Mengintip 8 Ide Kreatif Membuat Giveaway Instagram

8 Ide Kreatif Membuat Giveaway Instagram

Giveaway menjadi fenomena populer bagi kalangan pebisnis yang memiliki toko online di instagram. Melalui program giveaway memberikan hadiah kepada pengikut yang beruntung. Tentunya ide kreatif membuat giveaway bermanfaat untuk membuat engagement antara pengikut dan bisnis.

Adanya giveaway instagram juga menciptakan perasaan senang bagi pengikut instagram yang beruntung. Walaupun hadiah giveaway gratis, bukan berarti tidak menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Biasanya diadakan giveaway untuk meningkatkan jumlah follower atau pengikut, suka pada feed, dan memperbanyak kolom komentar secara organik. Pengadaan giveaway dinilai menjadi salah satu strategi efektif meningkatkan engagement dan menciptakan perasaan bahagia.

Alasan Pentingnya Ide Kreatif Membuat Giveaway

7 Strategi Mengadakan Giveaway Di Instagram Yang Sukses Dan Menguntungkan
(foto: zonaduit.com)

Alasan utama menjalankan giveaway instagram untuk meningkatkan jangkauan pembeli dan mendatangkan lebih banyak pengikut. Faktanya, akun bisnis instagram yang mengadakan giveaway mampu meningkatkan jumlah pengikut sekitar 70% lebih cepat. Bahkan, peningkatan jumlah pengikut yang signifikan dapat terjadi dalam waktu tiga bulan.

Apalagi biasanya syarat mengikuti giveaway dengan berbagi pos dan menandai beberapa orang teman. Hal inilah yang membuat merek lebih sering muncul pada halaman pencarian pengguna instagram.

Ingat bahwa orang-orang percaya dengan apa yang dibagikan dan disukai oleh teman-temannya. Jika seorang teman menandai Anda pada kiriman Instagram. Kemungkinan besar Anda akan membuka dan memeriksa halaman tersebut tanpa perasaan ragu.

Alasan lainnya adalah penyelenggaraan giveaway instagram berfungsi optimal meningkatkan engagement. Terutama ketika postingan Anda beberapa waktu belakangan tidak berkinerja baik dan jarang dikomentari oleh pengikut instagram.

Ide membuat giveaway instagramadalah cara baik untuk membangun hubungan baik dengan pengikut. Semua orang menyukai kesempatan memenangkan sesuatu, dari sinilah peluang dimanfaatkan oleh toko online.

Baca juga : 6 Taktik Pemasaran E-commerce Instagram Terbaik Wajib Digunakan

8 Ide Kreatif Membuat Giveaway Instagram

The 9 BEST Instagram Giveaway Ideas to reach new FOLLOWERS!
(foto: grow.grin.co)

Giveaway biasanya dilakukan oleh bisnis yang menjual barang. Sayangnya masih banyak pemilik bisnis yang bingung membuat ide giveaway instagram menarik dan mengundang pengikut.

Sesungguhnya ide giveaway dapat dilakukan dengan cara berbeda. Seperti 8 ide giveaway instagram berikut ini yang disinyalir bermanfaat bagi bisnis online. Check thi out ya!

1. Tag-A-Friend Instagram Giveaway

Kontes tag a friend ditujukan pada kolom komentar. Tidak harus mensyaratkan satu teman saja, tetapi 3 sampai 5 orang akun instagram teman dari pengikut juga sah-sah saja. Biasanya teman dari para pengikut juga memiliki ketertarikan dengan giveaway yang diselenggarakan atau produk Anda.

Secara otomatis pengikut Anda yang menandai teman akan berbagi hal-hal yang sama-sama disukai. Apalagi ketika menandai seseorang, biasanya ada latar belakang selera yang sama. Anda dapat mengadakan giveaway seperti ini secara konsisten, misalnya satu atau dua minggu sekali.

2. Menyelenggarakan Kontes Selfie

Ide giveaway selanjutnya sangat bagus untuk melibatkan pengikut lebih jauh. Anda tidak hanya mendorong para pengikut untuk memberikan reaksi terhadap postingan. Tetapi juga mendorong melakukan langkah sesuai dengan perasaan mereka sendiri.

Caranya dengan meminta pengikut memposting foto selfie, mencantumkan  tag khusus, dan menandai akun bisnis Anda. Supaya memperluas jangkauan maka mintalah pengikut yang turut serta untuk menandai seseorang.

Walhasil, publikasi produk atau merek Anda tidak terbatas pada teman yang ditandai oleh mereka. Melainkan menjangkau semua pengikut instagram yang akan melihat kiriman mereka pada feed dan stories instagram.

3. Kontes Caption-This-Photo

Pernahkah Anda melihat foto yang diunggah akun bisnis dengan caption menarik atau aneh. Bahkan, tidak jarang foto yang ditampilkan bukan produk tetapi ekspresi aneh. Rata-rata caption dalam postingan tersebut berasal dari ide yang diberikan oleh pengikutnya.

Tentunya dimanfaatkan sebagai ide giveaway berbasis teks. Baik itu diposting langsung rekomendasi caption dari postingan feed. Bisa juga para pengikutnya merepost postingan, membuat caption unik, menandai teman-taman, dan menandai bisnis yang menyelenggarakan giveaway. Jenis giveaway satu ini sangat komplit dan mampu meningkatkan keterlibatan lebih tinggi.

4. Mengikuti Akun dan Memberi Tag Giveaway

Selanjutnya adalah contoh giveaway instagram klasik, tetapi masih sering digunakan yaitu mengikuti akun dan memberikan tag. Umumnya model giveaway seperti ini menjalin kemitraan dengan merek tertentu.

Sehingga, meminta pengikut untuk mengikuti akun lain dan menandai beberapa temannya. Sejak dulu model ini terbilang efektif untuk meningkatkan jumlah pengikut. Terutama jika banyak influencer dan merek ternama yang bermitra dengan merek tersebut.

Saat menjali mitra giveaway juga harus memilih dengan bijak. Usahakan menjalin kerjasama dengan mitra yang masih berhubungan dengan produk jualan Anda. Sehingga bisnis Anda tetap terlihat konsistem membangun toko online instagram. Jangan sampai sembarangan bermitra dengan merek yang tidak relevan, hal tersebut akan menjatuhkan citra merek.

5. Menyukai dan Membagikan Postingan

Beberapa pengikut ada yang menyukai giveaway instagram yang lebih kreatif. Jadi, produk yang dihadiahkan tidak melulu harus barang-barang yang dijual. Anda dapat membuat hadiah kreatif supaya mendatangkan kesan eksklusif.

Cara giveaway ini dilakukan dengan menyukai dan membagikan postingan. Misalnya menyukai di postingan feed dari toko instagram, selanjutnya memposting di instagram story pengikut.

Banyak yang berpendapat cara tersebut efektif meningkatkan engagement dibandingkan meminta pengikut memberikan komentar. Mintalah para pengikut instagram Anda untuk membagikan postingan giveaway. Sebab, pos yang dibagikan ke instagram story berpotensi dilihat banyak orag.

Apalagi mengingat data yang dirilis instagram, ada 500 juta pengguna akun instagram yang melihat story setiap hari. Namun, jika memilih model giveaway seperti ini artinya harus meluangkan waktu ekstra.

Terutama dalam membuat desain grafik atau foto sebaiknya membuat tampilan aesthetic. Sehingga dapat menarik perhatian orang-orang yang melihat story giveaway pengikut Anda. Intinya wajib memastikan gambar cukup menarik dan mengundang keinginan audiens mempelajari lebih lanjut.

6. Giveaway Instagram Terjadwal

Anda juga dapat menerapkan program giveaway secara terjadwal. Giveaway seperti ini biasanya diterapkan pada hari khusus dan waktu tertentu saja. Dapat dilihat selama awal bulan Desember banyak brand melakukan giveaway dengan tema Natal dan Tahun Baru.

Seringkali jenis giveaway seperti ini akan memberikan hadiah utama yang lebih besar saat hari terakhir. Bahkan, hadiah yang ditawarkan dapat berupa tiket liburan selama beberapa hari. Model giveaway satu ini sangat efektif untuk meluncurkan produk baru dipenghujung tahun.

7. Menyelenggarakan Kontes Tantangan

Dapat juga membuat giveaway berupa tantangan agar diselesaikan oleh pengikut instagram. Tantangan yang dimaksud tidak perlu sulit, cukup yang sederhana seperti menyelesaikan lirik lagu atau teka-teki.

Model giveaway tersebut dinilai sangat menyenangkan. Tetapi yang ikut serta biasanya dari berbagai latar belakang profesi. Oleh karena itu, saat ingin membuat giveaway sebaiknya mempertimbangkan target peserta giveaway agar tidak salah sasaran.

8. Mengikuti dan Memilih Hadiah

Ide giveaway terakhir adalah meminta pengunjung mengikuti akun Anda dan memilih hadiah. Biasanya diaplikasikan pada akun yang baru dibuat agar mendatangkan banyak pengikut.

Anda dapat mempostingnya di feed karena dinilai lebih efektif dan tidak menghilang setelah 24 jam. Sediakan beberapa pilihan hadiah dan mintalah audience mengetikkan hadiah yang mereka inginkan pada kolom komentar.

Ingin ide kreatif membuat giveaway sukses diselenggarakan? Mengingat audiens akan menilai kredibilitas bisnis Anda melalui jumlah follower instagram. Untuk itu pastikan dahulu memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah follower. Anda mungkin dapat mengambil opsi menggunakan Jasa Followers Instagram. Dalam hal ini perlu selektif untuk memiliki layanan profesional dan terpercaya.

Disisi lain, rutinitas update konten berkualitas juga memungkinkan untuk meningkatkan followers secara organik. Apalagi di luar sana cukup banyak tersedia tools instagram yang tersedia secara gratis. Anda dapat mencoba yang beberapa. Sesuai dengan kebutuhan.

Scroll to Top