Daftar istilah dalam SEO yang penting untuk diketahui

Sebenarnya ada banyak istilah dalam SEO. Semuanya cukup penting. Apalagi saat Anda baru memulai belajar SEO. Sulit memang, untuk menghapal tentang istilah yang mana dan memiliki tujuan apa.  Namun, melalui proses waktu dan pendalaman, Anda secara bertahap akan mulai akrab.

Berikut ini, adalah kumpulan ikhtisar istilah yang sering disebutkan. Dimana, dilengkapi dalam bentuk deskripsi singkat tentang apa yang disyaratkan. Mengetahui istilah ini, memungkinkan Anda untuk lebih mempercepat memahami teori atau tutorial SEO.

Berikut daftar istilah dalam SEO

Algoritma (dari mesin pencari): aspek mesin pencari yang memutuskan halaman mana (yang telah disimpan dalam indeks) yang ditampilkan dalam hasil pencarian, dan bagaimana urutannya. Cara kerja algoritme Google adalah rahasia. Hanya Google-lah yang tahu. Dan, faktor-faktor yang menentukan urutan peringkat berubah secara teratur.

Answer Box (di Google): elemen hasil penelusuran yang muncul di antara hasil penelusuran organik. Kotak jawaban memberikan saran untuk pertanyaan yang berhubungan dengan kueri penelusuran yang Anda ketikkan.

Bounce Rate (Rasio pentalan): metrik yang mengukur persentase orang yang membuka situs Anda, dan tidak melakukan apa pun di halaman yang mereka masuki. Jadi, mereka tidak mengklik item menu, link ‘baca lebih lanjut’, atau link internal lainnya di halaman. Pengguna terpental (keluar dari situs) saat tidak ada interaksi dengan halaman arahan situs, dan kunjungan diakhiri dengan kunjungan satu halaman. Anda dapat menggunakan rasio pentalan sebagai metrik yang menunjukkan kualitas halaman web dan / atau ‘Kualitas’ audiens Anda.

Breadcrumbs (Remah roti): jalur teks kecil, sering kali terletak di bagian atas halaman.

Canonical: elemen tautan kanonis memungkinkan mesin telusur mengetahui variasi mana dari kumpulan laman serupa atau identik yang Anda inginkan agar dimasukkan Google ke dalam hasil penelusuran.

Kategori (di WordPress): Kategori memungkinkan pengelompokan yang luas dari topik posting atau halaman. Mereka dapat diatur dalam hierarki, sehingga Anda dapat memiliki subkategori. Setiap postingan harus dilampirkan, setidaknya ke satu kategori. Misalnya, kategori untuk blog dapat berupa ‘Buku’, ‘Makanan’, ‘Musik’, dan ‘Perjalanan’. Dalam contoh ini, kategori ‘Buku’ dapat dibagi lagi menjadi subkategori ‘Buku fiksi’ dan ‘Buku nonfiksi’.

Jika Anda tidak menentukan category secara khusus, maka wordpress akan mengklasifikasinya dalam tanpa kategori.

Copywriting: tindakan menulis teks untuk tujuan periklanan bentuk pemasaran lainnya.

Konten pilar (landasan): konten landasan adalah artikel di situs web Anda yang paling Anda anggap penting dan hebat. Mereka mencerminkan bisnis Anda, mengomunikasikan misi Anda dan ditulis dengan sangat baik. Ini adalah artikel yang Anda ingin peringkat tinggi di mesin pencari. Artikel landasan biasanya menjelaskan; artikel ini menggabungkan wawasan dari posting blog yang berbeda. Jika Anda menandai artikel sebagai konten landasan di plugin Yoast SEO, analisis konten dan SEO menjadi sedikit lebih ketat.

Crawlability (Kemampuan dirayapi): berkaitan dengan kemungkinan yang dimiliki Google untuk merayapi situs Anda. Perayap dapat diblokir dari situs Anda. Ada beberapa cara untuk memblokir crawler dari situs Anda: di file robots.txt, di header HTTP, atau di tag meta robot. Jika situs web Anda atau laman di situs web Anda diblokir, Anda mengatakan kepada perayap Google: ‘jangan datang ke sini’. Situs Anda atau halaman terkait tidak akan muncul di hasil penelusuran di sebagian besar kasus ini.

Crawler (juga: spider, bot, robot): aspek mesin pencari yang berjalan di internet 24/7, mengikuti tautan dari satu halaman web ke halaman lain dan menyimpan versi HTML dari semua halaman dalam database raksasa (indeks). Halaman yang disimpan dalam indeks dapat muncul di hasil pencarian.

Featured results (di Google): kotak pencarian yang disorot yang menjawab pertanyaan yang Anda ketik di bar pencarian Google. Hasil unggulan ini sering kali muncul sebagai paragraf atau daftar berpoin, disertai dengan gambar, dan terletak di atas hasil penelusuran organik biasa.

Flesch Reading Ease test: mengukur tingkat kesulitan tekstual dari suatu teks dan menilai teks dalam skala dari 1-100. Semakin rendah nilainya, semakin sulit untuk membaca teks tersebut. Teks dengan skor kemudahan membaca Flesch tinggi mudah dibaca. Biasanya, skor kemudahan membaca 60-70 diyakini dapat diterima / normal untuk salinan web. Tes Kemudahan Membaca Flesch diimplementasikan di plugin Yoast SEO.

Google: mesin telusur terpopuler di dunia. Misi Google adalah untuk ‘mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal’.

Google Search Console: layanan web oleh Google untuk webmaster. Ini memungkinkan webmaster untuk memeriksa indeksabilitas situs mereka dan mengoptimalkan visibilitas situs web mereka.

Main keyword: kata kunci terpenting Anda. Mereka membentuk dasar dari lembar penelitian kata kunci dan strategi kata kunci Anda. Setelah mengidentifikasi kata kunci utama Anda, Anda dapat mulai membuat kata kunci ekor yang lebih panjang (long tail keyword). Catatan: kata kunci utama dapat terdiri dari beberapa kata.

Pendekatan SEO holistik: pendekatan SEO di mana Anda fokus untuk membuat setiap aspek situs Anda sebaik mungkin untuk meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian. Misi Google adalah membuat mesin telusur sempurna yang membantu orang menemukan hasil terbaik untuk apa yang mereka cari.

Hummingbird update: pembaruan Google yang meletakkan dasar untuk pencarian suara. Ini lebih memperhatikan setiap kata dalam kueri, memastikan bahwa seluruh frasa pencarian diperhitungkan, bukan hanya kata-kata tertentu. Hummingbird update dirilis pada 2013.

Indeks: aspek mesin pencari; database raksasa tempat versi HTML halaman yang ditemukan crawler disimpan. Halaman yang disimpan dalam indeks dapat muncul di hasil pencarian. Apakah mereka melakukannya tergantung pada bagaimana algoritma mesin pencari memeringkatnya.

Indexability: kemampuan mesin telusur untuk menambahkan halaman ke indeksnya.

Internal link: jenis tautan pada halaman web ke halaman atau sumber lain (mis. gambar atau dokumen), di situs web atau domain yang sama. Tautan internal menghubungkan konten Anda dan memberi Google gambaran tentang struktur situs web Anda. Mereka dapat menetapkan hierarki di situs Anda, yang memungkinkan Anda memberikan halaman yang paling penting dan memposting lebih banyak nilai link daripada halaman lain yang kurang berharga.

JSON-LD: JSON-LD adalah salah satu markup Schema.org. Markup adalah cara untuk menulis kode. Di Schema.org, Anda juga akan menemukan markup lain seperti Microdata atau RDFa.

Keyword (Kata kunci): kata atau frasa yang Anda inginkan untuk peringkat situs web Anda, jadi ketika orang menelusuri kata kunci atau frasa tersebut di mesin telusur, mereka akan menemukan situs Anda.

Keyword research: aktivitas yang Anda lakukan untuk menghasilkan daftar lengkap kata kunci yang ingin Anda rangking.

Keyword stuffing: memanipulasi peringkat situs dalam hasil pencarian dengan mengisi halaman dengan kata kunci atau angka (tidak terkait).

Knowledge Graph Card: blok, biasanya di sisi kanan halaman hasil pencarian, berisi informasi yang relevan dan sesuai konteks mengenai pencarian Anda (misalnya perusahaan atau orang).

Link Building: ada pembuatan tautan topi putih, tempat Anda membangun komunitas yang terlibat dan mempromosikan situs web Anda kepada orang-orang yang relevan, tetapi ada juga strategi topi hitam dalam membangun tautan. Beberapa situs mencoba memberi peringkat lebih tinggi dengan membeli tautan. Ini termasuk menukar uang untuk tautan, tetapi juga mengirim seseorang produk gratis dengan imbalan tautan.

Longtail Keyword:  kata kunci yang lebih spesifik dan kurang umum dibandingkan Mid tail  keyword. Mereka sering fokus pada suatu ceruk. Semakin panjang (dan lebih spesifik) istilah pencarian, semakin mudah peringkat untuk istilah tersebut. Panjang kata kunci ekor panjang relatif: kata kunci dapat terdiri dari tiga atau empat kata untuk perusahaan besar, kata kunci dapat terdiri dari enam atau lebih kata untuk perusahaan kecil.

Mid tail  keyword: kata kunci yang lebih spesifik dan lebih panjang daripada main keyword, berasal dari main keyword yang terkait. Panjang kata kunci ekor tengah relatif: mungkin sangat pendek untuk perusahaan besar, mungkin cukup panjang untuk perusahaan kecil.

Mobilegeddon update: pembaruan Google yang meningkatkan situs yang memiliki laman ramah seluler di hasil penelusuran seluler Google. Pembaruan Mobilegeddon diperkenalkan pada tahun 2015.

Mobile indexing first algorithm: algoritme Google yang telah diumumkan untuk 2018. Algoritme ini akan memastikan Google membuat dan memeringkat daftar pencariannya berdasarkan versi seluler situs, bahkan untuk listingan yang ditampilkan kepada pengguna desktop.

Tag nofollow: tag meta robot yang memberi tahu robot mesin telusur untuk sama sekali tidak mengikuti tautan apa pun di laman.

Tag noindex: tag meta robot yang melarang mesin telusur menampilkan halaman ini dalam hasil mereka.

Organic search results: hasil pencarian tidak berbayar. Halaman hasil mesin pencari Google (SERP) menampilkan tujuh hingga sepuluh tautan organik yang paling sesuai dengan penelusuran Anda.

Page swapping: sebuah trik untuk mendapatkan peringkat untuk satu halaman, dan kemudian, setelah halaman tersebut mencapai posisi yang baik dalam hasil pencarian, menggantikan halaman tersebut dengan yang lain.

Paid search results: hasil penelusuran berbayar, yang ditampilkan di atas tautan organik (tidak berbayar). Tautan ini adalah iklan; Orang-orang telah membayar Google untuk meletakkan tautan ini di bagian atas situs ketika orang-orang mencari istilah tertentu.

Panda Update: pembaruan Google yang mencoba mengurangi situs web yang murni dibuat untuk mendapat peringkat di mesin pencari. Pembaruan Panda pertama dirilis pada tahun 2011 dan Google telah menjalankan kembali pembaruan ini secara berkala.

Passive voice: konstruksi tata bahasa di mana kata benda atau frasa kata benda yang akan menjadi objek kalimat aktif (seperti ‘Yoast SEO menghitung skor SEO Anda’) muncul sebagai subjek kalimat dengan kalimat pasif (‘Skor SEO dihitung oleh Yoast SEO ‘). Sebaiknya hindari kalimat pasif dalam artikel Anda, karena teks yang menggunakan banyak kalimat pasif cenderung sulit dan tidak menarik untuk dibaca.

Penguin Update: pembaruan Google yang menilai tautan yang didapat situs web dari situs lain. Jika tautan ternyata palsu (mis. Dibuat dengan membeli atau bertukar), Google tidak lagi memberikan nilai tautan. Pembaruan Penguin pertama diluncurkan pada tahun 2012. Google telah menjalankan kembali pembaruan ini beberapa kali dan sekarang dikatakan dijalankan terus menerus.

Possum update: Pembaruan Google yang dirilis pada 2016. Setelah Possum, Google telah menunjukkan hasil yang lebih bervariasi tergantung pada lokasi fisik pencari dan frase kueri.

RankBrain: algoritma Google; sistem pembelajaran mesin yang membantu Google menguraikan makna di balik kueri dengan lebih baik, dan menyajikan hasil penelusuran yang paling cocok untuk menanggapi kueri tersebut. RankBrain memiliki pemrosesan kueri dan komponen peringkat.

Ranking: menempatkan situs web Anda di posisi tinggi dalam hasil penelusuran mesin telusur, seperti Google. Algoritme mesin pencari menentukan posisi situs Anda di mesin pencari.

Readability (Keterbacaan): kemudahan bagi pembaca untuk memahami teks tertulis. Keterbacaan tidak hanya penting untuk audiens Anda, tetapi juga untuk SEO.

Redirection (dari URL): teknik untuk membuat halaman web tersedia di lebih dari satu alamat URL. Saat browser web mencoba membuka URL yang telah dialihkan, halaman dengan URL berbeda dibuka. Ada berbagai jenis pengalihan, bergantung pada tujuan pengalihan, misalnya saat Anda menghapus kiriman atau halaman, atau saat Anda mengubah ‘slug’ atau URL.

Rich snippet (Cuplikan kaya): cuplikan yang menampilkan lebih dari sekedar judul, siput, dan deskripsi meta. Mereka dapat menunjukkan gambar, peringkat, dan apakah suatu produk tersedia atau tidak. Cuplikan kaya menonjol dari cuplikan lain, dan karenanya memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi.

Rich card: semacam tindak lanjut, atau perluasan, dari cuplikan kaya. Di perangkat seluler, kartu adalah unit presentasi dasar dari hasil penelusuran. Dan seperti ada cuplikan kaya, ada juga kartu seluler kaya. Kartu informasi juga memiliki informasi tambahan yang menyertainya, yang dapat berupa nilai gabungan, harga, atau ketersediaan. Hasil akhirnya adalah presentasi yang terstruktur dengan baik yang mudah dipahami dan cepat ditindaklanjuti.

Robots meta tag: tag meta yang memberi tahu Google bagaimana halaman tertentu perlu diindeks dan ditampilkan dalam hasil pencarian. Tag meta robot ditempatkan di <head> -bagian halaman.

File robots.txt: file teks yang memberi tahu mesin pencari di mana ia bisa dan tidak bisa masuk ke situs web Anda. File robots.txt dibaca oleh crawler mesin pencari (juga disebut robot, karena itulah namanya).

Schema.org: sebuah proyek yang dikembangkan oleh mesin pencari besar, di mana Anda dapat menemukan semua markup data terstruktur yang didukung oleh mesin pencari. Anda dapat menggunakan schema.org untuk menemukan markup yang Anda perlukan untuk halaman tertentu.

Search Engine Optimization (SEO): praktik mengoptimalkan situs web untuk membuatnya mencapai posisi tinggi di Google – atau mesin telusur lainnya – hasil penelusuran organik.

Search Engine Results Page (SERP): halaman mesin pencari yang menampilkan hasil pencarian (organik dan berbayar) yang paling sesuai dengan pencarian Anda.

Snippet: hasil yang ditampilkan Google kepada pengguna di hasil pencarian. Cuplikan terdiri dari judul SEO (berwarna biru), slug (berwarna hijau), dan deskripsi meta (dalam warna hitam).

Structured data: sepotong kode yang dapat Anda masukkan ke situs web Anda. Ini adalah kode dalam format tertentu, ditulis sedemikian rupa sehingga mesin telusur memahaminya. Mesin pencari membaca kode tersebut dan menggunakannya untuk menampilkan hasil pencarian dengan cara tertentu. Data terstruktur dapat digunakan untuk memungkinkan Google menampilkan hasil kaya untuk situs Anda.

Tag di WordPress: memungkinkan pengelompokan posting atau halaman. Tag mirip dengan kategori, tetapi tag biasanya digunakan untuk mendeskripsikan posting Anda secara lebih rinci. Tag ada dengan haknya sendiri dan tidak memiliki hubungan yang ditetapkan dengan hal lain, sehingga tidak dapat diatur dalam hierarki. Penggunaan tag sepenuhnya opsional.

Transition words: kata-kata seperti ‘yang terpenting’, ‘karena’, ‘oleh karena itu’, atau ‘selain itu’. Menggunakan kata-kata transisi dengan baik membuat teks Anda lebih mudah dibaca, karena kata-kata ini memberikan arahan kepada pembaca Anda. Menggunakannya seperti menuangkan semen di antara kalimat Anda: hubungan antara dua kalimat menjadi jelas dengan penggunaan kata transisi.

Universal search: metode yang digunakan Google dalam memberikan hasil pencarian. Dalam hasil pencarian universal, Google tidak hanya memberikan link ke situs yang paling cocok dengan pencarian Anda; itu juga menyematkan konten digital lainnya, seperti berita, gambar, dan video.

User eXperience (UX): bagaimana pengalaman seseorang menggunakan produk, seperti situs web, ponsel, atau aplikasi, terutama dalam hal seberapa mudah atau menyenangkan penggunaannya. Ini semua tentang bagaimana perasaan seseorang saat menggunakan produk tertentu: apakah produk tersebut membuat Anda merasa senang atau senang, apakah itu menyenangkan untuk digunakan, apakah itu membantu Anda dengan mudah mencapai apa yang Anda tuju? UX penting untuk SEO, karena mesin pencari ingin memberikan hasil terbaik kepada orang-orang untuk kueri mereka.

Voice search: metode pencarian yang memungkinkan pengguna menggunakan perintah suara untuk mencari di internet.

htaccess file: file konfigurasi untuk digunakan di server web yang menjalankan perangkat lunak Apache Web Server.

Sumber: Yoast

Scroll to Top