9 Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil Mulai dari 300 Ribu

Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil
Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil

Sedang mencari ide jualan makanan online modal kecil? Belakangan ini, bisnis jualan online sangat diminati, salah satunya adalah makanan. Pasalnya, peluang bisnis makanan online terbuka secara lebar, apalagi semenjak hadirnya marketplace dan aplikasi pesan makan online. 

Namun dengan persaingan bisnis yang ketat, tidak menutup fakta jika bidang kuliner sulit berkembang. Oleh karena itu, penting untuk mencari sebuah ide makanan yang bisa Anda jual secara online. 

Dengan mengetahui ide tersebut, Anda jadi bisa lebih paham siapa target pasar dari bisnis yang dijalani, bagaimana menciptakan resep khas dan enak, dan menentukan modal awal. Untuk itu, simak penjelasan yang akan kami bahas di dalam artikel ini. 

Kumpulan Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil

Benar sekali, tidak harus mengeluarkan modal besar untuk memulai sebuah usaha. Ini pun sama halnya dengan menjual makanan via online, yang ramah di kantong dan juga mudah laris. Namun untuk memulai bisnis di bidang kuliner, Anda harus temukan dulu ide makanan yang bisa dijual secara online seperti di bawah ini. 

1. Kue Kering

image 9

Di urutan nomor pertama, kami memilih kue kering sebagai salah satu ide jualan makanan online modal kecil yang paling efektif. Kenapa? Tentu saja karena kue kering memiliki masa konsumsi yang cukup panjang jika dibandingkan dengan makanan basah. 

Terlebih, jika Anda yang ingin menjualnya sampai ke pulau yang berbeda. Otomatis harus melalui jalur udara untuk mengirimnya sampai ke tangan pembeli. Nah, kue kering bisa dibungkus dengan packing yang aman sehingga rentan terhadap guncangan di jalan. 

Selain itu, kue kering juga umum dipilih sebagai salah satu makanan hampers di berbagai event, seperti lebaran, natal, tahun baru, hari ibu, valentine, dan lainnya. Yang lebih menariknya, jualan makanan kering secara online tidak membutuhkan modal yang besar. 

Kami menemukan banyak pebisnis kue kering yang memulai usahanya hanya dengan modal Rp 500.000. Anda bisa membuat kue kering seperti kue abon, palm cheese, nastar, dan lainnya. 

2. Keripik

image 10

Selain kue kering, keripik juga menjadi salah satu ide jualan makanan online modal kecil yang patut dicoba. Pasalnya, jajanan yang satu ini digemari oleh hampir seluruh usia, sehingga memudahkan Anda untuk menemukan target pasar yang tepat. 

Anda bisa coba membuat keripik dari berbagai bahan makanan, seperti kentang, singkong, sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Selain itu, sediakan juga varian yang lengkap seperti rasa keripik balado, rasa keripik asin, dan rasa keripik manis. Dengan begini, pembeli jadi bisa memilih menu favorit mereka untuk dimakan saat santai. 

Bisnis keripik bisa Anda mulai dengan mengeluarkan modal awal sekitar Rp 300.000 saja. Gunakan juga kemasan yang menarik agar keripik buatan Anda banyak dikenal oleh pembeli.

3. Snack Pedas Berlevel

image 11

Masih satu kategori dengan keripik, Anda bisa mulai mencoba ide jualan makanan online modal kecil dengan menjual snack pedas. Saat ini, makanan ringan dengan rasa yang sangat pedas banyak diminati, terutama oleh para kaum milenial dan Gen Z. 

Beberapa contoh makanan ringan pedas yang sampai saat ini digemari banyak orang adalah basreng (bakso goreng kering), keripik kaca, makaroni, usus ayam kering, dan lainnya. 

Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa membuat level pedas yang bisa dipilih oleh para pembeli. Berdasarkan hasil riset, rata-rata modal awal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis usaha ini sebesar Rp 300.000.

4. Frozen Food

image 12

Bukan, ini bukan membahas Elsa dan Anna yang menjadi karakter di film Frozen. Yang kami maksud dari Frozen Food adalah makanan beku yang cukup laris di pasaran selama beberapa tahun belakangan ini. Saat masa pandemi Covid-19 terjadi, peminat makanan frozen ini bisa dibilang tidak pernah sepi peminat. 

Apalagi dengan lengkapnya jenis makanan beku yang tersedia, seperti ayam ungkep, bakso, sosis, nugget ayam, nugget pisang, sayuran beku, donat kentang, nugget ikan, rolade, dan masih banyak lagi. 

Bahan baku yang digunakan dalam ide jualan makanan online modal kecil pun cukup mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah. Anda bisa menggunakan daging, telur, ikan, dan bumbu lainnya yang berkualitas tinggi agar makanan olahan tersebut bisa bertahan lama dan enak.

Hanya dengan modal awal sekitar Rp 500.000, Anda sudah bisa memulai bisnis makanan online yang sukses. 

5. Sambal

image 13

Sambal kemasan menjadi ide jualan makanan online modal kecil yang bisa Anda coba. Terlebih, permintaan makanan ini tidak akan pernah sepi di Indonesia, sebab sambal selalu menjadi makanan pelengkap bagi siapa saja. Bahan baku untuk membuatnya pun tergolong sangat sederhana, yakni hanya bawang, tomat, cabai, dan bumbu tambahan lain.

Katanya, “beda tangan, beda rasa”

Oleh karena itu, Anda bisa memilih bahan baku yang berkualitas. Lakukanlah pembuatan sambal yang higienis, supaya hasil yang didapatkan memiliki citra rasa tersendiri. Namun karena ini adalah ide bisnis makanan online, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih jenis kemasan yang rapi dan kedap udara. 

Hadirkan juga varian sambal yang bisa dipilih seperti sambal terasi, sambal teri, sambal mangga, dan lainnya. Hanya dengan mengeluarkan modal Rp 500.000, Anda sudah bisa menjalankan bisnis sambal. 

6. Makanan Instan

image 14

Saat ini, berbagai makanan khas Sunda banyak dijadikan sebagai ide jualan makanan online modal kecil dengan prospek yang menjanjikan. Selain karena cita rasanya yang enak, makanan ini juga selalu ramai peminat. 

Beberapa contoh makanan Sunda yang bisa dijadikan sebagai makanan instan adalah bakso aci, seblak, cireng, cuanki, dan lainnya. Pada dasarnya, hampir seluruh makanan ini menggunakan bahan makanan tepung tapioka, dan ditambahkan beberapa bumbu lainnya. 

Tidak heran jika modal awal yang dikeluarkan cukup ramah kantong, mulai dari Rp 300.000.  Agar membuatnya terlihat menarik saat dipasarkan secara online, Anda bisa menambahkan gambar iklan yang terlihat lezat dan membuat lapar. Selain itu, tambahkan juga aneka varian seperti seblak keju dan cireng mozarella. 

7. Abon

image 15

Abon bisa menjadi salah satu ide jualan makanan online modal kecil yang patut Anda pertimbangkan. Saat ini, sudah ada beberapa varian ide abon, seperti abon sapi, abon ayam pedas, abon ikan, dan abon ikan lele. Anda hanya perlu menggunakan bahan baku makanan dan bumbu yang berkualitas baik, untuk menciptakan cita rasa yang tidak terlupakan. 

Untuk menjangkau berbagai macam pembeli, Anda bisa sediakan produk dengan ukuran yang berbeda-beda. Ide jual makanan online ini hanya membutuhkan modal awal sekitar Rp 500.000. Akan tetapi, akan lebih hemat jika Anda fokus menjual 2 sampai 3 varian di awal sebagai uji coba.

8. Aneka Coklat Manis dan Cantik

image 16

Ide jualan makanan online modal kecil selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah dengan menjual aneka coklat rumahan. Sekarang ini, sudah ada berbagai cetakan coklat yang unik dan mudah ditemukan. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menghasilkan sebuah produk coklat yang cantik dan menarik. 

Anda bisa menggunakan bahan kualitas coklat yang bagus, dan tambahkan juga pewarna dan perasa yang tepat. Dengan begitu, produk coklat yang enak akan disukai oleh banyak pembeli. Selain itu, sediakan juga variasi ukuran coklat yang bisa dibeli secara eceran ataupun untuk hampers. Modal awal yang harus Anda siapkan sekitar Rp 300.000. 

9. Permen Manis

image 17

Ide jualan makanan online modal kecil selanjutnya bisa dicoba dengan membuat permen manis. Sekarang, pembuatan permen bisa dilakukan dengan sangat mudah. Misalnya dengan memanfaatkan bahan susu, coklat, buah-buahan, gula, sirup, dan lainnya. Bentuk permen yang menarik pun bisa menjadi daya tarik yang menjanjikan. 

Anda hanya perlu menyiapkan modal awal Rp 300.000 untuk memulai bisnis makanan online ini. Gunakan juga kemasan produk permen yang menarik agar pembeli tidak perlu memikir lama untuk membeli permen yang Anda jual.

Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Setelah mengetahui apa saja ide jualan makanan online modal kecil yang bisa menjadi pertimbangan Anda, rasanya masih kurang jika Anda tidak mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut. Baiklah, berikut kami berikan beberapa cara memasarkan produk makanan secara online untuk meningkatkan penjualan nantinya. 

Gunakan Foto Produk Makanan Yang Menggoda

Jangan sia-siakan kesempatan memasarkan bisnis online ini. Anda harus memikat calon pembeli dengan menyertakan foto produk makanan yang menggoda. Mulailah dengan melakukan foto makanan dari berbagai posisi yang bagus, pencahayaan tepat, dan edit sebaik mungkin. Buat calon pembeli tergiang-giang dengan makanan yang Anda jual secara online.

Lakukan Riset Pasar

Sebelum memutuskan untuk menjalankan ide jualan makanan online modal kecil, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui siapa calon pembeli produk makanan Anda yang paling tepat, berdasarkan jenis kelamin, usia, status sosial, tempat tinggal, dll.

Gunakan Kemasan Produk Yang Menarik

Selain foto produk, Anda harus menggunakan kemasan yang menarik untuk memasarkan ide jualan makanan online modal kecil. Saat ini, sudah ada banyak sekali jenis kemasan produk makanan yang tersedia, seperti sachet, standing pouch, kertas duplex, dan masih banyak lagi. 

Namun selain menarik, Anda juga perlu mempertimbangkan kemasan produk yang aman dan efektif dibawa berpergian jauh.

Ramaikan Sosial Media

Karena Anda akan mempromosikan ide jualan makanan online modal kecil, otomatis media yang digunakan sudah pasti berbasis internet. Saat ini, sudah ada banyak sosial media yang tidak pernah sepi pengguna seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook. 

Pastikan Anda mengelola akun sosmed dengan baik agar calon pembeli menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap cita rasa produk makanan online yang Anda tawarkan.

Membuat Website Toko Online

Yang terakhir, pastikan juga Anda buat website toko online untuk memasarkan produk makanan yang lebih luas. Hal ini dilakukan agar bisnis yang Anda jalani memiliki kesan yang lebih profesional, sehingga calon pembeli bisa langsung percaya bahwa produk makanan yang ditawarkan memiliki citra bisnis yang baik. 

Anda bisa pelajari macam-macam contoh website toko online yang menjual produk makanan. Dengan begitu, bisnis makanan tersebut akan semakin terlihat serius dan profesional.

Penutup

Jadi itulah ide jualan makanan online modal kecil yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Sekarang, mulailah membuat resep rahasia, yang bisa membuat rasa dari makanan online Anda selalu diingat pembeli, dan ketagihan untuk memakannya. 

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.