Apa itu Digital Marketing? Pengertian Serta Strategi Untuk Bisnis Anda

Apa itu digital marketing - Teknik dan Strategi

Digital marketing digunakan oleh pemasar sebagai senjata modern untuk menaikkan elektabilitas produk atau jasa melalui online marketing. Teknik pemasaran ini umum dilakukan pada generasi zaman 4.0 dimana semua serba cepat dan instan.

Seorang pemasar yang menggunakan digital marketing perlu memahami pengertian digital marketing sebelum memulai memasarkan produk ataupun jasa yang akan dipasarkan nantinya. Hal ini menjadi konteks umum yang semakin signifikan terhadap perkembangan bisnis melalui digital marketing.

Berikut beberapa pertanyaan umum terkait digital marketing;

FAQs

A. Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah proses pemasaran melalui digital atau daring yang bertujuan untuk mengidentifikasi calon pelanggan serta memasarkan produk dalam ruang lingkup yang lebih kompleks.

Pengertian digital marketing ialah teknik pemasaran melalui online dengan beberapa tools yang bertujuan untuk mendapat pelanggan berdasarkan target audience yang telah ditentukan. Digital marketing mengumpulkan data calon pelanggan untuk membangun kesadaran merek serta membuka pintu keterlibatan agar berinteraksi lebih intens.

B. Apa Fungsi Digital Marketing?

Fungsi digital marketing untuk perkembangan bisnis adalah menjadi jembatan untuk mempertemukan calon pelanggan yang membutuhkan produk atau jasa dengan pemasar. Pemanfaatan internet sebagai alat untuk mempromosikan bisnis cenderung menjangkau calon pelanggan lebih luas.

Fungsi digital marketing yang paling dominan dapat membangun kesadaran merek agar semakin dipercaya calon pelanggan nantinya. Alasannya ialah digital marketing mampu meningkatkan kredibilitas suatu produk dengan menempatkan bisnis pada garda terdepan sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

C. Bagaimana Konsep Digital Marketing?

Sebagai seorang pemasar yang cerdas, mendalami konsep digital marketing perlu dilakukan agar mendapat hasil penjualan yang maksimal. Digital marketing bisa dimulai melalui alat pemasaran meliputi ; SEM dan SEO, Pay Per Click ( PPC ) , Sosial Media Marketing serta Content Marketing dan sebagainya yang bertujuan untuk memberikan wawasan luas tentang calon pelanggan.

Gambaran Dasar Konsep Digital Marketing

Berikut ini adalah gambaran dasar tentang konsep digital marketing. Anda dapat melakukan semuanya. Atau, fokus pada beberapa strategi saja. Semua memungkinkan untuk memberi dampak positif untuk keberlangsungan bisnis Anda.

1. Website

Website memiliki peranan penting untuk membangun kesadaran merek pada suatu produk atau jasa. Website digunakan sebagai wadah perkumpulan data maupun informasi audience yang ditujukan untuk menjadi calon pelanggan nantinya.

Pengoptimalan Digital Marketing menggunakan website dengan dua cara yakni ; SEO (Search Engine Optimization) maupun SEM (Search Engine Marketing).

Keduanya memiliki perbedaan yang perlu diketahui. SEO sebagai alat pemasar digital yang dilakukan secara gratis. Sedangkan SEM alat pemasar digital berbasis paid traffic. Saya merekomendasikan Anda belajar SEO, jika kondisi anggaran marketing minim.

2. Pay per Click (PPC)

Konsep digital marketing menggunakan PPC atau Pay Per Click adalah sebuah langkah pemasaran yang menggunakan biaya lebih sedikit dari biasanya. Alasannya, Pay Per Click dipercaya sebagai alat pemasar yang mengarahkan pengunjung ke arah situs website dengan biaya per klik sekali tayang.

3. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu konsep digital terbaik yang biasa dilakukan pemasar untuk merekrut calon pelanggan nantinya.

Content marketing berfokus pada hasil konten yang ramah untuk mesin pencari dengan menerapkan teknik SEO. Content marketing juga bisa digunakan melalui banner serta poster melalui kalimat copy writing yang bertujuan untuk menggaet audience menjadi pembeli.

Konsep pemasaran digital lainnya juga terletak pada pengukuran hasil akhir kampanye digital yang terukur dengan ROI ( Return of Investment ) yang dapat memantau jumlah prospek dan konversi.

Baca: Bagaimana membangun kepercayaan melalui strategi konten marketing

Contoh Digital Marketing

Digital marketing dapat membantu Anda mengenal audiens, mempelajari data penting tentang mereka, dan memberikan metrik yang akan memberikan kredibilitas tim pemasaran nantinya. Digital marketing juga memiliki banyak sekali contoh yang perlu diketahui oleh pemasar.

Contoh Digital Marketing diantaranya ialah :

1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan salah satu contoh digital marketing yang digunakan oleh pemasar dengan menggunakan mesin pencari untuk mengembangkan bisnis pada pasar konsumen dan bersaing secara kompetitif.

Praktik pemasaran melalui SEM menggunakan iklan berbayar yang memunculkan produk atau jasa pada laman hasil mesin pencari ( SERP ) dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan hasil penelusuran pada semua jenis produk google serta mesin penelusuran bing.

Pentingnya SEM sebagai alat pemasaran secara online dengan berbagai manfaat bagi pengiklan yakni :

  • Dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas.
  • Dapat menghasilkan target audience sesuai dengan kata kunci yang dipilih sehingga mendapatkan hasil sesuai keinginan.
  • SEM Lebih mudah dikontrol secara penuh.
  • SEM dapat menghasilkan trafik tidak hanya mengandalkan mesin telusur saja.
  • Bujet iklan bisa disesuaikan dengan biaya yang telah ditentukan.

Berikut ini struktur contoh digital marketing dengan menggunakan SEM sebagai alat pemasar online ;

Apa itu digital marketing

2. PPC/Pay per Click

Contoh Digital Marketing yang biasa digunakan oleh banyak pengiklan adalah praktik pemasaran melalui Pay Per Click. Setelah dijelaskan secara singkat, Pay Per Click merupakan salah satu alat pemasar online yang menjadi bagian dari Google ADS dengan memberikan banyak keuntungan dengan biaya promosi rendah.

Keuntungan dari pemasaran jenis PPC ini bahwa Jaringan iklan google tidak hanya memberi penghargaan kepada penawar tertinggi untuk ruang iklan, mereka juga memberi ruang untuk iklan yang paling populer dengan mendominasi halaman utama Google berdasarkan kueri pencarian.

Semakin baik iklan yang ditampilkan, Maka semakin besar rasio klik-tayang dengan semakin rendahnya biaya iklan. Berikut dibawah ini contoh digital marketing dengan menggunakan Pay per Click :

Jasa SEO

3. Content Marketing

Content Marketing sebagai salah satu contoh digital marketing yang sangat menghemat biaya pemasaran. Ketika pemasar menggunakan content marketing sebagai alat pemasaran untuk menaikkan produk ataupun jasa.

Apa saja yang diperlukan untuk membuat content marketing? Salah satunya ialah : Menulis dengan menggunakan bahasa ramah manusia serta ramah terhadap mesin pencari.

Content Marketing bisa dimulai dengan melakukan riset secara berkala tentang berdasarkan apa yang dibutuhkan pengunjung bukan berdasarkan apa yang sedang populer pada mesin pencari.

Menggunakan optimasi SEO adalah langkah tepat untuk membuat konten marketing bisa memasuki laman satu mesin pencari.

4. Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah salah satu contoh digital marketing yang sering digunakan perusahaan besar untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada calon pelanggan dan tidak memerlukan biaya yang cukup besar.

Sosial media marketing biasanya meliputi : Facebook, Instagram, Twiter, Email Marketing, Tik Tok Business, Pinterest Business, YouTube Business, Google ADS.

Sebagai pemilik anda perlu mengoptimalkan tiga jenis sosial media yang selalu digunakan oleh berbagai kalangan, diantaranya ;

  • Facebook, meliputi ; Fans Page serta Akun Private Official.
  • Instagram, meliputi : IG ADS, Feeds Story, Post Story.
  • YouTube Business, meliputi : Pembuatan video komersil menarik dengan menggunakan Influencer populer untuk meningkatkan High Branding Produk.

5. Video Marketing

Contoh digital marketing terakhir yang perlu dipelajari oleh pemasar ialah menggunakan video visual sebagai alat pemasaran. Video marketing bisa disisipkan melalui side bar pada situs, Iklan pada YouTube maupun Aplikasi.

Komponen penting pada video marketing  biasanya meliputi ; Video Branding, Video Profile Company, Video Testimoni, Video Edukasi serta Video Demo.

6. Email Marketing

Email marketing adalah contoh pemasaran digital yang dilakukan melalui online dengan menerapkan metode email list dari database jumlah pembaca website dengan menerapkan subscriber serta email news later.

Cara kerja email marketing yang paling relevan digunakan adalah anda hanya perlu mengirimkan buletin kepada target pelanggan setiap harinya. Sebagai contoh, bisa simak gambar dibawah ini :

Contoh Email Marketing

7. Promosi Media Cetak

Contoh digital marketing yang terakhir adalah promosi melalui media cetak. Membangun kesadaran merek pada bisnis memang membutuhkan waktu serta kesabaran ekstra agar bisa lebih dikenal serta dipercaya.

Promosi media cetak salah satu langkah tepat membangun kesadaran merek calon konsumen agar mereka bisa lebih percaya untuk membeli produk yang di jual. Promosi media cetak biasanya melalui : Brosur, Poster, Buletin, Pamflet serta Banner.

Setelah mengetahui poin penting yang telah dijelaskan. Digital Marketing perlu memerlukan strategi khusus agar pencapaian tingkat konversi bisa sesuai dengan harapan sang pemilik perusahaan. Sebagai seorang pemasar juga perlu mengetahui tata cara kerja digital marketing serta strategi digital marketing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Kerja Digital Marketing

Secara garis besar digital marketing berfokus mengarahkan pengunjung untuk melakukan aksi atau tindakan dengan membeli atau menanyakan produk atau jasa yang dipasarkan. Digital Marketing dapat dikatakan sebagai alat untuk menambah kredibilitas suatu produk ataupun jasa.

Prinsip cara kerja digital marketing dengan rumus sederhana yakni membangun saluran digital khusus melalui ;

  • Situs Website Perusahaan
  • Mesin Telusur
  • Media Sosial
  • Email Pemasaran

Keempat saluran digital marketing nantinya akan mengumpulkan data lengkap serta jutaan informasi pengunjung dengan menggunakan Google Analytics.

Cara kerja digital marketing menggunakan Google Analytics sangat membantu dalam memantau kampanye iklan, memberikan laporan lengkap mengenai situs website serta menerapkan temuan berdasarkan perilaku pengunjung yang nantinya dikumpulkan secara bersamaan.

Pemasar juga perlu menggali keterlibatan pengunjung dengan metode interaksi menggunakan konten marketing. Konten marketing harus diisi dengan sejumlah informasi bermanfaat yang dibutuhkan pembaca berdasarkan ” Ketepatan Kata Kunci ” yang disaring sedemikian rupa menurut hasil jumlah terbanyak pada hasil kueri mesin telusur.

Media sosial juga berperan sebagai pelengkap yang ditujukan untuk mempengaruhi cara kerja digital marketing agar lebih efektif dalam penargetan konsumen. Media sosial Instagram sebagai alat pemasaran digital untuk kalangan generasi milenial sebanyak 90% pada usia sekitar 15 hingga 28 tahun.

Facebook sebagai alat sosial media kedua yang paling mempengaruhi pemasaran digital pada berbagai kalangan dan usia. Sementara Instagram mendominasi kalangan milenial dalam penerapan pemasaran melalui digital marketing.

Sementara, Email pemasaran bisa digunakan dengan cara mengumpulkan email perusahaan atau email seseorang yang mencari produk atau jasa yang anda jual. Anda bisa menawarkannya secara private mail dengan metode klik cepat.

Cara kerja digital marketing seperti yang telah dijelaskan nantinya dapat menggali lebih dalam data yang telah di kumpulkan dari waktu ke waktu. 

Strategi Digital Marketing

Digital marketing juga memerlukan strategi khusus untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi digital marketing yang perlu kamu terapkan dengan cara  :

1. Persiapkan Bujet

Persiapkan Bujet adalah salah satu langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum memasarkan produk ataupun jasa melalui online. Biasanya untuk biaya pemasaran melalui digital perorangan anda cukup merogoh kocek 10 juta. Tetapi, jika memakai Jasa digital marketing lebih hemat 47% dari harga awal.

2. Memaksimalkan Iklan yang Efektif

Digital marketing memang diperuntukkan bagi pemilik perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya semakin luas. Diperlukan berbagai strategi guna memaksimalkan iklan secara efektif.

Tiga komponen mendasar digital marketing seperti : Pencarian Berbayar, Pengoptimalan mesin telusur (SEO) serta Pemasaran Media Sosial.  Sebagai seorang pemasar perlu memikirkan bagaimana caranya memangkas biaya iklan seminim mungkin dengan penargetan terstruktur dalam penerapan iklan.

3. Menetapkan Target Audience

Salah satu faktor terpenting agar sukses dalam pemasaran secara digital adalah menetapkan target audience sebagai strategi digital marketing. Apa saja yang diperlukan untuk menjalani strategi ini?

  • Lokasi Target.
  • Bahasa sesuai wilayah.
  • Kelompok usia.
  • Jenis Kelamin.
  • Minat.
  • Posisi wilayah.

Tujuan dengan menetapkan target audience ialah untuk membangun potret pelanggan ideal sesuai dengan harapan. Semua yang dilakukan juga harus membutuhkan perkiraan tepat serta kesabaran ekstra untuk mendapat hasil konversi maksimal.

4. Menggunakan Influencer bila diperlukan

Untuk pengoptimalan digital marketing melalui visual, Anda dapat menggunakan Influencer terkenal dan telah memiliki segudang pengikut untuk menjadikan produk atau jasa anda sebagai pusat perhatian penggemar.

Kehadiran influencer dapat meningkatkan kepercayaan dimata calon pelanggan serta memperluas pangsa pasar dari target perkiraan. Biaya yang dikeluarkan untuk menggaet influencer terkenal juga tidak banyak, anda bisa memulainya dengan melihat seberapa populer calon influencer yang nantinya akan direkrut untuk mempromosikan bisnis anda.

5. Menetapkan Strategi Halaman Arahan

Jika seorang pemasar terus melakukan pemasaran produk atau jasa pada laman website ataupun sosial media. Tentunya 80% pengunjung tidak akan tertarik dan terlihat membosankan. Menetapkan strategi halaman arahan dengan cara membuat konten unik melalui gambar atau menggunakan kalimat copywriting.

6. Evaluasi secara berkala

Strategi digital marketing setelah semuanya telah dilakukan secara total langkah terakhir yang harus diambil ialah anda perlu melakukan evaluasi secara berkala dengan metode perkumpulan data.

Evaluasi secara berkala terdapat tiga aspek guna menghindari kerugian dalam proses pemasaran melalui digital marketing. Ketiga aspek tersebut adalah ; Menganalisa Target Pasar, Meramalkan Jumlah Permintaan serta Mengumpulkan data secara kontinu dan sistematis.

Kesimpulan

Pemasaran melalui digital memang terkesan praktis terhadap penggunaannya berbeda dengan menggunakan teknik pemasaran secara tradisional. Digital marketing menekankan data calon pelanggan ke arah yang lebih spesifik dengan pengumpulan data.

Contoh digital marketing juga menjadi acuan penting untuk mengetahui alat pemasaran online apa yang tepat digunakan guna menetralisir hal-hal yang tak diinginkan salah satunya menghindari kerugian.

Fungsi digital marketing juga dapat beralih menjadi multifungsi selain memasarkan suatu produk atau jasa, Digital marketing bisa digunakan untuk mempromosikan video musik ataupun karya sastra.

Dengan demikian, Digital marketing melihat perubahan secara konstan bahwa teknologi sebagai pelopor nomor satu terhadap perubahan industri yang lebih maju. Digital Marketing juga dapat memangkas biaya transportasi agar lebih hemat karena menggunakan sistem praktis yang bisa digunakan dimana saja dan kapanpun sesuai kebutuhan pemasar.

Scroll to Top