11 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis

11 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik dan Gratis

Apa saja plugin SEO WordPress terbaik saat ini? Informasi yang akan kami bagikan kali ini berdasarkan dari jumlah pengguna serta rating yang diperolehnya. Bagi Anda yang menginginkan pengunjung organik atau dari mesin pencari seperti Bing dan Google, maka Anda harus melakukan optimasi SEO website.

Bagi para pengguna WordPress baru, biasanya mereka akan mengalami sedikit kesulitan ketika hendak memilih mana plugin yang tepat untuk WordPressnya. Memilih plugin yang tepat akan meningkatkan rangking WordPress di mesin pencari sehingga membuat blog atau WordPress Anda lebih banyak dikenal orang. Dengan begitu, trafficnya pun juga akan semakin meningkat.

Daftar Plugin SEO WordPress Terbaik

Di bawah ini kami akan memberikan informasi terkiat apa saja plugin SEO WordPress yang bisa Anda gunakan.

1. Yoast SEO

plugin SEO wordpress

Siapa yang tidak kenal Yoast SEO? Salah satu plugin SEO WordPress terbaik dan terpopuler ini sudah banyak dikenal. Bagi Anda yang ingin menambahkan meta description, SEO title, dan juga meta keyword pada setiap postingan, maka Yoast SEO bisa menjadi pilihan yang tepat. Lalu apa yang spesial dari Yoast SEO dibandingkan plugin yang lainnya?

Hal yang menjadi keunggulan dari SEO WordPress yang satu ini adalah fitur-fitur yang dimilikinya. Salah satu fitur terbaiknya adalah dapat memberikan saran terbaik untuk implementasi keyword, tag deskripsi, URL, dan lain sebagainya. Dengan begitu, artikel Anda akan lebih SEO Friendly. Fitur ini juga membuat website Anda bisa dioptimasi dengan lebih baik.

Selain digunakan untuk keperluan optimasi postingan, Yoast SEO juga bisa digunakan untuk mengoptimasi kategori, breadcrumbs, dan lain-lain. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Yoast SEO akan membantu meningkatkan SEO website Anda. Jika tertarik, silakan Anda install dan setting Yoast SEO dan dapatkan manfaatnya.

2. All in One SEO Pack

Plugin SEO WordPress terbaik yang kedua adalah All in One SEO Pack. Salah satu pugin WordPress yang juga memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Kurang lebih 3 juta penggguna yang sudah menginstal plugin yang satu ini di websitenya. Angka tersebut tentu membuktikan bahwa kualitas yang dimiliki All in One SEO Pack tidak perlu diragukan.

Plugin SEO WordPress tersebut juga menyediakan banyak fitur yang membuat website Anda menjadi SEO friendly. Ratingnya pun akan semakin meningkat. Beberapa fitur terbaik yang dimilikinya antara lain: dapat membuat sitemap XML, Google Analytics, meta tag, optimasi judul, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa memanfaatkan semua fitur-fitur tersebut untuk meningkatkan peringkat WordPress Anda di mesin pencari. Ada dua versi plugin All in One SEO Pack. Anda bisa menggunakan versi gratis maupun yang berbayar. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena tentu kedua versi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Google XML Sitemaps

plugin SEO wordpress

Google XML Sitemaps juga merupakan salah satu plugin SEO WordPress terbaik saat ini. Anda bisa membuat sitemap XML yang dapat membantu mesin pencari seperti Google dan Bing untuk lebih baik lagi mengindex website Anda. Sitemap juga berguna untuk memudahkan proses pengecekan struktur website Anda.

Bukan itu saja, kelebihan lain yang dimiliki oleh Google XML Sitemaps adalah plugin tersebut akan memberi tahu search engine jika terdapat postingan terbaru. Anda tidak perlu khawatir karena plugin yang satu ini sudah tersedia secara gratis. Jadi, Anda bisa menginstal dan menggunakan setiap fiturna tanpa peru khawatir dikenakan biaya.

Namun perlu diingat bahwa Anda bermaksud menginstal Yoast SEO, Google XML Sitemaps, dan All in One SEO Pack, maka Anda harus memilih satu di antara ketiga plugin SEO tersebut. Jangan menggunakan semua plugin karena hal ini hanya akan menimbulkan masalah pada website Anda.

4. WP Super Cache

WP Super Cache merupakan plugin WordPress yang digunakan untuk membuat file html statis pada WordPress. Ketika plugin tersebut selesai membuat file html di server, maka website Anda akan memiliki kecepatan loading yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Semakin meningkatkan kecepatan loading website, maka akan meningkatkan jumlah pengunjung.

Jumlah pengunjung yang semakin banyak akan meningkatkan trafis. Pada akhirnya, website Anda akan memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Jumlah pengguna WP Super Cache ini kurang lebih 1 juta. Sebuah angka yang bagus dan menunjukkan kualitas dari salah satu plugin SEO WordPress terbaik tersebut.

Kualitasnya sudah terbukti mampu meningkatkan performa website Anda. WP Super Cache bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda bisa menginstal, mengkonfigurasi, dan menggunakan fitur-fiturnya tanpa dikenakan biaya.

5. Broken Link Checker

plugin SEO wordpress

Plugin SEO WordPress yang juga memiliki kualitas terbaik adalah Broken Link Checker. Salah satu fungsi dari plugin yang satu ini adalah untuk melakukan tracking atau pemantauan link yang terdapat di website Anda. Ketika terdapat link yang rusak, maka Anda bisa langsung mengetahuinya dan bisa langsung segera melakukan perbaikan.

Anda bisa mengecek link yang terdapat pada postingan, komentar, maupun halaman. Untuk memperbaiki link yang ruska tersebut juga cukup mudah. Broken Link Checker sudah menyediakan menu untuk memperbaiki link yang rusak. Dengan kata lain, Anda tidak perlu repot-repot melakukan perbaikan pada postingan secara manual.

Selain itu, plugin ini juga menyediakan fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memilih pemberitahuan link yang rusak tersebut agar dikirimkan ke dashboard WordPress. Bisa juga Anda memilih untuk mendapatkan informasi tentang link yang rusak melalui email. Broken Link Checker bisa Anda gunakan secara percuma alias gratis.

Daftar Plugin SEO WordPress Gratis 

Selain kelima plugin SEO WordPress yang sudah kami sebutkan, di bawah ini masih banyak rekomendasi plugin SEO yang juga penting untuk Anda ketahui.

1. Rel Nofollow Checkbox

plugin SEO wordpress

Jika Anda perlu untuk menambahkan pilihan checkbox nofollow di link artikel Anda, maka gunakanlah plugin ini. Rel Nofollow Checkbox merupakan plugin terbaik bagi Anda yang tidak menginginkan adanya baclink ke artikel tujuan. Salah satu plugin WordPress yang juga banyak digunakan hingga sekarang.

Rel Nofollow Checbox dapat digunakan secara gratis. Anda bisa menggunakan setiap fitur yang disediakan tanpa perlu khawatir dikenakan biaya. Salah satu plugin terbaik yang membantu mengoptimasi website dan membuat peringkat website Anda lebih baik.

2. Redirection

Sesuai dengan namanya, Redirection merupakan plugin SEO yang berkaitan dengan redirect. Dengan adanya plugin SEO WordPress ini Anda bisa mengatur seperti apa redirect pada sebuah URL yang terdapat di website WordPress. Dengan begitu, Anda bisa memantau error 404.

Salah satu manfaatnya adalah ketika Anda melakukan migrasi website. Plugin ini juga berguna pada saat Anda ingin melakukan perubahan terhadap direktori instalasi pada WordPress. Anda bisa melakukan direct URL lama ke URL yang baru. Redirection ini dapat Anda gunakan secara gratis sehingga tidak perlu mengerluarkan biaya.

3. All in One Schema.org Rich Snippets

plugin SEO wordpress

Bagi orang yang belum terlalu lama berkecimpung di dunia SEO, nama plugin yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Padahal kemampuan yang dimilikin oleh All in One Schema.org Rich Snippets tidak perlu diragukan lagi. Plugin ini mampu meningkatkan peringkat websie Anda di search engine.

Cara kerjanya adalah dengan membuat ringkasan terkait artikel halaman di mesin pencarian. Hal inilah yang nanti akan mempermudah mesin pencarian di dalam menampilkan informasi utama seperti rating bintang, gambar, penulis, harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, artikel yang Anda buat tersebut akan lebih menonjol dan peringkat website Anda pun semakin lama akan semakin meningkat.

Namun perlu Anda ingat bahwa Anda bisa menggunakan All in One Schema.org Rich Snippets sesuai dengan artikel yang Anda buat. Jangan menambahkan bintang pada artikel yang tidak sesuai. Hal ini akan melanggar ketentuan Google.

4. W3 Total Cache

Plugin SEO WordPress terbaik dan gratis yang keempat adalah W3 Total Cache. Tidak jauh bebeda dengan WP Super Cache, plugin yang satu ini juga membantu meningkatkan loading website. Jadi, website Anda akan lebih cepat diakses dan memberikan pengalaman yang baik bagi setiap pengunjung website.

Kecepatan loading website yang Anda miliki tersebut akan mempengaruhi SEO website WordPress Anda. Maka dari itu, Anda perlu menginstal plugin yang satu ini untuk membuat website Anda memiliki loading yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya. W3 Total Cache dapat Anda gunakan secara gratis.

Meskipun begitu, W3 Total Cache juga ada yang versi berbayar. Anda bisa memilih akan menggunakan versi gratis maupun versi berbayar sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu plugin terbaik yang memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup banyak.

5. SEO Internal Links

plugin SEO wordpress

Plugin SEO WordPress selanjutnya yang juga kami rekomendasikan adalah SEO Internal Links. Sesuai dengan namanya, plugin ini dapat Anda gunakan untuk membuat internal link secara otomatis pada keyword tertentu. Internal link tersebut akan muncul pada halaman postingan, kategori, atau tag di website. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi harus membuat internal link secara manual yang terkadang membingungkan bagi beberapa orang.

SEO Internal Links dapat Anda gunakan secara gratis. Semua fitur-fiturnya mudah digunakan meskipun Anda baru pertama kali menggunakan plugin ini. Jika tertarik, silakan Anda instal SEO Internal Links dan rasakan sendiri seperti apa kualitas yang dimilikinya.

6. The SEO Framework

Anda mencari plugin terbaik dengan fitur-fitur yang lengkap? The SEO Framework dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda dapat menggunakan plugin ini secara cuma-cuma. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan iklan atau anjuran upsell untuk melakukan upgrade paket.

Salah satu kelebihan dari The SEO Framework adalah plugin yang satu ini mampu membuat deskripsi, judul, atau URL connocial secara otomatis. Selain itu, plugin ini juga mampu menjalankan fungsinya dengan baik sebagaimana plugin SEO pada umumnya. Keunggulan terbaiknya adalah The SEO Framework mudah digunakan.

Meskipun Anda pertama kali menggunakannya, Anda tidak akan menemui kesulitan. Anda hanya perlu melakukan kustomisasi pada  pengaturan plugin. Salah satu plugin SEO WordPress terbaik yang saat ini juga memiliki jumlah pengguna yang masih aktif.

Itulah informasi yang kami berikan mengenai rekomendasi plugin SEO WordPress terbaik dan gratis. Sebenarnya masih banyak plugin SEO lainnya yang belum kami sebutkan. Mungkin Anda akan kesulitan menerapkan SEO pada website yang Anda kelola, terutama jika Anda benar-benar baru memasuki dunia SEO. Akan tetapi, dengan adanya plugin tersebut maka permasalahan Anda dapat diatasi dengan mudah.

Scroll to Top