Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah

cara riset keyword

Sekarang kita akan membahas tentang cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah. Ini adalah seni untuk mendapat peringkat dengan meminimalisir upaya SEO yang diperlukan.

Kenapa harus bersaingan dalam kata kunci sulit, jika ada kata kunci dengan tingkat persaingan rendah yang berpotensi menyumbang traffic yang tinggi.

Pengertian Riset Keyword

cara riset keyword

Sebelum kita membahas bagaimana cara riset keyword, hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian dari riset kata kunci. Riset keyword merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk menemukan keyword yang dipakai oleh banyak orang di dalam mesin pencari.

Dengan melaukan riset keyword, maka Anda bisa tahu apa saja kata kunci dengan tingkat persaingan yang sesuai dengan tujuan Anda.

Kenapa Perlu Riset Keyword?

Mungkin Anda bertanya kira-kira seberapa penting mempelajari cara riset keyword? Kenapa Anda perlu melakukan rset keyword? Perlu Anda tahu bahwa Anda memerlukan trafik yang bagus untuk meningkatkan kualitas website Anda. Jika tidak ada trafik, maka website Anda hanya akan menjadi beban karena Anda harus menanggung biaya setiap tahunnya.

Padahal melalui konten yang Anda buat, website Anda akan semakin terkenal sehingga akan meningkatkan trafic. Ketika trafic sudah meningkat, maka website Anda tersebut bukan lagi menjadi sebuah beban melainkan akan memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Tentu saja bukan konten sembarangan yang harus Anda buat.

Sebuah konten yang mampu meningkatkan trafic adalah konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas tersebut salah satunya adalah konten yang mudah ditemukan. Untuk membuat konten Anda tersebut mudah ditemukan, maka di sinilah peran penting dari kata kunci.

Dengan kata lain, kata kunci atau keyword merupakan bagian yang sangat penting untuk membantu website Anda semakin banyak dikenal dan mendapatkan kepercayaan. Selain itu, keyword juga bermanfaat untuk mempermudah konten Anda agar lebih mudah ditemukan.

Kata kunci yang digunakan dalam proses pencarian di mesin pencari adalah ide dasar dari strategi SEO. Keduanya adalah bagian yang tidak terpisahkan. Sementara cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah, itu adalah strategi SEO untuk mendapat peringkat dengan sumber daya minimal.

Sebelum Mempelajari Cara Riset Keyword, Pelajari Istilah dalam Riset Keyword

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum mempelajari bagaimana cara riset keyword. Reset keyword memang sangat bermanfaat untuk mengetahui kira-kira apa saja kata yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi di mesin pencari. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui terkait reset keyword.

Setidaknya ada empat hal penting yaitu volume pencarian, saran keyword, tingkat persaingan, dan juga SERP atau Search Engine Result Page. Informasi mengenai keempat komponen tersebut akan kami berikan di bawah ini.

1. Volume Pencarian

Volume pencarian merupakan jumlah atau berapa banyak orang yang mencari suatu kata kunci dalam periode tertentu. Semakin tinggi tingkat atau volume pencarian pada suatu kata kunci, maka akan semakin bagus. Dengan kata lain, keyword tersebut berarti banyak dicari orang.

Meskipun begitu, Anda juga harus ingat bahwa semakin tinggi volume pencarian dari keyword tersebut, maka otomatis akan semakin banyak persaingan yang terjadi. Bagi Anda yang memiliki website baru, maka hal ini akan cenderung membuat website Anda kesulitan bersaing ketika harus memilih keyword dengan volume pencarian yang tinggi.

2. Tingkat Kesulitan

Istilah kedua adalah berkaitan dengan tingkat kesulitan. Tingkat kesulitan merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk mengetahui seperti apa persaingan yang terjadi dalam mesin pencari. Jadi, Anda bisa tahu seberapa ketat persaingan yang terjadi pada suatu keyword tersebut.

Beberapa tools biasanya juga dilengkapi dengan hal ini yang akan menampilkan tingkat kesulitan mulai angka 1 sampai dengan 100. Semakin tinggi angka yang muncul, maka semakin sulit kata kunci tersebut untuk bisa dioptimasi. Akan tetapi, bukan berarti keyword tersebut benar-benar tidak bisa dioptimasi.

Hanya saja Anda memerlukan beberapa teknik seperti backlink. Dengan begitu, maka website Anda tersebut akan kembali berada di halaman pertama atau bahkan ada di posisi pertama di mesin pencarian Google.

3. Saran Keyword

Saran keyword atau keyword suggestion berfungsi untuk memberikan saran yang berkaitan dengan kata kunci  yang akan Anda gunakan. Tentu saja saran yang diberikan merupakan saran kata kunci yang relevan atau sesuai dengan keyword yang Anda gunakan.

Saran keyword tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui secara lebih dalam berkaitan dengan konten atau isi artikel. Misalnya, Anda mempunyai keyword mengenai “cara reset keyword”, biasanya saran keyword yang muncul yaitu “cara riset keyword dengan Ubersuggest”. Itu artinya, kata kunci tersebut juga sering dipakai oleh pengguna.

4. SERP

SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page yang merupakan halaman yang menguasai search engine dengan kata kunci yang telah Anda dapatkan. Untuk mengeceknya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mengeceknya di Google maupun mesin pencarian yang lainnya.

Pada dasarnya, SERP masih berkaitan dengan tingkat kesulitan. Search Engine Result Page akan membantu kita agar tahu seperti apa tingkat persaingan keyword. Selain itu, SERP juga membantu Anda untuk melihat seperti apa kualitas yang terdapat pada halaman yang ada.

Tujuan SERP yaitu membuat konten Anda lebih baik dibandingkan dengan para pesain Anda. Dengan begitu, diharapkan website Anda dapat menempati posisi yang lebih baik dibandingkan kompetitiro Anda.

Cara Riset Keyword Menggunakan Ubersuggest

Perlu Anda ketahui bahwa cara riset keyword atau kata kunci yang sering dicari tidaklah sulit. Namun bagi orang yang baru terjun ke dunia SEO, mungkin mereka akan kesulitan untuk menemukan keyword tersebut. Maka dari itu, kami akan membantu Anda untuk mempermudah dalam melakukan riset keyword.

Salah satu cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah adalah dengan menggunakan Ubersuggest. Tool yang satu ini menjadi salah satu yang terkenal dan sudah banyak dimanfaatkan untuk menemukan berbagai kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi. Anda bisa menggunakan Ubersuggest secara gratis.

Meskipun gratis, namun fitur-fiturnya terbilang cukup lengkap dan mampu membantu Anda menemukan kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi. Lalu bagaimana cara reset keyword dengan menggunakan Ubersuggest? Berikut ini penjelasannya.

  • Langkah pertama, silakan Anda masuk ke website Ubersuggest. Anda ketik di Address bar pada browser Anda https://neilpatel.com/ubersuggest/. Setelah itu tekan Enter dan Anda akan masuk ke halaman utama Ubersuggest
  • Langkah kedua, jika sudah berada di dalam Ubersuggest maka Anda harus memasukkan kata kunci. Keyword harus Anda masukkan di bagian box bertuliskan Enter a domain keyword. Setelah itu, Anda harus mengganti negaranya dengan negara Indonesia. Jika sudah, Anda tinggal mengklik Search dan Ubersuggest akan mulai menjalankan tugasnya
cara riset keyword
  • Setelah menunggu beberapa saat, sekarang Anda akan melihat beberapa hal penting yang berkaitan dengan keyword. Beberapa hal tersebut antara lain tingkat persaingan, volume pencarian, bahkan Anda akan menemukan berapa total biaya iklan yang terdapat di dalam keyword tersebut. Untuk tampilannya seperti gambar di bawah ini
cara riset keyword
  • Mungkin sekarang Anda bertanya, kira-kira di mana bagian saran keywordnya? Anda tinggal menscroll halaman yang tadi ke bawah. Kemudian Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini
    • Untuk kotak berwarna hitam adalah saran keyword lainnya yang masih relevan dengan keyword yang Anda ketik
    • Kotak merah merupakan trend pada keyword. Trend tersebut akan ditampilkan dalam grafik
    • Sementara itu, tanda kuning merupakan volume dari saran keyword
  • Sementara itu, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak keyword yang relevan dengan yang Anda cari, maka silakan memilih View all keyword ideas
cara riset keyword
  • Kemudian bagimana cara yang harus Anda lakukan untuk mengetahui SERP? Caranya gampang karena Anda bisa langsung mengeceknya di Google. Akan tetapi, Ubersuggest telah menyediakan keterangan tersebut. Anda bisa melihatnya di bagian paling bawah dengan dengan total backlink yang terdapat di masing-masing halaman

Cara riset keyword yang sudah kami jelaskan cukup mudah kan? Anda bisa menerapkan cara tersebut jika ingin mendapatkan sebuah keyword yang benar-benar pas untuk website Anda.

Cara Riset Keyword Selain Ubersuggest

Sebenarnya ada banyak cara riset keyword yang bisa Anda lakukan selain menggunakan Ubersuggest.

Terdapat banyak tool yang bisa Anda gunakan. Khususnya dalam cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah. Di antaranya:

1. Google Trends

cara riset keyword

Google Trends merupakan salah satu tool yang juga tidak kalah terkenal dengan Ubsersuggest. Anda bisa menggunakan tool ini secara gratis. Salah satu kelebihannya adalah Google Trends mampu mengatur tingkat wilayah misalnya kota maupun negara. Tool ini akan memberikan informasi kepada penggunanya dalam bentuk grafik.

Google Trends akan menunjukkan seperti apa pergerakan keyword selama 1 jam sampai dengan jangka waktu 5 tahun. Selain itu, tool ini juga akan menampilkan saran keyword long tail yang masih relevan dengan keyword yang Anda cari secara real time.

2. KWFinder

cara riset keyword

Cara riset keyword juga bisa dengan bantuan KWFinder. Akan tetapi, penggunaan tool ini tidak sepenuhnya gratis. Anda hanya akan diberikan batasan 2 kali pencarian keyword saja. Setelah itu, Anda harus menggunakan versi premium atau versi berbayar.

Setelah terdaftar, maka Anda dapat melakukan riset keyword sebanyak 2 kata kunci untuk setiap 24 jam dan KWFinder akan menghasilkan 50 saran kata kunci pada setiap pencarian. Anda akan ditawarkan 3 paket premium lengkap dengan spesifikasinya. Anda tinggal memilih paket mana yang akan Anda gunakan. Namun untuk website yang berskala kecil, Anda bisa memilih paket yang termurah.

3. MOZ

cara riset keyword

MOZ juga merupakan tool yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan riset keyword. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, baru Anda bisa melakukan reset keyword sebanyak 10 kali. Meskipun Anda menggunakan akun gratis, namun hasil yang diberikan sudah maksimal.

Hal yang membedakan MOZ dengan tool yang lain adalah tool ini tidak menyediakan detail volume pencarian kata kunci setiap bulan. Selain itu, SERP yang ditunjukkan hanya sebatas 3 situs teratas. Tentu saja hasilnya akan kurang maksimal untuk website Anda.

Namun ini sudah cukup jika anda mencari solusi cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah.

4. SEMrush

cara riset keyword

Sama dengan MOZ, sebelum Anda menggunakan tool ini maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda tidak dikenakan biaya dan bisa mendaftar sebagai akun gratis. Keuntungannya, Anda akan diberikan akses untuk melakukan riset kata kunci sebanyak 10 kali dalam waktu 24 jam.

Dengan SEMrush, Anda juga bisa melihat apa saja situs yang muncul di halaman pertama. Namun penggunaan akun gratis ini memberikan akses yang terbatas. Salah satunya yaitu Anda tidak bisa melihat seperti apa saran keyword. Akun gratis ini juga memiliki waktu terbatas yaitu hanya bisa Anda gunakan selama 7 hari.

5. Google Related Search

cara riset keyword

Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset kata kunci selain Google Trends. Tool tersebut bernama Google Related Search juga cukup populer. Cara riset keyword menggunakan Google Related Search akan menampilkan hasil dari saran keyword long tail.

Selain itu, hasil resetnya juga akan menampilkan kata kunci yang biasanya dicari pengguna secara real time.

Kesimpulan

Cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah dapat Anda lakukan melalui beberapa tools yang sudah dibahas di atas. Mereka telah menyediakan basis data jumlah pencarian dengan gambaran tingkat persaingan yang ada.

Scroll to Top