Panduan Lengkap Instagram For Business

Panduan Lengkap Instagram For Business

Platform paling canggih yang banyak digunakan masyarakat adalah instagram for business. Pengaturan instagram untu bisnis dapat dilakukan siapa saja. Sehingga tidak hanya toko online tetapi influencer, public figur, hingga masyarakat umum dapat menggunakannya.

Salah satu kelebihan instagram for business mampu meningkatkan visibilitas dan engagement audiens. Sejak awal berdiri sampai sekarang, pengguna instagram telah menyentu brand terkemuka. Beberapa fitur instagram dinilai efektif bagi pemasaran dan promosi produk maupun layanan.

Terlebih lagi mampu memeriksa wawasan dan menjalankan iklan dengan cara efektif. Hal inilah yang mengubah pemasukan perusahaan, influencer, dan merek lebih signifikan.

Instagram merilis data bahwa jumlah pengguna platform ini menembus angka 1 milyar akun. Sehingga tidak mengherankan jika 70% pengguna diantaranya mencari merek dan produk melalui Instagram.

Mengapa Menggunakan Instagram For Business?

Cara Mudah Mengubah Akun Instagram Pribadi Menjadi Akun Bisnis
(foto: papua.tribunnews.com)

Manfaat memiliki akun instagram telah dirasakan banyak lapisan masyarakat. Dilihat dari statistik instagram, membuktikan hasrat masyarakat berbelanja menggunakan platform lebih tinggi. Alhasil tidak mengherankan jika alasan-alasan berikut ini membuat instagram for business layak digunakan.

1. Mendorong Penjualan

Persaingan pasar onlin semakin kompetitif. Banyak perusahaan raksasa memiliki akun khusus menjualkan produknya. Bahkan, pengusaha cenderung memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Salah satu alasan terbesarnya karena berbagai fitur instagram mampu mendorong penjualan dan meningkatkan pendapatan.

Bayangkan ada 83 persen pengguna instagram menemukan produk setiap hari. Sementara itu, 81 persen diantaranya melakukan penelitian produk melalui instagram. Serta 30 persen pengguna sudah membeli produk yang ditemukan pada halaman nstagram.

Angka-angka ini menjadi kekuatan instagram for business sukses menjual produk ternama. Terutama adanya fitur mutakhir seperti tag produk mempermudah perusahaan berjualan online.

Salah satu perusahaan raksasa melaporkan bisnis online yang dilakukan melalui Instagram menghasilkan 332.640 USD selama tiga bulan. Peningkatan pendapatan perusahaan juga terpengaruh jumlah pengikut dan engagement.

2. Tingkatkan Visibilitas

Membangun bisnis melalui instagram ampuh meningkatkan visibilitas brand. Setelah visibilitas brand meningkat barulah masyarakat luas mengenal produk yang Anda jual. Akhirnya terwujud brand awareness dan membuat pencarian produk meledak di media sosial.

Platform media sosial ini mampu menjangkau semua kalangan. Mulai dari remaja, milenial, dan dewasa. Sehingga penargetan audiens lebih optimal karena tepat sasaran.

Salah satu kunci untuk meningkatkan visibilitas tidak hanya memiliki banyak pengikut akun instagram. Tetapi juga posting konten harus berkualitas dan out of the box. Apabila Anda menginginkan akun lebih menonjol, maka jangan ragu tampil orisinal, menggunakan tema merek, dan konten menarik,

Menyoal pencapaian visibilitas dapat diraih dengan memeriksa wawasan untuk mengukur keterlibatan audiens. Anda dapat memastikan apakah orang yang melihat akun instagram termasuk target audiens.

Intinya memiliki lebih banyak pengikut di Instagram tidak berguna apabila bukan termasuk target audiens. Melalui fitur wawasan instagram dapat mengetahui secara mendetail siapa saja yang melihat dan terlibah dalam konten.

3. Terhubung Dengan Pelanggan

Sebelum platform media sosial booming ditengah masyarakat, produk-produk tidak memiliki banyak peluang mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Berbeda dengan zaman sekarang yang memungkinkan terhubung cukup dengan satu kali klik.

Brand-brand kelas menengah kebawah dan atas mudah memperoleh lebih banyak pengikut instagram. Tidak jarang brand tersebut memulai percakapan dan merespon pesan dari pelanggan di seluruh dunia.

Percakapan yang dimaksud berupa direct message, komentar postingan, dan interaksi melalui polling maupun kuis di instagram stories. Sehingga mendorong perusahaan mengenal pelanggan. Sekaligus membantu pelanggan lebih dekat dan mengenal perusahaan beserta produknya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjalin hubungan dengan pelanggan sangat penting. Anda juga dapat memanfaatkan akun instagram for business untuk mewujudkannya. Dengarkan apa yang dikatakan pelanggan supaya dapat menyesuaikan strategi penjualan dan promosi di masa depan.

Pelanggan akan merasa puas apabila keinginan dan kebutuhan mereka terpenuhi. Terutama jika akun instagram bisnis Anda memiliki banyak pengikut instagram. Disinyalir akan mengarahkan perusahaan menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Psikologi pelanggan akan merasa dihargai saat brand terhubung dengan mereka secara pribadi. Mulai sekarang sadari bahwa menerapkan strategi dan fitur instagram untuk menjangkau pelanggan sangat penting.

Ringkasnya, interaksi pelanggan dan perusahaan menjadi win-win solution bagi semua pihak. Kegunaan akun bisnis instagram akan memfasilitasi interaksi tersebut. Instagram for busisness memungkinkan merek memasarkan produk dan terlibat dengan semua pelanggan. Metode inilah yang menjadi keunggulan dibanding pola periklanan dan belanja tradisional.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

Cara Menggunakan Instagram For Business

Penggunaan instagram untuk bisnis tidak begitu sulit. Anda dapat memulainya dengan perangkat android maupun desktop. Mungkin tampilannya terlihat berbeda, tetapi metode penggunaannya tetap sama. Berikut ini langkah-langkah mengubah akun menjadi instagram for business:

  1. Pertama-tama pilih nama pengguna instagram. Biasanya ketika menginput nama memerlukan beberapa kali percobaan. Sehingga mendapatkan nama pengguna instagram yang belum digunakan.
  2. Buatlah kata sandi minimal 8 karakter dengan perpaduan huruf dan angka.
  3. Tambahkan nomor telepon dan alamat email yang ingin dihubungkan dengan akun instagram. Anda akan memperoleh kode verifikasi ke nomor telepon atau email.
  4. Masukkan kode verifikasi, kemudian instagram menawarkan opsi untuk terhubung dengan teman dan kontak Facebook. Opsi ini bisa dipilih ataupun  dilewati.
  5. Setelah itu, Anda diminta masuk akun kembali dan artinya resmi memiliki akun instagram.

Langkah utama yang dapat diambil yakni melihat kolom profil. Sebab, pembukaan akun pertama instagram tidak langsung berubah menjadi Instagram for Business. Cobalah mengunjungi profil instagram dengan cara mengklik tombol di bagian sudut kanan bawah layar.

Selanjutnya kunjungi Pengaturan instagram, caranya mengikuti langkah-langkah diatas. Setelah masuk menu pengaturan, ketuk “Akun” dan pilih opsi “Beralih ke Akun Profesional”.

Disana Anda akan memilih jenis akun profesional apa. Misalnya conten creter, blogger, tokoh publik, dan banyak pilihan lainnya. Kemudian klik opsi “Berikutnya” pada pilihan jenis akun yang paling sesuai dengan Anda dan ikuti petunjuk memilih kategori.

Instagram akan meminta Anda meninjau info kontak dan terhubung dengan halaman Facebook bisnis Anda.

Setelah akun Instagram bisnis sudah siap, sekarang saatnya mengoptimalkan akun. Isi bio instagram dengan informasi tentang bisnis. Sebaiknya memasukkan detail penting yang perlu diketahui audiens.

Biografi harus menggambarkan kepribadian brand. Letakkan juga tautan bio untuk menghubungkan akun instagram pada beranda situs websita.

Anda juga dapat menautkan pada halaman produk maupun halaman arahan tertentu. Langkah ini efektif untuk mempromosikan dan menawarkan produk.

Situs pihak ketiga inilah yang terintegrasi Linktree. Membuat halaman arahan khusus berhubungan dengan banyak tautan ke saluran media sosial. Baik itu situs web Anda, situs web afiliasi, dan lainnya.

Langkah terakhir, setelah memasuki pengaturan akun bisnis instagram dan profil dioptimalkan, lakukan analitik.

Analytics merupakan fitur instagram yang membantu Anda memahami audiens. Termasuk memposting konten yang diinginkan dan sesuai kebutuhan mereka. Analitik juga mendorong peningkatan lalu lintas website dan penjualan.

Scroll to Top