5 Metode Link Building Yang Ideal Sesuai Aturan Google Terbaru

Metode Link Building Yang Ideal

Seluruh pakar SEO dan Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa, backlink adalah faktor yang paling diperhitungkan dalam menentukan peringkat website di mesin pencari.

Jadi, jika Anda berharap situs Anda berada di halaman #1 pencarian Google, memahami metode link building yang ideal adalah ilmu wajib. Ini berguna bagi Anda dalam upaya mendapat backlink yang sesuai dengan aturan web master Google.

Untuk berkompetisi pada kata kunci bernilai bisnis, jelas memiliki persaingan tinggi. Karena, ada banyak orang menargetkan kata kunci yang sama.

Itu artinya, Anda harus memiliki alasan yang jelas untuk di perhitungkan Google, bahwa, situs Anda layak menggeser 10 situs yang berada di halaman pertama sebelumnya.

Konten adalah raja! Ini tidak perlu dibahas lagi. Sebaiknya, ini adalah pondasi yang telah Anda tuntaskan.

Asumsinya, Anda dan 10 situs yang berada di halaman pertama, memiliki konten yang sama-sama hebat. Layak dan penting untuk dikonsumsi oleh pengguna Google. ‘

Mengapa backlink penting untuk situs bisnis Anda?

Backlink atau tautan masuk dari situs orang yang mengarah ke halaman situs Anda, adalah sinyal yang diperhitungkan oleh Google sebagai tingkat popularitas dan nilai pentingnya situs Anda.

Dengan asumsi, tautan tersebut adalah bentuk rujukan atau rekomenasi dari situs lain.

Saya telah membahas banyak tentang apa itu backlink pada artikel sebelumnya. Ikut tautan, untuk melihat lebih jauh; tingkat urgensi backlink dalam SEO.

Yang jelas, saking pentingnya tautan untuk menentukan peringkat, diluaran sana; ada begitu banyak strategi link building yang digunakan orang. Intinya adalah, semua ingin mendapat peringkat terbaik di Google.

Google tahu itu, dan mereka secara tegas mengatakan; backlink yang sengaja dibuat untuk tujuan SEO tanpa memberi nilai pada pengguna adalah SPAM.

Tidak hanya itu, Google sendiri secara berkala memperbaiki sistem algoritma mereka. Untuk menyempurnakan cara mereka dalam menilai tautan – yang perlu diperhitungkan dalam menentukan peringkat.

Untuk itu, Anda sebaiknya memahami metode link building yang ideal. Yang mengikuti standar kualitas Google. Agar, tidak dianggap SPAM yang malah menurunkan peringkat situs Anda.

Google Tidak Menganggap Semua Backlink Itu Sama!

Meskipun keberadaan backlink bagi website sangatlah penting secara SEO, namun hal tersebut bukan berarti prinsip “The more is the better” berlaku dalam proses link building SEO (pembangunan backlink).

Google memiliki penilaian tersendiri dalam menilai kualitas dari suatu backlink. Dalam hal ini, 100 backlink berkualitas tinggi, mungkin memiliki nilai lebih baik dibandingkan 1000 backlink berkualitas rendah.

Namun bagaimana ciri-ciri backlink berkualitas itu?

Sebagai salah satu penyedia jasa backlink, kami telah belajar banyak dalam hal ini. Bahwa, terdapat beberapa parameter yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas backlink.

Anda sebaiknya, memahami parameter tersebut, sehingga mampu menerapkan metode link building yang ideal sesuai standar Google. Dan itu diantaranya adalah;

Reputasi Website

Salah satu parameter paling umum yang mempengaruhi kualitas suatu backlink adalah reputasi website itu sendiri. Semakin baik reputasi website yang memberikan tautan ke website Anda, maka semakin tinggi kualitas backlink yang didapat.

Reputasi website ini sendiri dapat dilihat dari nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authrority) dari website terkait.

Semakin tinggi nilai PA dan DA ini menunjukkan semakin tinggi pula reputasi website di mata Google. Untuk mengecek nilai PA dan DA ini sendiri, kamu dapat menggunakan sejumlah tool link reseach seperti SEOMoz dan Ahrefs.

Perlu diingat bahwa, DA PA ini sendiri adalah metriks yang dibuat oleh pihak ketiga. Jadi, hasil dari alat ukur ini, tidak sepenuhnya mencerminkan apa yang dilihat Google. Namun, cukup bagus bagi pemula dalam mendapat gambaran.

Jadi dalam hal ini, Anda perlu menggunakan logika dan melakukan check & recheck secara manual.

Relevansi Topik

Google juga menilai kualitas suatu backlink berdasarkan relevansi topiknya. Semakin relevan topik yang dibahas dari sumber backlink dengan halaman website mu, maka semakin baik kualitas backlink tersebut. Sebagai contoh sederhana

Jika kamu memiliki website yang membahas seputar SEO dan kemudian kamu mendapatkan tautan dari website yang membahas mengenai WordPress dan juga blogging. Meskipun topik dari website yang memberikan backlink tidak sama, namun topik dari website tersebut masih terbilang relevan (memiliki keterkaitan).

Relevansi disini, lebih ditekankan pada ‘niat’ pengguna pada topik itu sendiri.

Keaktifan Website

Website yang jarang mengupdate konten artikelnya kemungkinan besar akan jarang dihampiri oleh Googlebot. Hal tersebut membuat backlink yang diberikan oleh website tersebut termasuk kurang berkualitas.

Dalam hal ini, Anda dapat melihat apakah situs yang menjadi sumber backlink tersebut, masih aktif atau tidak.

Check postingan terakhir mereka. Jika mereka melakukan update postingan terakhir dimasa kerajaan Mataram masih berkuasa, itu artinya jelas, situs tersebut tidak aktif lagi.

Traffic Kunjungan

Selain meningkatkan reputasi website di mata Google, link building ditujukan untuk menghasilkan traffic kunjungan alami ke suatu website.

Sebagai contoh:

Misalnya, Andas melakukan guest posting di suatu website dengan tujuan membangun backlink. Di dalam artikel guest posting tersebut, tentunya Anda akan memberikan tautan ke artikel atau halaman di website Anda, guna mempermudah pengunjung menemukan website Anda melalui artikel guest posting.

Namun bayangkan, jika website dimana kamu melakuan guest posting tersebut tidak memiliki traffic yang tinggi. Tentunya, hal tersebut akan membuat potensi traffic kunjungan website mu juga kecil.

Traffic kunjungan sendiri, juga merupakan parameter seberapa baik performa sebuah website di mesin pencari. 

Untuk bagian ini, kami sendiri menyarankan kamu untuk memilih website dengan traffick tinggi sebagai sumber backlink mu, sehingga dapat memberikan banyak traffic kunjungan alami ke website mu.

Jumlah traffic adalah gambarannya nyata, sejauh mana nilai yang diberikan Google pada situs terkait.

Bahasa

Bahasa juga menjadi salah satu parameter yang menentukan kualitas sebuah backlink. Dalam hal ini, memiliki sumber backlink dengan yang menggunakan bahasa yang sama adalah poin utamanya. 

Jika kamu memiliki website berbahasa Indonesia, maka sebaiknya kamu membangun backlink di website yang juga berbahasa Indonesia. Tentu saja, website tersebut juga harus memiliki relevansi terhadap topik atau niche website mu.

Tapi, itu bukan berarti Anda tidak boleh mendapat backlink dari bahasa asing. Tapi, upayakan pada bahasa Inggris yang menjadi standar global.

Agak aneh, jika Anda mendapat backlink dari bahasa Arab.

Penempatan Link

Dibandingkan dengan tautan di sidebar, komentar atau footer website, Google cenderung lebih menyukai tautan yang berasal dari artikel (in content link). Selain itu, penempatan tautan selain pada artikel umumnya akan membuat tautan bersifat nofollow.

Oleh karena itu, kebanyakan praktisi SEO dan link builder membangun backlink melalui media artikel yang dipublish di website lain, entah itu lewat guest posting atau reciprocal linking.

Penggunaan Anchor Text

Anchor text adalah keyword atau frase yang mengandung tautan ke suatu wesbsite. Dalam proses link building SEO, umumnya anchor text ini selalu digunakan sebagai media untuk memberikan tautan. Sebagai contoh:

Misalnya, kamu melakukan guest posting di suatu website, maka kamu dapat menggunakan keyword yang relevan dengan artikel atau halaman di website mu dan kemudian menempatkannya di dalam artikel guest posting dalam bentuk anchor text.

Anchor text yang mengandung tautan ke artikel atau halaman di website mu ini akan menjadi backlink untuk website mu.

Variasi Backlink

Dalam dunia SEO, terdapat banyak sekali variasi jenis backlink, mulai dari youtube backlink, social bookmarking, backlink profile dan lainnya. Semakin bervariasi backlink yang website mu miliki, maka hal membuat nilai SEO dari website semakin baik. Tentu saja, backlink tersebut juga harus relevan dan dibangun secara alami.

5 Metode Link Building Yang Ideal Sesuai Aturan Google

Metode Link Building Yang Ideal

Dikarenakan Google tidak menganggap semua backlink itu sama, maka kamu harus sangat berhati-hati ketika membangun backlink untuk website mu.

Pastikan bahwa upaya link building SEO yang kamu lakukan Natural dan tidak terlihat seperti memanipulasi algoritma Google.

Untuk memperkuat pemahamanmu tentang metode link building SEO yang ideal sesuai dengan aturan Google, kami telah merangkum beberapa contoh skema link building; baik vs buruk.

Ini dapat menjadikan bahan pembelajaran.

Berikut beberapa contoh skema link building tersebut dapat dibaca dibawah ini.

Reciprocal Linking

Dalam dunia SEO, reciprocal linking dapat dikatakan sebagai salah satu strategi link building SEO yang sangat terkenal di kalangan praktisi SEO. Namun hingga saat ini masih banyak yang melakukannya dengan cara yang salah. Untuk membuat kamu memahami tentang penerapan reciprocal linking yang benar, berikut perbandingan antara reciprocal linking yang salah dan yang benar.

Reciprocal Linking yang salah: Penerapan reciprocal linking dalam jumlah yang berlebihan (terlalu banyak) dan tidak memiliki relevansi. Hal ini dapat memberikan dampak buruk pada website berupa penurunan ranking website di halaman mesin pencari.

Reciprocal linking yang benar:  Reciprocal linking adalah hal yang sah saja untuk dilakukan, namun pastikan kamu tidak melakukannya tidak secara berlebihan. Selain itu, pastikan pertukaran link yang kamu lakukan relevan dengan niche atau topik konten artikel di websitemu. 

Guest Posting

Guest posting adalah salah satu cara yang paling efektif dan populer untuk membangun backlink ke website secara alami. Namun jika penerapannya salah, maka hal tersebut dapat membuat Google mengira guest posting yang kamu lakukan sebagai skema manipulasi link. Untuk itu, kamu harus mengetahui dengan baik cara melakukan link building SEO yang benar.

Untuk memperjelas pemahamanmu, berikut adalah perbandingan penerapan guest posting yang salah dan juga yang benar.

Penerapan guest posting yang salah: Menggunakan terlalu banyak anchor text pada artikel guest posting (stuffing anchor text). Sebagai contoh:

Untuk membantu optimasi SEO website mu, menggunakan jasa SEO website dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan. Saat ini, terdapat banyak jasa optimasi SEO terpercaya yang dapat kamu temukan di pencarian internet.

Potongan artikel di atas adalah salah satu contoh penggunaan anchor text yang berlebihan (salah) dalam pembuatan artikel posting. 

Penerapan guest posting yang benar: Menulis konten artikel yang berkualitas dan menggunakan keyword yang terkait dengan brand anda sebagai anchor text di dalam artikel. Tentu saja jumlah anchor text yang digunakan tidak berlebihan.

Baca juga: Cara mendapatkan backlink dari wikipedia

Web Directory Links

Menambahkan nama dan tautan website ke direktori online dapat disebut sebagai salah satu cara instant untuk mendapatkan backlink berkualitas. Namun dalam penerapannya, kamu harus Extra hati-hati. Pasalnya, Google saat ini telah menendang banyak situs direktori online dari halaman pencariannya (deindex), lantaran tidak memberikan manfaat pada pengguna internet.

Jika websitemu tercantum atau terhubung dengan online direktori yang telah di blacklist oleh Google ini, pastinya hal tersebut akan mempengaruhi reputasi websitemu. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuat list direktori online pilihan yang memiliki reputasi baik di mata Google. Dalam hal ini, umumnya direktori online yang baik di mata Google ini adalah direktori online yang tidak hanya sekadar mengizinkan kamu menambahkan tautan website mu ke dalamnya, melainkan juga informasi bermanfaat untuk audiens mu. 

Komentar Blog dan Forum

Penerapan komentar blog dan forum yang salah: Memberikan komentar blog atau forum yang tidak memberikan solusi dan hanya berfokus pada mengoptimasi link website.

Contohnya:

Thanks, that is really good info – Jasa Backlink Tribble Agency

Tribble Agency 

Di atas adalah salah satu contoh komentar yang tidak memberikan solusi dan cenderung hanya bertujuan membagikan link website.

Komentar semacam ini dapat berpotensi terindikasi sebagai skema manipulasi link oleh Google. 

Penerapan komentar blog dan forum yang benar: Terlibatlah aktif dalam diskusi di forum atau blog yang relevan dengan niche websitemu. Berikanlah respon yang dapat menjadi solusi atau masukan bagi orang yang memulai diskusi atau berbagi artikel.

Jika Anda memiliki artikel di website yang dapat membantu mereka, maka Anda dapat menyarankannya kepada mereka.

Jika respon yang Anda berikan dapat memberikan solusi bagi mereka, maka mereka tidak akan ragu untuk terhubung dengan website Anda.

Sehingga website Anda pun akan medapatkan traffic kunjungan alami dan bahkan backlink relevan.

Membeli Link Atau Tidak?

Banyak webmaster yang masih menjadikan “membeli link” sebagai solusi untuk mendapatkan backlink ke website mereka. Padahal, Google sendiri telah jelas menyebutkan bahwa membeli link ini adalah salah satu skema link building yang melanggar ketentuan Google. 

Hal tersebut tentunya akan membahayakan reputasi website di mata mesin pencari Google. Yang paling buruk, membeli link ini dapat membuat website mu berpotensi besar mendapatkan penalti dari Google.

Ketimbang membahayakan website mu dengan membeli link untuk mendapatkan backlink, kamu dapat menggunakan uang tersebut untuk membuat konten berkualitas tinggi dan promosi yang dapat mendatangkan backlink secara natural.

Pertanyaannya, bagaiman dengan saya yang menyediakan layanan jasa backlink PBN?

Jawabannya, Anda tidak membeli link pada saya. Anda membayar profesionalitas saya dalam menerapkan metode link bulding yang ideal sesuai aturan Google web master.

Yang Anda bayar adalah; waktu dan tenaga yang saya dedikasikan untuk kebutuhan Anda mendapat backlink berkualitas tinggi.

Baca juga: Cara Membuat PBN Untuk Link Building Tingkat Lanjut

Kesimpulan

Sekian ulasan dari saya terkait metode link building yang ideal sesuai aturan Google.

Berhubung Google saat ini semakin tegas dalam menindak website yang melakukan indikasi manipulasi link dan spamming, maka sebaiknya Anda sangat berhati-hati dalam mengoptimasi website.

Terutama jika hal tersebut berhubungan dengan cara pembuatan backlink. Terlepas Anda melakukan sendiri saya manual atau berbayar, jika teknik yang dilakukan salah, itu akan berpotensi mendapat hukuman.

Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya seputar dunia SEO dan juga link building SEO.

Terima kasih.

Scroll to Top