Cara Setting Plugin Rank Math untuk SEO Terbaik

plugin Rank Math

Jika Anda dalam proses optimasi SEO WordPress maka Anda akan berhubungan dengan plugin SEO itu sendiri. Ini adalah alat bantu untuk memudahkan Anda mengatur SEO. Khususnya untuk strategi SEO on Page.

Dan, jika Anda belum banyak tahu cara setting Plugin Rank Math, maka artikel ini khusus dibuat untuk Anda. Jadi, selamat membaca..

Pengertian Plugin Rank Math

Cara Setting Plugin Rank Math untuk SEO Terbaik

Rank Math merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang cukup populer. Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis dan sudah banyak blogger yang menggunakannya dalam membantu mendapatkan SEO terbaik untuk websitenya.

Meskipun Rank Math bisa dikatakan sebagai pendatang baru, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

#1 WordPress SEO Plugin in 2020 – Rank Math

Salah satu alasan mengapa Rank Math langsung menarik banyak perhatian para blogger karena fitur-fitur yang dimilikinya. Fitur yang biasanya hanya bisa Anda gunakan ketika memiliki plugin yang berbayar, namun fitur tersebut tersedia di plugin Rank Math secara gratis.

Alasan Kenapa Harus Memilih Rank Math

Mengapa Anda harus memilih Rank Math? Memang ada banyak plugin WordPress yang tersedia. Semua plugin tersebut hadir dengan keunggulannya masing-masing. Untuk plugin Rank Math, salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakannya adalah karena fitur-fitur yang dimilikinya.

Semua fitur tersebut memang Anda butuhkan untuk melakukan optimasi website. Anda bisa menggunakan fitur-fiturnya secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya apa pun.

Bukan itu saja, fitur-fitur pada Rank Math juga bisa Anda gunakan dengan mudah. Meskipun Anda baru menggunakan plugin ini pun Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika menggunakannya.

Apa Saja Kelebihan Rank Math?

Rank Math memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu plugin WordPress terfavorit. Beberapa kelebihannya tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Dapat Membidik Keyword dalam Jumlah Banyak

Kelebihan plugin Rank Math yang pertama adalah kemampuannya di dalam membidik banyak kata kunci. Jika dibandingkan dengan plugin lain seperti Yoast SEO yang hanya bisa membidik 2 kata kunci, namun Rank Math mampu membidik lebih banyak keyword.

2. Memiliki Banyak Fitur

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa salah satu alasan kenapa Rank Math langsung menyita banyak perhatian adalah karena fitur-fiturnya. Fitur pada plugin ini terbilang lengkap. Bahkan fitur yang biasanya Anda nikmati ketika menggunakan plugin berlangganan namun sudah bisa Anda nikmati di Rank Math secara gratis.

Maka tidak heran jika banyak pakar yang merekomendasikan Rank Math dibandingkan plugin yang lainnya. Dengan menggunakan plugin Rank Math, Anda lebih bebas dalam mengoptimasi website atau konten Anda karena tidak terbatas oleh fitur.

Bagaimana Cara Setting Plugin Rank Math yang Benar?

Lalu bagaimana cara melakukan pengaturan pada plugin Rank Math? Untuk mengetahui hal tersebut silakan Anda simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Install Plugin Rank Math

Cara Setting Plugin Rank Math untuk SEO Terbaik

Sebelum Anda mulai melakukan pengaturan pada plugin Rank Math, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menginstal plugin tersebut terlebih dahulu. Untuk melakukan instalasi Rank Math, silakan Anda masuk ke Dashboard WordPress. Selanjutnya silakan pilih menu Plugins.

Langkah selanjutnya, pilih Add New untuk bisa menambahkan Rank Math di WordPress. Kemudian, Anda tinggal mencari mana plugin yang akan Anda install. Karena di sini kita membahas tentang Rank Math, maka Anda harus mencari Rank Math. Jangan sampai salah pilih plugin. Rank Math memiliki ciri berupa logo bergambar grafik dengan latar belakang berwarna ungu.

Jika sudah menemukan Rank Math, Anda tinggal menginstallnya dengan cara mengklik Install Now. Tunggu beberapa saat sampai plugin tersebut tersintall di WordPress Anda. Jika Rank Math sudah berhasil terinstall, Anda akan mendapatkan notifikasi bertuliskan Active di kotak yang sebelumnya tertulis Install Now. Klik pada tulisan Active agar Rank Math dapat Anda aktifkan.

2. Mengatur Setup Wizard

plugin Rank Math

Setelah Anda berhasil menginstall plugin Rank Math, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan setup pada wizard. Setup wizard ini sebenarnya berlangsung secara otomatis. Hanya saja Anda perlu mengklik tombol Start Wizard terlebih dahulu. Namun sebelum itu ada hal penting yang harus Anda perhatikan.

Anda perlu memeriksa apakah website yang Anda miliki sekarang sudah kompatibel dengan Rank Math. Jika ternyata website Anda kompatibel, Anda akan melihat ada tanda ceklis di bagian kiri yang berwarna hijau. Sebaliknya, jika ternyata website tidak kompatibel, maka tanda ceklis tersebut akan berwarna kuning. Kemudain, Anda perlu memeriksa kira-kira bagian mana yang membuat website Anda tidak kompatibel dengan mengklik More.

3. Pengaturan Pada Website

Setelah melakukan Setup Wizard, langkah setting plugin Rank Math yang ketiga adalah dengan melakukan pengaturan pada website Anda. Anda harus menentukan kategori dari website Anda dan kemudian mengisi informasi pada kolom yang telah tersedia. Anda tinggal menyesuaikan informasi yang akan Anda isi dengan kolom yang tertera.

Selain itu, Anda juga jangan lupa untuk mengunggah logo website Anda. Pastikan logo yang Anda upload memang benar-benar mewakili website yang Anda miliki. Logo Anda tersebut nanti akan muncul di pencarian Google. Anda juga bisa menyesuaikan ukuran logo menggunakan perintah yang tersedia pada plugin Rank Math.

4. Pengaturan Search Console

plugin Rank Math

Langkah setting plugin Rank Math selanjutnya adalah melakukan setting pada Search Console. Anda klik tombol Get Authorization Code. Nanti Anda akan terhubung otomatis ke akun Google Anda. Silakan buka akun Google dan di situ sudah tertera code yang telah dikirimkan. Anda tinggal memasukkan kode tersebut pada kolom Search Console.

Selanjutnya klik Authorize. Untuk menyimpan pengaturan, silakan klik Save and Continue untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengaturan pada Sitemap.

5. Setting Sitemap

plugin Rank Math

Sekarang Anda bisa melakukan pengaturan pada Sitemap. Anda harus melakukan pengaturan pada Sitemaps dan Include Images seperti yang kami tunjukkan pada gambar di atas. Pastikan keduanya berada di posisi ON. Selanjutnya, Anda harus mencentang pada bagian Products, Post, dan juga Pages. Langkah terakhir, silakan mencentang di bagian Categories dan simpan pengaturan dengan mengklik Save and Continue.

6. Setting SEO Tweaks

plugin Rank Math

Cara setting plugin Rank Math yang keenam adalah melakukan pengaturan SEO Tweaks. Anda perlu melakukan optimasi dengan cara mengatur ON di bagian Noindex Empty Category Tag Actives dan juga Open External Links in New Tab/Window. Kemudian Anda perlu menonaktifkan (OFF) di bagian Nofollow External Links. Seperti biasa, untuk menyimpan pengaturan maka silakan klik Save and Continue.

Sekarang pengaturan plugin Rank Math sudah berhasil Anda lakukan. Website Anda pun sekarang sudah siap untuk menggunakan Rank Math untuk bisa memperoleh hasil SEO yang maksimal. Namun perlu diingat bahwa kualitas atau peringkat dari sebuah website bukan hanya ditentukan dari plugin yang Anda gunakan atau setting plugin tersebut.

Anda perlu memiliki konten yang berkualitas yang memang benar-benar menerapkan kaidah-kaidah penulisan sesuai SEO. Dengan begitu, website Anda akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari Google. Trafficnya pun juga semakin meningkat dan pastinya akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

Penjelasan Menu Dashboard Plugin Rank Math

Setelah Anda berhasil melakukan setting plugin Rank Math, maka sekarang Anda silakan masuk ke menu Dashboard Rank Math.

Menu tersebut biasanya terletak di bagian kiri. Jika tidak muncul, silakan klik menu Advance pada bagian kanan atas. Sekarang seharusnya Anda bisa melihat berbagai modul Rank Math seperti yang kami tunjukkan pada gambar di bawah ini.

plugin Rank Math

Semua modul yang tersedia tersebut bisa Anda matikan maupun hidupkan. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adapun penjelasan tentang modul-modul akan kami jelaskan berikut ini.

  • 404 Monitor: modul ini berfungsi untuk mencatat error 404 pada website. Error tersebut bisa muncul dikarenakan halaman tidak ada, penggantian URL, kesalahan penulisan URL, dan lain sebagainya. Jika Anda mengaktifkan modul ini, Anda bisa mengetahui apa saja error yang muncul serta bagaimana mengatasinya. Kami menyarankan Anda mengaktifkannya
  • ACF: bagi Anda yang ingin menggunakan modul Advanced Custom Field (ACF), silakan mengaktifkannya. Jika tidak perlu, maka tinggal Anda nonaktifkan
  • AMP: bagi Anda yang menginginkan versi AMP pada website, silakan mengaktifkan modul tersebut. Anda juga tidak perlu mengaktifkannya jika tidak benar-benar membutuhkannya
  • Bbpress: sebuah modul yang dapat Anda gunakan untuk membuat forum di website. Anda perlu mengaktikfkanya jika memang butuh modul tersebut
  • Buddypress: tidak jauh berbeda denga modul sebelumnya, modul yang satu ini juga bisa Anda aktifkan jika memerlukan forum pada website Anda
  • Image SEO: modul yang digunakan untuk menambahkan Alt tag serta title tag secara otomatis ke image di website Anda. Perlu Anda tahu bahwa dua hal ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam SEO. Kami menyarankan Anda mengaktifkannya
  • Link Counter: sebuah modul yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan berapa jumlah link dalam setiap artikel yang ada di website. Link tersebut bisa berupa internal link maupun eksternal link. Kami menyarankan untuk tidak mengaktifkannya kecuali jika Anda benar-benar memerlukannya
  • Redirections: modul yang digunakan untuk mengaktifkan fitur redirect pada plugin Rank Math. Dengan modul ini, Anda dapat mengalihkan link tertentu ke link yang lainnya
  • Schema: modul yang dipakai untuk bisa menambahkan kode schema pada artikel maupun website Anda. Kami menyarankan agar Anda mengaktifkan modul ini
  • Role Manager: bagi Anda yang memiliki penulis yang langsung menulis di website Anda, maka Anda bisa mengaktifkan modul ini. Anda bisa mengatur apakah penulis tersebut bisa melakukan konfigurasi SEO atau tidak. Anda bisa mengaktifkannya jika memang memerlukannya
  • Search Console: fitur yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan webiste yang Anda miliki dengan Search Console. Data yang terdapat di Search Console nanti bisa langsung Anda lihat secara langsung pada website Anda
  • SEO Analysis: sesuai dengan namanya, modul atau fitur ini bisa Anda aktifkan jika Anda ingin mengetahui seperti apa hasil analisa SEO On Page di setiap artikel. Ketika Anda mengaktifkannya, Anda akan melihat parameter tertentu yang harus Anda capai agar artikel Anda SEO friendly
  • Sitemap: modul yang bisa Anda gunakan untuk membuat sitemap secara otomatis. Tujuannya untuk membantu dalam mempercepat proses indeks artikel. Kami menyarankan untuk mengaktifkan fitur ini
  • Google Web Stories: Anda bisa mengaktifkan fitur ini hanya ketika Anda memakai plugin Google Web Stories
  • WooCommerce: fitur yang bisa Anda aktifkan bagi Anda yang ingin membuat toko online yang mempunyai plugin WooCommerce. Aspek SEO pada toko Anda tersebut nanti bisa diatur agar dapat memberikan hasil yang maksimal

Kesimpulan

Demikian cara setting Plugin Rank Math ini. Semoga bermanfaat. Dan untuk perbandingan Anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya;

Scroll to Top