Instagram Story untuk Bisnis: Semua Hal Yang Harus Diketahui

Instagram Story untuk Bisnis

Salah satu tools instagram paling bermanfaat bagi pemasaran dan bisnis yang dirilis adalah Instagram Stories. Faktanya ada lebih dari 500 juta orang di dunia menggunakan Instagram Story setiap hari. Apabila digunakan untuk bisnis, stories berfungsi untuk menarik pelanggan dan menciptakan percakapan.

Fokus utama membangun stories akun bisnis instagram dengan memperhatikan konten yang diunggah. Algoritma instagram berbeda dengan google, karena tidak dapat mengontrol cerita siapa yang ditampilkan kepada pengguna instagram terlebih dahulu. Semua stories ditampilkan berdasarkan upload terbaru.

Apa Itu Instagram Story?

Instagram Stories
(foto: inet.detik.com)

Secara harfiah Instagram Stories merupakan klip video pendek maupun gambar yang hanya ditampilkan selama 24 jam. Stories mudah ditemukan karena berada pada bagian atas feed atau. Selain itu, dapat dilihat dengan cara mengunjungi profil pengguna dan mengklik gambar profilnya.

Foto yang diunggah pada stories akan tampil selama 10 detik. Sementara klip video ditampilkan selama 15 detik. Kelebihannya adalah memungkinkan pengguna mengambil foto dan video menggunakan efek tertentu dan bumerang untuk membuat konten dasar bisnis.

Umumnya, netizen dunia mengunggah stories untuk berbagai tujuan. Misalnya menampilkan kehidupan sehari-hari, mengajukan pertanyaan, menyorot produk, dan lainnya. Kebanyakan stories menarik yang diunggah dari akun bisnis online mampu menarik pengunjung untuk menanggapinya.

Selanjutnya karena rasa penasaran atau perasaan ‘excited’ pengunjung mengirimkan DM. Dari sinilah percakapan bermula dan mulai terjalin engagement. Ada beberap pengunjung yang berlanjut membeli produk dan ingin mengetahui secara detail saja.

Statistik Instagram Story

Menggunakan Instagram Insight untuk Analytic Instagram Marketing Anda –  EliteMarketer.id
(foto: elitemarketer.com)

Masih ada beberapa orang yang belum yakin atas efektifitas stories. Coba kaji ulang statistis berikut ini yang akan mengubah pemikiran Anda.  Stories Dari Berbagai Brand Tingkat Penyelesaiannya 85%

Apabila memposting story instagram kemungkinan besar pemirsa menonton sampai akhir. Anda dapat menceritakan kisah secara lengkap, meskipun terpotong menjadi beberapa bagian.

Beberapa brand terkemuka menyebutkan ada sekitar 1-3 pengguna Instagram tertarik dari produk yang diunggah dari stories. Apalagi stories identik dengan fitur yang menunjukkan konten baru dan menarik.

Keberadaan fitur stories membuat para pengguna instagram menghabiskan waktu menjadi 28 menit. Pasalnya, menonton stories juga menghabiskan banyak waktu. Semakin lama pengikut dan pengunjung melihat story Anda, maka berpotensi besar mendatangkan interaksi dari konten.

Berdasarkan perhitungan dari pihak Instragram menunjukkan lebih dari 33% stories yang paling banyak dilihat adalah bisnis. Kini kebiasaan berbelanja telah berubah karena orang-orang cenderung berbelanja setelah menemukan stories baru yang menarik.

Apa Yang Dapat Dilakukan Instagram Story?

Instagram Story dapat bertindak seperti tayangan Netflix pribadi. Caranya dengan menggunakan reel sorotan yang digunakan untuk menguji konten baru selama 24 jam. Apabila konten tidak mampu menarik pemerisa akan langsung menghilang keesokan harinya.

Supaya lebih menarik penonton maka tambahkan efek khusus pada story. Kini pilihan filter semakin banyak, mulai dari bulu mata, telinga hewan, kilap, dan lainnya. Anda juga dapat tambahkan GIFS pada foto yang diam supaya menampilkan sedikit gerakan story.

Instagram selalu menyediakan fasilitas baru yang bermanfaat. Apabila masih bingung, mungkin dapat menerapkan ide story berikut ini.

  1. Menunjukkan gaya dari balik layar instagram,
  2. Mengajukan pertanyaan kepada audiens perihal produk yang ditawarkan,
  3. Mengajukan pertanyaan kepada audiens mengenai diri mereka sendiri dan kebutuhannya,
  4. Membuat story yang berisi konten dengan ‘nilai jual’ atas produk yang ditawarkan,
  5. Menambahkan link bagi akun yang memiliki fitur ‘swipe-up’ untuk membawa audiens pada produk yang ditawarkan,
  6. Meminta audiens untuk mengirimkan link melalui DM apabila tidak memiliki fitur ‘swipe-up’
  7. Menambahkan tautan ke situs web,
  8. Menambahkan nuansa musik pada beberapa unggahan Instagram Stories,
  9. Membuka kesempatan bagi penonton untuk memberikan donasi ke lembaga nonprofit tertentu.

Cara Menggunakan Instagram Story

Berikut ini cara menggunakan instagram story paling efektif pada situasi berbeda, antara lain:

1. Kisah Pengenalan

Mengenai rekaman pengenalan pribadi menggunakan bahasa tubuh. Misalnya walaupun tidak mempunyai partner andalan, orang-orang senang mengetahui siapa saja yang berada di balik layar.

2. Mainkan Permainan Truth or Dare

Anda dapat memanfaatkan stiker kuis dan menyediakan pertanyaan truth or dare  maupun kebenaran dan kebohongan.

3. Wawancarai Anggota Tim

Meskipun Anda pemilik bisnis atau owner jangan ragu memberi kesempatan kepada anggota tim untuk memperkenalkan diri masing-masing.

4. Berbagi Kisah

Ada juga yang membagikan kisah asal usul brand yang tengah dipasarkan. Caranya melalui konten foto dan video yang menampilkan perjalanan bisnis.

5. Mencerita Budaya Perusahaan

Kini, audiens lebih menyukai brand yang memberikan kesan ‘intimate’. Oleh karenanya dapat membagikan situasi atau pandangan dari balik layar. Terutama hal-hal menyenangkan yang dilakukan oleh tim selain berjualan. Contohnya, retret tim, happy hour virtual, liburan, pesta bersama, dan lainnya.

6. Membiarkan Tim Mengambil Instagram Stories

Untuk melakukan hal ini dapat dengan membagikan keseharian tim satu atau dua minggu sekali. Misalnya anggota tim bekerja dari jarak jauh sepeti di cafe, maka tag lokasinya.

7. Cerita Dari Balik Layar

Dalam hal ini menarik pula membagikan cerita dari balik layar. Baik itu menampilkan     bumerang tentang produk terbaru yang hendak dikemas atau unboxing. Selain itu, menggunakan kotak pertanyaan dan meminta audiens menebak produk, gaya, maupun rasa yang akan dirilis selanjutnya.

Menunjukkan video mengenai pembuatan produk Anda melalui ilustrasi animasi. Cara ini efektif diterapkan bagi pengrajin yang menjual produknya melalui instagram. Jangan lupa menandai akun yang terlibat dalam stories. Sebab, kemungkinan besar mereka akan membagikan ceritanya.

8. Keterlibatan Audiens

Fitur instagram yang sedang tren adalah membuat template karena dapat ditangkap oleh layar pengikut dan mengunggah ke cerita sendiri. Buatlah template semenarik mungkin seperti “My Day in GIFS” atau “My Plans for the Weekend.”

Setelah itu baru mengunggah beberapa video dan menjelaskan produk Anda lebih dalam. Anda juga dapat menggunakan fitur menghitung mundur untuk membuat audiens penasaran dan bersemangat. Setiap ingin memposting sebaiknya melihat apakah waktu tersebut adalah jam aktif atau pasif audiens.

9. Opsi Cerita Artistik

Menggunakan filter untuk menambah kedalaman video maupun foto yang Anda ambil. Seperti menggunakan efek story ‘superzoom’ yang menyorot dan memperbesar bidikan terhadap sesuatu. Untuk hasil optimal saat merekam video maka pilihlah mode ‘hands free’, sehingga tidak repot memegang ponsel.

Sorotan Highlight Instagram Story

Highligh instagram disebut sebagai fitur multifungsi, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Highlight Instagram Story?

Sorotan adalah tempat menyimpan cerita terbaik supaya tidak hilang setelah 24 jam diunggah ke story. Letak sorotan Instagram Story berada di atas feed dan tampilannya menjadi beberapa lingkaran. Masing-masing dapat diberikan judul dan tersimpan selamanya. Biasanya digunakan untuk menyimpan tutorial, menayangkan promosi, dan cara pemesanan.

Cara Membuat Highlight Instagram Story

Setelah mengunggah stories, banyak yang berniat menambahkannya ke highlight atau sorotan. Caranya mudah, cukup membuka stories dan klik opsi pojok kanan bawah yakni ‘Sorot’. Pilihlah Sorotan mana yang ingin ditambahkan, apabila ingin membuat yang baru dapat mengklik menu “Tambah” dan selesai. Instagram kemungkinan memberi saran agar dibuatkan menjadi tema-tema khusus. Sertakan pula emoji pada postingan highlight.

Highligh Sampul dan Ikon

Ketika mengunjungi profil yang menyimpan highlight sorotan ada beberapa sampul yang tampak seperti screeshot. Disinilah Anda dapat membuat sampul sorotan agar lebih menarik. Umumnya ikon yang disematkan dari merek tertentu atau logo perusahaan. Cara menyematkannya dengan membuka highlight dan pilih “edit sampul”, kemudian ikon merek perusahaan menjadi gambar rol kamera.

Penonton Instagram Story

Bagi toko online yang tidak dikunci ‘mode private’ maka instagram story dapat dilihat siapa saja. Setiap unggahan story terbaru akan dilihat oleh semua pengikut Anda. Selain itu story juga dapat dilihat oleh orang-orang yang pengikut Anda ikuti.

Ingin jangkauan pengunjung instagram stories lebih banyak? Sertakan tag lokasi dan hastag pada stories. Sehingga, semua orang yang berkunjung ke lokasi tersebut atau mencari tag di instagram dapat melihat stories Anda.

7 Tips Ketika Menggunakan Instagram Stories Untuk Bisnis

Simak juga 7 tips menggunakan instagram stories khusus bisnis berikut ini:

  1. Walaupun konten stories sudah bagus, tetap saja pengunjung bisa bingung. Oleh sebab itu, sebelum menunggah harus benar-benar memastikan bahwa stories dimengerti oleh pengunjung.
  2. Menambah ajakan bertindak dan mendorong pengunjung melakukan sesuatu. Seperti meminta pengunjung menanggapi stiker, mengirimi DM, atau menyukai postingan terakhir.
  3. Menambahkan teks pada stories tetapi jangan terlalu banyak. Namun, jika suara stories dihidupkan sebaiknya menambahkan sedikit teks.
  4. Tidak berlebihan saat memposting stories dalam sehari karena dapat menyebabkan pengunjung malas melanjutkannya sampai akhir.
  5. Membuat story seperti dunia nyata, jadi semua stories yang diunggah tidak boleh terlihat memaksa.
  6. Membuat stiker sendiri khusus diletakkan dalam unggahan stories.
  7. Memeriksa analitik Anda. Kita akan menyelami lebih dalam beberapa saat, tetapi selalu periksa analytics Anda sehingga Anda dapat melihat Stories mana yang menarik bagi audiens Anda dan mana yang gagal.

Aplikasikan Instagram Stories Terbaik

Apabila menginginkan bertambah maju dengan instagram stories, sebaiknya direncanakan sematang mungkin. Adapun beberapa aplikasi terbaik untuk mengoptimalkan konten yang diunggah pada instagram stories, sebagai berikut :

  • InShot menyediakan fitur mengedit foto dan video seperti editor profesional,
  • Unfold menyediakan templat premium, cantik, minimalis,
  • PhotoGrid menyediakan fitur terbaik membuat kolase foto dan video,
  • Typorama menyediakan fitur tambahan untuk teks cdengan font cantik ke foto,
  • CutStory menyediakan fitur untuk memotong video menjadi 15 detik agar dapat diunggah pada instagram story.

Anda juga dapat memanfaatkan Tools Instagram Business Gratis untuk meningkatkan kualitas konten yang di share.

Scroll to Top