Cara Verifikasi Google Analytics dan Penggunaannya

Google Analytics

Dalam artikel sebelumnya; “Panduan Belajar SEO WordPress“, cara verifikasi Google Analytics berada di point pertama. Artinya, ini tahapan adalah tahapan penting untuk meningkatkan eksistensi online situs Anda.

Google Analytics adalah sumber daya yang memberi Anda basis data penting. Khususnya dalam upaya strategi digital marketing.

Cara Verifikasi Google Analytics

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan tools yang digunakan untuk menganalisa kinerja website. Sebuah layanan web gratis yang disediakan Google. Alat ini akan menampilkan berbagai informasi penting mengenai traffic website. Termasuk perilaku pengunjung dan bagaimana mereka berinteraksi dengan website Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan langkah, menyusun perencanaan untuk pengembangan di masa depan.

Mengapa Harus Menggunakan Google Analytics?

Google Analytics

Mungkin Anda bertanya kenapa Anda harus menggunakan Google Analytics? Kira-kira apa yang membuat tool ini lebih istimewa dibandingkan yang lainnya? Seperti yang kita tahu bahwa salah satu tujuan dalam membuat blog adalah untuk menjaring banyak pengunjung sehingga meningkatkan trafik.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, salah satu cara untuk bisa mewujudkan tersebut adalah dengan menggunakan Google Analytics.

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa alasan kenapa Anda harus memilih tool yang satu ini dibandingkan yang lainnya.

  1. Memberikan Informasi Seputar Audiens (Pengunjung)

Dengan menggunakan Google Analytics, maka Anda bisa mengetahui siapa saja orang yang mengunjungi situs Anda. Bahkan Anda bisa tahu dari mana mereka berasal. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui aktivitas apa saja yang mereka lakukan di website Anda serta berapa lama pengunjung tersebut berada di website.

Kemudian Anda juga bisa mengkategorikan audiens. Dengan begitu, Anda bisa memiliki rencana tentang bagaimana caranya memperluas jangkauan bisnis.

  1. Mengoptimasi Strategi Pemasaran

Ketika Anda memiliki gambaran tentang seperti apa segmen pasar yang ditargetkan dapat membantu mempermudah membuat keputusan. Maksudnya, Anda bisa lebih mengetahui kira-kira seperti apa pemasaran yang ingin Anda lempar ke pasar sehingga mampu memberikan hasil yang lebih baik.

  1. Menjaga Kualitas Konten

Google Analytics merupakan tool yang menyediakan laporan untuk setiap halaman serta link yang bisa menerima lebih banyak klik. Melalui laporan tersebut, Anda bisa membuat dan menulis konten yang nanti akan menjawab kebutuhan pengunjung atau audiens.

  1. Dapat Mengidentifikasi Waktu

Waktu postingan konten merupakan salah satu faktor penting di dalam mendapatkan trafik yang bagus. Jika Anda sudah mengetahui kira-kira kapan waktu terbaik (ketika audiens sedang aktif berselancar di internet), maka Anda tinggal menjadwalkan postingan Anda. Tentu saja hal ini berpotensi membuat website Anda memiliki lebih banyak pengunjung.

Fitur-Fitur yang Terdapat pad Google Analytics

Sebelum melangkah ke cara verifikasi Google Analytics. Memahami manfaat alat canggih ini, adalah penting.

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Google Analytics memiliki banyak fitur. Fitur-fitur tersebut cukup lengkap bahkan meskipun fitur dasarnya sekali pun. Lalu apa saja fitur yang terdapat di dalamnya? Berikut ini penjelasan yang akan kami berikan untuk Anda.

1. Views

Biasanya seseorang menggunakan Google Analytics untuk keperluan perusahaan maupun digunakan sebagai properti sebuah website. Akan tetapi, fitur yang jarang disadari banyak orang padahal sangat penting yaitu fitur ini bisa mempunyai multiple views untuk properti maupun website yang sama. Salah satu view yang banyak diguakann yaitu master view.

Master view digunakan untuk memasukkan seluruh data termasuk spam traffic referrals maupun internal website traffic. Views juga kerap menggunakan filter sebagai strategi dalam mempersempit data di dalam Google Analytics. Ada beberapa alasan mengapa kami menyarankan Anda menggunakannya. Salah satunya adalah memastikan bahwa data yang Anda cari benar-benar revelan.

2. Events

Events merupakan fitur yang digunakan untuk melacak in-page action seperti klik yang terdapat pada link ekternal, video, maupun penggunaan forum dan interkasi in-page yang lainnya. Fitur tersebut juga digunakan untuk memberikan interface yang baru yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Custom Dashboard

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda di dalam membuat website. Dashboard merupakan tampilan awal yang muncul pada saat seseorang login. Custom Dashboard digunakan untuk mengakses data yang berbeda-beda. Dengan kata lain, fitur ini memberikan kemudahan dalam membuat dashboard sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Verifikasi Google Analytics dan Penggunaannya

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda seputar bagaimana cara menggunakan Google Analytics dengan benar.

  1. Buat Akun di Google Analytics

    Google Analytics

    Sebelum Anda mulai menggunakan Google Analytics, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Untuk proses pembuatannya, terbilang simpel. Dan pasti Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika membuat akun tersebut.

    Jika Anda belum memiliki akun Google, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

    Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda tinggal masuk ke Google Analytics. Setelah itu Anda klik Set up for free

    Pada halaman Create Account, silakan Anda masukkan nama akun. Kemudian Anda atur Account Data Sharing Settings. Klik Next

    Langkah selanjutnya, Anda harus memilih apa saja faktor yang ingin Anda analisa. Klik pilihan Web dan Anda akan dibawa ke proses selanjutnya

    Kemudian, Anda harus memasukkan informasi website seperti nama, kategori, URL, zona waktu, industri, dan lain sebagainya di bagian ketiga. Selanjutnya, Anda klik Create

    Jika sudah selesai, maka Google Analytics akan menampilkan pesan Terms of Service. Anda tinggal menandai klik centang pada box dan klik I Accept
    Sekarang seharusnya Anda sudah berhasil memiliki akun Google Analytics

  2. Memasang Google Analytics di WordPress Menggunakan Plugin MonsterInsights

    Memasang Google Analytics di WordPress Menggunakan Plugin MonsterInsights

    Setelah Anda memiliki akun Google Analytics, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang plugin Google Analytics di WordPress.

    Untuk memasangnya, Anda bisa menggunakan plugin yang berasal dari layanan pihak ketiga. Menggunakan plugin merupakan cara yang mudah dan mampu meminimalisir kerusakan kode atau error code.

    Sebenarnya, ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan. Plugin-plugin tersebut menawarkan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Akan tetapi, bukan berarti Anda memakai semuanya karena berpotensi menyebabkan website Anda lemot. Salah satu plugin yang kami sarankan adalah MonsterInsights.

    MonsterInsights menawarkan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Plugin yang satu ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 2 juta pengguna (mungkin masih terus bertambah). Salah satu kelebihan MonsterInsights adalah dapat membuat laporan dengan berdasarkan parameter pilihan.

    Bagi Anda sudah merasa puas dengan fitur-fitur dasar yang dimiliki MonsterInsights, maka Anda cukup menggunakan free lite Version MonsterInsights. Namun, bagi Anda yang menginginkan lebih banyak fitur,

    Anda bisa menggunakan Plus version. Biaya yang harus Anda keluarkan sekitar 99.50 USD setiap tahunnya.

    Di bawah ini cara menambahkan Google Analytics di WordPress menggunakan MonsterInsights

Cara Menambahkan Google Analytics di WordPress Menggunakan Plugin MonsterInsights

  • Pertama, silakan masuk ke Dashboard WordPress, pilih Plugins – Add New
  • Kedua, silakan Anda cari plugin Google Analytics Dashboard Plugins for WordPress by MonsterInsights. Silakan Anda download lalu Anda akifkan
  • Sekarang, Anda kembali lagi ke tampilaan dasboard WordPress. Pilihan plugin MonsterInsights akan muncul
  • Scroll ke bawah lalu Anda klik Launch the Wizard. Tinggal mengikuti instruksi yang tertera untuk menyelesaikan prosesnya. Kemudian, Anda akan menerima notifikasi yang akan menghubungkan MonsterInsights ke akun Google Analytics
  • Sekarang, Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja dan lengkapi informasi yang diperlukan
  • Jika sudah, klik Finish Setup & Exit Wizard
  • Sekarang Anda sudah berhasil menyelesaikan integrasi. Langkah selanjutnya, tinggal memilih Insights – Reports untuk mengetahui performa situs Anda

Plugin Untuk Google Analytics Selain MonsterInsights

Selain menggunakan MonsterInsights sebagai plugin, sebenarnya masih ada beberapa plugin lainnya yang bisa Anda gunakan untuk Google Analytics. Berikut ini beberapa plugin tersebut.

1. Google Analytics Dashboard untuk WordPress

Plugin ini digunakan mempunyai dashboard yang dapat diakses di mana saja, termasuk setiap porstingan dan setiap halaman. Plugin ini nanti akan memberikan informasi kepada Anda tentang berapa banyak orang yang sudah mengunjungi website Anda. Anda bisa tahu siapa saja yang mengakses informasi kontak, download, maupun link afiliasi.

Bahkan terdapat indikator yang bermanfaat untuk menunjukkan seberapa jauh orang-orang mengakses website Anda. Selain itu, Anda juga mempunyai opsi untuk mengecualikan data tertentu agar menjaga privasi pengujung.

2. Analytify

Analytify merupakan plugin yang sudah terintegrasi WooCommerce dan juga Easy Digital Downloads. Inilah yang sekaligus menjadi keunggulan dari plugin tersebut. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang merupkan seorang pemilik bisnis maupun konten kreator yang ingin memantau seperti apa penjualan digital dan konvensional.

Dengan Analytify, Anda bisa mengakses real-time serta kampanye marketing yang ada di website Anda melalui dashboard yang sudah disediakan. Plugin ini juga akan memberikan jawaban yang detail yang berkaitan dengan cara pembaca mengunjungi website. Bagi Anda yang ingin berbagi data dengan pembaca, maka Analytify sudah menyediakan pilihan agar Anda bisa menampilkannya di front-end.

Kemudian Anda bisa mengubahnya ke widget. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan CSS. Untuk menggunakan Analytify, maka Anda harus mengeluarkan biaya mulai $49 setiap tahun bagi pengguna pribadi. Sementara $499 bagi developer. Terdapa juga plugin gratis jika Anda tidak menginginkan statistik real-time, maupun shortcode bagi widget.

3. Google Analytics WD

Dengan menggunakan Google Analytics WD, Anda bukan hanya akan memperoleh data dalam bentuk angka, melainkan terdapat laporan yang jelas berkaitan dengan arti statistik yang akan diberikan untuk website Anda. Selain itu, jika Anda mempunyai situs e-commerce maupun iklan, Anda dapat melihat pendapatan yang didapatkan melalui click-through dan transaksi.

Akan tetapi, sebenarnya fitur terbaik dari plugin ini adalah terdapat pada kemampuannya yang bisa menetapkan target serta mengelolanya di Google Analytics. Jika terdapat halaman yang memiliki performa kurang baik, plugin tersebut akan langsung memberi tahu Anda.

Untuk harganya, Anda harus menyiapkan dana sebesar $30 setiap tahunnya. Anda dapat memanfaatkan manajemen target lengkap di sini. Anda juga bisa memperoleh dukungan pelanggan premium dalam waktu 6 bulan.

4. Google Analytics +

Salah satu keunggulan dari plugin ini adalah mampu menyederhanakan tracking jaringan yang multi-site. Jadi, Anda tidak perlu lagi menginstal plugin tersebut satu persatu pada setiap website . Anda hanya perlu menambahkan tracking code universal di setiap domain, termasuk juga subdomain dan mapped domain.

Kemudian Anda bisa memilih apakah ingin melihat hasilnya setiap bulan, setiap bulan, maupun setiap tahun. Anda juga dapat melacak kinerja pada setiap halaman maupun postingan melalui tombol Google Analytics + yang sudah disediakan di samping judul postingan.

Selain keempat plugin di atas, sebenarnya masih ada beberapa plugin lainnya yaitu:

  • WP Google Analytics Event
  • GA Google Analytics
  • Enhanced Ecommerce Google Analytics Plugin for WooCommerce

Kesimpulan

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan tentang pengertian dan bagaimana cara verifikasi Google Analytics lengkap dengan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top