Panduan Penggunaan Iklan Konten Bermerek Instagram

Panduan Penggunaan Iklan Konten Bermerek Instagram

Hampi semua media sosial memiliki fitur pengiklanan sendiri. Sama seperti fitur iklan konten bermerek instagram yang dirilis pada pertengahan tahun 2019. Eksistensi fitur iklan konten bermerek instagram mampu meningkatkan engagement antara pebisnis dengan pelanggannya. Sehingga, perusahaan berhasil menjangkau audiens tanpa mengganggu pengalaman media sosial perusahaan. Simak panduan penggunaan iklan konten bermerek dari instagram berikut ini.

Pelaku Iklan Konten Bermerek Instagram

Tentunya banyak yang penasaran siapa pelaku pembuat iklan bermerek instagram. Pada dasarnya bisa digunakan siapa saja asalkan memiliki akun bisnis. Jadi, bagi toko online yang menggunakan akun privat harap mengubah pengaturan akun.

Saat akan memulai iklan konten harus mendapatkan izin dari pihak instagram. Iklan konten bermerek hanya ditujukan pada penjualan produk fisik. Jadi, penjual jasa dan layanan tidak dapat menggunakan fitur ini. Setelah itu, pemilik akun bisnis dan kemitraan dapat mempromosikan postingan secara organik.

Kenali Iklan Konten Bermerek Instagram

Iklan Konten Bermerek Instagram Lebih Berbobot
(foto: detikinet.com)

Iklan konten bermerek instagram membuat produk yang diiklankan dengan mudah oleh influencer dan  kemitraan berbayar. Jadi, merek atau perusahaan yang membayar fee atas postingan bersponsor.

Kemudian, influenscer terpilih yang akan mempromosikan postingan melalui stories, feed, dan IGTV. Iklan konten bermerek digadang sebagai fitur efektif dalam pembuatan kampanye influencer. Hasil yang diperoleh perusahaan yakni menjangkau audiens lebih luas.

Iklan konten bermerek terbagi dalam dua jenis. Pertama, iklan feed konten bermerek berupa postingan sponsor. Dimana postingan-postingan akan bermunculan pada feed pengguna dan postingan pengguna yang tidak terhubung.

Kedua, iklan cerita konten bermerek yakni posting bersponsor yang muncul secara otomatis. Kemunculannya hanya terjadi pada story instagram.

Jika, dibandingkan iklan in-feed biasa, iklan konten bermerek dinilai autentik. Apalagi, konten-konten yang ditampilkan seperti asli dari platform pengguna aktif. Disamping itu, tidak ada pengguna yang mengganggu atau spam postingan.

Dari sinilah terhitung ada lebih dari 90% digital marketing percaya dengan pemasaran influencer. Terutama tampilan postingan seperti konten organik dan dapat mendatangkan engagement audiens.

Faktanya penggunaan iklan konten bermerek telah diterapkan oleh brand terkemuka di dunia. Brand-brand tersebut tidak ragu menjalin mitra dengan artis lokal maupun artis internasional.

Iklan konten bermerek juga mudah dianalisa oleh perusahaan bersangkutan. Terkhususnya perusahaan dapat mengukur kampanye yang dilakukan oleh influencer. Dimana langkahnya dengan menganalisa postingan influencer dari komentar, like, bagikan, dan dm dari audiens.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

Langkah-langkah Memulai Iklan Konten Bermerek

Tahapan mulai iklan konten bermerek instagram juga memiliki proses. Antara pengiklan dengan pembuat konten berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Langkah Bagi Pengiklan

Langkah pertama bagi pengiklan konten bermerek adalah mempersiapkan pembuatan konten. Cara melakukannya dengan membuka pengaturan Instagram dan mengetuk pengaturan Bisnis.

Lalu, memilih ‘Konten Bermerek’ dan mengaktifkan pilihan ‘Perlu Persetujuan’. Pembuat konten atau pengiklan hanya menandai bisnis dan persetujuan postingan ditangan perusahaan. Perusahaan atau pemilik bisnis akan menyetujui beberapa akun yang menandai mereka.

Coba ketuk Akun yang Disetujui dan carilah nama pengguna Instagram atau influencer pembuat konten. Pilihlah akun yang dituju dan selesai. Akun bersangkutan menandai produk atau akun Anda dalam postingan feed mereka.

Berbeda jika melakukan promosi postingan instagram. Sebab pembuat konten memberikan Izinkan Mitra Bisnis untuk melakukan promosi. Jika sudah siap dengan kampanye instagram, dapat membuka pengelola dan pembuat iklan.

Hal pertama yang dilakukan yaitu menetapkan tujuan. Pilih juga tempat publikasi postingan. Misalnya stories, in-feed, maupun explore. Dapat memanfaatkan postingan yang hendak diiklankan melalui pilihan ‘Gunakan Postingan yang Ada’. Selanjutnya pilih menu ‘Pilih posting’ ataupun ‘Ubah Posting’, kemudian membuka Konten Bermerek.

Disinilah tempat Anda melihat daftar postingan yang sudah diizinkan oleh pembuat konten. Jangan lupa langkah final dengan melihat pratinjau iklan dan klik menu ‘konfirmasi’ jika Anda menyukainya.

2. Langkah Bagi Pembuat Konten

Pembuat konten yang menjalin mitra sesungguhnya tidak sembarangan ketika menggunakan iklan konten bermerek. Pembuat konten maupun influencer tidak dapat mempromosikan iklan merek secara terpisah. Umumnya hanya mengizinkan kemitraan bisnis untuk melakukan promosi. Ikuti step-by-step berikut ini:

  1. Pertama-tama membuat posting baru seperti biasa;
  2. Sebelum unggahan diselesaikan, memilih ‘Pengaturan Lanjutan’ dan klik menu ‘Tandai Mitra Bisnis’;
  3. Kemudian mencari dan milih mitra bisnis;
  4. Selanjutnya kembali menuju halaman ‘Pengaturan Lanjutan’ dan memastikan juga ‘Izinkan Mitra Bisnis’ aktif;
  5. Memposting konten dengan memanfaatkan An Existing Post;
  6. Mengatur navigasikan menuju postingan yang diinginkan;
  7. Memilih opsi tiga titik yang terdapat pada bagian kanan atas instagram dan memilih ‘Edit’;
  8. Klik ‘Tambahkan Mitra’ dan menandai Mitra Bisnis;
  9. Selanjutnya, membuat story baru seperti biasa dan memilih ikon tautan untuk membuka ‘Opsi Lain’.
  10. Klik opsi ‘Tag Business Partner Search’ dan mulailah memilih partner.
  11. Setelahnya Anda dapat menggunakan konten pada Cerita Konten Bermerek yang baru.

Mengintip Ide Kreatif Iklan Konten Bermerek Instagram

Iklan konten bermerek pada dasarnya adalah postingan yang dipromosikan infuencer. Memang menggunakan jasa influencer mampu mengoptimalkan konten. Tetapi harus ada ide menarik agar audiens mengomentari, menyukai, dan membagikan postingan. Berikut ini rekomendasi ide kreatif iklan konten bermerek yang layak diterapkan.

1. Demo Produk

Demo produk dapat digolongkan sebagai ide klasik yang sangat menarik. Adapun tujuan melakukan demo produk agar hati audiens tersentuh. Demo produk dapat dilakukan seorang influencer. Mereka akan menjabarkan keunggulan produk dan apa yang dirasakan setelah menggunakannya.

2. Hashtag Bermerek

Hashtag bermerek juga mempengaruhi konten agar menjadi viral. Tetapi harus didorong dengan konten yang dipromosikan. Kebanyakan hashtag bermerek bermunculan ketika penyelenggaraan acara tertentu. Seperti hashtag #haribelanjanasional yang di viralkan oleh e-commerce.

3. Giveaway

Giveaway merupaka ide paling favorit karena mendatangkan engagement lebih tinggi. Penyelenggaraan program giveaway mengakui dapat memperoleh engagement dan loyalitas lebih tinggi dari audiens.

Jika menyelenggarakan giveaway sebaiknya membuat syarat dan ketentuan. Seperti, menyukai postingan, berkomentar, dan menandai teman. Banyak e-commerce dan toko online melakukan giveaway rutin setiap bulannya.

4. Video Gaya TikTok

Platform TikTok semakin hari bertambah populer. Platform ini hanya menampilkan video pendek dengan backsong menarik yang dapat dipilih. Manfaatkan gaya video TikTok untuk dijadikan konten dalam IGTV.

Durasi konten tidak perlu lama, Anda dapat membatasi maksimal 60 detik. Audiens lebih tertari menonton video singkat namun berkesan.

5. Kode Diskon Cuma-cuma

Semua orang menyukai potongan harga, apalagi dibagikan secara cuma-cuma. Anda dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk mendatangkan engagement dari audiens. Misalnya dengan meminta audiens memposting tempat atau produk Anda yang sedang digunakan pada akun instagram mereka.

Berikan kode diskon bagi audiens yang melakukan hal tersebut. Melalui cara seperti ini audiens akan menarik minat dari teman-teman instagramnya. Selain itu, produk atau perusahaan Anda secara tidak langsung dipromosikan.

Efektifitas Iklan Konten Bermerek Instagram

Iklan konten bermerek di Instagram pada dasarnya memiliki tiga manfaat penting. Mulai dari pencapaian target, analitik lebih optimal, dan autentifikasi merek. Iklan bermerek tersebut dianggap sebagai posting organik yang dibagikan oleh akun instagram pribadi. Selain itu, iklan konten bermerek dapat dipublikasikan melalui konten bersponsor. Pengaplikasian iklan konten bermerek terbukti mendatangkan audiens lebih banyak dan meningkatkan penjualan.

Scroll to Top