Kenali Pemasaran Melalui Instagram: Alasan Media Sosial Ideal Bagi Bisnis

Pemasaran Melalui Instagram, Alasannya Menjadi Platform Media Sosial Ideal Untuk Berbisnis

Media sosial instagram seolah menjadi platform primadona karena digunakan oleh banyak orang. Awalnya memang berfungsi sebagai media berbagi dan menyimpan foto semata. Namun, seiring perkembangan zaman para pengguna instagram menggunakan akunnya untuk mengekspresikan diri hingga mengembangkan bisnis. Misalnya melakukan pemasaran melalui instagram, baik berupa produk dan jasa..

Dapat dikatakan bahwa dalam satu hari ada sekitar 500 juta story dan feed instagram yang dibagikan dari seluruh dunia. Hal tersebut menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Ingin pemasaran bisnis Anda melesat ke atas? Simak ulasan berikut ini mengapa instagram menjadi media sosial paling ideal untuk berbisnis. Check this out!

Pemasaran Melalui Instagram Lebih Optimal

Instagram Small Business
(foto : Waveapp.com)

Semakin hari terlihat bahwa bisnis terus membuat konten menarik untuk menarik audiens yang relevan. Berdasarkan data dari instagram, ada 80% pemilik akun di dunia yang mengikuti minimal satu akun bisnis. Dari persentase tersebut, 72% pengikut akun bisnis pernah berbelanja melalui platform tersebut.

Tak dapat dipungkiri pengaruh instagram bagi perkembangan bisnis semakin mengakar. Maka sangat disayangkan jika masih ada bisnis yang tidak memanfaatkan platform instagram. Banyak pemilik bisnis menilai memasarkan dan mempromosikan produk melalui instagram sangat efektif.

Baca juga : Instagram Story untuk Bisnis: Semua Hal Yang Harus Diketahui

Alasan Memilih Instagram Sebagai Alat Pemasaran

Instagram Business Profile
(foto : filemagz.com)

Penasaran apa saja alasan akun bisnis instagram dipilih sebagai alat pemasaran masa kini? Berikut penjelasannya.

1. Mengikuti Tren

Konten yang diposting pada akun Instagram terus berkembang. Sehingga selalu bermunculan tren-tren baru karena situasi instagram mendorong terjadinya improvisasi bisnis. Masing-masing toko online di instagram pun mulai menerapkan teknik pemasaran yang dinilai efektif.

Coba lihat brand software terkenal seperti @adobe dan @thecocacolaco memiliki teknik pemasaran tersendiri terhadap akun instagram miliknya. Sementara, ketika ada tren #blacklivesmatter, kedua brand menunjukkan empati terhadap fenomena tersebut dan memposting hal-hal yang berbau dukungan.

2. Pelanggan Menjangkau Cukup Dengan Satu Klik

Instagram dinilai sebagai platform yang ramah seluler. Meskipun demikian, instagram dapat diakses melalui PC dan menampilkan versi desktop. Inilah yang menunjukkan audiens dan pelanggan dapat menjangkau produk yang diinginkan cukup dengan satu kali klik.

Mengingat pengguna sosial media selalu mengalami peningkatan, tidak mengherankan jika instagram ramah bisnis. Baik digunakan untuk menjangkau audiens dalam lingkup kota, provinsi, regional, nasional, sampai dengan global.

3. Mempromosikan Bisnis Secara Demografis

Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh anak muda. Berdasarkan perhitungan statistik 33,8 persen audiens Instagram diseluruh dunia berusia sekitar 25-34 tahun. Walhasil, para pebisnis lebih mudah menjangkau orang-orang dari kelompok usia tertentu.

4. Memasarkan Konten Visual

Kini terdapat berbagai jenis konten yang disebarkan melalui pemasaran digital. Menyoal konten visual menghasilkan keterlibatan 650% lebih banyak dibandingkan postingan berupa tulisan (studi Inc.).Instagram adalah platform terbaik untuk memposting konten visual secara teratur, bahkan konten lebih dihargai dan terlihat.

5. Mengawasi Pasar Lebih Efektif

Manfaat instagram terhadap perkembangan bisnis tidak hanya membangun engagement dengan audiens. Melainkan dapat digunakan untuk mengawasi langkah-langkah yang dilakukan kompetitor. Hal tersebut dapat digunakan sebagai strategi pemasaran Instagram dan menyempurnakan sesuai versi Anda.

Baca juga: Cara Membuat Giveaway Instagram

Cara Membuat Strategi Pemasaran Instagram Supaya Efektif

Strategi pemasaran yang dilakukan melalui instagram berbeda dari pemasaran konvensional. Banyak yang menilai lebih efektif, praktis, dan ekonomis.

1. Menentukan Audiens dan Tujuan

Langkah pertama yakni mengetahui apa yang ingin dicapai dengan menerapkan strategi pemasaran Instagram. Untuk menemukan perspektif terkait tujuan sebaiknya membuat dan menjawab pertanyaan berikut:

  • Siapa target audiens dan apa demografinya?
  • Apa yang ingin dicapai dengan memasarkan produk melalui Instagram?
  • Jenis konten apa yang biasanya melibatkan audiens target?
  • Siapa saja yang audiens ikuti pada akun Instagram miliknya?

Masing-masing pertanyaan tersebut memiliki metrik berbeda untuk dilacak. Namun, sangat efektif memandu lebih jauh dalam pengembangan strategi konten.

2. Membuat Profil Instagram Lebih Menarik

Hal yang wajib diingat adalah profil bisnis tidak dapat disamakan dengan profil akun instagram pribadi. Profil bisnis wajib mencerminkan merek, termasuk tema, warna, gambar, dan tulisan. Supaya memikat audiens mengunjungi profil bisnis Anda, harus meyakinkan bahwa konten Anda memberikan manfaat maupun menguntungkan.

3. Menggunakan Layanan Instagram Growth

Semakin hari jumlah pengguna instagram kian mengalami peningkatan. Jadi, bukan hal mengherankan apabila akun bisnis instagram kesulitan memperoleh like, follower, dan share. Oleh karena itu dimanfaatkan layanan Instagram Growth guna meningkatkan jangkauan dan audiens organik.

4. Mengerjakan Strategi Konten

Adapun aspek yang cukup menantang untuk diputuskan adalah pembuatan strategi konten. Umumnya akun instagram bisnis memiliki strategi konten berbeda-beda. Dalam hal ini strategi konten yang digunakan adalah penjadwalan dan tema konten. Beberapa jenis konten yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis, antara lain :

  • Gambar
  • Video
  • Cerita
  • Infografis (carousel)
  • Konten buatan follower

5. Menjadwalkan Konten Lebih Awal

Ingat strategi konten terbaik tidak akan berjalan maksimal jika mengabaikan kalender konten. Setelah mengetahui apa saja yang diposting, langsung putuskan jadwal memposting terlebih dahulu. Ada banyak alat manajemen media sosial yang tersedia di Google PlayStore berguna untuk membuat jadwal konten secara massal.

Penggunaan kalender dan konten tidak hanya berguna untuk memposting secara teratur. Namun, menjadi pengingat apabila ditemukan celah dalam strategi konten.

6. Menggunakan Hashtag Strategis

Salah satu elemen instagram yang paling bermanfaat adalah hashtag. Penggunaannya menargetkan pada komunitas terbuka yang terlibat dan berinteraksi menggunakan hastag tersebut. Tentunya penggunaan hashtag mampu meningkatkan visibilitas akun instagram.

Banyak yang menyematkan hashtag dengan tujuan meningkatnya followers. Sangat direkomendasikan menggunakan hashtag relevan dengan tema instagram tetapi tidak boleh terlalu banyak. Idealnya dalam satu postingan menyematkan 10 hashtag. Sementara, dalam hal peluncuran kampanye sebaiknya menggunakan hashtag bermerek.

7. Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Salah satu upaya instagram membuat audiens terlibat dengan cara menambah wawasan audiens. Tentunya peningkatan wawasan melalui postingan instagram story yang menjadi pilihan. Selain itu manfaatkan juga berbagai fitur instagram stories seperti polling dan ask question.

Fitur-fitur ini dinilai efektif membantu peningkatan meningkatkan produk dengan langsung merefleksikan pemikiran kepada audiens. Apabila menerima umpan balik positif dari pelanggan, sebaiknya screenshot dan membagikannya di story Instagram.

Strategi seperti ini diterapkan oleh @starbucks untuk menargetkan audiens melalui pertanyaan interaktif. Hasilnya wawasan audiens bertambah dan Starbucks memperoleh umpan balik yang berharga.

Baca juga: 10 Tools Instagram Business Gratis

8. Berkolaborasi Dengan Influencer Sesuai Niche Bisnis

Selain itu, jangkauan dari influencer dinilai luar biasa bagi akun Instagram. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan membangun citra brand. Berkolaborasi juga membantu untuk menjangkau calon pelanggan.

Rata-rata Influencer di Instagram memiliki jumlah audiens yang banyak dan sesuai minatnya. Contohnya seorang fashion blogger memiliki audiens yang berminat dengan dunia fashion, kecantikan, dan para pria. Sebelum berkolaborasi dengan influencer ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu.

9. Mengawasi Kompetitor

Dalam hal membuat strategi pemasaran instagram, biasanya dilakukan pengawasan terhadap kompetitor. Tujuannya untuk melihat apakah strategi yang dilakukan kompetitor membawa manfaat signifikan bagi pemasaran instagram Anda. Biasanya pengawasan terhadap kompetitor dilakukan dengan memperhatikan poin-poin berikut.

  • Jenis konten yang menciptakan engagement kompetitor dengan audiens
  • Strategi hashtag yang diaplikasikan
  • Jadwal postingan konten feed dan instagram story dari kompetitor

10. Menganalisa Kemajuan

Cara membuat bisnis tetap relevan di Instagram adalah selalu memposting konten dan menganalisa kemajuannya. Tujuannya agar mengoptimalkan dan mengimprovisasi konten. Anda dapat menggunakan Instagram Insights untuk memperoleh analitik dasar dari akun instagram bisnis.

Pemasaran melalui instagram dapat dioptimalkan apabila memiliki jumlah pengikut yang banyak. Bagaimana caranya? Anda mungkin dapat membaca artikel ini: Cara Menambah Follower Instagram

Scroll to Top