Langkah-langkah Mengatur Instagram Shopping Business dan Strategi 12 Merek Ternama

Langkah-langkah Mengatur Instagram Shopping Business dan Strategi 12 Merek Ternama

Media sosial menjadi salah satu wadah bisnis yang populer dan efektif di masyarakat. Terutama bisnis online lebih mengandalkan Instagram sebagai alat pemasaran. Tahukah Anda ternyata Instagram Shopping for Business bekerja optimal bagi sebagian merek.

Instagram for Shopping juga follower dan non-follower melihat produk yang Anda jual. Apalagi kebiasaan netizen menggulirkan Instagram Stories orang-orang yang mereka ikuti.

Sudah rahasia umum keberadaan instagram sengaja dirancang agar membuat masyarakat kecanduan menggunakannya. Terlebih lagi membuka peluang penggunanya membuat konten melalui unggahan IGTV, Stories, Video, Foto, dan siaran Lives.

Ada banyak fitur tambahan lainnya yang mendukung perkembangan bisnis, seperti penyematan link dan swipe-up. Sayangnya, kedua fitur tersebut hanya dapat digunakan apabila pengikut akun instagram mencapai 10.000 akun, akun verified (centang biru), dan membeli iklan Story

Supaya akun belanja Instagram Shopping dapat menikmati sejumlah fitur harus melewati langkah sedikit rumit. Jangan khawatir karena trik berikut ini sangat bermanfaat untuk menyiapkan Instagram Shopping.

Baca juga : Daftar Istilah Dalam SEO Yang Penting Untuk Diketahui

Langkah-langkah Mengatur Instagram Shopping

Instagram Shoppable Feed
(foto : yrcharisma.com)

Lakukan empat langkah di bawah ini agar akun bisnis instagram lebih mudah melakukan penjualan dan promosi. Check this out!

Pertama-tama pastikan Anda sudah memenuhi syarat Instagram Shopping pada akun. Berikut ini syarat yang dimaksud :

1. Memeriksa Kelayakan

  • Menyetujui dan mematuhi kebijakan instagram
  • Memiliki akun bisnis di Instagram
  • Miliki halaman Facebook yang telah terhubung ke akun instagram
  • Menjual produk secara fisik (wajib, tidak tersedia untuk penyedia layanan)
  • Memiliki katalog Facebook dan dilampirkan ke akun instagram

2. Menghubungkan Instagram ke Katalog Facebook

Apabila akun Anda private dan umum harus beralih ke akun khusus bisnis, berikut langkah-langkahnya:

  • Membuka profil, pilih pengaturan
  • Klik menu “Beralih ke Akun Profesional”
  • Isi informasi tambahan sesuai bisnis

Setelahnya akun instagram wajib terhubung dengan halaman Facebook bisnis. Cara mengubah Facebook for Business hampir sama, yakni:

  • Membuka Facebook, memilih menu setelan, dan klik ‘bisnis’
  • Dari sana akan muncul pilihan “Hubungkan Halaman Facebook”
  • Ada 2 pilihan tersedia yakni terhubung ke halaman Facebook yang sudah ada atau membuat akun Facebook baru
  • Pilih sesuai dengan kebutuhan dan ikuti beberapa petunjuk yang diarahkan Instagram sampai akun ditautkan
  • Selanjutnya, persiapkan katalog Facebook dengan membuka facebook.com/products
  • Pilih “Buat Katalog” dan pilih jenis inventaris yang berupa e-niaga untuk dijual pada Instagram Shopping
  • Kemudian unggah informasi berkaitan dengan produk dapat dilakukan secara manual dan masal. Dapat juga menghubungkan dengan akun Shopify apabila sudah dijual secara online melalui platform tersebut
  • Setelah selesai membuat katalog, maka tautkan pada akun Instagram, pilih ‘Manajer Katalog’ yang ada di Facebook
  • Tentukan katalog yang diinginkan agar terhubung pada akun Instagram
  • Pilih “Saluran”, kemudian klik “Belanja Instagram”
  • Tambahkan saja akun Instagram dan akhirnya terhubung dengan Facebook

3. Mendaftar Instagram Shopping di Instagram

Setelah semuanya siap, akun harus benar-benar aktif dikelola. Adapun cara mendaftar instagram shopping, sebagai berikut :

  • Buka instagram dan kembali ke profil, pilih “Pengaturan”
  • Klik menu “Bisnis” dan pilih “Siapkan Belanja Instagram”.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya agar mengirim akun Anda untuk ditinjau.

Pihak instagram membutuhkan beberapa hari hingga seminggu untuk mengevaluasi akun dan memberi Anda izin berbelanja. Apabila diterima oleh pihak instagarm maka akan memperoleh notifikasi untuk menyelesaikan pengisian data dan mulai menjual.

4. Mulai Membuat Postingan yang Dapat Dibeli

Langkah terakhir yakni mengubah posting normal menjadi posting yang menjual. Dimana Anda dapat membuat postingan dan mencantumkan harga produk seperti menandai foto. Sementara untuk mengunggah video produk dapat mencantumkan hingga 5 harga produk.

Memungkinkan pula menjual produk melalui Stories. Prosesnya semudah menandai postingan feed instagram. Pertama-tama membuat story produk dan klik menambahkan stiker. Ada opsi untuk tag produk, pilih stiker shoppable yang dapat diklik oleh semua penonton instagram story.

12 Merek Paling Menarik Dijual Melalui Instagram Shopping

Berikut ini ada 12 merek terrnama yang menggunakan Instagram Shopping dengan cara berbeda, antara lain :

1. Primal Kitchen

Menggunakan video untuk memamerkan produk melalui instagram stories. Biasanya mengunggah video dengan latar belakang dapur, foto resep dan selalu menyertakan stiker belanja dalam setiap unggahan. Video sangat menarik karena menunjukkan cara-cara menggunakan peralatan dapur yang dijual.

2. Primally Pure

Memposting foto dengan menyesuaikan pada estetika profil instagram. Setiap postingan tidak boleh berbeda dengan nuansa feed Instagram lainnya. Jadi, unggahan-unggahan memiliki estetika khas masing-masing untuk meningkatkan pembeli secara organik.

3. Further Food

Menggunakan hashtag yang produknya ada dalam postingan feed instagram. Hastag dinilai sebagai alat paling bermanfaat menarik pengunjung baru untuk melihat postingan. Sebaiknya memilih hastag yang banyak ditelusuri orang. Selain itu, hastag sangat membantu algoritma instagram menilai postingan Anda populer.

4. Wishful Skin

Memanfaatkan konten buatan pengguna untuk mempromosikan produk. Dilakukan apabila pelanggan memposting foto miliknya ke akun instagram sendiri dan menyematkan tag ke instagram penjual.

Jadi, penjual produk dapat memposting ulang pada feed instagram dengan tujuan mempromosikan konten Anda. Sebelumnya pastikan sudah mendapatkan izin memposting ulang dari pelanggan tersebut. Lebih lanjut Anda dapat menjalankan kontes dengan meminta pelanggan berbagi foto diri saat menggunakan produk.

5. Calia

Merek yang akun instagram memanfaatkan fitur Carousel. Caranya dengan menambahkan beberapa variasi pada feed instagram. Pamerkan juga beberapa bidikan kamera dan digabung menjadi satu posting untuk menangkap setiap sudut produk. Sedangkan, penjualan koleksi bundel dapat memosting foto pada beberapa slide sendiri.

6. Huda Beauty Shop

Brand populer satu menampilkan label produk secara akurat. Dalam setiap postingan foto selalu menyematkan tag produk langsung pada subjek foto. Misalnya foto berbagai alat make up dan ada lip pencil sendiri, maka tag ditandai tepat pada lip pencil tersebut. Namun, apabila memposting gambar tunggal maksimal ada lima tag.

7. Ipsy

Konten penjualan produk dalam akun instagram mendapatkan umpan balik dari pengikut. Caranya dengan menyediakan kotak masukan ‘sticker’ agar pengikut dapat memberikan saran. Ipsi juga memanfaatkan story instagram untuk melakukan polling dan hasilnya diposting pada feed instagram.

Dari sini dapat memastikan kecintaan pelanggan dengan produk Anda. Selain itu, mendorong terciptanya inovasi produk baru sesuai kebutuhan pelanggan.

8. Chartreuse & co

Mempromosikan deals atau sales pada postingan stories dan feed. Jadi, setiap ada produk yang dijual dengan harga promosi diberitahukan kepada pengunjung dan pengikut instagram. Misalnya promosi Buy 1 get 1 maka dipublikasikan dengan konten video dan foto melalui stories dan feed.

Alhasil mendorong pengunjung membeli produk karena ada promosi menarik. Chartereuse & co juga memberikan tag produk guna meningkatkan engagement dengan pengunjung instagram.

9. Angelic Bakehouse

Memposting rencana yang dapat menjadi rekomendasi bagi pengunjung. Rencanakan memiliki sejumlah alasan kuat dan strategis bagi konten. Misalnya, melalui postingan foto dengan memberitahukan pengikut atau pengunjung akan merilis tentang produk setiap minggu pada hari yang sama. Tujuannya untuk membuat pelanggan bersemangat dan mengecek akun instagram secara teratur.

10. Urban Outfitters

Memamerkan semua pilihan produk, mulai dari ukuran, warna, rasa dan detail pembeda lain. Memungkinkan juga menampilkan semua pilihan produk yang dijual. Sehingga dapat menarik perhatian pelanggan dan membantu mereka menemukan sesuatu yang disukai. Caranya dengan memposting banyak produk dalam satu gambar maupun membuat postingan carousel.

11. Mode

Memposting satu foto produk dengan gaya bidikan kamera berbeda. Sehingga menimbulkan kesan menarik karena pengunjung melihat bermacam-macam sudut, gaya, dan warna. Triknya memadukan latar belakang dan warna untuk membuat estetika khas.

Bidikan dapat diambil pada beberapa sudut, seperti tampak depan, tampak belakang, dan tampak menyamping. Selain itu, menambahkan detail produk yang jelas guna mendatangkan niat beli dari pengunjung.

12. Spearmint Baby

Bercerita atau membuat narasi menjadi cara efektif memamerkan produk. Faktor pengunjung membelinya karena emosi tersentuh dan berbagi cerita. Akhirnya penjual dan pengunjung terhubung secara pribadi dan menciptakan engagement lebih kuat. Misalnya ketika menggunakan produk spearmint baby akan terbayang sosok yang dicintai.

Kesimpulan

Setelah menyimak taktik dari 12 merek terkemuka diatas mungkin ada beberapa yang Anda nilai paling efektif. Sebenarnya Anda dapat memadukan beberapa strategi ke dalam postingan produk Anda.

Selain itu menjajaki bisnis instagram tentu harus memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak. Sehingga bisnis yang ada jalankan dan produk-produknya terlihat profesional. Bagi Anda yang masih pemula tidak ada salahnya meningkatkan jumlah pengikut melalui Jasa Followers Instagram. Ayo jangan ragu-ragu menerapkannya karena banyak pelanggan yang menanti!

Scroll to Top