruslah memiliki fitur multibahasa agar dapat dimengerti oleh siapa pun. Mengingat website tersebut nantinya akan dibaca oleh masyarakat global yang memiliki keanekaragaman bahasa.

Dalam membuat konten untuk memasarkan produk, pebisnis tentunya harus mengutamakan konten yang menarik. Salah satu upaya dalam meningkatkan ketertarikan pengunjung adalah bahasa yang mudah dipahami. Itulah sebabnya, website multibahasa sangat perlu diutamakan dalam rangka menarik pengunjung dari luar negeri.

Baca juga: 5 Cara Promosi Website Paling Efektif yang Mudah Dilakukan

3. Buat Halaman Facebook Ads

Jejaring media sosial paling direkomendasikan menjadi salah satu tempat yang dapat dioptimalkan bagi pebisnis. Sebab, setiap saat sebagian besar orang sedang mengakses akun media sosial pribadinya. Pemasaran yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat halaman Facebook Ads yang mudah dijangkau calon konsumen. Terutama bagi pengguna yang selalu aktif menggunakan Facebook.

Untuk membuat Facebook Ads, pebisnis terlebih dahulu perlu membuat akun Business. Silahkan membuat akun dengan nama bisnis yang dikembangkan dan lengkapi setiap data yang diperlukan. Agar lebih mudah disetujui oleh Facebook, sebaiknya perhatikan penulisan dari kata atau kalimat yang ditulis. Termasuk penggunaan huruf kapital di awal kalimat.

4. Lakukan Inbound Marketing

Pebisnis perlu menyadari bahwa tidak semua orang mengetahui atau bahkan memiliki ketertarikan minat pada produk yang ditawarkan. Sehingga, perlu dilakukan strategi inbound marketing agar konsumen tertarik pada bisnis yang ditawarkan.

Strategi ini dapat dijalankan dengan membangun SEO yang baik, pemasangan iklan yang menampilkan keunggulan produk, serta konten marketing lainnya.

Pebisnis memerlukan kontak calon konsumen, bisa berupa e-mail yang dapat dihubungi untuk mengenalkan produk terbaru. Ketika orang-orang tertarik dengan produk tersebut, kondisi ini dapat mengubah calon konsumen menjadi pembeli. Berikan pelayanan yang baik agar konsumen melakukan pembelian ulang saat mengetahui bahwa produk yang diperkenalkan sangat dibutuhkan.

5. Gunakan Google Ads

Layanan Google Ads memudahkan pebisnis untuk memasarkan produk melalui kata kunci. Pebisnis dapat memilih bahasa serta wilayah yang menjadi target untuk mempromosikan produk. Cara ini dinilai efektif untuk menjangkau calon konsumen, khususnya bagi pengguna Google yang berasal dari luar negeri. Pebisnis dapat membuat iklan penawaran semenarik mungkin, kemudian bergabung pada Google Ads.

Sebagaimana yang telah diketahui, search engine Google memang paling sering digunakan oleh masyarakat. Pemasangan iklan pada Google Ads akan membawa banyak keuntungan bagi pebisnis. Seperti layanan PPC misalnya. Hal ini memungkinkan Anda mencapai target pasar yang luas untuk mendatangkan konsumen. Selain itu, konten dapat ditampilkan di bagian teratas pada mesin pencarian.

Demikianlah penjelasan tentang cara menjual produk ke luar negeri yang dapat dijalankan oleh pebisnis. Penerapan teknik marketing yang tepat tentunya akan membantu dalam meningkat jumlah konsumen. Agar konsumen puas dalam berbelanja dan tidak segan untuk membeli ulang produk, pastikan pebisnis memperhatikan metode pembayaran serta pengiriman barang.

Scroll to Top