Apa Itu Link Gratitude Dan Mengapa Penting Untuk Strategi Link Building Anda

Link Gratitude

Link Gratitude merupakan tahapan penting yang harus dilakukan. Khususnya, bagi siapa pun yang dalam proses membangun backlink untuk strategi SEO.

Pada artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan manfaat backlink dan mengapa ini penting untuk SEO. Backlink bukan hanya sekadar “link” yang mengarah ke situs anda. Melainkan, juga parameter yang digunakan oleh Google untuk mengetahui seberapa relevan suatu halaman website.

Dalam perspektif SEO, kuantitas dan kualitas backlink adalah barometer yang digunakan mesin pencari untuk menilai popularitas, tingkat ‘kepentingan’ dan pada akhirnya menentukan peringkat website di SERP.

Memiliki backlink berkualitas tinggi, bahkan dapat menentukan nasib bisnis di mesin pencari.

Atas dasar inilah kemudian, selain mengetahui cara membuat backlink Anda juga mesti mengetahui cara merawatnya.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Link Gratitude. Ini adalah bagian strategi link building yang jarang diterapkan.

Penasaran? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Link Gratitude?

Link Gratitude adalah strategi link building tingkat lanjut. Ide untuk membangun hubungan jangka panjang pada pemilik website yang memberikan backlink ke website yang anda kelola.

Konsep link gratitude muncul atas kesadaran bahwa, mendapat backlink itu sulit. Backlink berkualitas adalah bagian penting dalam strategi SEO. Kehilangan beberapa backlink, bisa menjadi bencana peringkat. Oleh karena itu, menjaga setiap backlink yang dapat, sama pentingnya dengan upaya mendapatkannya.

Penerapan link gratitude ini dilakukan dengan memberikan ucapan terima kasih kepada webmaster dari website yang memberikan tautan keluar ke website anda.

Dengan melakukan link gratitude ini, maka anda akan dapat membangun hubungan di luar masalah backlink dengan para webmaster yang mencantumkan halaman website anda sebagai backlink.

Sehingga para webmaster tersebut akan memiliki kepercayaan lebih terhadap website anda. Sekaligus tidak ragu memberikan tautan (backlink) lagi ketika mereka membutuhkan external link.

Bagaimana Cara Melakukan Link Gratitude?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa konsep utama dari link gratitude ini adalah berterima kasih kepada webmaster yang memberikan backlink ke website anda. Namun hal tersebut belumlah cukup. 

Untuk membangun relasi menggunakan strategi link gratitude ini, anda juga dapat menawarkan sesuatu pada para webmaster tersebut, misalnya seperti:

  • Menawarkan SEO Audit
  • Memperbaiki SEO Website mereka.
  • Mengikuti atau Membagikan Konten di website anda.

Untuk mendapatkan informasi mengenai website mana saja yang memberikan tautan ke artikel atau halaman website anda, itu tidak begitu sulit. Ada beberapa alat backlink checker diluar sana. Seperti SEMRush, Moz atau Ahrefs untuk membantu anda.

Tools-tools online tersebut memiliki fitur yang dapat menelusuri website yang terhubung dengan suatu halaman website. 

Selanjutnya, anda dapat mencatat informasi kontak dari website-website tersebut untuk anda hubungi nantinya.

Rangkuman Pembahasan

Dari pembahasan yang kami uraikan di atas, terdapat beberapa poin utama dari pembahasan yang sebaiknya anda catat.

Adapun beberapa poin tersebut meliputi:

Manfaat melakukan Link gratitude

  • Meningkatkan kepercayaan webmaster yang sebelumnya memberikan backlink ke website anda. Sehingga mereka tidak ragu untuk menautkan website anda kembali ketika membutuhkan tautan keluar yang relevan dengan blog post mereka.
  • Membuka kesempatan untuk mendapatkan marketing channel untuk keperluan promosi dan pemasaran produk bisnis anda.

Tool yang diperlukan 

  • Ahrefs, SemRush Atau Moz

Cara Melakukan Link Gratitude

  • Mencari tahu informasi kontak website yang memberikan backlink ke website anda.
  • Menghubungi webmaster dari website yang terhubung dengan website dan memberikan ucapan terima kasih atas tautan yang diberikan.
  • Menawar penawaran atau layanan khusus kepada webmaster terkait.

Time Frame Hasil Penerapan

Berdasarkan informasi dari salah satu halaman artikel di situs searchenginejournal.com yang bertajuk “Link Gratitude: Give Some Thanks After Someone Links to You”, disebutkan bahwa hasil penerapan strategi link building SEO ini dapat terlihat dalam kurun waktu 4 hingga 12 bulan setelah penerapan.

Sedangkan untuk jumlah backlink yang berpotensi dapat dihasilkan dari penerapan strategi ini sendiri adalah maksimal 10 backlink per bulannya.

Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai salah satu strategi link building SEO yang dikenal dengan nama link gratitude ini. Apakah anda telah menerapkan strategi link building yang satu ini saat mengoptimasi SEO website anda?

Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat proses link building SEO website anda dengan lebih baik. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari kami seputar dunia SEO. Terima kasih.

Scroll to Top